Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka

Banyak aplikasi di hp Android maupun di hp iOS Apple yang bisa kalian manfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan salah satunya Bibit. Aplikasi ini sejenis aplikasi reksa dana yang diperuntukkan untuk membantu para investor terutama pemula untuk belajar berinvestasi sehingga tidak lagi beranggapan jika investasi reksa dana itu susah.

Hadirnya aplikasi ini diharapkan semua orang bisa dengan mudah melakukan investasi dengan optimal dan tentunya disesuaikan dengan level resiko. Untuk berinvestasi disini tidak diperlukan yang namanya pengalaman dan tidak perlu bingung karena kalian hanya perlu menerima beres saja. Sehingga sangat cocok bagi para pemula yang minim pengalaman.

Teknologi pada Bibit memang dibuat untuk menyesuaikan para penggunanya yang akan berinvestasi ke reksa dana. Tentunya teknologi tadi disesuaikan dengan profil resiko, usia, keadaan finansial dan juga toleransi resiko. Jadi bagi pemula jangan khawatir jika resiko yang ditanggung tidak sesuai kemampuan.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Bibit ini cocok untuk investasi reksa dana, namun banyak dari kalian yang belum mengetahui mengenai apa itu reksa dana. Reksa dana sendiri merupakan paket investasi yang dikelola manajer investasi berpengalaman pada bidangnya.

Beberapa paket reksa dana berupa obligasi atau pasar uang dan saham. Seiring berjalannya waktu reksa dana yang kalian beli akan mengalami kenaikan harga dan kalian mendapatkan keuntungan dari selisih penjualan. Maka pastikan untuk menjual pada saat harga sedang naik dan bukan sebaliknya.

Bahkan tidak dipungkiri reksa dana merupakan salah satu investasi yang saat ini sudah dilirik banyak masyarakat Indonesia terutama anak muda. Melihat hal ini jumlah pengguna aplikasi Bibit juga kian bertambah.

Untuk bisa menggunakan Bibit Langkah pertama tentu saja unduh aplikasinya baik di Play Store maupun App Store. Setelah pengunduhan selesai dilakukan pengisian data dan juga saldo untuk mulai berinvestasi dan menikmati beragam fitur yang tersedia disana.

Penyebab Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka

Walaupun menginstall dan menggunakan aplikasi Bibit sangat mudah dilakukan namun terkadang ada kendala yang harus dihadapi. Salah satu kendala itu yaitu aplikasi tidak bisa digunakan sehingga fitur pembayaran, tagihan, transfer di Bibit jadi tidak bisa kalian pergunakan.

Padahal untuk kalian yang senang dengan investasi reksa dana melalui aplikasi ini akan sangat merasa terganggu karena tidak bisa memantau pergerakan reksa dana secara maksimal. Terlebih lagi bagi kalian yang memang bermain Bibit bertujuan untuk mencari keuntungan.

Bagi kalian yang sedang mengalami gangguan dimana aplikasi Bibit sedang tidak bisa diakses. Maka untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai apa saja penyebab dari kondisi ini maka bisa menyimak informasi berikut ini.

Hp tidak support

Penyebab paling utama kenapa Bibit tidak bisa beroperasi tentu saja karena hp yang digunakan tidak memiliki system operasi untuk mendukung aplikasi tersebut. Maka dari itu sebelum mengunduh aplikasi Bibit ada baiknya lihat di bagian keterangan aplikasi dan perhatikan apa saja versi sistem aplikasi yang mendukungnya, jadi jangan asal mengunduh namun perhatikan betul masalah ini.

Server down

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka 2022

Faktor lain yang menyebabkan aplikasi Bibit lagi gangguan dikarenakan server down. Bagi yang belum mengetahui server down ini kondisi dimana server sedang dalam kondisi gangguan jadi aplikasi Bibit menjadi tidak bisa diakses. Jadi server down ini murni disebabkan kesalahan dari Bibit bukan dari sistem operasi yang kalian gunakan.

Cek server bibit down atau tidak.

Jaringan Internet tidak stabil

Jika sistem operasi mendukung dan server tidak down namun kalian masih tidak bisa masuk ke aplikasi sebaiknya cek apakah koneksi internet yang digunakan stabil ataukah tidak. Kualitas jaringan internet yang digunakan sangat berpengaruh terhadap akses aplikasi. Jika koneksi internet buruk maka akses ke aplikasi buruk, ketika kualitas kurang baik sebaiknya segera ganti jaringan.

Aplikasi Bibit Galat

Penyebab lain yang bisa saja terjadi karena aplikasi tidak bisa berjalan secara benar. Kondisi semacam ini menyebabkan aplikasi tidak akan bisa terunduh, sehingga bagi kalian yang penasaran dengan aplikasi Bibit tidak bisa segera menggunakannya. Jika kondisi sudah seperti ini sebanyak apapun pengunduhan akan gagal terus dan kondisi ini dikenal dengan istilah galat.

