Cara Print Agar Tidak Terpotong di Word (Ukuran Legal)

Ukuran kertas F4 atau Folio sendiri memang tidak tercantum pada setting daftar kertas MS Word dan yang ada hanya ukuran Legal.

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi saat ingin print kertas ukuran Legal di MS Word adalah hasil cetaknya yang terpotong.

Akibatnya ada beberapa bagian yang hilang biasanya bagian bawah atau atas dan kadang samping.

Hal ini karena ukuran Legal dan F4 jelas tidak sama sehingga Anda harus menyetingnya secara manual agar hasil print tidak terpotong.

Jadi, untuk mengatasi hal tersebut silahkan coba cara print Legal agar tidak terpotong di word.

Hal ini sama seperti ketika: cara mengatasi hasil print tidak sama dengan preview di word, power point, excel, dan sebagainya.

Tentunya sebelum memulai langkah ini, Anda sudah harus memastikan ukuran kertas print-nya sendiri sudah sesuai dengan ukuran yang Anda mau, misalnya kertas ukuran Folio/F4.

Berikut cara print agar tidak terpotong di microsoft word dengan ukuran legal:

  1. Pertama-tama silahkan buka dokumen MS Word yang ingin diprint.
  2. Setelah itu pilihlah menu Layout -> Size -> More Paper Sizes.
  3. Maka akan muncul tampilan baru yaitu Page Setup pada bagian tab Paper.
  1. Dari sana silahkan ganti ukuran Height dari angka 27,94 menjadi 33. Setelah Anda ganti maka terakhir tinggal klik OK.
  2. Dengan langkah di atas maka secara otomatis ukuran kertas halaman MS Word akan berubah sesuai dengan ukuran yang Anda buat tadi. Anda tinggal mengeprint halaman dokumen tersebut.

Ingat sebelum Anda benar-benar mencetak dokumennya, Anda bisa klik di bagian ‘Print Preview’ terlebih dahulu untuk memastikan bahwa hasil cetakan sudah benar dan tidak ada yang terpotong lagi.

Jika sudah dipastikan hasilnya bagus maka silahkan tekan tombol print.

Demikian cara agar hasil print Legal tidak terpotong di MS Word, semoga bermanfaat.

Cara ini juga dapat dilakukan untuk ukuran kertas yang lainnya asalkan Anda sudah tahu berapa ukuran yang diinginkan untuk diprint.

Give a Comment