Penyebab dan Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Terus

Perangkat HP atau smartphone dengan segala fitur dan kecanggihannya tidak lepas dari adanya aplikasi dengan berbagai macam kegunaan dan tujuan dari aplikasi itu sendiri. Bagi para pengguna Hp atau smartphone dengan sistem operasi Android pasti mengenal Play Store sebagai toko aplikasi yang menyediakan berbagai macam aplikasi yang bisa di unduh secara gratis maupun berbayar.

Play Store sendiri merupakan aplikasi bawaan di hp android yang berguna untuk mengunduh aplikasi ataupun game yang bisa di pasang atau di install ke dalam sistem perangkat hp Anda.

Merk hp Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Sony, LG, Nokia, HTC, Oneplus, ZTE, Mito, Advan dan merk hp lainnya yang menggunakan sistem operasi Android sudah pasti terdapat aplikasi Play Store yang membuat pengguna dapat mengunduh berbagai aplikasi dan game dari sana serta memperbarui aplikasi yang memiliki pembaruan fitur dan sebagainya melalui Play Store.

Pada dasarnya, menggunakan aplikasi Play Store untuk mengunduh aplikasi dan game menggunakan jaringan internet yang terkadang terdapat kemungkinan jaringan yang tidak stabil sehingga terjadi permasalahan.

Permasalahan yang sering terjadi adalah tidak bisa download aplikasi dan tidak bisa update aplikasi, serta sering juga terjadi download aplikasi pending atau tertunda. Hal itu terjadi karena terdapat beberapa penyebab, tidak hanya karena jaringan internet yang tidak stabil, namun bisa terjadi karena hal – hal lainnya. Tentunya, permasalahan tersebut sangat mengganggu dan membuat perangkat hp Anda menjadi tidak optimal dalam menjalankan aplikasi dan masalah – masalah lainnya.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, akan dibahas beberapa cara mengatasi masalah di hp android yang tidak bisa mengunduh atau download aplikasi atau aplikasi tertunda download-nya. Namun, sebelum mengetahui cara mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu mengetahui penyebab masalah tersebut terlebih dahulu. Berikut ini, beberapa penyebab terjadinya masalah pada saat mengunduh melalui Play Store.

Penyebab Download Aplikasi Tertunda Terus

Sebelum mengatasi masalah pada pengunduhan aplikasi yang menyebabkan download aplikasi tertunda terus, Anda perlu mengetahui penyebab terjadinya masalah tersebut terlebih dahulu sehingga akan lebih mudah dan tepat dalam mengatasinya. Berikut ini beberapa penyebabnya.

Hp tidak mendukung aplikasi yang di download

Sebuah aplikasi memiliki saran spesifikasi perangkat hp agar aplikasi tersebut dapat diunduh dan di-install di hp android. Spesifikasi. Hp yang tidak sesuai dengan saran spesifikasi dari aplikasi yang akan Anda unduh merupakan salah satu penyebab terjadinya masalah download aplikasi yang tertunda terus.

Server pembuat aplikasi down dan toko aplikasi down

Penyebab terjadinya masalah saat download aplikasi yang tertunda selanjutnya yaitu saat terjadi down pada server toko aplikasi atau pembuat aplikasinya, sehingga saat masuk ke aplikasi toko aplikasi, Anda tidak bisa download aplikasi. Tidak hanya itu, meskipun server pada toko aplikasi dalam keadaan baik, namun pembuat aplikasi mengalami server down juga dapat menimbulkan masalah tertundanya aplikasi yang akan Anda download.

Koneksi Internet tidak stabil

Penyebab lain terjadinya masalah download aplikasi yang tertunda terus adalah jaringan internet pada perangkat hp Anda yang tidak stabil. Saat mendownload aplikasi, sangat dibutuhkan jaringan internet yang stabil agar proses download dapat berjalan dengan lancar.

Jaringan internet yang tidak stabil akan membuat aplikasi yang sedang didownload terhambat atau bahkan tidak bisa mendownloadnya. Misalnya ketika Anda menggunakan provider Tri, Anda perlu memperhatikan kondisi jaringan internet dari layanan provider yang Anda gunakan tetap stabil.