Menggunakan Bibit MOD (modif)

Kalian pastinya setuju jika aplikasi MOD atau modif menawarkan apa yang tidak ditawarkan oleh aplikasi resmi salah satunya dalam hal fitur. Rasa penasaran akan fitur lain dari aplikasi resmi pula yang mendorong kalian mengunduh aplikasi MOD.

Namun sayang dari segi keamanan aplikasi Bibit MOD tidak terjamin keamanannya. Salah satu akibatnya tentu saja aplikasi tidak bisa berjalan.

Aplikasi Bibit belum diupdate

Aplikasi Bibit tentu saja ingin memuaskan penggunanya dengan beragam fitur baru sehingga ada yang namanya pembaruan aplikasi. Namun sayangnya banyak dari kalian yang tidak melakukan pembaruan ke versi paling baru. Sehingga pada saat aplikasi memiliki versi yang terlalu lama tidak akan berjalan dengan baik.

Data aplikasi Bibit menumpuk

Bagi kalian yang sudah sering menggunakan aplikasi Bibit tentu saja banyak tindakan yang dilakukan dan itu berpengaruh terhadap data yang tersimpan. Maka dari itu jangan lupa periksa secara rutin apakah ada penumpukan data pada aplikasi Bibit atau tidak.

File yang jarang dipakai menumpuk

Penumpukan data tidak hanya disebabkan oleh penggunaan aplikasi Bibit saja, bahkan bisa kalian dapatkan pada aplikasi yang tidak digunakan. Walaupun aplikasi tidak digunakan namun pada kenyataannya tetap berjalan dan itu memakan data. Tumpukan data yang tidak berguna tentunya akan memakan ruang penyimpanan.

Download aplikasi Bibit yang tidak Resmi

Walaupun tidak terlalu menguntungkan akan tetapi pada kenyataannya masih banyak saja yang menggunakan aplikasi tidak resmi. Salah satu kekurangan dari aplikasi semacam ini yaitu tidak bisa berjalan secara optimal.

Jika kalian mengalami kondisi tersebut ada baiknya cek lagi apakah aplikasi yang kalian peroleh berasal dari sumber resminya atau tidak. Aplikasi tidak resmi biasanya masih terkendala dalam hal penyempurnaan aplikasinya.

Aplikasi Bibit diblokir Pemerintah

Pemerintah memang memiliki wewenang penuh terhadap pemblokiran suatu aplikasi yang ada. Jika kalian berada di suatu negara tertentu dan tidak bisa mengunduh ataupun mengoperasikan Bibit maka bukan tidak mungkin pemerintah telah memblokir aplikasi tersebut karena berbagai macam alasan.

Aplikasi Bibit diblokir oleh penyedia WIFI

Pemblokiran nyatanya tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja namun juga bisa dilakukan oleh penyedia jaringan WIFI. Hal ini merupakan hal yang sudah biasa terjadi, jadi pastikan apakah jaringan WIFI yang kalian gunakan mengizinkan akses untuk Bibit atau tidak.

Terkena Virus

Saat kalian berselancar di dunia maya tidak dipungkiri terkadang ada virus yang ikut masuk ke perangkat terlebih lagi jika situs yang kalian akses illegal. Perangkat yang sudah terkena virus salah satu dampaknya yaitu aplikasi Bibit tidak bisa masuk, maka ingat-ingat kembali apakah kalian pernah masuk ke situs illegal atau tidak.

Cara Mengatasi Bibit Tidak Bisa Dibuka

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa banyak sekali faktor penyebab kenapa aplikasi Bibit tidak bisa dioperasikan secara maksimal. Banyak dari kalian yang mengalami kendala tersebut bertanya-tanya bagaimana solusi membuka Bibit yang tidak bisa dibuka. Jangan khawatir berikut ini ada beberapa solusi yang bisa dilakukan.

Paksa Berhenti Aplikasi Bibit Lalu Buka Kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka 2022

Saat aplikasi Bibit tidak bisa dibuka padahal ada kuota maka caranya kalian masuk ke pengaturan aplikasi pada hp. Jika sudah kalian cari aplikasi Bibit dan klik pilihan paksa berhenti, setelah aplikasi berhenti maka kalian bisa mencoba membukanya kembali.

Restart hp

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka 2022

Cara ini sangat mudah dan bisa diterapkan di hp Android maupun iOS. Caranya sangat mudah kalian tinggal me-restart hp dengan cara menekan tombol power hp dan pilih restart. Nantinya secara otomatis hp akan mati dan kemudian menyala kembali dan aplikasi Bibit akan secara otomatis bisa digunakan kembali.

Scan Antivirus

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka 2022

Salah satu tanda jika hp kalian sedang terkena virus yaitu beberapa aplikasi tidak bisa berjalan dengan baik. Jika kalian mengalami kondisi ini dan berdampak pada aplikasi Bibit maka segera lakukan scan antivirus. Banyak software yang bisa dipergunakan baik gratis maupun berbayar, namun sebaiknya gunakan yang berbayar karena lebih bagus.

