Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi GOJEK tidak Bisa Dibuka

GOJEK kini menjadi salah satu aplikasi yang banyak didownload di hp android dan juga iPhone. Aplikasi yang awalnya menyediakan layanan ojek online tersebut, kini sudah memiliki banyak fitur seperti Gofood, Goclean, Gocar, dan lain sebagainya. Pengguna bisa mengakses semua fitur sesuai kebutuhan sehari-hari.

Menggunakan aplikasi ini sangat mudah melalui perangkat smartphone dan tentunya dengan koneksi internet yang memadai. Jika semua sudah terhubung, aplikasi siap untuk diakses. Ada banyak fitur menarik dari aplikasi ini yang disediakan oleh layanan GOJEK untuk pelanggannya.

Cukup dengan membuka aplikasi dan klik menu yang diperlukan. Namun jika gagal dan Anda menemui kendala untuk membukanya, ada berapa cara untuk membuka GOJEK yang tidak bisa dibuka. Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi GOJEK yang tidak bisa dibuka di hp.

Penyebab Aplikasi GOJEK tidak Bisa Dibuka di HP iPhone dan Android

Hp tidak support

Pada aplikasi versi terbaru, sudah tersedia fitur yang lebih lengkap. Namun jika Anda menemui error untuk membuka dan membuat fitur pembayaran, order, tagihan, transfer di GOJEK jadi tidak bisa dilakukan, mungkin Anda perlu memeriksa spesifikasi hp. Setiap aplikasi biasanya membutuhkan spesifikasi perangkat tertentu, seperti sistem operasi, koneksi internet, RAM, dan lain sebagainya. Jika tidak memenuhi, aplikasi tidak bisa dibuka.

Server down

Semua aktivitas di aplikasi tentu akan dikontrol oleh server pusat. Apabila server GOJEK mengalami gangguan atau down, maka aplikasi GOJEK tidak bisa dibuka padahal ada kuota internet Anda masih banyak. Masalah server ini biasanya dapat diketahui dari pengguna lain yang sama-sama tidak bisa mengakses aplikasi GOJEK. Server dapat mengalami gangguan karena banyak faktor seperti crash karena server sedang dalam perbaikan.

Cek server gojek down atau tidak.

Jaringan internet tidak stabil

Aplikasi seperti GOJEK ini termasuk cukup besar dan membutuhkan jaringan internet yang stabil. Jika Anda menggunakan jaringan yang putus-putus, aplikasi tidak dapat diakses dengan lancar. Masalah jaringan ini juga bisa menyebabkan aplikasi sama sekali tidak bisa dibuka karena loading yang terlalu memakan banyak waktu. Aplikasi pun akan otomatis keluar dan Anda tidak bisa mengaksesnya.

Aplikasi GOJEK galat

Salah satu penyebab gagal terus saat membuka atau menjalankan suatu aplikasi adalah karena aplikasi galat. Hal ini juga bisa terjadi pada aplikasi GOJEK yang membuat penggunanya akan kesulitan untuk melakukan proses login atau membuka aplikasi.

Menggunakan GOJEK mod (modifikasi)

Aplikasi modifikasi biasanya memiliki fitur tambahan yang tidak disediakan oleh developer. Hal tersebut justru bisa membuat masalah dan menyebabkan aplikasi tidak bisa dijalankan. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan aplikasi resmi yang memang direkomendasikan oleh developer. Biasanya aplikasi resmi akan lebih aman dan minim error dibanding aplikasi versi modifikasi. Developer juga melakukan pembaruan berkala untuk perbaikan fitur di aplikasi.

Aplikasi GOJEK belum diupdate

Pengguna yang panik karena fitur pembayaran, order, tagihan, transfer di GOJEK jadi tidak bisa dijalankan, sebaiknya lebih tenang. Error yang terjadi pada aplikasi yang menyebabkan tidak bisa akses fitur di dalamnya dapat terjadi karena Anda belum update aplikasi. GOJEK versi lawas tidak disarankan karena versi terbaru jauh lebih baik dan bisa memberikan pengalaman yang lebih memuaskan.

Data aplikasi GOJEK menumpuk

Adakalanya aplikasi GOJEK gangguan hari ini disebabkan oleh pengguna, bukan dari pihak GOJEK. Hal tersebut bisa terjadi seperti pada kasus aplikasi yang gagal dibuka karena banyak data yang tersimpan di aplikasi. Data yang sudah menumpuk tersebut sebaiknya dihapus agar aplikasi bisa lebih ringan dapat dijalankan dengan lebih lancar. Rutin bersihkan karena data-data di aplikasi akan terus bertambah saat online.