Browser yang digunakan untuk download aplikasi bermasalah

Saat mendownload aplikasi menggunakan browser di hp Anda, ada kemungkinan terjadi masalah galat atau kekeliruan yang bisa membuat aplikasi corrupt atau tidak utuh sehingga proses download terhambat. Hal itu disebabkan oleh browser yang Anda gunakan untuk mengunduh mengalami galat sehingga berpengaruh terhadap proses download aplikasi.

Aplikasi toko yang digunakan galat

Sebuah aplikasi juga terdapat kemungkinan terjadinya kondisi galat dimana aplikasi mengalami kekeliruan saat masuk ke dalam aplikasi yang membuat proses download aplikasi atau proses pembaruan aplikasi jadi terhambat.

Saat Anda mendownload sebuah aplikasi menggunakan aplikasi pihak ketiga, kemungkinan galat akan semakin besar karena aplikasi yang digunakan bukan aplikasi penyedia yang resmi. Maka dari itu, disarankan kalau download aplikasi dari layanan distribusi aplikasi seperti Google Play Store yang resmi dan menjamin keamanan dari aplikasi yang Anda download.

Browser yang digunakan untuk download aplikasi belum versi terbaru

Saat Anda menggunakan browser untuk mengunduh atau mendownload aplikasi, namun browser tersebut terdapat pembaruan versi yang mengharuskan Anda meng-update namun Anda belum melakukan pembaruan atau update dapat menjadi penyebab masalah download aplikasi tertunda terus.

Aplikasi toko aplikasi yang digunakan tidak diupdate

Jika download aplikasi dari layanan distribusi aplikasi seperti Google Play Store, aplikasi tersebut sendiri terdapat kondisi dimana mengharuskan Anda untuk melakukan pembaruan atau update ke versi yang terbaru agar aplikasi bisa berfungsi dengan baik.

Data pada peramban yang dipakai menumpuk

Browser yang Anda gunakan di hp android memiliki data yang menyimpan history dan data – data lainnya. Saat terlalu banyak data hingga menumpuk, browser akan mengalami kendala saat dipakai untuk browsing ataupun mengunduh aplikasi. Hal itu menjadi salah satu penyebab terjadinya download yang tertunda.

Data Aplikasi toko aplikasi yang digunakan menumpuk

Jika download aplikasi dari layanan distribusi aplikasi seperti Google Play Store yang Anda pasang atau install di hp Anda memiliki data penyimpanan sementara yang jika dibiarkan semakin lama akan semakin menumpuk. Itu juga dapat menjadi penyebab utama proses download aplikasi yang tertunda dan terus gagal.

Internal Memory Penuh

Kemungkinan yang selanjutnya saat terjadi kegagalan dalam proses download yaitu memori internal hp yang penuh. Sebuah aplikasi memiliki ukuran file yang bervariasi dan membutuhkan ruang dalam memori penyimpanan hp. Jika memori internal hp penuh, Anda tidak akan bisa mengunduh atau men-download aplikasi lagi dan juga tidak bisa update aplikasi.

Aplikasi yang didownload diblokir oleh Pemerintah

Beberapa aplikasi yang mungkin mengandung unsur yang tidak diperbolehkan dalam aturan yang diberlakukan dalam pemerintahan sebuah negara, sehingga aplikasi tersebut akan diblokir. Hal itu menjadi penyebab download yang gagal atau tertunda.

Aplikasi yang didownload diblokir oleh provider WIFI

Selain diblokir oleh pemerintah, sebuah aplikasi juga bisa diblokir oleh penyedia jaringan, baik provider -misalnya provider Tri – ataupun jaringan wifi. Itulah yang menjadi penyebab aplikasi yang diunduh pending atau gagal.

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab download aplikasi pending atau mengalami masalah.

Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Terus

Setelah mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab aplikasi yang tertunda atau terhambat saat download, Anda juga perlu mengetahui cara mengatasinya. Berikut ini cara mengatasinya.

Batalkan download lalu coba untuk download kembali

Cara mengatasi masalah download aplikasi tertunda terus yang pertama yaitu membatalkan proses download lalu Anda mencoba download kembali aplikasi yang Anda inginkan. Hal itu dapat mengatasi permasalahan download yang tertunda ataupun gagal.