Update Aplikasi Bibit

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka 2022

Seiring berjalannya waktu tentu saja Bibit terus mengembangkan layanan yang terbaik dan ini berlaku di hp iOS Apple serta Android. Jika versi aplikasi yang digunakan terlalu lama biasanya akan menghambat jalannya aplikasi. Maka dari itu jika ada pemberitahuan seputar pembaruan atau update aplikasi sebaiknya segera lakukan.

Berikut untuk cara update aplikasi di google play store.

Ijinkan Fitur yang ada di aplikasi Bibit

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka 2022

Saat aplikasi sudah mulai terinstall biasanya sebelum mengoperasikannya, aplikasi akan meminta izin akses. Izin yang diminta tentu saja bertujuan agar semua fitur yang tersedia bisa berjalan optimal. Jangan lupa untuk mengizinkan semua fiturnya agar aplikasi bibit tidak bermasalah hari ini jika kalian sudah mengizinkan semua aksesnya.

Ganti Jaringan Internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika kalian menggunakan data seluler salah satu kendalanya adalah jaringan tidak stabil. Saat jaringan buruk maka segera lakukan pergantian jaringan. Akan lebih baik lagi untuk kalian yang sering bermain aplikasi Bibit untuk memasang WIFI di rumah selain lebih stabil juga lebih hemat dibandingkan penggunaan data seluler.

Hapus data Aplikasi Bibit

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka 2022

Saat menjalankan aplikasi namun kemudian fitur pembayaran, tagihan, transfer di Bibit jadi tidak bisa maka salah satu penyebabnya yaitu data aplikasi penuh. Untuk mengatasi kondisi ini sangat mudah kalian hanya perlu menghapus data yang tidak diperlukan dari aplikasi Bibit.

Tutorial untuk menghapus data:

Hapus File yang jarang dipakai

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka 2022

Tidak hanya data penuh pada Bibit yang menyebabkan aplikasi terhenti namun juga bisa disebabkan data yang berasal dari aplikasi lainnya. Terlebih lagi data yang banyak tadi bisa jadi berasal dari aplikasi yang tidak kalian gunakan. Maka ada baiknya lakukan penghapusan data namun akan lebih baik uninstall juga aplikasi yang tidak digunakan tadi agar ruang penyimpanan lebih lega.

Install Ulang Aplikasi Bibit

Jika beragam informasi diatas sudah kalian terapkan untuk memperbaiki masalah pada aplikasi Bibit namun tetap saja tidak dapat tersambung maka install ulang aplikasi bisa menjadi solusinya. Aplikasi yang sudah ada sebelumnya tinggal kalian copot dan install ulang, tunggulah beberapa saat maka aplikasi siap digunakan.

Gunakan VPN atau DNS Resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka 2022

Pemblokiran aplikasi yang dilakukan oleh pemerintah ataupun jaringan WIFI terhadap aplikasi Bibit tentunya menyebabkan fitur pembayaran, tagihan, transfer di Bibit jadi tidak bisa. Jika kalian mengalami kondisi demikian jangan khawatir.

Salah satu solusi yang berguna untuk membuka blokir tersebut dengan menggunakan VPN ataupun DNS Resolver. Jadi dengan menggunakan software tersebut kalian bisa dengan mudahnya mengoperasikan Bibit.

vpn yang bisa dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang bisa DIcoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Gunakan operasi sistem android terbaru

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka 2022

Kalian tentunya pernah mengalami kondisi dimana aplikasi Bibit tidak bisa dibuka padahal ada kuota dan letak permasalahannya bisa terjadi pada system operasi yang sudah terlalu lama. Maka kalian perlu melakukan update ke system operasi terbaru yang mendukung Bibit, sehingga aplikasi dan fitur di dalamnya berjalan dengan maksimal.

Lapor Ke layanan CS

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi lain yang bisa kalian terapkan jika tidak ada koneksi internet yang bermasalah ataupun hal lain namun aplikasi tidak berjalan lancar maka segera melapor ke CS. Nantinya masalah kalian akan ditindak lanjuti untuk mendapatkan solusi. Setelah mendapatkan solusinya jangan lupa untuk langsung menerapkannya.

Bisa lewat chat untuk kirim laporan. Link untuk membuat laporannya: https://faq.bibit.id/id/

Reset Hp

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Bibit Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi lainnya yaitu coba reset hp ke setelan pabrikan. Beragam masalah seperti hp lemot dan menyebabkan banyak aplikasi tidak berjalan lancar bisa disebabkan oleh banyak hal. Jika kalian malas mencari tahu satu-satu mengenai penyebabnya maka reset pabrik ini menjadi solusinya.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika mengatasi aplikasi bibit yang tidak bisa dibuka dengan benar.

Bagikan:

Tinggalkan komentar