Penyebab dan Cara Memperbaiki Hp Samsung Hilang Sinyal

Faktor usia pemakaian kadang mempengaruhi performa ponsel tidak terkecuali ponsel Samsung.

Sering ditemui kendala pada ponsel lawas padahal penggunaan ponsel untuk keperluan dan pekerjaan sehari-hari terbilang cukup penting.

Salah satu permasalahan yang kadang muncul adalah sinyal hilang pada hp Samsung.

Kadang tidak menutup kemungkinan Anda akan temui juga pada ponsel Samsung keluaran terbaru.

Sinyal hilang memang banyak sebabnya seperti misalkan Anda sedang berada di area dimana sinyal sulit menjangkau.

Namun, ada juga tipe sinyal hilang memang karena permasalahan pada ponsel tersebut.

Hal ini bisa terindikasi apabila ponsel Anda tidak menangkap sinyal meskipun berada di area yang mudah di akses sinyal, bisa juga dengan menanyakan orang yang berada di sekitar apakah dengan provider yang sama ponsel mereka bisa menangkap sinyal.

Jika memang terindikasi ponsel Anda yang bermasalah maka ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sinyal hilang tersebut.

Berikut ini cara mengatasi hp samsung hilang sinyal:

Mode Penerbangan

Caranya dengan mengecek apakah mode penerbangan Anda aktif. Jika mode penerbangan aktif otomatis akan memblokade sinyal yang seharusnya masuk, solusinya adalah menonaktifkan mode penerbangan.

Mode penerbangan bisa juga digunakan untuk merestart penangkapan sinyal dengan mengaktifkannya kemudian menonaktifkan kembali.

Cache Network

Cache atau data network yang tersimpan di dalam ponsel Anda bisa jadi merupakan salah satu faktor penyebab sinyal hilang pada hp Samsung.

Yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan cache network yang dapat dilakukan lewat aplikasi cleaner yang biasanya sudah ter-install otomatis pada ponsel Anda maupun mengunduh Clean Master apabila ponsel Anda belum memiliki cleaner bawaan.

Aplikasi cleaner dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

Matikan Ponsel

Dengan men-shut down ponsel beberapa saat diharapkan sistem pada ponsel akan ter-restart secara otomatis dan kinerja sistem dapat kembali ke normal.

Beberapa hal juga bisa dicoba setelah mematikan ponsel seperti mencopot sim card dan memory external juga baterai untuk kemudian dipasang kembali dan ponsel dapat dinyalakan kembali.

Restart

Solusi selanjutnya adalah dengan merestart ponsel Anda. Dengan merestart ponsel diharapkan sitem kerja ponsel Anda akan kembali dari awal dan mode normal yang dibutuhkan akan aktif kembali dan bekerja seperti semula begitupun kinerja sinyal ponsel Anda.

Factory Reset

Solusi lain yang dapat Anda aplikasikan adalah dengan me-reset factory ponsel Anda.

Caranya:

  1. Masuk ke pengaturan (setting)
  2. Lalu pilih Cadangkan dan reset (backup and reset)
  3. Kemudian ketuk “reset data pabrik” (factory data reset)
  4. Lalu jika hp nya dikunci, maka setelah mengetuk reset data pabrik (factory data reset) akan muncul kunci, silahkan masukan kunci yang telah dibuat

Solusi agar data yang penting tidak terhapus sebelum Anda me-reset maka backup terlebih dahulu data-data penting Anda baik menggunakan penyimpanan eksternal maupun media eksternal lainnya seperti pc.

Jika masih tidak bisa juga maka coba ikuti langkah-langkah: cara mengatasi Wifi Putus Nyambung Android.

Itulah beberapa cara mudah yang dapat langsung Anda aplikasikan apabila mengalami masalah sinyal hilang pada hp Samsung.

Beberapa kerusakan serius mungkin akan sulit diselesaikan melalui cara-cara sederhana tersebut sehingga ada baiknya ponsel Anda cek ke tukang service ahli agar mendapat penanganan yang tepat.

Give a Comment