Penyebab dan Cara Mengatasi BCA Mobile Tidak Bisa Transfer

Transfer uang saat ini bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja, termasuk dari ponsel sekalipun. Sebagai pengguna BCA, tentu Anda sudah akrab dengan BCA Mobile. Sayangnya, tidak jarang kita kesulitan menggunakan akun tersebut karena BCA Mobile tidak bisa transfer uang ke rekening lainnya. Lantas, apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Penyebab BCA Mobile Tidak Bisa Transfer

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi aplikasi BCA Mobile yang tidak dapat digunakan untuk transfer uang, ada baiknya jika Anda mengetahui penyebabnya sebagai berikut.

Gangguan pada sistem bank

Salah satu hal yang menyebabkan aplikasi BCA mobile tidak dapat melakukan transfer uang secara langsung yakni adanya gangguan pada sistem bank BCA maupun pada bank yang Anda tuju. Gangguan inilah yang kemudian membuat transaksi akan memunculkan notifikasi gagal terus. Biasanya, Anda hanya menunggu terlebih dahulu selama beberapa jam sampai sistem tersebut diperbaiki.

Server bank yang down

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bca Mobile Tidak Bisa Transfer 2022

Kendala transfer uang sejatinya tidak hanya terjadi pada pengguna bank lain, namun Anda juga akan mengalami tidak bisa transfer ke BCA Mobile lain atau ke sesama nasabah BCA. Salah satu penyebabnya adalah server yang sedang down akibat terlalu banyak transaksi yang masuk atau karena adanya sistem server yang sedang diperbaiki.

Cek server bca mobile down atau tidak.

Transaksi dilakukan di jam offline

Kendala transfer antar bank BCA atau bank lainnya bisa saja terganggu karena Anda melakukan transaksi di jam offline, misalnya di tengah malam. Meskipun tidak semua bank jam offline, disarankan untuk tetap melakukan transaksi pada jam-jam normal sehingga jika ada kendala bisa segera ditangani.

Koneksi internet kurang stabil

Salah satu penyebab lain yang membuat Mobile banking BCA tidak bisa transfer yakni koneksi internet. Kita tahu, bahwa untuk melakukan transaksi, lampu indikator di aplikasi harus berwarna hijau yang menandakan koneksi internet berjalan stabil. Jika berwarna biru atau merah, tentu perlu dicek kembali apakah jaringan internet yang Anda miliki masih aman atau tidak.

Akun BCA Mobile tidak terverifikasi

Ada pula kegagalan transfer yang terjadi karena akun BCA yang belum mendapat verifikasi, baik akun Anda sebagai pengirim maupun akun bank tujuan. Biasanya, hal ini terjadi pada pengguna akun baru. Meski demikian, hal ini perlu dicek lebih lanjut supaya transaksi bisa dilakukan secara normal kembali.

Aplikasi BCA Mobile mengalami error

Yang namanya aplikasi, baik dari Bank BCA, BCA, Mandiri, BNI, BRI dan bank lainnya pun sejatinya rentan mengalami error karena berbagai penyebab. Mulai dari system server, bugs aplikasi, bahkan terkendala oleh virus atau semacam malware. Tentu saja hal ini membuat aplikasi mobile banking tidak dapat dijalankan sebagaimana mestinya.

BCA Mobile belum di-update

Aplikasi mobile banking apapun tentunya harus dilakukan update secara berkala. Terlebih, tanpa adanya update terbaru, risiko seperti gagal top up, gagal transfer bisa saja terjadi terus menerus. Anda perlu mengecek ulang pada Play Store atau App Store jika ada update aplikasi yang dibutuhkan supaya sistem internal yang bermasalah bisa mendapat perbaikan terbaru.

Data aplikasi yang menumpuk

Penggunaan aplikasi yang terus menerus juga tidak jarang membuat data internal menumpuk sehingga menyebabkan aplikasi tersebut menjadi lambat. Data yang menumpuk dan berukuran cukup berat ini juga dapat membuat suatu aplikasi menjadi error.

Masalah cache dan cookies

Mobile banking BCA yang terkendala membuat kita Tidak Bisa Transfer Ke Dana, OVO, Jago, GoPay hingga ke rekening bank lain. Coba cek kembali pada bagian pengaturan cache dan cookies, apakah ada kendala atau tidak, sebab jika ada maka hal ini bisa membuat BCA mobile menjadi bermasalah.

Saldo tidak mencukupi

Kendala transfer gagal bisa saja disebabkan oleh masalah yang cukup sepele, yakni saldo yang tidak cukup. Pastikan juga apakah saldo yang tersisa masih mencukupi atau tidak dengan mengalkulasi nominal transfer dan biaya admin jika ada.

Melampaui batas transaksi harian

Tidak jarang pengguna melayangkan komplain mengenai BCA Mobile tidak bisa digunakan padahal saldo cukup, akan tetapi Anda perlu cek kembali apakah transaksi harian yang sudah dilakukan pada hari itu sudah mencapai batas atau belum.

