Aplikasi Monitoring Jaringan WiFi

Saat ini segala aktivitas dapat dengan mudah dilakukan dengan bantuan smartphone. Misalnya mulai dari browsing, streaming video, social media, main game, bekerja, dan lain sebagainya.

Semua hal tersebut dapat dilakukan melalui smartphone dengan bantuan internet. Untuk lebih menghemat, saat ini banyak orang yang menggunakan wi-fi. Sementara untuk memonitor penggunaan internet tersebut dapat dilakukan melalui smartphone karena hadirnya beberapa aplikasi untuk memantau jaringan wifi.

iAplikasi Untuk Memonitor Jaringan Wifi di Android

Perlu diketahui bahwa aplikasi pengontrol jaringan wifi ini memiliki peran yang sangat penting. Tujuannya yaitu untuk mengetahui seberapa besar penggunaan kuota wifi sehingga akan lebih bisa menghemat.

Namun saat ini belum banyak yang mengetahui cara untuk memonitor jaringan wifi menggunakan Smartphone Android. Padahal jika memantau melalui smartphone akan lebih praktis serta bisa diakses dimanapun dan kapan pun.

Di bawah ini merupakan beberapa aplikasi yang terbaik untuk mengetahui penggunaan kuota wifi melalui smartphone.

Netcut For Android

Aplikasi Monitoring Jaringan Wifi 2022

Fiturnya:

  • Internet Speed control
  • Chart Report
  • Search IP

Awalnya aplikasi ini hanya dapat dipasang pada ada Windows saja. Seiring berjalannya waktu, developer mengembangkan aplikasi ini sebagai salah satu aplikasi pengatur jaringan wifi untuk smartphone.

Dengan bantuan aplikasi ini maka akan dengan mudah untuk mengetahui kecepatan internet pada wi-fi yang dipantau melalui smartphone. Aplikasi ini tidak tersedia di Play Store, sehingga perlu mengunduh versi mod. Oleh karena itu, smartphone perlu di-root terlebih dahulu untuk menjalankan aplikasi ini.

Download: https://arcai.com/netcut-for-android/

Who Use My Wifi – Net Scanner

Aplikasi Monitoring Jaringan Wifi 2022

Fiturnya:

  • Memilih semua perangkat yang terhubung jaringan wi-fi
  • Daftar password router
  • Memberitahu IP

Tidak jarang ada masalah di mana jaringan wi-fi tiba-tiba lambat dan sulit digunakan untuk berselancar di Internet. Bisa jadi hal ini disebabkan karena ada perangkat lainnya yang terhubung dengan wi-fi.

Oleh karena itu, perlu cek trafik jaringan wifi untuk mengetahui perangkat yang terhubung. Selanjutnya, perangkat tersebut bisa diblokir sehingga tidak dapat tersambung dengan jaringan wi-fi lagi.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Adapun beberapa jaringan yang bisa dipantau dengan pengatur jaringan wifi antara lain adalah Indihome, Myrepublic, Biznet, First Media, dan lain-lain.

Download: com.phuongpn.whousemywifi.networkscanner

WiFi Monitor: analyzer and scanner of WiFi nets

Aplikasi Monitoring Jaringan Wifi 2022

Fiturnya:

  • Connection tab
  • Networks tab
  • Channels tab

Pada dasarnya ini merupakan aplikasi pengontrol jaringan wifi untuk smartphone yang mudah digunakan. Wi-fi monitor merupakan aplikasi canggih yang dapat membantu melakukan analisis kondisi jaringan wi-fi serta pelacak berbagai parameternya.

Dengan demikian maka dapat menyebabkan router wi-fi serta pemantauan penggunaan jaringan ini. Adanya aplikasi pemantau wifi yang terbaik ini maka dapat membantu untuk memindai perangkat yang terhubung ke jaringan nirkabel tersebut.

Aplikasi ini merupakan yang paling bagus karena terdapat opsi keamanan hotspot sehingga wi-fi tidak mudah diretas. Berbagai data yang dikumpulkan oleh aplikasi ini dapat disimpan pada file log yang kemudian diekspor di aplikasi lain.

Download: com.signalmonitoring.wifimonitoring

Siapa yang Mencuri WiFi Saya?

Aplikasi Monitoring Jaringan Wifi 2022

Fiturnya:

  • Melaporkan informasi jaringan wi-fi
  • Memindai perangkat yang terhubung dengan wi-fi
  • Memblokir perangkat yang tidak diizinkan tersambung

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang dapat diunduh di Google Play Store untuk smartphone. Dengan bantuan aplikasi ini maka bisa dengan mudah cek trafik jaringan wifi.

Untuk perangkat asing yang terhubung dengan wi-fi, maka bisa langsung memblokirnya. Aplikasi ini juga dapat memberitahu detail dari setiap perangkat mulai dari nama, pabrikan, alamat MAC dan IP.

Selain itu juga menginformasikan tentang jaringan wi-fi itu sendiri mulai dari kekuatan sinyal, kecepatan, nama router, dan lain-lain ke smartphone android.

Download: com.sflapps.usuarioswifi

Aplikasi ini tidak hanya berfungsi untuk wi-fi saja, tetapi juga untuk smartphone yang mengaktifkan tool wifi, baik menggunakan provider XL, Tri (3), Axis, Smartfren, Indosat, Telkomsel, dan lain sebagainya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar