Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi GRAB Tidak Bisa Dibuka

Bila mendengar mengenai aplikasi Grab tentunya sudah banyak dari kalian yang memahaminya. Untuk lebih mengenal lebih jauh mengenai aplikasi yang satu ini maka ada baiknya simak informasi berikut ini.

Grab ini adalah salah satu aplikasi buatan Singapura yang tujuan awal dari pembuatan aplikasi ini untuk melayani transportasi online. Walaupun berasal dari Singapura, nyatanya perusahaan ini sudah ada di beberapa negara salah satunya Indonesia.

Semakin meningkatnya jumlah pengguna tentunya perusahaan ini melakukan inovasi dalam hal peningkatan pelayanan. Dahulu kalian hanya bisa memanfaatkan layanan transportasi namun saat ini kalian bisa menikmati layanan lain berupa pemesanan makanan, pengiriman paket, transfer uang, membayar tagihan dan masih banyak lainnya.

Untuk kalian yang ingin memanfaatkan beragam layanan dari Grab tentu saja harus mengunduh aplikasi tersebut. Untuk di hp Android kalian bisa mendapatkannya di Android, sedangkan di hp iOS Apple bisa kalian dapatkan di App Store dan selalu ingat untuk mengunduh versi resminya.

Setelah mengisi data menyelesaikan pengunduhan kalian hanya perlu membuat akun disana. Cukup isikan data diri dengan benar. Masukan data diri seperti nama, nomor hp dan nantinya kalian akan diminta berfoto bersama kartu identitas sebagai alat verifikasi akun.

Jika kalian sudah memiliki akun disana maka berbagai macam layanan yang tersedia disana bisa kalian nikmati. Terlebih lagi Grab menyediakan banyak sekali promo baik untuk layanan transportasinya maupun pemesanan makanan. Keuntungannya tentu saja kalian bisa mendapatkan potongan harga untuk setiap layanan yang kalian manfaatkan.

Promo yang diberikan tidak tanggung-tanggung bahkan pada setiap kesempatan kalian bisa mendapatkannya. Tidak hanya bisa membayar layanan secara tunai namun kalian bisa membayar layanan di Grab melalui dompet digital yang tersedia.

Penyebab Aplikasi GRAB Tidak Bisa Dibuka Di Hp

Namun sayangnya bagi beberapa pengguna menggunakan aplikasi Grab tidak semudah itu. Aplikasi yang sudah diunduh tadi tidak bisa dibuka akibatnya tentu saja fitur pembayaran, order, tagihan, transfer di GRAB jadi tidak bisa dimanfaatkan dengan lebih maksimal.

Padahal Grab ini memiliki banyak sekali fungsi yang sangat menguntungkan penggunanya untuk berbagai macam aktivitas harian. Terlebih lagi bagi kalian yang memiliki mobilitas tinggi serta sering menggunakan aplikasi semacam ini tentunya akan merasa sangat dirugikan.

Jika kalian mengalami kondisi yang demikian sebaiknya ketahui mengenai apa sebenarnya penyebab aplikasi ini tidak bisa kalian akses. Untuk informasi lebih jelasnya maka kalian bisa menyimak informasi berikut ini.

Hp tidak support

Penyebab pertama tentu saja karena hp tidak support aplikasi. Hal ini karena ada beberapa sistem operasi yang memang tidak bisa digunakan untuk mengoperasikannya, maka sebelum itu lihat apakah software kalian termasuk ke dalam versi yang masih mendukung aplikasi Grab atau tidak. Walaupun terlihat sepele namun penting untuk diperhatikan.

Server down

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Grab Tidak Bisa Dibuka 2022

Penyebab lainnya yaitu aplikasi GRAB lagi gangguan atau lebih dikenal dengan istilah server down. Kondisi ini diakibatkan dari kegagalan server yang mana server sedang mengalami kegagalan sehingga server Grab tadi bisa diakses. Jadi berbeda dengan penyebab diatas, kegagalan untuk pengoperasian murni dari pihak Grab.

Cek server grab down atau tidak.

Jaringan internet tidak stabil

Jika masih tidak bisa masuk ke aplikasi coba cek apakah koneksi internet yang terhubung memiliki kualitas yang baik atau tidak. Jaringan internet ini sangat berpengaruh terhadap pengoperasian suatu aplikasi.

Jika jaringan buruk maka kalian bisa menggunakan operator ataupun jaringan wifi yang jaringan internetnya lebih baik. Jaringan yang kurang baik bisa menyebabkan aplikasi menjadi nge-lag, sehingga akses layanan menjadi terbatas.

Aplikasi GRAB galat

Penyebab selanjutnya yaitu aplikasi galat atau aplikasi tidak berjalan dengan benar. Sehingga aplikasi tersebut tidak bisa kalian unduh. Sehingga beberapa kali pun kalian mencoba mengunduh aplikasi ini maka akan gagal terus.

Menggunakan GRAB MOD (modif)

Memang menggunakan aplikasi MOD atau modif memiliki beragam fitur yang tidak dimiliki oleh versi aslinya. Terkadang sebagai pengguna kalian merasa kurang puas dengan fitur-fitur yang ada.

