Penyebab dan Cara Mengatasi Download di Google Play Store Tertunda

Download di Google Play Store pending bukanlah sebuah masalah. Ternyata ada cara untuk mengatasi gangguan tersebut.

Aplikasi digital memang menjadi kebutuhan untuk para pengguna ponsel. Sebab tanpa adanya program tersebut, kita tidak dapat menggunakan ponsel secara optimal. Ketika ingin memiliki aplikasi digital, kita perlu mengunduhnya terlebih dahulu.

Jika Anda pengguna Android seperti merk hp Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Sony, LG, Nokia, HTC, Oneplus, ZTE, Mito, Advan, dan merk HP lainnya, maka pengunduhan aplikasi bisa melalui Google Play Store.

Sayangnya proses pengunduhan sering kali tertunda karena loading yang terlalu lama atau karena hal lain. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja membuat kita sebagai pengguna ponsel merasa tidak nyaman.

Apalagi ketika program yang sedang diunduh merupakan program penting yang akan segera digunakan. Tidak bisa download aplikasi di Google Play Store akan menjadi masalah yang besar.

Namun tenang saja, sebab kini ada cara untuk mengatasi masalah tersebut. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan berikut.

Faktor Penyebab Google Play Store Tertunda Download-nya

Sebelum mengulas tentang cara mengatasi aplikasi yang sulit diunduh di Google Play Store, tak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu penyebab dari masalah tersebut. Berikut ini uraian lengkapnya.

HP tidak support dengan aplikasi yang di download

Penyebab yang pertama yaitu HP yang kita gunakan bisa saja tidak mendukung program yang akan diunduh. Hal ini bisa terjadi jika versi handphone tersebut ternyata sudah terlalu lama.

Maka dari itu, sebelum mengunduh program digital, ada baiknya mencocokkan terlebih dahulu versi aplikasi dengan spesifikasi handphone yang kamu gunakan.

Server down

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Di Google Play Store Tertunda 2022

Server down juga bisa menjadi penyebab program elektronik sulit diunduh. Server down akan membuat handphone loading terlalu bahkan bisa menyebabkan pengunduhan gagal.

Server down biasa disebabkan oleh beberapa hal seperti DNS bermasalah, terlalu banyak pengunjung di waktu yang sama, single point of failure (SPOF), dan berbagai masalah lain.

Cek Google play store down atau tidak.

Jaringan Internet tidak stabil

Hal lain yang juga membuat pengunduhan program digital menjadi tertunda yaitu karena jaringan internet yang tidak stabil. Koneksi internet memang menjadi modal utama ketika ingin mengunduh program digital lain.

Untuk mendapatkan koneksi yang stabil, kamu bisa menggunakan provider terpercaya seperti XL, Tri (3), Axis, Smartfren, Indosat, Telkomsel atau provider lain yang stabil digunakan di daerah kamu.

Google Play Store Galat

Google Play Store galat merupakan sebuah kondisi ketika jendela Google Play Store mengalami kesalahan. Hal tersebut tentu saja akan mengganggu pengunduhan program dari Google Play Store tersebut.

Untuk mengatasi Google Play Store galat, kamu bisa menutup terlebih dahulu program tersebut. Atau melakukan restart handphone tersebut agar program bisa kembali normal.

Layanan Google Play Store Tidak Diupdate

Pengunduhan game gagal atau pending juga bisa terjadi ketika layanan dari Google Play Store tidak diupdate. Biasanya saat ada pembaharuan dari Google Play Store, akan muncul pemberitahuan di atas layar HP.

Sayangnya banyak diantara kita yang sering mengabaikan notifikasi ini. Padahal pembaharuan layanan sangat penting untuk menunjang program-program yang ada dalam Google Play Store. Jadi mulai saat ini, pastikan untuk rutin mengupdate layanan Google Play Store.

Data Google Play Store Menumpuk

Ketika data di Google Play Store kamu menumpuk, hal ini bisa menjadi pemicu pengunduhan menjadi lama hingga gagal. Maka dari itu, pastikan untuk menghapus terlebih dahulu data-data yang tidak dibutuhkan.