File yang jarang dipakai menumpuk

Mungkin di smartphone Anda terdapat beberapa file yang jarang dibuka atau jarang digunakan. File yang tidak penting tersebut sebaiknya dihapus karena penyimpanan yang terlalu penuh akan berpengaruh pada kelancaran Anda membuka atau menjalankan aplikasi. Pilih file yang memang tidak penting dan tidak Anda gunakan dan segera hapus agar penyimpanan lebih banyak.

Download aplikasi GOJEK yang tidak resmi

Download aplikasi GOJEK di hp iOS Apple dapat dilakukan di Apple Store dan untuk android dapat didownload di Play Store. Toko aplikasi tersebut adalah yang direkomendasikan untuk mendapatkan aplikasi yang resmi. Hal ini penting agar terhindar dari masalah tidak bisa mengakses GOJEK karena menggunakan aplikasi yang tidak resmi. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari malware yang bersembunyi di aplikasi.

Aplikasi GOJEK diblokir pemerintah

Error dan gangguan saat membuka aplikasi GOJEK juga dapat disebabkan oleh pihak luar yakni pemerintah. Kebijakan untuk memblokir suatu aplikasi dapat menyebabkan Anda tidak bisa membuka atau mengaksesnya. Biasanya hal ini terjadi di suatu kota, wilayah, atau bahkan di suatu negara besar. Ada alasan-alasan tertentu yang membuat aplikasi harus diblokir oleh pemerintah.

Aplikasi GOJEK diblokir oleh penyedia WIFI

Selain diblokir pemerintah, aplikasi GOJEK juga bisa diblokir oleh pemilik WIFI. Anda pun tidak bisa membukanya dan menemukan aplikasi GOJEK lagi gangguan dan tidak bisa untuk transaksi. Jika ragu, Anda bisa menanyakan ke penyedia wifi apakah aplikasi tersebut tidak diperbolehkan atau diblokir. Anda sebaiknya menggunakan jaringan WIFI yang lain agar bisa membuka aplikasi atau beralih ke jaringan seluler.

Terkena virus

Ancaman virus nyatanya dapat membahayakan aplikasi dan menyebabkan error saat digunakan. Jika sudah berulang Anda mencoba membuka aplikasi dan tetap tidak bisa, aplikasi sudah terinfeksi virus mungkin menjadi penyebabnya. Sulit untuk bisa mengakses aplikasi-aplikasi yang di dalamnya terinfeksi malware. Selain itu, virus juga bisa membahayakan perangkat smartphone secara keseluruhan.

Cara Mengatasi GOJEK tidak Bisa Dibuka di HP iPhone dan Android

Paksa berhenti dan buka ulang aplikasi GOJEK

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Gojek Tidak Bisa Dibuka 2022

Apabila masih error untuk membuka GOJEK di hp iOS Apple, Anda bisa menghentikan aplikasi secara paksa. Setelah aplikasi dipaksa berhenti, silahkan untuk jalankan ulang aplikasi ini. Cara ini cukup ampuh untuk menangani masalah-masalah error saat membuka aplikasi. Walaupun cara ini terlihat sederhana, namun bisa Anda coba untuk mengatasi aplikasi yang gagal dibuka.

Restart HP terlebih dahulu

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Gojek Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika penyimpanan cukup dan sudah terhubung ke internet tetapi tetap tidak bisa membuka, silahkan untuk restart hp Anda terlebih dahulu. Gangguan untuk membuka aplikasi ini membuat fitur pembayaran, order, tagihan, transfer di GOJEK jadi tidak bisa yang tentunya bisa menghambat Anda. Keluar dari aplikasi dan restart smartphone Anda menjadi cara ampuh untuk mengatasi aplikasi yang error saat dibuka.

Lakukan scan virus

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Gojek Tidak Bisa Dibuka 2022

Gagal login atau tidak bisa mengakses aplikasi karena serangan malware tentu tidak sangat mengganggu. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan scanning atau pemindaian virus menggunakan aplikasi antivirus. Jika benar karena malware, silahkan bersihkan aplikasi terlebih dahulu dan kemudian coba lagi untuk membukanya.

Download aplikasi GOJEK terbaru

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Gojek Tidak Bisa Dibuka 2022

Update aplikasi diperlukan untuk mengatasi aplikasi GOJEK tidak bisa dibuka padahal ada kuota di perangkat Anda. Langkah pertama adalah cari aplikasi di Google Play Store atau di Apple Store. Setelah Anda menggunakan aplikasi versi terbaru, masalah tidak bisa dibuka dapat diatasi. Pastikan perangkat terhubung ke jaringan yang bagus dan stabil.

Berikut panduan cara update aplikasi di google play store.

