Perangkat smartphone saat ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana berkomunikasi saja. Perangkat ini juga berfungsi sebagai perangkat menikmati multimedia, mendapatkan informasi terbaru, bahkan bisa juga untuk bekerja. Karena itu, setiap pemilik smartphone harus pintar-pintar menginstal aplikasi yang berguna.

Memang, ada banyak kategori dan jenis aplikasi yang bisa dipasang oleh pengguna smartphone di perangkatnya. Namun, agar fungsi utama smartphone yaitu untuk memudahkan aktivitas atau pekerjaan dapat tercapai, aplikasi yang dipasang pun harus berguna.

Masing-masing kategori pengguna pun memiliki daftar aplikasi prioritas yang harus ada di dalam perangkatnya. Misalnya untuk pelajar, pekerja ataupun kategori pengguna lainnya. Untuk itu, berikut ada beberapa aplikasi penting dan berguna yang harus Anda miliki.

Aplikasi android wajib diinstall

Browser

Mencari berbagai informasi terkini di internet saat ini menjadi sebuah gaya hidup yang banyak diterapkan setiap orang. Mengapa aplikasi browser ini harus ada di perangkat smartphone Anda? Alasannya karena dengan aplikasi browser ini Anda bisa berselancar dan mencari beragam info.

Browser menjadi aplikasi yang harus ada di ponsel pintar, sebab disini Anda bisa mengakses berbagai situs untuk mendapat informasi yang Anda butuhkan. Tanpa aplikasi ini, Anda tidak bisa mengakses situs-situs penyedia informasi tersebut

Aplikasi Peta

Pernahkah Anda sedang melakukan perjalanan lalu tiba-tiba tersesat? Nah, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda memiliki aplikasi peta di hp android Anda. Jangan remehkan peran aplikasi yang sebenarnya langsung ada begitu Anda baru beli ponsel dan mengaktifkannya ini.

Aplikasi peta ini memberikan akurasi lokasi yang cukup akurat. Ketika Anda memasukkan destinasi tujuan di kolom pencarian, Anda akan langsung diarahkan ke lokasi tersebut beserta jalur terbaik yang bisa dipilih, jalur yang paling cepat serta terhindar dari macet.

Melalui aplikasi ini Anda bahkan juga bisa mencari tempat-tempat penting yang paling dekat dengan lokasi Anda. Misalnya, pom bensin, restaurant, rumah sakit dan tempat-tempat publik lainnya. Sangat bermanfaat bukan?

Aplikasi Office

Aplikasi Office ini fungsinya sama dengan Microsoft Office di perangkat komputer. Jadi, dengan aplikasi ini Anda bisa bekerja membuat berbagai jenis dokumen sesuai kebutuhan. Aplikasi ini bisa digunakan baik oleh pelajar ataupun karyawan yang pekerjaannya berkaitan dengan pembuatan dokumen.

Jenis dokumen yang bisa dibuat pun sangat beragam. Anda bisa membuat dokumen kata (word), angka (excel), presentasi (power point), hingga membuat surat ataupun curriculum vitae. Namun untuk fitur-fitur tersebut memang hanya bisa didapatkan secara premium.

Adanya aplikasi ini di hp android Anda sangat penting, sebab akan membantu untuk bekerja, mengedit atau mengerjakan pekerjaan disaat darurat. Karena itulah ini menjadi aplikasi yang wajib ada.

Antivirus

Aktivitas online Anda di internet melalui browser ataupun aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang Anda miliki tidaklah selamanya aman. Dari situs-situs yang Anda buka melalui browser, bisa saja ada virus yang dapat menginfeksi perangkat Anda.

Ketika perangkat apapun sudah terinfeksi virus, maka perangkat tersebut akan menurun performanya. Perangkat jadi sering bermasalah bahkan bisa saja menghilangkan data yang tersimpan di dalamnya.

Inilah kenapa aplikasi antivirus harus ada di perangkat hp android Anda. Dengan aplikasi antivirus ini setidaknya akan mendeteksi apabila ada virus. Apabila lebih virus terdeteksi pun nantinya langsung ditindak dengan menghapus virus tersebut.

Aplikasi Pemutar Musik

Mendengarkan musik merupakan aktivitas yang disukai oleh hampir semua orang. Meskipun sekarang sudah ada layanan mendengarkan musik secara online, namun aplikasi musik offline tetap harus ada di hp Android Anda.

Dengan adanya aplikasi musik offline ini, Anda bisa tetap mendengarkan musik favorit meskipun tidak sedang online. Namun, untuk mendengarkan lagu favorit tersebut, Anda harus sudah mengunduh lagunya terlebih dahulu dan simpan di memori penyimpanan.

Jika sudah, nantinya Anda bisa memutar musik atau lagu kapanpun dan dimanapun. Bisa menjadi hiburan saat sedang bosan.

