Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sudah Di Download Tidak Bisa Dibuka

Tekkun

Saat ini, menDownload aplikasi dari internet, media sosial, dan teman sudah menjadi hal yang biasa. Namun, banyak yang merasa frustrasi ketika mereka tidak dapat membuka aplikasi yang telah mereka Download. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari file yang rusak hingga aplikasi yang diblokir oleh pemerintah. Aplikasi yang diDownload mungkin tidak berasal dari sumber asli, dan server dalam aplikasi yang diDownload mungkin mengalami masalah.

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sudah Di Download Tidak Bisa Dibuka

Selain itu, sistem operasi Android mungkin tidak mendukung aplikasi tersebut, dan pengguna mungkin telah melakukan rooting pada hp mereka, yang tidak mendukung aplikasi yang mereka Download. Kegagalan sistem, koneksi internet yang buruk, virus berbahaya, dan kesalahan aplikasi juga merupakan penyebab potensial. Selain itu, data dalam aplikasi mungkin terakumulasi, dan mungkin ada masalah dengan cache dan cookie, atau memori internal mungkin penuh. Terakhir, mungkin ada virus di hp, atau pengguna mungkin dalam mode pengembang hp. Semua masalah ini dapat membuat Anda kesulitan membuka aplikasi yang telah diDownload. Untuk membantu, kami telah menyusun daftar solusi untuk membantu pengguna mengatasi masalah aplikasi yang telah diDownload tidak dapat dibuka.

Download Ulang Aplikasi nya kembali

Jika Anda mengalami masalah saat membuka aplikasi yang baru saja Anda Download, solusi paling mudah adalah dengan menDownload ulang aplikasi tersebut. Hal ini mungkin terdengar membosankan, namun bisa menjadi solusi yang mudah jika aplikasi tidak berfungsi dengan baik karena gangguan pada koneksi atau versi yang sudah ketinggalan zaman. Untuk menDownload ulang aplikasi, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan hapus aplikasi yang ada sebelum menDownload ulang. Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Pindai aplikasi yang telah Anda Download dengan Antivirus

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sudah Di Download Tidak Bisa Dibuka 2023

Jika Anda tidak dapat membuka aplikasi meskipun ada kuota, ada kemungkinan aplikasi tersebut mengandung virus atau semacam kode berbahaya. Penting untuk memindai aplikasi Anda dengan antivirus sebelum menggunakannya karena hal ini dapat membantu mendeteksi potensi ancaman dan melindungi perangkat Anda dari potensi kerusakan. Pemindaian harus dilakukan sebelum Anda membuka atau menggunakan aplikasi untuk memastikan perangkat dan data Anda aman.

Tambahkan Ekstensi Aplikasi di belakangnya menjadi .apk

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sudah Di Download Tidak Bisa Dibuka 2023

Terkadang, masalah ini mungkin disebabkan oleh ekstensi file yang salah. Ada kemungkinan bahwa aplikasi tidak memiliki ekstensi .apk yang diperlukan agar aplikasi dapat dibuka. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba menambahkan ekstensi di belakang nama aplikasi. Ini harus dilakukan jika Anda tidak dapat membuka aplikasi bahkan setelah menDownload ulang.

Aktifkan Sumber Tidak Dikenal

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sudah Di Download Tidak Bisa Dibuka 2023

Dalam beberapa kasus, perangkat Anda mungkin memblokir aplikasi karena pengaturan keamanan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mengaktifkan pengaturan “Sumber Tidak Dikenal” di perangkat Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk menginstal dan membuka aplikasi dari sumber selain toko aplikasi resmi.

Gunakan Aplikasi untuk Memperbaiki Aplikasi yang Anda Download

Jika langkah-langkah di atas tidak dapat menyelesaikan masalah, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi untuk memperbaiki aplikasi yang Anda Download. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di internet yang dapat digunakan untuk memperbaiki file dan aplikasi yang rusak. Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu Anda memperbaiki masalah dan membuat aplikasi dapat beroperasi kembali.

Anda bisa menemukannya aplikasi repair.

Nyalakan ulang hp Anda

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sudah Di Download Tidak Bisa Dibuka 2023

Jika Anda mengalami masalah saat membuka aplikasi yang telah diDownload dan tidak dapat masuk, restart perangkat Anda dapat menjadi solusi sederhana. Hal ini akan membantu mengatur ulang hp Anda dan memberikan kesempatan untuk membangun kembali koneksi yang telah terputus hari ini.

Izinkan Akses ke Aplikasi yang telah diDownload

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sudah Di Download Tidak Bisa Dibuka 2023

Pastikan aplikasi Anda memiliki izin untuk dibuka. Periksa pengaturan perangkat Anda dan cari aplikasi tertentu untuk mengonfirmasi bahwa aplikasi tersebut memiliki akses yang tepat untuk dapat digunakan.