Anda juga bisa menghapus cache yang ada di handphone tersebut. Biasanya cache yang menumpuk juga membuat memori ponsel cepat penuh. Akibatnya, ketika kamu mengunduh program dari Play Store menjadi gagal.

Memori Internal Penuh

Memori yang penuh bisa disebabkan oleh karena data yang tersimpan terlalu banyak. Data-data tersebut bisa berasal dari dokumen, gambar, video, musik, atau data dari program yang terpasang.

Maka dari itu, penting untuk selalu rutin membersihkan data di handphone. Selain menghapus data, cara lain untuk mengatasi memori internal yang penuh yakni dengan memindahkan sebagian data ke memori internal atau cloud.

Aplikasi diblokir Pemerintah

Penyebab Google Play Store tertunda download-nya yang ke-8 yaitu karena aplikasi diblokir pemerintah. Ada beberapa platform yang memang tidak diizinkan digunakan masyarakat Indonesia.

Biasanya platform tersebut mengandung unsur radikalisme atau hal-hal lain yang tidak sesuai dengan peraturan undang-undang di negara kita. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mengecek legalitas platform tersebut sebelum mengunduhnya.

Aplikasi diblokir oleh penyedia WIFI

Selain diblokir pemerintah, ada juga platform yang diblokir oleh penyedia layanan WiFi. Platform yang diblokir biasanya platform yang mengandung bahaya. Misalnya, ada terdapat virus yang bisa merusak perangkat.

Ketika platform tersebut tidak bisa unduh akibat diblokir penyedia WiFi, sebaiknya kamu mencari platform lain yang serupa. Sebab ketika sudah diblokir artinya ada sesuai yang bisa saja membahayakan perangkat yang kamu gunakan.

Melakukan Update Seluruh Aplikasi Sekaligus

Ketika kamu tidak bisa update aplikasi di Google Play Store bisa saja disebabkan karena pada saat itu, seluruh program yang terpasang di ponsel sedang di update bersamaan. Hal ini akan membuat koneksi lebih lambat.

Sebaiknya lakukan pembaharuan program satu per satu agar koneksi tetap stabil dan pengunduhan tidak terhambat.

Cara Download di Google Play Store Pending

Setelah mengetahui penyebab kegagalan saat mengunduh game atau program lain dari Google Play Store. Maka kini saatnya kamu mempelajari cara untuk mengatasi solusi tersebut. Ada beberapa alternatif solusi yang dapat dilakukan. Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut.

Batalkan update aplikasi yang lain

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Di Google Play Store Tertunda 2022

Cara pertama yang bisa kamu pilih yaitu dengan membatalkan update program lain. Di atas sudah disinggung bahwa mengupdate banyak program bisa menyebabkan pengunduhan menjadi lama hingga gagal.

Cara ini juga cukup efektif untuk menghemat kuota internet yang kamu gunakan. Tak hanya itu, menghentikan update juga bisa membuat koneksi lebih lancar dan pengunduhan menjadi lebih cepat.

Paksa Berhenti Google Play Store Lalu Buka Kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Di Google Play Store Tertunda 2022

Ketika download tertunda diverifikasi oleh Play protect, kamu bisa memaksa berhenti Google Play Store tersebut. Lalu membukanya kembali setelah beberapa detik. Dengan demikian, layanan akan berjalan lebih lancar.

Restart HP

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Di Google Play Store Tertunda 2022

Cara lain untuk mengatasi pengunduhan yang tertunda yaitu dengan restart HP. Matikan sebentar handphone tersebut kemudian nyalakan kembali. Sehingga program bisa berjalan dengan normal. Cara ini biasanya efektif untuk mengatasi kegagalan pengunduhan program di Android.

Ganti Jaringan Internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Di Google Play Store Tertunda 2022

Jaringan internet sangat mempengaruhi pengunduhan program atau layanan. Saat pengunduhan terhambat akibat jaringan internet, maka solusinya yaitu dengan mengganti ke jaringan lain yang lebih stabil.

Hapus data Google Play Store dan Layanan Google Play

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Di Google Play Store Tertunda 2022

Data-data yang tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus atau dipindahkan ke layanan cloud. Dengan demikian memori internal akan lebih longgar dan membuat pengunduhan program menjadi lebih lancar.