Aplikasi Pemutar Video

Selain musik, fitur multimedia lain yang harus terpasang di hp android Anda adalah pemutar video. Smartphone tidak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi atau mencari informasi saja. Melakukan perangkat ponsel pintar ini juga bisa menjadi media hiburan untuk Anda.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa memutar video yang sudah Anda download dan simpan di memori penyimpanan. Aplikasi ini bisanya juga memungkinkan Anda untuk memutar video yang Anda rekam sendiri menggunakan kamera dari hp.

Ada pula beberapa aplikasi pemutar video yang memungkinkan Anda melakukan editing dasar di dalamnya. Inilah kenapa aplikasi pemutar video juga wajib ada di hp android.

Password Manager

Anda tentu tidak mau jika hp Anda diotak-atik atau diakses oleh sembarang orang bukan? Nah, aplikasi ini termasuk aplikasi yang Anda butuhkan untuk ada di hp android Anda. Dengan adanya aplikasi ini, maka akses masuk ke hp ataupun aplikasi tertentu jadi terbatas.

Aplikasi password manager ini bekerja dengan berbagai cara. Anda bisa mengatur password untuk beberapa aplikasi saja, jadi hanya beberapa aplikasi penting yang bisa diakses terbatas. Atau, Anda juga bisa mengatur agar akses masuk ke dalam hp Anda benar-benar terbatas secara keseluruhan.

Pada beberapa tipe hp, fungsi ini pun bisa didapatkan meski di hp android baru. Fungsi ini biasanya bisa ditemukan pada menu pengaturan keamanan. Namun tentu saja dengan memasang aplikasi khusus, Anda juga akan mendapatkan fungsi yang lebih.

Aplikasi Chat

Nah, ini adalah satu dari beberapa aplikasi yang penting dan harus diinstall di hp android Anda. Aplikasi chat inilah yang fungsinya digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lain. Tidak hanya bertukar chat dalam bentuk tulisan, namun juga dalam bentuk suara dan gambar.

Aplikasi chat ini bahkan sudah dilengkapi dengan fitur dimana Anda bisa menggunakannya untuk melakukan panggilan suara hingga panggilan video. Lengkapnya fitur dan fungsi yang diberikan inilah yang membuat mengapa aplikasi chat harus ada di hp android.

Aplikasi chat yang bisa dipilih pun sangat beragam. Masing-masing juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Jadi, tergantung Anda mau memilih aplikasi chat mana sesuai kebutuhan.

Aplikasi Media Sosial

Media sosial saat ini menjadi platform yang wajib dimiliki oleh pengguna internet. Begitu pula pengguna hp android, aplikasi media sosial menjadi aplikasi yang wajib dimiliki. Dengan aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membagikan momen-momen berupa foto atau tulisan kepada pengikutnya.

Dari sekian banyak jenis media sosial yang ada saat ini, setidaknya harus ada 1 yang ada di smartphone. Dengan semakin banyaknya fitur yang disediakan, media sosial kini tidak hanya sebagai platform berbagi saja, bahkan juga bisa dijadikan media berbisnis.

Aplikasi Penyimpanan Awan

Kapasitas penyimpanan data hp android Anda terbatas? Atau takut data yang tersimpan di memori penyimpanan tambahan rusak atau hilang? Tak perlu khawatir, Anda bisa memanfaatkan penyimpanan awan yang berbasis online.

Aplikasi penyimpanan awan ini adalah aplikasi penyimpanan yang keren dan harus Anda miliki. Selain data lebih aman, lebih mudah diakses, serta kapasitas penyimpanan yang lebih besar, beberapa bahkan juga menambahkan fitur penyimpanan lain yang menarik di dalamnya.

Karena alasan inilah aplikasi penyimpanan ini belakangan lebih banyak dipilih. Karena itu jugalah, aplikasi ini harus ada di hp android Anda.

Aplikasi Catatan Digital

Aplikasi catatan digital ini merupakan salah satu aplikasi wajib untuk anak sekolah atau mahasiswa. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat catatan sekolah secara digital tanpa perlu menggunakan buku.

Menariknya lagi, di dalam aplikasi ini, catatan yang Anda buat bisa diatur agar lebih menarik. Selain adanya fitur highlight, membuat tabel, mengetik, ada juga fitur corat coret seperti aplikasi paint.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membuatnya seperti binder. Di dalam aplikasi ini terbagi menjadi notebook, section serta page. Jadi untuk setiap mata pelajaran, Anda bisa membaginya lagi menjadi berbagai section berbeda.

Aplikasi Video Conference

Saat kondisi yang tidak memungkinkan untuk sekolah atau melakukan pertemuan secara langsung seperti saat ini, aplikasi video conference adalah aplikasi yang harus dan wajib dimiliki. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan pertemuan secara online.

Aplikasi yang harus ada di hp pelajar, mahasiswa ini biasanya digunakan untuk melakukan pertemuan pembelajaran. Dengan aplikasi ini, antara pengajar dan siswa bisa tetap berinteraksi secara tidak langsung atau secara online.

Di dalam aplikasi ini terdapat beragak fitur yang mendukung fungsi utamanya. Seperti fitur microphone yang memungkinkan pengguna bisa turut berpartisipasi dalam pertemuan yang diadakan.