Beri izin untuk fitur pada aplikasi GOJEK

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Gojek Tidak Bisa Dibuka 2022

Salah satu penyebab aplikasi GOJEK tidak bisa diakses adalah tidak adanya izin yang diberikan untuk menjalankan programnya. Cara mengatasinya tentu dengan mengganti pengaturan dan membuka izin akses untuk aplikasi. Biasanya ada beberapa akses yang dibutuhkan agar program yang dijalankan aplikasi dapat berfungsi lancar.

Ganti jaringan internet yang lebih stabil

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Gojek Tidak Bisa Dibuka 2022

Masalah jaringan internet sangat berpengaruh pada aplikasi-aplikasi besar seperti GOJEK. Aplikasi bermasalah hari ini dapat disebabkan karena jaringan internet yang buruk. Cobalah untuk mengganti ke jaringan internet lain yang lebih baik. Anda juga bisa berpindah tempat untuk mencari lokasi yang memiliki sinyal internet bagus.

Hapus data aplikasi Gojek

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Gojek Tidak Bisa Dibuka 2022

Masalah saat membuka aplikasi juga bisa disebabkan penyimpanan data di aplikasi yang sudah banyak, termasuk di cache. Jika Dana tidak bisa digunakan, silahkan untuk membersihkan cache pada aplikasi tersebut. Apabila masih error, Anda bisa menghapus data aplikasi dan login ulang dengan nomor HP dan password. Cara sederhana ini bisa dicoba tanpa harus menghapus aplikasi dari perangkat smartphone Anda.

Tutorial untuk menghapus data:

Hapus file di hp yang jarang dipakai

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Gojek Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi lain untuk mengatasi masalah saat membuka aplikasi GOJEK adalah dengan membersihkan penyimpanan dari file-file yang jarang dipakai. Sering kali file tersebut dibiarkan begitu saja karena malas, padahal file yang menumpuk dapat menghabiskan RAM dan membuat penyimpanan semakin menipis. Jadi bersihkan file-file tersebut agar RAM lebih banyak dan aplikasi berjalan lancar.

Hapus dan instal ulang aplikasi GOJEK

Jika selalu menemukan masalah tidak dapat tersambung dan aplikasi yang gagal dimuat, silahkan untuk menghapus aplikasi tersebut dan melalukan instal ulang. Instal ulang dapat mengatasi semua error yang ditemukan saat mengakses suatu aplikasi. Aplikasi menjadi baru dan bebas dari file sampah yang menumpuk. Namun Anda perlu login kembali karena semua data di aplikasi juga sudah hilang.

Gunakan VPN atau DNS resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Gojek Tidak Bisa Dibuka 2022

Anda bisa coba menggunakan VPN atau DNS resolver apabila aplikasi GOJEK tidak bisa masuk setelah Anda menghubungkannya ke internet. Membuka aplikasi dengan VPN merupakan salah satu cara ampuh yang terbukti dapat mengatasi gangguan tidak bisa membuka aplikasi. Coba buka ulang aplikasi GOJEK dengan akun yang Anda miliki. Disarankan untuk menggunakan VPN yang bagus dan aman untuk mengakses GOJEK.

vpn yang bisa dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang bisa DIcoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Update sistem android terbaru

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Gojek Tidak Bisa Dibuka 2022

Permasalahan tidak bisa membuka aplikasi dapat disebabkan karena sistem android yang sudah tidak support aplikasi. Coba untuk update sistem android pada perangkat Anda dan coba ulangi proses login untuk membuka aplikasi. Jika bisa, Anda mengganti perangkat android dengan sistem operasi yang memang sudah mendukung dan kompatibel dengan aplikasi GOJEK.

Menghubungi layanan pelanggan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Gojek Tidak Bisa Dibuka 2022

Cara ampuh saat Anda sudah bingung untuk mengatasi error saat membuka aplikasi adalah menghubungi langsung developer tersebut melalui layanan pelanggan. Jelaskan masalah Anda seperti notifikasi tidak ada koneksi internet padahal Anda memiliki kuota, login yang gagal, dan lainnya. Petugas akan mengarahkan Anda untuk mendapatkan solusi terbaik dari masalah ini.

Link untuk Buat laporan gojek.

Reset perangkat smartphone

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Gojek Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika semua cara sudah dilakukan tetapi aplikasi tetap tidak bisa diakses, Anda bisa coba reset hp yang digunakan. Reset akan membuat semua aplikasi terhenti dan dikeluarkan dari aplikasi-aplikasi yang berjalan. Saat aplikasi di belakang layar yang berjalan tidak terlalu banyak, biasanya untuk membuka aplikasi GOJEK tidak akan bermasalah.

Itulah beberapa penyebab aplikasi GOJEK yang error saat dibuka. Setiap gangguan untuk mengakses aplikasi di hp android dan iPhone tentu bisa diatasi sesuai dengan penyebabnya. Coba cara-cara di atas sampai Anda bisa membuka aplikasi GOJEK.

Bagikan:

Tinggalkan komentar