Penyebab dan Cara Mengatasi Jika Perangkat Tidak Kompatibel di Google Play Store

Pernahkah kamu mengalami kendala pada aplikasi yang terinstal pada perangkatmu? Misalnya ketika perangkatmu tidak dapat menginstall aplikasi yang akan diunduh. Tenang saja, cara install aplikasi yang tidak kompatibel akan kamu temukan pada ulasan ini.

Gagalnya menginstal suatu aplikasi pada perangkat ponsel bisa disebabkan karena berbagai penyebab. Mungkin kamu tidak akan menyangka bahwa apa yang kamu lakukan rupanya menjadi penyebab seperti di bawah ini. Bahkan, mungkin kamu juga tidak percaya bahwa untuk mengatasinya begitu mudah.

Nah, pada ulasan ini kamu akan mempelajari penyebab dan cara mengatasinya. Simak terus ulasan di bawah ini dengan seksama sehingga kamu tidak mengalami kendala dan tentunya dapat mengatasinya ketika merasakan kendala.

Sederet Penyebab Jika Perangkat Tidak Kompatibel Pada Google Play Store

Perangkat tidak support untuk mengupdate aplikasi

Banyak pengguna yang tidak menyangka bahwa hp yang mereka gunakan tidak mendukung aplikasi yang hendak diupdate. Ketidak kompatibel ini biasanya terjadi karena perangkat tersebut memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Kamu harus mengecek besarnya memori yang dibutuhkan untuk menginstall aplikasi pada Google Play Store.

Google Play Store eror

Penyebab selanjutnya yakni karena Google Play Store sedang bermasalah atau eror. Kendala ini biasanya terjadi karena banyaknya aplikasi yang terinstal.

Tak hanya itu, Google Play Store yang eror juga dapat terjadi karena aplikasi yang digunakan sedang mengalami galat. Kamu dapat mengeceknya pada browser untuk memastikan apakah Google Play Store benar-benar eror atau tidak.

Layanan Google Play Store belum diupdate

Kegagalan juga dapat terjadi karena layanan Google Play Store belum diupdate. Hal ini tentunya akan menjadi masalah bagi Google Play storemu. Kamu harus memastikan bahwa layanan Google Play Store pada merk hp Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Sony, LG, Nokia, HTC, Oneplus, ZTE, Mito, Advan dan merk hp lainnya sudah terupdate.

Banyak pengguna yang tidak menyangka bahwa data pada Google Play Storenya telah menumpuk. Hal ini pastinya akan mengakibatkan aplikasi tidak kompatibel. Selain itu, Google Play Store juga akan bekerja lebih lambat dari sebelumnya.

Data yang menumpuk biasanya berasal dari data penyimpanan sementara. Menumpuknya data juga terjadi karena adanya file cache pada setiap aplikasi. Apakah kamu sudah mengecek data pada Google Play Store?

Sistem operasi android yang masih lawas

Perlu diketahui, saat ini perkembangan sistem android sudah semakin melesat. Kamu harus memperhatikan ketentuan sistem android pada informasi aplikasi yang akan diupdate.

Suatu aplikasi tentunya akan selalu berkembang. Mereka biasanya memerlukan versi android yang lebih tinggi dan terbaru. Untuk itu, perhatikan pula versi android perangkatmu.

Aplikasi hanya dapat digunakan pada negara tertentu

Hal lain yang harus kamu ketahui penyebab gagalnya menginstal suatu aplikasi yakni karena terbatasnya penggunaan aplikasi tersebut pada negara-negara tertentu. Kamu harus mencari tahu apakah aplikasi tersebut dapat digunakan pada negaramu atau tidak. Apalagi kini banyak larangan penggunaan aplikasi-aplikasi tertentu yang dapat merusak kepribadian warga negara.

Cara Download dan Install aplikasi Jika Perangkat Tidak Kompatibel Pada Google Play Store

Hentikan proses dari Google Play Store lalu buka kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Jika Perangkat Tidak Kompatibel Di Google Play Store 2022

Perangkat yang tidak kompatibel bisa diatasi dengan menghentikan proses dari Google Play Store secara paksa. Mungkin kamu tidak bisa menghentikannya dengan mudah. Namun dengan memaksanya seperti langsung menghapus cache pada RAM maka dapat menghentikan paksa dari layanan tersebut.

Setelah dihentikan secara paksa, kamu dapat membuka Google Play Store kembali. Namun kamu harus menunggu waktu beberapa menit agar perangkatmu tidak bermasalah.