Aplikasi Produktivitas

Kalau sebelumnya ada aplikasi yang harus dimiliki oleh pelajar dan mahasiswa, aplikasi ini harus ada di hp pekerja. Aplikasi-aplikasi produktivitas ini akan membantu Anda menjadi lebih produktif. Jenis aplikasinya pun beragam dan bisa membantu Anda produktif di berbagai hal.

Ada aplikasi yang memiliki fitur note, to-do list, scanner dokumen hingga business card yang membantu pekerjaan di kantor. Ada aplikasi finansial yang membuat Anda lebih produktif di bidang finansial hingga aplikasi yang membuat Anda produktif pada aspek kesehatan.

Beragamnya jenis aplikasi produktivitas ini bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Jadi, Anda bisa memilih salah satu sesuai bidang mana yang ingin Anda tingkatkan produktivitasnya. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut tentu akan membuat Anda jadi lebih produktif.

Aplikasi Transfer Data dari HP ke HP Lain

Anda suka atau sering berbagai data dengan pengguna hp android lain? Menggunakan fitur bluetooth memang bisa, namun pasti akan lebih cepat jika Anda menggunakan aplikasi transfer data dari hp ke hp lain.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk berbagi data dalam format atau bentuk apapun dengan hp lain. Proses transfer bisa lebih cepat, karena Anda bisa transfer lebih dari satu file sekaligus. Tidak hanya file atau data, Anda juga membagikan file aplikasi melalui aplikasi ini.

Aplikasi ini juga menjadi aplikasi yang harus ada di hp setelah format atau install ulang. Dengan aplikasi ini, Anda bisa transfer semua data dari hp lama ke hp baru. Ada banyak jenis aplikasi ini, ada yang bisa digunakan transfer data dari sesama pengguna android hingga ke perangkat OS lain.

Aplikasi Transfer Data ke Laptop Komputer

Tidak hanya berbagi dari hp ke hp lain, ada juga pengguna android yang membutuhkan aplikasi agar bisa transfer ke laptop atau komputer. Nah, dengan aplikasi transfer data ke laptop atau komputer ini, proses transfer Anda tidak lagi ribet.

Tidak perlu menggunakan usb untuk mentransfer data ke laptop. Cukup miliki aplikasi ini di kedua perangkat, hubungkan keduanya, dan Anda sudah bisa transfer data apapun dengan lebih mudah dan cepat.

Berbeda dengan transfer data menggunakan usb, transfer data dengan aplikasi ini cenderung lebih cepat. Belum lagi, ada beberapa aplikasi yang menambahkan berbagai fitur menarik di dalamnya. Itulah kenapa aplikasi ini harus ada di hp android Anda.

Aplikasi Video Online

Aplikasi selanjutnya yang harus ada di hp android adalah aplikasi video online. Berbeda dengan aplikasi menonton video sebelumnya, dari aplikasi ini Anda bisa menonton video baik secara offline ataupun online.

Anda bisa mencari berbagai video yang ingin Anda lihat melalui aplikasi ini, kemudian menontonnya secara online atau menyimpannya agar bisa ditonton secara offline. Koleksi videonya yang sangat banyak dan beragam memungkinkan Anda menemukan video apa saja disini.

Adanya aplikasi video online ini juga banyak dimanfaatkan untuk belajar oleh para siswa atau mahasiswa. Ini karena konten video yang disediakan di dalam aplikasi ini tidak hanya terbatas pada konten hiburan saja, namun juga konten pendidikan dan edukasi.

Aplikasi Nonton Film

Hobi nonton film tapi tidak bisa ke bioskop dalam kondisi seperti saat ini? Tak perlu khawatir, manfaatkan saja aplikasi nonton film yang saat ini sudah banyak tersedia di Playstore. Memang, untuk menonton film dengan aplikasi ini tidaklah gratis.

Aplikasi nonton film ini tergolong aplikasi berlangganan. Jadi Anda harus berlangganan tiap bulan, baru bisa menonton film favorit Anda dengan lebih puas meskipun hanya dari rumah. Menariknya lagi, pilihan aplikasinya pun beragam tergantung jenis filmnya.

Ada aplikasi yang khusus menyediakan film-film Hollywood beserta seriesnya. Ada pula aplikasi yang khusus menyediakan film maupun drama dari Asia. Pilih salah satu sesuai keinginan. Kenapa aplikasi ini harus dimiliki, karena dengan aplikasi ini Anda bisa menikmati sensasi menonton layaknya di bioskop meski hanya dari rumah.

Sebagai pengguna smartphone, Anda harus bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Teknologi ponsel pintar ini sudah memungkinkan Anda menggunakannya untuk berbagai kebutuhan. Jadi, tidak hanya untuk berkomunikasi saja.

Agar fungsinya lebih optimal, Anda bisa menginstal aplikasi-aplikasi yang disebutkan di atas. Aplikasi tersebut adalah aplikasi yang wajib dimiliki oleh berbagai kategori pengguna. Sehingga hp android Anda tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi namun juga membantu pekerjaan, belajar dan pastinya membantu lebih produktif.