Namun penting untuk diingat namanya aplikasi tidak resmi tentu akan lebih sering bermasalah dan ini merupakan salah satu penyebab aplikasi tidak bisa kalian buka. Namanya aplikasi tidak resmi tentu saja tidak ada jaminan keamanannya.

Aplikasi GRAB belum diupdate

Namanya aplikasi tentu saja akan selalu ada pembaruan sehingga kalian bisa menikmati fitur-fitur terbarunya. Saat kalian tidak bisa masuk ke dalamnya itu bisa jadi merupakan salah satu indikasi bahwa kalian belum melakukan update padahal sudah ada versi terbarunya. Maka sebaiknya ketika ada pemberitahuan aplikasi terbaru segera lakukan.

Data aplikasi GRAB menumpuk

Kondisi dimana aplikasi tidak mampu dibuka salah satu penyebabnya adalah data yang menumpuk. Ini perlu kalian perhatikan terlebih lagi jika hp kalian memiliki memori penyimpanan yang terbatas, ada baiknya rutin lakukan pemeriksaan apakah data aplikasi Grab sudah banyak menumpuk atau belum.

File yang jarang dipakai menumpuk

Data yang menumpuk bukan hanya berasal dari aplikasi Grab namun juga dari aplikasi lain yang jarang digunakan. Walaupun kesanya jarang digunakan namun aplikasi tersebut tetap berjalan dan akibatnya membuat tumpukan data yang tidak berguna dan memakan ruang penyimpanan sehingga mengganggu aplikasi lain termasuk Grab.

Download aplikasi GRAB yang tidak resmi

Walaupun sudah dilarang namun banyak dari kalian menggunakan aplikasi tidak resmi. Salah satu kendala yang sering terjadi adalah aplikasi tidak mampu berjalan sebagaimana mestinya.

Jika kalian mengalami kondisi coba cek apakah aplikasi Grab yang digunakan benar-benar dari sumber resmi atau tidak. Aplikasi dari sumber resmi biasanya dari segi penyempurnaannya masih sangat kurang dibandingkan dengan versi resmi.

Aplikasi GRAB diblokir pemerintah

Pemerintah memang memiliki kuasa untuk memblokir suatu aplikasi tidak terkecuali Grab. Jadi pastikan apakah negara yang kalian singgahi memang memperbolehkan penggunaan Grab atau tidak, jika tidak maka kalian tidak akan pernah bisa mengoperasikan yang satu ini.

Aplikasi GRAB diblokir oleh penyedia wifi

Nyatanya tidak hanya pemerintah yang melakukan pemblokiran namun penyedia wifi juga bisa melakukannya. Entah karena alasan apapun ketika kalian menggunakan jaringan wifi yang tidak mengizinkan akses ke Grab maka aplikasi tersebut tidak bisa dioperasikan.

Terkena virus

Saat kalian mengunjungi situs-situs ilegal salah satu dampaknya yaitu perangkat kalian akan terkena virus. Serangan virus tadi bisa menyebabkan aplikasi GRAB tidak bisa masuk, maka periksa kembali riwayat kunjungan situs kalian jika pernah mengunjungi situs ilegal maka kemungkinan besar perangkat kalian terkena serangan virus.

Cara Mengatasi GRAB Tidak Bisa Dibuka Di Hp

Banyak sekali penyebab yang bisa menyebabkan aplikasi Grab ini tidak bisa dioperasikan dengan benar. Tentunya kalian bertanya-tanya bagaimana cara mudah membuka GRAB yang tidak bisa dibuka. Untuk kalian yang sedang mengalami kondisi diatas maka bisa mengikuti beberapa Langkah di bawah ini.

Paksa Berhenti Aplikasi GRAB Lalu Buka Kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Grab Tidak Bisa Dibuka 2022

Cara pertama yang bisa kalian lakukan ketika mengalami kondisi aplikasi GRAB tidak bisa dibuka padahal ada kuota yaitu dengan cara paksa berhenti aplikasi. Caranya masuk ke pengaturan lalu cari aplikasi Grab tinggal klik dan pilih opsi “paksa berhenti” maka aplikasi akan secara otomatis berhenti.

Restart HP

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Grab Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi selanjutnya sangat mudah dan bisa dipraktikkan di hp Android maupun iOS. Caranya kalian hanya perlu melakukan restart hp saja nantinya setelah proses itu selesai kalian bisa langsung membuka aplikasi tersebut untuk digunakan.

Scan Antivirus

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Grab Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika penyebab aplikasi tidak bisa dibuka dikarenakan serangan virus maka langkah yang paling tepat adalah melakukan scan antivirus. Namun usahakan untuk menggunakan software berbayar karena kualitasnya dalam membersihkan virus sudah teruji lebih baik.

Update Aplikasi GRAB

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Grab Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi selanjutnya lakukan update aplikasi terbaru jika memang Grab menyediakannya. Baik itu di hp iOS Apple maupun Android jika ada pembaruan terbaru pasti akan diberitahukan. Jadi segera setelah kalian mendapatkan pemberitahuan tersebut segera lakukan update agar tidak terjadi masalah nantinya.