Paksa berhenti browser yang digunakan untuk download aplikasi, kemudian buka kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Terus 2022

Jika Anda menggunakan browser untuk men-download aplikasi dan mengalami masalah saat proses download, Anda bisa lakukan menghentikan paksa browser yang Anda pakai, lalu buka kembali browser tersebut.

Paksa berhenti pada aplikasi toko aplikasi yang digunakan untuk download aplikasi, kemudian bukakembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Terus 2022

Sama seperti saat menggunakan browser untuk mengunduh aplikasi ke dalam sistem di hp Anda, menggunakan aplikasi toko aplikasi seperti Play Store bisa terjadi masalah yang menyebabkan terhambat atau tertundanya proses download aplikasi. Lakukan hal yang sama, yaitu menghentikan aplikasi secara paksa, lalu buka kembali aplikasi toko aplikasi tersebut.

Mulai Ulang Hp

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Terus 2022

Coba untuk melakukan restart hp Anda saat mengalami proses download yang terhambat karena dengan melakukan restart, hp Anda akan kembali lega dan optimal dalam kinerjanya.

Ganti provider internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Terus 2022

Penyebab kendala aplikasi tertunda download-nya salah satunya karena jaringan internet yang tidak stabil. Saat Anda menggunakan jaringan seluler dari provider layanan seluler XL, Tri, Axis, Smartfren, Indosat, Telkomsel untuk mengunduh, coba untuk mengganti jaringan internet, contohnya menggunakan jaringan wifi.

Hapus data pada aplikasi toko aplikasi yang digunakan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Terus 2022

Jika download melalui aplikasi tempat download aplikasi dan data dalam penyimpanan sementara aplikasi tersebut penuh, itu akan menyebabkan kendala. Hapuslah data pada aplikasi yang dipakai untuk mengatasinya.

Hapus file dan aplikasi yang tidak terlalu penting

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Terus 2022

Saat terjadi kendala dalam proses download atau pembaruan aplikasi, coba hapus file atau aplikasi yang jarang dipakai karena itu menyebabkan memori perangkat penuh sehingga Anda tidak bisa men-download ataupun meng-update aplikasi di perangkat hp Anda.

Hapus cookie dan cache

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Terus 2022

Cookie dan cache yang terlalu penuh bisa menjadi penyebab munculnya masalah saat download. Hapuslah cookie dan cache pada perangkat hp Anda melalui menu pengaturan agar perangkat hp Anda lebih lega dan optimal kinerjanya.

Install ulang pada aplikasi toko aplikasi yang dipakai

Salah satu penyebab kesalahan adalah aplikasi toko aplikasi yang juga bermasalah. Coba copot pemasangan aplikasi toko aplikasi yang Anda pakai, lalu install ulang aplikasi tersebut.

Gunakan DNS Resolver atau Virtual Private Network

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Terus 2022

Terkadang ada aplikasi yang tidak diizinkan masuk ke dalam jaringan internet lokal sehingga tidak bisa di-download ke hp Anda. Gunakan VPN atau DNS resolver agar bisa mengunduh aplikasi tersebut dan meng-installnya ke dalam perangkat hp Anda.

vpn yang bisa dicoba ketika download aplikasi tertunda: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang bisa dicoba ketika download aplikasi tertunda: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Pakai toko aplikasi lainnya

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Terus 2022

Terdapat beberapa aplikasi sebagai penyedia aplikasi yang bisa Anda unduh dan memasangnya di sistem perangkat hp Anda. Saat Anda mengunduh sebuah aplikasi melalui aplikasi toko aplikasi, misalnya Play Store, namun proses download tertunda dan malah gagal, cobalah untuk menggunakan aplikasi toko penyedia aplikasi lainnya.

Dan ini dia tempat download aplikasi selain google play store.

Itulah pembahasan mengenai beberapa hal yang menjadi penyebab download yang tertunda dan gagal serta beberapa cara mengatasinya. Cara tersebut merupakan beberapa cara termudah yang bisa dengan mudah juga Anda lakukan untuk menyelesaikan atau mengatasi masalah saat Anda mengunduh aplikasi atau memperbarui aplikasi yang sudah terpasang di perangkat Anda.

Bagikan:

Tinggalkan komentar