Dan berikut cara ijinkan aplikasi.

Pindah ke Jaringan Internet yang Lebih Stabil

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sudah Di Download Tidak Bisa Dibuka 2023

Jika aplikasi terus gagal dimuat, cobalah beralih ke koneksi internet yang lebih stabil. Hal ini dapat membantu aplikasi untuk dibuka tanpa gangguan lebih lanjut hari ini.

Hapus Data pada Aplikasi yang Telah diDownload

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sudah Di Download Tidak Bisa Dibuka 2023

Jika aplikasi tidak dapat dibuka meskipun ada kuota, coba hapus data dari perangkat. Dengan melakukan hal ini akan membantu mengatur ulang aplikasi dan memungkinkannya untuk dibuka kembali.

Dan berikut cara menghapus data aplikasi di hp.

Perbarui Sistem Operasi Terbaru

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sudah Di Download Tidak Bisa Dibuka 2023

Jika Anda mengalami kesulitan mengakses aplikasi yang telah diDownload hari ini, Anda mungkin perlu memperbarui sistem operasi perangkat Anda. Hal ini akan memastikan bahwa perangkat Anda menjalankan versi sistem terbaru, dan bahwa bug atau gangguan yang mungkin ada sebelumnya telah diatasi. Memperbarui sistem operasi dapat membantu mengatasi gangguan yang mungkin Anda alami, jadi patut dicoba.

Instal Aplikasi di Tempat Lain

Jika Anda tidak dapat masuk atau mengakses aplikasi yang Anda unduh, coba instal aplikasi di tempat lain. Tempat ini bisa berupa folder yang berbeda atau perangkat yang berbeda. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah yang mungkin Anda alami dengan aplikasi, seperti tidak dapat memuat halaman atau terus gagal. Menginstal ulang aplikasi dapat membantu menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin Anda alami dengan aplikasi.

Dan berikut tempat Download selain google play store.

Menghapus Akun Google dan Menyambungkan Kembali Akun Google

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sudah Di Download Tidak Bisa Dibuka 2023

Jika Anda tidak dapat menggunakan aplikasi meskipun ada kuota, Anda mungkin perlu menghapus akun Google dan menghubungkannya kembali. Hal ini dapat mengatasi masalah yang mungkin Anda alami dengan aplikasi, seperti tidak dapat terhubung ke internet, atau aplikasi tidak dapat diakses. Menghubungkan kembali akun Google Anda dapat membantu menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin Anda alami dengan aplikasi, dan membantu Anda mengakses aplikasi lagi.

Hubungi Layanan Dukungan hp dan Aplikasi Android Anda

Jika Anda tidak dapat terhubung ke hp dan aplikasi Android Anda, atau jika Anda mengalami masalah login atau halaman pemuatan lainnya hari ini, penting untuk menghubungi layanan dukungan untuk mendapatkan bantuan. Mereka dapat memberi Anda panduan teknis tentang cara mengatasi masalah aplikasi yang tidak dapat dibuka, meskipun ada kuota. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi sumber gangguan dan memperbaikinya dengan cepat dan mudah.

Matikan Mode Pengembang di hp Anda

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sudah Di Download Tidak Bisa Dibuka 2023

Jika Anda tidak dapat menggunakan aplikasi yang telah Anda unduh, Anda mungkin perlu mematikan mode pengembang pada hp Anda. Mode ini dapat mengganggu aplikasi dan membuatnya tidak dapat digunakan. Dengan menonaktifkannya, Anda mungkin dapat memuat aplikasi tanpa masalah. Jika Anda masih tidak dapat terhubung, kemungkinan besar ini bukan sumber masalahnya.

Lakukan Pemulihan Pengaturan Ulang Pabrik

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sudah Di Download Tidak Bisa Dibuka 2023

Jika semua upaya lain untuk mengatasi aplikasi yang tidak dapat dibuka telah gagal, maka Anda mungkin perlu melakukan pemulihan pengaturan ulang pabrik. Ini akan menghapus semua data dan menginstal ulang aplikasi yang sebelumnya diinstal. Dengan melakukan hal ini, dapat membantu menyelesaikan masalah apa pun dengan aplikasi, serta masalah apa pun dengan perangkat itu sendiri. Namun, penting untuk memastikan bahwa Anda telah mencadangkan data sebelum melakukan tindakan ini.

Catatan:
Solusi untuk masalah ini bisa anda terapkan di merk hp xiaomi, oppo, vivo, samsung, sony, lg, nokia, htc, oneplus, zte, mito, advan, realme, infinix dan merk hp lainnya

0%