Dan berikut cara update aplikasi di google play store.

Ijinkan Fitur yang ada di aplikasi GRAB

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Grab Tidak Bisa Dibuka 2022

Saat menginstall aplikasi Grab tentunya ada beberapa izin aplikasi yang harus kalian setujui. Jika ada kondisi dimana Grab bermasalah hari ini pastikan lagi jika kalian sudah menyetujui semua izinnya, jika belum maka segera beri izin agar aplikasi mampu berjalan dengan lebih optimal.

Ganti Jaringan Internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Grab Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika kalian menggunakan koneksi internet yang buruk maka salah satu solusinya yaitu ganti jaringan internet ke yang lebih stabil. Jika kalian memiliki jaringan wifi di rumah sebaiknya beralih menggunakan itu karena jaringan dari data seluler terkadang tidak stabil.

Hapus data Aplikasi Grab

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Grab Tidak Bisa Dibuka 2022

Saat kalian menggunakan aplikasi dan tiba-tiba fitur pembayaran, order, tagihan, transfer di GRAB jadi tidak bisa maka itu bisa menjadi salah satu indikasi data aplikasi terlalu penuh. Caranya cukup dihapus saja datanya dengan masuk ke pengaturan dan aplikasi Grab dan kalian hapus saja data yang tidak diperlukan.

Tutorial untuk menghapus data:

Hapus File yang jarang dipakai

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Grab Tidak Bisa Dibuka 2022

Saat melakukan pengecekan dan data Grab tidak bermasalah alias tidak penuh maka itu bisa jadi data dari file lain yang terlalu menumpuk. Parahnya lagi data tersebut berasal dari aplikasi yang jarang digunakan.

Jadi kalian hapus datanya dan jika dirasa tidak digunakan maka bisa uninstall aplikasi tersebut. Maka mulai saat ini periksa kembali apakah ada aplikasi yang jarang digunakan dan memakan banyak tempat.

Install Ulang Aplikasi GRAB

Jika kalian sudah melakukan berbagai cara diatas namun Grab tetap tidak dapat tersambung maka solusinya install ulang aplikasi. Aplikasi yang sudah terpasang cukup kalian hapus saja dan install kembali, cara yang satu ini sudah terbukti ampuh mengatasi masalah.

Gunakan VPN atau DNS Resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Grab Tidak Bisa Dibuka 2022

Bagi kalian yang terbiasa menggunakan Grab namun pada kondisi tertentu ada keadaan negara ataupun jaringan wifi yang digunakan memblokirnya dan mengakibatkan fitur pembayaran, order, tagihan, transfer di GOJEK jadi tidak bisa digunakan maka kalian jangan panik.

Salah satu solusi yang bisa kalian gunakan dengan menginstall VPN atau DNS Resolver. Software tersebut akan membantu kalian untuk menjalankan aplikasi yang diblokir dengan lancar, untuk mendapatkannya bisa diperoleh melalui aplikasi ataupun link tertentu.

Daftar vpn yang perlu dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang perlu DIcoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Gunakan operasi sistem android terbaru

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Grab Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika aplikasi GRAB tidak bisa dibuka padahal ada kuota maka salah satu permasalahannya terletak pada system Android yang kalian gunakan. Hal ini karena ada beberapa versi Android yang tidak mendukung pengoperasian aplikasi Grab.

Solusinya ganti hp kalian ke versi terbaru yang lebih mendukung. Hal ini tidak hanya berlaku bagi pengguna Android saja namun juga bagi para pengguna system operasi iOS.

Lapor Ke layanan CS

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Grab Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika ternyata gangguan aplikasi bukan karena tidak ada koneksi internet ataupun gangguan lain yang sudah disebutkan diatas maka solusi lainnya yaitu bisa melakukan pelaporan ke CS Grab. Nantinya kalian bisa melaporkan apa yang menjadi permasalahan dan pihak Grab akan memberikan respon.

Bantuan yang akan diberikan oleh pihak Grab terkadang memakan waktu yang cukup lama jadi pastikan kalian sedikit bersabar.

bisa melalui link untuk melaporkan ke grab.

Jadi itulah beberapa informasi yang bisa kalian dapatkan mengenai penyebab aplikasi Grab tidak bisa beroperasi dan juga solusinya. Sehingga saat kalian menemukan kondisi dimana aplikasi Grab gangguan hari ini ataupun lainnya bisa mencari solusinya melalui informasi diatas.

Ketika aplikasi kalian sedang mengalami gangguan jangan panik dan ketahui dahulu penyebabnya. Sehingga dengan mengetahui penyebabnya, solusinya akan mudah diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan tadi.

Jangan lupa untuk selalu update aplikasi yang paling baru sehingga kalian tidak akan ketinggalan beragam fitur menarik yang ada sehingga aplikasi Grab tidak bisa diakses bukan lagi menjadi masalah. Fitur terbaru tentunya dirancang sebagai penyempurnaan fitur terdahulunya dan tentu saja memiliki tujuan untuk mempermudah penggunanya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar