MacOS atau Macintosh Operating System merupakan sistem operasi dari Apple Inc. untuk berbagai perangkat keras, seperti laptop. Dalam hal ini, laptop Mac OS juga membutuhkan antivirus terbaik. Pasalnya, perangkat kerap dibanderol dengan harga tinggi dan cenderung populer sebagai Macbook.

Tidak hanya terkenal dengan biaya yang mahal, tetapi laptop dengan sistem operasi Mac juga mempunyai berbagai kelebihan, seperti tampilan elegan dan eksklusif, tidak membutuhkan shutting down, serta awet dan tahan lama. Dengan perangkat tersebut, kamu pun dapat tampil lebih bergaya.

Sebenarnya, Apple Inc. tidak mendesain laptop dengan software secara asal-asalan, di mana jika dibandingkan perangkat dengan sistem operasi berbasis Windows, MacOS lebih tahan terhadap virus, malware, atau berbagai ransomware. Pasalnya, Mac OS didesain dengan berbagai tingkat keamanan.

Mungkin, kamu pernah mendengar bahwa terdapat virus atau malware yang menyerang laptop berbasis MacOS. Akan tetapi, Apple Inc. bereaksi secara cepat sehingga memberi update antivirus paling mutakhir. Tujuannya untuk melindungi perangkat secara eksklusif melalui sistem operasi Mac.

 

Daftar Antivirus Terbaik di Laptop-Komputer MacOS 2021

Sadar atau tidak, perangkat berbasis MacOS memiliki perbedaan dengan laptop berbasis Windows, khususnya perihal pemasangan aplikasi antivirus sebagai proteksi. Jika kamu pengguna Mac OS, pada dasarnya perangkat tidak perlu bersusah payah untuk memasang antivirus di laptop Macbook.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab aplikasi bawaan yang tersedia di MacOS cukup tangguh untuk memberi proteksi pada perangkat laptop. Meski demikian, secara logika tidak ada salahnya jika tetap memasang aplikasi antivirus tambahan, khususnya selain bawaan Mac OS, baik gratis atau berbayar.

Nah, jika memutuskan menggunakan aplikasi berbayar, sebaiknya memilih antivirus yang bagus, tetapi tetap murah dan efektif untuk menghalau trojan yang mungkin menyerang laptop. Beberapa aplikasi juga ada yang tanpa iklan jika berbayar. Lantas, apa saja aplikasi terbaik untuk Mac OS?

Bit Defender Antivirus for Mac

Fiturnya:

  • Menawarkan perlindungan secara real time
  • Perlindungan multifungsi, termasuk untuk perbankan dan belanja online
  • Memberi perlindungan untuk Time Machine sebagai file cadangan jika terserang virus

Antivirus terbaik yang pertama adalah Bitdefender Antivirus for Mac. Pasalnya, aplikasi yang beredar di pasaran tersedia dalam dua versi, yakni versi gratis dan berbayar yang sama-sama digunakan untuk meningkatkan keamanan MacOS. Dalam praktiknya, aplikasi versi gratis bernama Free Virus Scanner.

Pada dasarnya, keduanya menggunakan teknologi yang sama, khususnya dalam menemukan dan menghapus virus-virus berbahaya. Akan tetapi, keduanya tetap memiliki perbedaan, di mana Free Virus Scanner memakai pendekatan manual yang rumit dalam memindai perangkat Macbook.

Download: bitdefender

Avast Security for Mac

Fiturnya:

  • Menawarkan perlindungan malware, web, dan WIFI secara gratis dengan kualitas optimal
  • Terdapat peringatan ransomware pada versi premium
  • Mengamankan surel sehingga aman untuk menerima dan berkirim

Jika menginginkan antivirus paling populer di Indonesia secara gratis, maka jawabannya adalah aplikasi Avast Security for Mac. Meski menawarkan proteksi tanpa berbayar, tetapi antivirus tetap memberi perlindungan menyeluruh, baik untuk virus, malware, ransomware, trojan, dan lain-lain.

Di sisi lain, Avast Security for Mac juga tersedia dalam bentuk premium. Artinya, kamu dapat membeli versi berbayar guna mendapat fitur-fitur unggulan. Misalnya adalah fitur system optimizer dan VPN Service. Dengan demikian, Avast tetap berperan krusial untuk meningkatkan keamanan perangkat.

Download: avast

Kaspersky Internet Security for Mac

Fiturnya:

  • Dapat digunakan secara gratis dengan kualitas optimal
  • Menawarkan biaya hemat hingga 30 persen untuk memperbarui lisensi untuk versi berbayar
  • Memiliki tingkat keberhasilan 100 persen untuk malware detection

Tahukah kamu Kaspersky Internet Security for Mac dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur menarik? Contohnya adalah webcam lock, parental control, fitur untuk mematikan tracking cookies, dan sebagainya. Selain itu, juga terdapat malware detection dengan tingkat keberhasilan 100 persen, lho.

Apabila dibandingkan antivirus terbaik di perangkat Mac lainnya, maka Kaspersky Internet Security for Mac terbilang  memiliki fitur-fitur yang cukup bersaing. Bahkan, berdasarkan situs Av-Test, aplikasi ini memperoleh skor 5.5 dari skor total 6.0. Aplikasi versi gratis umumnya tidak menawarkan VPN.

Download: kaspersky.

Malwarebytes for Mac

Fiturnya:

  • Tergolong antivirus ringan sehingga tidak mempengaruhi kinerja perangkat
  • Menawarkan layanan scan Mac secara cepat, yakni di bawah 30 detik
  • Mampu menghentikan aplikasi yang tidak diketahui

Antivirus terakhir untuk laptop berbasis Mac OS adalah Malwarebytes for Mac. Sadar atau tidak, aplikasi ini tergolong sebagai aplikasi favorit di kalangan pengguna Macbook. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Malwarebytes for Mac bekerja untuk menemukan dan menghapus virus di perangkat.

Meskipun dapat digunakan secara gratis, tetapi developer tetap berkomitmen untuk memperluas kemampuan melalui versi komersial secara premium. Pada dasarnya, versi premium mampu mencegah serangan berbagai malware, ransomware, trojan dan lain-lain secara aktif.

Download: malwarebytes

Demikian berbagai antivirus yang dapat digunakan untuk memberi proteksi tambahan di laptop berbasis MacOS. Hal ini kian krusial ketika perangkat dibanderol dengan harga yang mahal, bahkan mampu meningkatkan prestise pengguna yang tidak dapat dilakukan perangkat berbasis Windows.

Selain memiliki nilai lebih, laptop Mac OS yang beredar di pasaran juga memiliki spesifikasi mumpuni, khususnya untuk membantu kinerja desainer dan fotografer. Pada dasarnya, Macbook juga populer di Indonesia karena terkenal memiliki sistem pemrosesan yang cepat dan kualitas warna yang apik.

Tidak hanya itu, berbagai aplikasi antivirus pendukung juga bisa untuk hardisk eksternal ketika dicolokkan. Selain itu, pemasangan antivirus untuk sistem operasi Mac juga bisa untuk flashdisk ketika dicolokkan. Oleh karena itu, laptop Mac OS pada umumnya membutuhkan antivirus terbaik.