Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Azan Tidak Berbunyi

Notifikasi azan tidak bunyi di hp terkadang tidak berbunyi atau muncul karena suatu hal terjadi. Aplikasi azan merupakan salah satu aplikasi yang banyak dimintai oleh umat Islam dan bagi Anda yang mendapatkan masalah suara azan tidak berbunyi di hp harus tahu penyebab dan cara mengatasinya. Aplikasi ini bermanfaat sekali untuk mengingatkan waktu soal dengan suara azan sesuai dengan jadwalnya.

Terkadang aplikasi ini eror sehingga tidak muncul bunyi azan sehingga harus diatasi dengan baik. Kemungkinan ada banyak penyebab notifikasi azan tidak mau muncul atau berbunyi saat waktunya tiba. Di bawah ini merupakan penyebab dan cara mengatasi aplikasi azan tidak muncul bunyinya dengan baik.

Penyebab Aplikasi Azan Tidak Berbunyi Paling Umum

Penyebab-penyebab aplikasi adzan tidak berbunyi paling umum adalah :

Hp belum support dengan aplikasi azan

Penyebab aplikasi azan tidak berbunyi secara umum adalah karena hp belum support dengan aplikasi. Tidak semua hp bisa install aplikasi dengan mudah, apalagi jika belum support. Anda harus memastikan hp yang digunakan sudah support dengan aplikasi-aplikasi tertentu termasuk aplikasi azan.

Umumnya aplikasi azan bisa diperoleh dengan mudah di semua merk hp Xiaomi, oppo, vivo, Samsung, Sony, LG, Nokia, HTC, Oneplus, ZTE, Mito, Advan dan merk hp lainnya.

Aplikasi Azan Eror

Aplikasi azan eror juga bisa jadi penyebab utama tidak muncul notifikasinya. Hal seperti ini sering terjadi dan tidak hanya di aplikasi azan saja. Aplikasi lainnya jika terjadi masalah seringkali tidak muncul notifikasi.

Bunyi azan tidak muncul jika aplikasinya eror atau bermasalah sehingga Anda harus cek update yang terbaru. Banyak aplikasi-aplikasi yang sering eror atau ada bugs sehingga tidak bisa digunakan dengan baik.

Aplikasi Azan belum diupdate versi terbaru

Aplikasi azan belum diupdate ke versi terbaru juga bisa penyebab masalah Notifikasi azan tidak bunyi di hp yang sering terjadi. Banyak pengguna smartphone yang tidak memperhatikan update aplikasi terbaru. Akibatnya aplikasi kadaluwarsa dan beberapa fitur tidak dapat digunakan.

Update aplikasi ke versi terbaru adalah hal yang sangat penting, namun sayangnya masih banyak pengguna yang belum cukup memahaminya atau mengeceknya.

Data Azan yang dipakai sudah full

Data aplikasi azan yang digunakan sudah full sehingga mengakibatkan aplikasi terhenti. Apalagi aplikasi satu ini akan muncul notifikasi terus menerus saat waktu azan tiba sehingga lama-lama datanya semakin banyak.

Jika data aplikasi adzan sudah full bisa menyebabkan aplikasi jadi eror atau notifikasi tidak muncul secara otomatis.

Cache dan Cookie ada masalah

Cache dan cookie aplikasi azan bermasalah akan menyebabkan Aplikasi azan gangguan hari ini. Kebanyakan data di aplikasi atau di cache bisa menyebabkan masalah ini. Cache biasanya digunakan untuk simpan data-data di setiap aplikasi atau browser.

Semakin banyak data cache yang tersimpan bisa menyebabkan aplikasi bermasalah dan menyebabkan notifikasi tidak muncul.

Kesalahan mengatur Notifikasi azan

Kesalahan mengatur notifikasi azan adalah hal yang umum terjadi dan terkadang pengguna tidak mengetahuinya. Di aplikasi tertentu biasanya ada izin notifikasi dan sebagainya sehingga Anda bisa memanfaatkannya dengan baik.

Apabila Anda belum mengaktifkan notifikasi azan secara otomatis maka ringonte azan gagal terus.

Notifikasi azan tertindih dengan suara notifikasi lain

Nah, notifikasi azan yang tertindih dengan suara notifikasi lainnya juga bisa jadi penyebabnya. Apalagi notifikasi lainnya muncul secara bersamaan sehingga menyebabkan suara azan tidak muncul.

Hal semacam ini pasti sering terjadi dan pengguna tidak menyadarinya sehingga tidak mendengarkan suara azan dari aplikasi tersebut. Anda bisa mengecek notifikasi di layar hp untuk memastikan apakah sudah ada notifikasi yang muncul atau belum jika sering terjadi seperti ini =.

Saat ada notifikasi adzan, tidak sengaja menekan suara volume/power atau swipe

Pada saat ada notifikasi azan, Anda tidak sengaja menekan suara volume, power atau swipe sehingga notifikasi menjadi tidak berbunyi. Pada umumnya, pada pengaturan default di aplikasi azan, saat notifikasi azan muncul dan Anda menekan tombol suara, volume, power atau swipe otomatis notifikasi akan mati.