Sebelum menghapus data, pastikan data-data tersebut tidak dibutuhkan. Karena ketika ada data penting yang tak sengaja terhapus, maka kamu yang akan merugi. Terlebih lagi jika data yang terhapus merupakan data yang dibutuhkan oleh sistem Android.

Tutorial untuk menghapus data:

Hapus File dan aplikasi yang jarang dipakai

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Di Google Play Store Tertunda 2022

File dan program-program yang tidak penting juga sebaiknya dihapus. Terkadang file-file tersebut yang membuat handphone semakin berat dan penuh. Dengan demikian, pengunduhan program baru akan terhambat.

Maka dari itu, menghapus program tersebut bisa menjadi solusi yang tepat dan cepat. Akan tetapi sebelum menghapusnya, lakukan back up data terlebih dahulu. Tujuannya untuk menyelamatkan data penting yang mungkin masih dibutuhkan.

Hapus akun email Google dan Kaitkan lagi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Di Google Play Store Tertunda 2022

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi pengunduhan yang gagal yakni dengan menghapus terlebih dahulu akun email Google kemudian mengaitkannya kembali. Cara ini mungkin sedikit lebih rumit, namun cukup efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Namun sebelum menghapus akun email Google, pastikan kamu mengingat username dan password email tersebut. Jadi saat mengaitkannya kembali, tidak ada kendala.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Di Google Play Store Tertunda 2022

Cookie adalah file yang dibuat oleh situs atau platform yang telah dibuka. Cookie sebenarnya mempermudah kita ketika online dengan menyimpan data pencarian yang dilakukan. Ketika jumlahnya banyak menyebabkan pengunduhan program melambat.

Sementara itu, cache merupakan bagian halaman seperti gambar yang membantu bagian itu untuk lebih cepat dibuka saat pengunjungan berikutnya. Cache yang banyak menyebabkan pengunduhan program di Play Store melambat.

Tutorial untuk menghapus cache:

Install Ulang Google Play Store

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Di Google Play Store Tertunda 2022

Menginstal ulang program yang ada di Google Play Store bisa menjadi solusi apabila pengunduhan gagal atau tertunda. Saat proses installing tidak berhasil, kamu pasti akan mendapatkan pemberitahuan. Dan kamu bisa memilih untuk menginstall ulang program tersebut sampai berhasil.

Gunakan VPN atau DNS Resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Di Google Play Store Tertunda 2022

Biasanya program yang tidak bisa diunduh salah satu penyebabnya yaitu karena telah diblokir oleh pemerintah atau provider yang kita gunakan. Jika sudah demikian, maka solusi yang dapat dipilih yaitu dengan mengunduh menggunakan VPN atau DNS Resolver.

Pengunduhan menggunakan VPN relatif mudah. Namun kamu harus tetap waspada, sebab pengunduhan dengan cara ini tidak menjamin keamanan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika program digital yang kamu unduh gagal atau tertunda. Ketahui terlebih dahulu faktor penyebabnya kemudian cari solusi terbaik.

vpn yang bisa dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang bisa DIcoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Jika masih mengalaminya coba baca juga:

Sepuluh penyebab yang sudah dipaparkan di atas, mungkin saja akan berbeda dengan kondisi yang kamu alami. Jika kamu merasa bingung terhadap hal yang dialami, kamu bisa menghubungi pihak pengelola program agar mendapatkan solusi terbaik.

Setelah mengetahui solusinya, kamu bisa langsung mencari solusi yang paling tepat. Sepuluh solusi di atas bisa menjadi bahan referensi. Namun jika pengunduhan masih gagal, kamu bisa meminta bantuan orang yang lebih memahami tentang permasalahan tersebut.

Atau opsi lainnya yaitu dengan mengunduh aplikasi lain yang fungsinya sejenis. Sebab di Google Play Store saat ini banyak program digital sejenis dengan pengelola yang berbeda. Jadi, kamu bisa mendapatkan berbagai pilihan program digital dengan kualitas yang hampir sama.

Bagikan:

Tinggalkan komentar