Muat ulang perangkatmu

Penyebab Dan Cara Mengatasi Jika Perangkat Tidak Kompatibel Di Google Play Store 2022

Apabila kamu tidak bisa menghentikan proses dari Google Play Store secara paksa, maka muat ulang perangkatmu. Kamu dapat memuat ulang dengan cara menekan tombol power lalu restart atau matikan daya dan hidupkan kembali.

Memuat ulang perangkat akan membuat perangkatmu lebih fresh. Ibarat manusia, bila lelah maka istirahat sebentar atau tidur. Setelah itu, tubuh akan fresh kembali.

Bersihkan data Google Play Store beserta Layanan Google Play

Penyebab Dan Cara Mengatasi Jika Perangkat Tidak Kompatibel Di Google Play Store 2022

Data yang menumpuk pada file cache perlu dibersihkan agar penyimpanan lebih bersih. Data yang dibersihkan tidak hanya data pada Google Play Store, namun juga pada layanan Google Play. Kamu juga dapat mencopot aplikasi yang sudah usang atau tidak dipergunakan kembali.

Aplikasi yang jarang kamu gunakan tentu akan mempengaruhi memori penyimpanan. Segera bersihkan data tersebut sehingga kamu memiliki penyimpanan yang luas.

Tutorial untuk menghapus data:

Bersihkan akun Google lalu sambungkan kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Jika Perangkat Tidak Kompatibel Di Google Play Store 2022

Google yang kamu sambungkan pada aplikasi Google Play Store juga perlu dibersihkan. Cobalah log out atau keluar dari akun Googlemu. Kemudian bersihkan akun Google tersebut pada memori penyimpanan Google.

Setelah dibersihkan, segera login kembali ke akun Googlemu. Lalu, sambungkan kembali ke akun Google Play Store.

Cobalah install ulang Google Play Store

Penyebab Dan Cara Mengatasi Jika Perangkat Tidak Kompatibel Di Google Play Store 2022

Google Play Store yang bermasalah juga sebaiknya dicopot kemudian diinstall ulang. Hal ini akan membuat aplikasi Google Play Store seperti baru sehingga akan memiliki file cache dan data penyimpanan yang baru. Selain itu, aplikasi juga semakin ringan ketika dijalankan.

Berikut beberapa web tempat download google play store.

Update sistem operasi dengan versi terbaru

Penyebab Dan Cara Mengatasi Jika Perangkat Tidak Kompatibel Di Google Play Store 2022

Ketidak kompatibel perangkatmu yang terjadi karena versi android yang usang dapat diatasi dengan cara mengupdate sistem operasi android dengan versi terbaru. Berbagai perangkat biasanya dapat mengupdate versi android secara otomatis.

Namun ada juga perangkat yang tidak dapat mengupdate android secara otomatis. Biasanya terjadi karena perangkatnya bukanlah perangkat dari distributor resmi. Hal ini biasanya dapat diatasi dengan melakukan root.

Manfaatkan penggunaan DNS Resolver atau VPN

Penyebab Dan Cara Mengatasi Jika Perangkat Tidak Kompatibel Di Google Play Store 2022

Aplikasi yang tidak didukung karena keterbatasan negara-negara tertentu sebenarnya masih bisa kita gunakan di luar negara tersebut. Kamu dapat menggunakan DNS Resolver atau menginstal VPN. Penggunaan ini akan mengubah IP mu menjadi IP luar negeri sesuai dengan daftar negara yang ada pada VPN tersebut.

vpn yang bisa dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang bisa DIcoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Unduh di tempat yang berbeda

Barangkali masalahnya terjadi karena lokasi yang kamu gunakan tidak mendukung koneksi, maka kamu dapat berpindah tempat. Cari tempat yang berbeda dan tentunya dapat terhubung ke internet. Dengan begitu, kamu dapat mengunduh aplikasi tersebut secara mudah dan tidak terkendala.

Demikian informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi perangkat yang tidak kompatibel ketika kamu hendak menginstal aplikasi dari Google Play Store. Berbagai penyebab di atas perlu kamu pahami dengan baik dan hindari sehingga tidak mengalami kendala tersebut.

Coba baca juga untuk masalah yang serupa:

Selain itu, kamu juga tak perlu bingung bahkan cemas ketika mengalami kegagalan dalam menginstal aplikasi pada Google Play Store. Informasi mengenai cara download aplikasi dan game yang tidak kompatibel di atas tentunya dapat membantu permasalahan yang kamu alami itu.

Tinggalkan komentar