Sayangnya masih banyak pengguna yang belum paham jika tidak sengaja melakukan hal tersebut dan menyebabkan suara notifikasi azan tidak mau muncul.

Tidak menjalankan aplikasi azan di latar belakang

Anda tidak menjalankan aplikasi di latar belakang juga akan menyebabkan aplikasi azan tidak bisa digunakan. Aplikasi azan biasanya akan otomatis memberikan notifikasi, namun jika Anda tidak menjalankan aplikasi di latar belakang notifikasi akan mati.

Oleh sebab itu, pastikan Anda sudah menjalankan aplikasi azan di latar belakang smartphone untuk mendapatkan notifikasi azan setiap saat.

Hp di mode hening/silent/jangan ganggu/mode tidur

Hp yang Anda gunakan di mode hening/silent/jangan ganggu/ mode tidur akan menyebabkan semua notifikasi tidak berbunyi. Termasuk notifikasi azan tidak akan berbunyi jika Anda masih mengaktifkan beberapa mode tersebut.

Mengaktifkan Penghemat Baterai

Mengaktifkan penghemat baterai adalah salah satu penyebab notifikasi azan tidak mau muncul atau berbunyi. Saat ini banyak smartphone yang sudah memiliki fitur penghemat daya, namun beberapa notifikasi dari aplikasi akan dinonaktifkan.

Oleh sebab itu, saat Anda mengaktifkan penghemat baterai bisa menyebabkan notifikasi azan tidak berbunyi seperti biasanya.

Itulah semua contoh penyebab-penyebab aplikasi azan tidak bisa bunyi yang sering dialami oleh pengguna.

Cara Mengatasi Aplikasi Azan Tidak Berbunyi Dengan Benar

Cara mengatasi aplikasi adzan tidak berbunyi dengan tepat adalah :

Memastikan pengaturan azan sudah diatur dengan baik

Cara mengatasi notifikasi aplikasi azan tidak berbunyi pertama adalah memastikan pengaturan azan sudah diatur dengan baik. Khususnya adalah di pengaturan notifikasi secara otomatis sehingga saat waktu azan akan muncul suara azan dari hp Anda.

Anda juga bisa mengatur pengaturan lainnya di aplikasi azan, seperti memilih suara azan dan yang lainnya sesuai dengan keinginan.

Memastikan tidak menekan hp ketika azan berbunyi

Cara mengatasi notifikasi aplikasi azan tidak berbunyi kedua adalah memastikan Anda tidak menekan hp saat suara azan sedang berbunyi sehingga akan otomatis berhenti. Terkadang tidak disengaja Anda menekan hp saat azan berbunyi dari aplikasi yang Anda miliki sehingga nada dering aplikasi azan tidak ada atau muncul.

Memastikan hp tidak di mode hening/silent/jangan ganggu/mode tidur

Cara mengatasi notifikasi aplikasi azan tidak berbunyi ketiga adalah memastikan hp tidak di mode hening/silent/jangan ganggu/mode tidur. Salah satu penyebab notifikasi suara azan tidak berbunyi adalah Anda mengaktifkan beberapa mode tersebut.

Saat hp Anda di mode silent dan sebagainya suara notifikasi tidak muncul dan notifikasi ini juga bisa terjadi pada aplikasi lainnya juga, selain azan.

Pilih paska berhenti aplikasi azan dan buka lagi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Azan Tidak Berbunyi 2022

Cara mengatasi notifikasi aplikasi azan tidak berbunyi keempat adalah memilih paksa berhenti dan buka aplikasinya kembali. Apabila aplikasi azan terjadi masalah dan sering berhenti bisa Anda coba dengan cara ini. Kemungkinan aplikasi bermasalah sehingga sering hang dan notifikasinya tidak muncul.

Masalah aplikasi terhenti sering terjadi pada beberapa macam merk hp Xiaomi, oppo, vivo, Samsung, Sony, LG, Nokia, HTC, Oneplus, ZTE, Mito, Advan dan merk hp lainnya.

Memeriksa volume hp Anda

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Azan Tidak Berbunyi 2022

Cara mengatasi notifikasi aplikasi azan tidak berbunyi kelima adalah memeriksa volume hp yang Anda gunakan untuk memastikan notifikasi terdengar dengan jelas. Setiap hp pasti bisa diatur tingkat volume notifikasi atau suara yang diinginkan. Agar notifikasi suara azan terdengar dengan jelas Anda bisa mengatur tingkat volume sesuai dengan keinginan.

Mengizinkan Fitur yang ada di aplikasi azan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Azan Tidak Berbunyi 2022

Cara mengatasi notifikasi azan tidak muncul keenam adalah mengizinkan fitur yang terdapat di aplikasi azan. Kemungkinan besar Anda belum mengizinkan fitur notifikasi di aplikasi azan sehingga tidak otomatis akan berbunyi saat waktu azan tiba.

