Aplikasi Perpustakaan Indonesia Selalu Update di HP Android

Di era pandemi, aplikasi perpustakaan Indonesia terbaik selalu update di HP Android banyak menjadi rujukan para pelajar untuk menambah asupan pengetahuan. Maklum saja, sekolah maupun perpustakaan umum sedang tutup. Namun, tentu hal itu tidak bisa menjadi alasan untuk berhenti membaca.

Daftar Aplikasi Perpustakaan Indonesia di HP Android

Bagi kamu yang hobi membaca buku digital melalui aplikasi perpustakaan Indonesia terbaik selalu update di HP Android, tak perlu khawatir. Beberapa aplikasi ini menyediakan koleksi buku yang tidak kalah lengkap daripada perpustakaan umum.

Daftar aplikasi tersebut yaitu iPusnas, EPerpusdikbud, iBI Library, dan PerpusKita. 

iPusnas

fiturnya:

  • Tersedia pilihan buku terlengkap karena terkoneksi langsung dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia;
  • Feed untuk mengetahui aktivitas para pengguna lainnya dalam mengulas buku yang mereka baca;
  • Rak buku virtual untuk menyimpan buku yang sedang kamu pinjam.

IPusnas merupakan contoh aplikasi perpustakaan ideal yang nantinya mengilhami kemunculan beberapa perpustakaan digital lainnya. Dengan keberadaan aplikasi perpustakaan, pengguna gadget tidak hanya memanfaatkan smartphone mereka untuk berkomunikasi semata, melainkan juga menambah pengetahuan.

Download: reader.ipusnas

EPerpusdikbud

Fiturnya:

  • Tersedia ribuan buku dari berbagai tema sebagai koleksi langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI);
  • E-Reader untuk membuat pengguna dapat membaca lebih nyaman;
  • Jangka waktu pinjaman maksimal selama satu minggu.

Aplikasi perpustakaan online dari Kemendikbud ini bisa kamu akses kapan saja dan di mana saja secara gratis. Untuk melakukan transaksi peminjaman atau menambahkan komentar mengenai buku, kamu harus membuat akun terlebih dahulu pada aplikasi ini.

Cara membuat akun di aplikasi EPerpusdikbud sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan email dan membuat sandi. Setelah berhasil, secara otomatis kamu sudah menjadi anggota dari perpustakaan digital ini.

Download: appsfoundry.eperpuswl.kemendikbud.ri

iBI Library

fiturnya:

  • Ribuan koleksi buku yang merupakan persembahan dari Bank Indonesia Institute;
  • E-Reader untuk membuat pengguna semakin nyaman membaca;
  • Fitur E-Pustaka yang berguna sebagai tempat anggota menyimpan daftar buku bacaan mereka. Fitur ini membuat kamu seolah-olah memiliki perpustakaan pribadi.

Tidak hanya bisa membaca buku secara mudah melalui gadget, kamu juga bisa mengetahui aktivitas anggota lain. iBI juga menyediakan fitur feed sebagai ruang bagi para pengguna aplikasi perpustakaan sekolah Indonesia membagikan isi bacaan mereka.

Terbaru, iBI baru saja merilis layanan play video dan audio yang bisa kamu akses melalui konten DLS. Selain itu, aplikasi perpustakaan digital ini juga cukup ringan yaitu 14,53 MB saja. Sangat ramah untuk ruang penyimpanan ponsel, bukan?

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=mam.reader.bilibrary

PerpusKita – Perpustakaan Digital Kebanggaan Kita

Fiturnya:

  • Ribuan koleksi buku yang ditawarkan oleh Tiga Serangkai Pustaka Mandiri;
  • Buku-buku sudah terpilih secara khusus untuk pelajar / siswa;
  • Dapat diakses di Android.

Aplikasi perpustakaan Indonesia terbaik selalu update di HP Android satu ini memiliki sistem penggunaan yang berbeda dengan 3 perpustakaan digital yang sudah kita bahas sebelumnya. Untuk mengakses koleksi buku di PerpusKita, kamu harus terintegrasi dengan akun sekolah yang sudah terdaftar di aplikasi ini.

Prosedur pendaftaran lembaga sekolah di akun ini juga sangat mudah, yaitu mengisi form di website perpuskita.id. Sekolah yang sudah terdaftar akan mendapatkan akun yang nantinya bisa digunakan oleh setiap siswa di Android mereka.

Download: perpuskita.perpus

Kini, menggali pengetahuan melalui buku bisa setiap orang lakukan dengan cara yang sangat murah, yakni berbekal kuota internet semata. Oleh sebab itu, akan sayang sekali jika kamu tidak memanfaatkan aplikasi perpustakaan Indonesia terbaik selalu update di HP Android.

Give a Comment