Umumnya, batas transaksi per hari untuk transfer ke sesama BCA adalah Rp75 juta, sedangkan transfer ke bank lain Rp20 juta. Anda dapat memastikan hal ini kembali dengan menanyakan ke pihak bank maupun mengecek di website info resmi dari bank tersebut

Salah memasukkan nomor rekening tujuan

Kendala tidak bisa transfer ke BCA Mobile lain juga kerap terjadi karena kita salah memasukkan nomor rekening orang yang akan dituju. Entah salah angka, salah memilih nama bank, dan sebagainya. Tentunya, ketelitian menjadi hal penting sebelum melakukan transfer karena jika salah, dikhawatirkan uang tersebut tidak dapat dikembalikan ke rekening Anda.

Akun BCA Mobile diblokir

Permasalahan transfer bank yang gagal sangat mungkin terjadi apabila akun bank Anda mengalami kendala seperti pemblokiran. Entah karena diblokir bank karena Anda diketahui melakukan transaksi yang mencurigakan, atau bahkan diblokir oleh orang yang tidak dikenal. Pemblokiran juga bisa terjadi jika Anda salah memasukkan PIN beberapa kali.

Akun bank yang dituju terblokir

Pemblokiran akun bank tidak hanya bisa terjadi pada akun BCA yang kita miliki. Tidak jarang, transaksi yang sebenarnya berhasil namun saldo uang tidak masuk juga terjadi karena akun pemilik bank tujuan-lah yang terblokir. Akun yang terblokir ini bisa saja membuat transaksi yang dilakukan menjadi gagal.

Cara Mengatasi BCA Mobile Tidak Bisa Transfer ke Bank Lain

Setelah mengetahui seperti apa penyebab yang membuat kendala transfer bank tidak dapat dilakukan secara optimal, tentu selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara yang mudah untuk mengatasi berbagai kendala tersebut. Berikut beberapa saran yang bisa dilakukan.

Memastikan nomor rekening tujuan benar

Salah satu faktor utama yang membuat transfer gagal yakni nomor rekening yang salah. Oleh karena itu, pastikan kembali nomor tujuan yang akan Anda kirimi uang, apakah tidak ada typo atau kesalahan. Beberapa kesalahan penulisan dapat diantisipasi dan dicek kembali seperti angka double, angka 0 di depan dan belakang, hingga human error melihat bentuk angka yang serupa.

Transaksi di jam online

Kendala tidak bisa transfer ke bank lain juga bisa terjadi karena transaksi dilakukan di jam offline ketika operasional bank sudah tidak aktif. Sebenarnya hal ini cukup jarang terjadi, namun supaya lebih aman dan dapat terantisipasi dengan optimal, ada baiknya jika Anda melakukan transaksi dengan menghindari jam-jam offline seperti tengah malam.

Tujuan lainnya juga, yakni apabila Anda kendala bisa segera ditangani oleh tim terkait. Waktu yang bisa digunakan untuk transfer bank misalnya di pagi menjelang siang hari.

Memastikan kecukupan saldo

Solusi lainnya dengan memastikan kembali apakah saldo BCA Mobile Anda masih mencukupi dan bahkan melebihi batas minimal transaksi. Kalkulasi kembali berapa saldo sisa yang harus ada di rekening jika melakukan transfer uang, begitu pula dengan melihat kembali berapa transaksi yang sudah dilakukan pada hari itu.

Apabila melebihi batas saldo yang ditetapkan, sudah pasti transfer Uang jadi pending bahkan gagal sehingga tidak dapat dilanjutkan saat itu juga. Oleh karena itu, Anda biasanya akan diminta menunggu selama kurang lebih 1×24 jam, bahkan lebih.

Paksa berhenti aplikasi BCA

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bca Mobile Tidak Bisa Transfer 2022

Kegagalan transaksi juga dapat diantisipasi dengan melakukan paksa henti aplikasi, baik secara langsung maupun melalui menu pengaturan ponsel. Hal ini dapat dilakukan ketika aplikasi tidak dapat dijalankan seperti biasa, bahkan aplikasi menjadi mudah crash atau mengalami bug. Setelah dilakukan paksa henti, Anda bisa coba buka mobile banking kembali.

Restart handphone

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bca Mobile Tidak Bisa Transfer 2022

Jika aplikasi dan transaksi menjadi bermasalah terus, Anda juga dapat mematikan handphone terlebih dahulu, kemudian menyalakannya lagi sebelum mengakses aplikasi mobile banking kembali. Merestart handphone bisa dilakukan untuk membuat sistem menjadi lebih baru sehingga BCA Mobile bisa diakses normal lagi.

Update aplikasi BCA

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bca Mobile Tidak Bisa Transfer 2022

Saran solusi lainnya ketika Anda mengalami Mobile banking BCA tidak bisa transfer yakni mengecek apakah aplikasi tersebut sudah terupdate atau belum. Apabila belum, tentu saja harus segera dilakukan update ke versi terbaru melalui Play Store atau App Store.

