Aplikasi Untuk Mengubah Video ke MP3 di HP Android 

Kira-kira, pernahkah kamu men-download video dari YouTube, vimeo, vidio.com, atau platformplatform lainnya? Lalu, bingung perihal convert video ke MP3 dengan aplikasi HP Android yang cocok? Padahal, hal ini penting untuk mendengar musik berulang kali, tentunya tanpa harus membuka video.

Di sisi lain, kamu pun juga menemukan video dari sosial media seperti TikTok, Facebook, Twitter, dan Instagram, di mana memiliki audio yang menarik. Dengan demikian, aplikasi convert video menjadi solusi, sebab kamu tidak perlu repot-repot membuka video berulang-ulang dan menghabiskan kuota.

Pada dasarnya, aplikasi converter video ke MP3 dapat didefinisikan sebagai aplikasi atau alat untuk mengubah format video ke audio. Dalam hal ini, kamu dapat mengatur ukuran, panjang, kualitas suara, dan lain-lain. Umumnya, aplikasi ini diunduh di Android atau PC dengan operasi Windows.

Akan tetapi, mengubah video menjadi MP3 di Android cenderung memiliki kelebihan, yakni dinilai lebih praktis digunakan. Apalagi, tidak semua orang dapat memiliki PC. Selain itu, Android juga menawarkan mobilitas tinggi. Artinya, dapat mengubah format MP4 ke MP3 di mana pun berada.

Dalam hal ini, aplikasi converter MP4 ke MP3 digunakan di berbagai merek HP, seperti untuk HP Xiaomi, Samsung, Redmi, Oppo, Vivo, Advan, Asus, Motorola, Lenovo, Huawei, LG, Microsoft, Meizu, Smartfren, Nokia, Sharp, Polytron, ZTE, Axio, Coolpad, Blackberry, Evercross, dan Sony.

Daftar Aplikasi Convert Video ke MP3 di Hp Android 2021

Sebelum mengunduh aplikasi converter di Android, kamu harus memahami perihal format video dan audio. Secara sederhana, video merupakan teknologi untuk menangkap, merekam, sampai melakukan pemrosesan perihal gambar-gambar bergerak. Sejak dulu, video terus mengalami perkembangan.

Salah satunya soal perkembangan jenis-jenis format video. Misalnya adalah format MP4, WMV (Window Video Maker), AVI (Audio Video Interleave), 3GP (3rd Generation), (Advance Streaming Format), MKV (Matroska Video Kontainer), MPG, WEBM, ASF, FLV, GIFV, dan masih banyak lagi.

Sedangkan, format audio meliputi MP3 (MPEG Layer 3), WAV (WAVE-form), AAC (Advanced Audio Coding), Ogg dan Ogg Vorbis, WMA (Window Media Audio), FLAC (Free Lossless Audio Codec), dan lain-lain. Akan tetapi, video MP4 dan audio MP3 merupakan format yang paling populer.

1.  Video to MP3 Converter oleh accountlab

Fiturnya:

  • Dapat memotong video untuk ringtone
  • Mendukung format MP4, WMV, AVI, FLV, dan 3GP
  • Menampilkan antarmuka sederhana

Convert video ke MP3 yang pertama adalah aplikasi Video to MP3 Converter oleh developer accountlab. Aplikasi ini juga memiliki popularitas karena mampu mengubah file video ke audio dengan format MP3 secara optimal, di mana hal ini memang sesuai dengan kualitas suara video.

Di Google Play, ternyata aplikasi Video to MP3 Converter memiliki rating sebesar 4,5. Tampilan antarmuka sederhana juga membuat konverter tampak sederhana. Alhasil, kamu pun dapat mengkonversi video secara mudah. Selain itu, juga terdapat mode MP3 untuk konversi sederhana dan lanjutan.

Download: videotomp3converter

2.  MP4 to MP3 Convert Video to Audio, Cut Ringtones untuk Android

Fiturnya:

  • Dapat mengkonversi beberapa video dalam waktu yang sama
  • Dapat memotong video dan audio menjadi bit MP3
  • Digunakan untuk membuat nada dering

MP4 to MP3 adalah aplikasi converter video ke audio yang cepat dan nyaman. Aplikasi memungkinkan orang-orang mengubah format video dari MP4 ke MP3. Namun, juga memungkinkan untuk mengkonversi format-format lainnya, seperti MKV, WAV, dan AVI.

Jika diamati, aplikasi MP4 to MP3 tampak memiliki desain antarmuka yang intuitif, jelas, dan sederhana. Oleh karena itu, siapa pun dapat menggunakan aplikasi converter video di HP Android. Sampai sekarang, aplikasi telah memperoleh rating 4,1 di Google Play.

Download: mp4 to mp3 converter video

3.  Video to MP3 Converter – MP3 Tagger oleh NAINGDroid

Fiturnya:

  • Memiliki output browser yang kecil
  • Dapat menggabungkan beberapa audio ke dalam satu file
  • Dapat menambahkan meta data seperti artis, judul, genre, dan lain-lain

Jika kamu bertanya soal aplikasi converter MP4 ke MP3 yang paling mudah, maka jawabannya adalah Video to MP3 Converter – MP3 Tagger oleh NAINGDroid. Namun, perlu digarisbawahi bahwa aplikasi hanya digunakan untuk mengubah video dari perangkat Android,  bukan melalui YouTube.

Convert video ke MP3 dapat dilakukan dengan memilih video, menambahkan meta data, dan terakhir menekan tombol Convert. Sampai sekarang, aplikasi developer NAINGDroid ini juga telah diunduh lebih dari 5 juta. Aplikasi juga menggunakan pustaka libmp3lame dan LGPL ffmpeg sebagai codec.

Download: mp3tagger

4.  Video to MP3 Converter – MP3 Cutter and Merger oleh InShot Inc.

Fiturnya:

  • Mampu mengonversi 15 video dalam waktu yang sama
  • Dapat memotong dan mengedit hasil konversi
  • Dapat menambahkan meta data seperti artis, judul, genre, dan lain-lain

Selain accountlab dan NAINGDroid, ternyata juga terdapat developer lain yang mengembangkan aplikasi converter video ke MP3. Ketiganya sama-sama memiliki aplikasi bernama Video to MP3 Converter. Akan tetapi, aplikasi besutan InShot Inc. tetap memiliki karakteristik yang berbeda.

Dalam hal ini, InShot Inc. menawarkan varian format video dan MP3 yang dapat disesuaikan. Artinya, aplikasi memungkinkan untuk memilih bit rate output audio. Perlu dipahami bahwa kualitas audio semakin tinggi seiring tingginya bit rate. Oleh karena itu, aplikasi Video to MP3 Converter diunduh lebih dari 10 juta kali.

Download: mp3converter inc

Demikian deretan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah video menjadi MP3 di HP Android. Dalam hal ini, format audio MP3 yang dipilih juga memiliki kelebihan, seperti menghasilkan suara mendekati CD Stereo. Pada akhirnya, convert video ke MP3 menjadi pilihan banyak orang.

Give a Comment