Apalagi akan muncul suara azan sehingga ada pilihan beberapa fitur yang tersedia di aplikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Merestart HP

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Azan Tidak Berbunyi 2022

Cara mengatasi notifikasi aplikasi azan tidak berbunyi ketujuh adalah restart hp untuk mengatasi hp eror. Anda juga bisa mengatasi aplikasi azan eror dengan cara simpel ini.

Pasti banyak pengguna hp yang mencoba cara satu ini karena dinilai cukup efektif dan juga mudah. Saat hp kembali menyala seperti biasanya Anda tinggal mengecek apakah muncul notifikasinya atau tidak.

Menjalankan aplikasi azan Anda di latar belakang

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Azan Tidak Berbunyi 2022

Cara mengatasi ringtone azan gagal terus kedelapan adalah jalankan aplikasi azan di latar belakang hp Anda. Supaya notifikasi azan selalu muncul atau berbunyi Anda harus jalankan aplikasi di latar belakang.

Terkadang banyak pengguna yang tidak memahami cara ini sehingga tidak mendapatkan notifikasi dari suatu aplikasi.

Hindari tambahkan aplikasi azan di penghemat baterai

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Azan Tidak Berbunyi 2022

Cara mengatasi notifikasi aplikasi azan tidak berbunyi kesembilan adalah menghindari tambahkan aplikasi azan di penghemat baterai. Biasanya ada pilihan beberapa aplikasi yang dinonaktifkan saat Anda memakai fitur penghemat baterai. Anda bisa menghapus aplikasi azan dari daftar saat mengaktifkan penghemat baterai.

Mematikan penghemat baterai

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Azan Tidak Berbunyi 2022

Cara mengatasi tidak terdengar azan kesepuluh adalah mematikan penghemat baterai supaya notifikasi bunyi azan selalu muncul. Selain Anda bisa melakukan langkah di atas, namun juga bisa mematikan fitur penghemat baterai supaya semua notifikasi muncul.

Update Aplikasi azan versi terbaru

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Azan Tidak Berbunyi 2022

Cara mengatasi notifikasi aplikasi azan tidak berbunyi kesebelas adalah coba update aplikasi azan ke versi terbaru. Kemungkinan salah satu penyebab notifikasi azan tidak berbunyi karena Anda belum update aplikasi ke versi terbaru sehingga beberapa fitur tidak bisa diaktifkan.

Cek segera daftar aplikasi azan di App Store dan jika ada update terbaru Anda bisa langsung melakukan update untuk mendapatkan fitur terbaru. Jangan sampai aplikasi azan sudah kadaluwarsa sehingga tidak muncul notifikasi saat azan.

Dan berikut untuk panduan cara update aplikasi di google play store.

Menghapus data Aplikasi azan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Azan Tidak Berbunyi 2022

Cara mengatasi notifikasi tidak terdengar azan kedua belas adalah menghapus data aplikasi azan. Terutama jika data aplikasi sudah penuh sehingga Anda harus menghapusnya. Pastikan juga memori internal di perangkat Anda masih tersisa sehingga bisa memakai aplikasi azan dengan baik.

Cara menghapus data aplikasi azan sangat mudah dan bisa mengatasi notifikasi azan yang sering tidak muncul.

Menghapus cookie dan cache

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Azan Tidak Berbunyi 2022

Cara mengatasi notifikasi aplikasi notifikasi azan tidak muncul ketiga belas adalah menghapus cookie dan cache di aplikasi. Jika cache sudah full maka bisa menyebabkan aplikasi terhenti dan tidak muncul notifikasi.

Cara untuk mengatasinya adalah cek cookie dan cache dan kemudian Anda hapus datanya agar kembali kosong dan aplikasi azan berjalan normal kembali seperti semula. Pastikan juga Anda hapus file lainnya yang tidak sering dipakai untuk mengatasi memori internal hp full.

Menginstal Ulang Aplikasi azan

Cara mengatasi notifikasi aplikasi azan tidak berbunyi keempat belas adalah install ulang aplikasi azan. Nah, cara mengatasi ini juga bisa Anda coba untuk mengatasi masalah Notifikasi azan tidak bunyi di hp. Kemungkinan aplikasi azan bermasalah jadi Anda bisa install ulang aplikasinya dan cobalah kembali.

Mengganti aplikasi azan sesuai hp Anda

Cara mengatasi notifikasi aplikasi azan tidak berbunyi yang terakhir adalah mengganti aplikasi azan sesuai dengan hp Anda. Anda bisa mendapatkan aplikasi azan di App Store atau Play Store tergantung dengan jenis perangkat yang Anda gunakan.

Pastikan juga OS di hp Anda sesuai dengan aplikasi azan sehingga bisa digunakan dengan baik. Anda bisa update OS terbaru agar bisa memakai aplikasi azan dan akan muncul notifikasi bunyi azan setiap hari.

Itulah dia beberapa cara mengatasi Notifikasi azan tidak bunyi di hp dengan baik dan benar sehingga bisa Anda coba.

Bagikan:

Tinggalkan komentar