Pembaruan versi aplikasi sangat penting karena biasanya, pihak pengembang aplikasi akan senantiasa memperbarui dan memperbaiki bugs sistem dan merilisnya pada versi aplikasi terbaru. Ada baiknya jika Anda mengecek secara berkala hingga mengaktifkan notifikasi untuk mengetahui aplikasi mana saja yang harus segera dilakukan update.

Dan berikut cara update aplikasi di google play store.

Membuka perizinan aplikasi BCA Mobile

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bca Mobile Tidak Bisa Transfer 2022

Pernah mendapati notifikasi mengenai Izinkan Fitur yang ada di aplikasi BCA Mobile? Coba cek kembali apakah fitur perizinan tersebut telah Anda setujui. Cek juga apakah PIN yang diinput sudah benar dan sesuai sehingga nantinya tidak menjadi masalah.

Ganti koneksi internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bca Mobile Tidak Bisa Transfer 2022

Tidak jarang pula kita mendapati kendala BCA Mobile tidak bisa digunakan padahal saldo cukup. Salah satu saran yang seringkali abai dilakukan yakni dengan mengganti jaringan internet ke koneksi yang lebih stabil. Entah itu berpindah tempat, mengganti wifi ke seluler dan sebaliknya, bahkan mencoba menggunakan koneksi dari kartu lain.

BCA mobile memiliki fitur indikator yang menandakan apakah koneksi Anda aman ketika digunakan untuk bertransaksi. Jika indicator tersebut berwarna merah atau biru secara terus menerus, cobalah gunakan koneksi lainnya sampai indicator berubah warna menjadi hijau.

Hapus data aplikasi BCA

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bca Mobile Tidak Bisa Transfer 2022

Anda juga dapat melakukan penghapusan data aplikasi sebelum mengakses kembali aplikasi BCA mobile yang bermasalah. Caranya bisa melalui menu pengaturan pada handphone dengan mengakses nama aplikasi yang dimaksud kemudian menekan tombol Hapus Data.

Kendati demikian, cara ini bukan berarti benar-benar menghapus seluruh data dan riwayat transaksi yang dilakukan. Data-data yang seringkali terhapus merupakan data-data sampah yang sudah tidak terpakai dan berpotensi membuat aplikasi menjadi lamban.

Menghapus cookie dan cache

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bca Mobile Tidak Bisa Transfer 2022

Transaksi yang gagal terus menerus sudah pasti akan membuat Anda kesal, apalagi jika disertai dengan lambannya aplikasi. Oleh karena itu, coba cek juga di menu pengaturan pada bagian cookies dan cache untuk membersihkan data cookies dan cache yang tidak terpakai. Lakukan hal ini secara berkala ataupun pada saat aplikasi BCA mobile yang sedang dipakai mengalami permasalahan.

Gunakan DNS Resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bca Mobile Tidak Bisa Transfer 2022

Langkah ini bisa digunakan apabila aplikasi Anda terblokir, namun bukan karena salah PIN melainkan karena adanya kesalahan sistem. Meski begitu, ada baiknya dicek kembali apakah DNS resolver ini memang kompatibel dengan akun BCA Mobile, terlebih karena faktor keamanan jaringan yang perlu diperhatikan.

Pengubah DNS untuk masalah brimo tidak bisa transfer yang perlu Dicoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Install ulang aplikasi BCA

Transaksi Anda mengalami kegagalan? Coba lakukan install ulang untuk mengatasi gagal top up, gagal transfer, hingga kendala transaksi lainnya. Tidak perlu khawatir dengan riwayat transaksi yang sudah dilakukan karena meskipun di install ulang, berbagai transaksi yang telah dilakukan masih bisa terlihat dan didapati.

Biasanya, install ulang ini menjadi opsi terakhir ketika seseorang sudah menjalankan berbagai cara untuk membuat aplikasi BCA mobile normal kembali seperti biasa. Meski demikian, cara ini juga seringkali dilakukan untuk mendukung bukti kendala saat melapor ke bagian CS.

Lapor ke Customer Service

Melaporkan kendala ke bagian customer service (CS) juga bisa menjadi salah satu solusi apabila Anda kesulitan mengakses aplikasi dan mengalami kegagalan transfer. Pihak CS tentu memiliki tools untuk mengecek kendala yang terjadi, dan melakukan eskalasi ke tim terkait untuk dilakukan perbaikan.

Anda bisa melaporkannya melalui: https://twitter.com/halobca

Masalah lainnya:

Siapkan saja beberapa bukti tambahan seperti screenshot mutasi rekening hingga video rekaman kendala. Dengan begitu, akan dapat dicek apakah kendala terjadi karena kesalahan pengguna atau malah terjadi karena sistem aplikasi yang bermasalah.

Itulah beberapa penyebab dan solusi yang bisa dilakukan ketika menghadapi masalah seputar mobile banking BCA dan aplikasi BCA Mobile tidak bisa transfer. Pastikan Anda tidak mudah panik dan coba ikuti langkah-langkah di atas untuk memperbaiki aplikasi sendiri sebelum kemudian menanyakan ke teman, saudara, bahkan pihak bank sekalipun. Silakan dicoba!

Bagikan:

Tinggalkan komentar