Aplikasi Untuk Membuat Lagu dan Musik di HP Android 

Siapa bilang membuat lagu dan musik harus pergi ke studio? Pasalnya, orang-orang dapat menggunakan aplikasi pembuat lagu dan musik di HP Android. Dengan aplikasi tersebut, karya yang diproduksi bahkan tidak kalah dengan hasil rekaman di studio.

Aplikasi pembuat musik sendiri tidak hanya digunakan para pemula, tetapi profesional juga memakai aplikasi untuk menghasilkan karya-karya spektakuler, mulai dari musik klasik, remix, jazz, gospel, blues, RnB, rock, metal, EDM (Musik Dansa Elektro), hiphop, pop, dangdut, instrumen, dan DJ.

Sebenarnya, hal ini bukan tanpa alasan, sebab buat lagu sendiri dengan aplikasi di HP Android menawarkan berbagai keuntungan, seperti menghemat biaya dan tetap dapat berkarya kapan pun atau di mana pun. Di sisi lain, orang-orang juga tidak perlu membeli DAW atau perangkat komputer.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, aktivitas membuat lagu dan musik di Android semakin populer. Apalagi, orang-orang juga dapat mengunggah hasil kreativitas di berbagai platform digital, baik sekadar hiburan untuk mendapat apresiasi atau digunakan untuk mencari rupiah.

Pada umumnya, aplikasi yang berperan buat lagu dan musik sendiri dapat di-download untuk HP Xiaomi, Samsung, Redmi, Oppo, Vivo, Advan, Asus, Motorola, Lenovo, Huawei, LG, Microsoft Meizu, Smartfren, Nokia, Sharp; Polytron, ZTE, Axio, Coolpad, Blackberry, Evercross, dan Sony.

Daftar Aplikasi Pembuat Lagu dan Musik di hp android 2021

Sadar atau tidak, musik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Jadi, bukan hal aneh seandainya banyak orang memiliki hobi membuat lagu dan berkecimpung di bidang musik. Dengan demikian, dapat muncul berbagai profesi pendukung, seperti penyanyi hingga pemain musik.

Tahukah kamu bahwa sejarah musik ada sejak masa purbakala? Kemudian, orang-orang Yunani mulai mengembangkan sistem simbol untuk mencatat musik. Menurut Trevor Homer dalam buku berjudul The Book of Origin, lagu pertama yang dibuat adalah Hymn to Creation.

Himne tersebut diciptakan pada tahun 3.400 sampai 4.000 SM di Suriah. Dengan  sejarah panjang, musik telah menempati posisi tersendiri untuk setiap orang. Lantas, aplikasi apa yang dapat digunakan untuk buat lagu sendiri dan pembuat musik sendiri di HP Android?

FL Studio Mobile oleh Image-Line

Fiturnya:

  • Mampu memproduksi proyek lagu utuh hingga siap rilis dengan fitur multi-track
  • Menawarkan beragam real-time effects
  • Lagu dapat disimpan dalam berbagai format, seperti AAC, MIDI, WAV, dan lain-lain

Pembuat lagu dan musik yang pertama adalah FL Studio Mobile dengan developer ImageLine. Secara internasional, aplikasi memang memiliki nama besar sampai saat ini. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab FL Studio Mobile merupakan aplikasi komposer musik terlengkap dengan proyek multi-track.

Tidak hanya itu, aplikasi juga mengemas banyak hal secara profesional. Dalam hal ini, orang-orang dapat menemukan step sequencer, keyboard, piano roll, sampai lebih dari 100 instrumen yang mungkin orang-orang butuhkan. Sayangnya, aplikasi sudah tidak tersedia secara gratis.

Download: FL Studio Android

Music Maker JAM – Song and Beatmaker App oleh Loudly GmbH

Fiturnya:

  • Menawarkan lebih dari 100 style musik
  • Memiliki 8-channel mixer
  • Friendly untuk share di berbagai media sosial, seperti YouTube, Tiktok, Facebook, dan lain-lain.

Jika kamu seorang pemula, maka aplikasi yang cocok digunakan untuk belajar adalah Music Maker JAM. Pasalnya, aplikasi diketahui mempunyai tampilan antarmuka sederhana sehingga cenderung mudah digunakan. Misalnya, mampu me-remix track audio hanya dengan menggoyangkan perangkat.

Secara umum, aplikasi juga menawarkan berbagai instrumen, efek, loop, dan lain-lain. Bahkan, terdapat ribuan loop yang dapat dipilih. Selain itu, Music Maker JAM juga mendukung orang-orang untuk bernyanyi, sebab terdapat fitur voice recording untuk merekam suara sendiri.

Downlod: music maker jam

Audio Evolution Mobile Studio oleh eXtream

Fiturnya:

  • Memiliki MIDI multi-track
  • Berbasis sampel dengan instrumen soundfont virtual
  • Menawarkan berbagai efek real time

Audio Evolution Mobile Studio adalah aplikasi buat lagu sendiri dan pembuat musik sendiri yang paling powerful. Cara kerjanya cukup sederhana, yakni dengan merekam suara dan membuat loop secara menarik. Kemudian, hal tersebut di-mix secara sempurna dalam trek-trek audio yang berbeda.

Pembuat lagu dan musik tersebut juga memiliki efek-efek pilihan, seperti delay, chorus, compressor, dan lain-lain. Tidak hanya itu, aplikasi juga mendapat fitur-fitur tambahan. Misalnya adalah crossfade, metronome, dan MIDI sequencing. Hasilnya, produk dapat diekspor dan dibagikan secara online.

Download: Audio Evolution Mobile

Walk Band – Musik Studio oleh Revontulet Soft Inc

Fiturnya:

  • Mampu menggabungkan banyak instrumen dengan fitur multi-track
  • Memiliki instrumen piano dengan full keyboard
  • Menawarkan instrumen gitar dengan 3 tipe suara, yakni string guitar, steel string guitar, dan nylon gitar

Sebenarnya, Walk Band merupakan aplikasi band portable untuk memainkan instrumen bass, guitar, drum machine, drum kit, dan piano. Tidak sekadar instrumen digital biasa, tetapi instrumen juga menggunakan teknologi terkini sehingga benar-benar terdengar secara realistis.

Walk Band pada dasarnya dapat memakai rekaman original pengguna sebagai basis, kemudian merekam trek lainnya di instrumen yang berbeda. Lantas, guna mendapat hasil secara optimal, trek-trek tersebut digabungkan ke dalam sebuah trek audio. Aplikasi juga dapat di-download secara gratis.

Download: Walk Band

Demikian aplikasi pembuat musik sendiri yang direkomendasikan di HP Android. Akan tetapi, perlu dipahami jika beberapa fitur mungkin tidak tersedia secara gratis, melainkan membutuhkan biaya tambahan untuk digunakan secara eksklusif.

Dalam praktiknya, orang-orang dapat men-download aplikasi pembuat lagu dan pembuat musik melalui Google Play. Oleh karena itu, mari terus berkarya dengan teknologi modern, di mana hal ini cenderung murah, efektif, dan efisien, termasuk dengan aplikasi  pembuat lagu dan musik.

Give a Comment