Penyebab dan Cara Mengatasi Download Lama di Google Play Store

Pernahkah kamu mengalami download lama di Google Play Store, saat mengunduh aplikasi atau game melalui perangkat ponsel milikmu? Jika iya, kenali penyebab dan cara mengatasinya disini.

Penyebab Download Lambat di Google Play Store

Bagi pemilik merk hp Xiami, Oppo, Vivo, Samsung, Sony, LG, Nokia, HTC, Oneplus, ZTE, Mito, Advan, dan merk hp lainnya, sedang mengalami masalah saat melakukan pengunduhan di Google Play Store dan ingin memperbaikinya.

Sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebab download jadi lemot di Google Play Store, seperti berikut ini:

Server down

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Lama Di Google Play Store 2022

Server penyimpanan data aplikasi dan game di Playstore terkadang mengalami masalah sehingga menyebabkan download jadi lambat. Namun hal ini masih terbilang cukup wajar, karena server down dapat teratasi dengan sendirinya.

Cek google play store down atau tidak.

Server down juga dialami oleh pihak ketiga. Dengan demikian, penyebab download lama google di play store salah satu kemungkinannya aplikasi/download yang anda download server-nya sedang mengalami down.

Jaringan internet tidak stabil

Gangguan pada jaringan provider juga dapat menjadi penyebab download jadi lemot di Google Play Store. Meskipun kamu sudah menggunakan jaringan 4G, tetapi jika provider mengalami gangguan, maka jaringan internet menjadi tidak stabil.

Ukuran kapasitas aplikasi yang di download besar

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Lama Di Google Play Store 2022

Selain faktor eksternal, ukuran file aplikasi maupun game yang terlalu besar juga dapat menyebabkan lamanya proses pengunduhan. Kamu jadi tidak bisa download game dan aplikasi secara cepat jika ukuran file lebih dari 100 MB.

Sebelum Anda melakukan pengunduhan, periksa detail aplikasi maupun permainan yang ingin Anda unduh dengan melihat ukuran file yang akan di download.

HP Android yang memiliki ukuran RAM di bawah 2 GB, dapat menjadi penyebab lambatnya proses pengunduhan pada Google Play Store. Hal tersebut dikarenakan memori RAM dan Cache yang terlalu penuh sehingga menyebabkan cookie mengalami masalah dan jadi gagal download.

Sebelum melakukan pengunduhan aplikasi melalui Google Play Store, sebaiknya periksalah terlebih dahulu cache dan cookie pada handphone Anda. Bila perlu lakukan pembersihan cache pada menu File Manager.

Kecepatan internet dibatasi oleh penyedia wifi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Lama Di Google Play Store 2022

Penyedia WiFi memiliki hak untuk membatasi kecepatan jaringan internet yang digunakan oleh pengguna. Bisa jadi proses download yang kamu lakukan menjadi lambat karena jaringan internetmu sedang dibatasi oleh provider WiFi.

Cara Mudah Mengatasi Download Lama di Google Play Store

Proses pengunduhan yang terlalu lama memang cukup menyebalkan, namun hal tersebut dapat diatasi dengan menambah kecepatan jaringan internet. Terdapat beberapa cara mudah untuk mempercepat download di Google Play Store seperti berikut ini:

Ganti Jaringan Internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Lama Di Google Play Store 2022

Salah satu cara mempercepat download di Google Play Store yaitu dengan mengganti jaringan internet. Jika provider yang kamu gunakan saat ini masih menggunakan jaringan internet 3G, segeralah beralih ke provider XL, Tri (3), Axis, Smartfren, Indosat, Telkomsel yang sudah memiliki jaringan 4G LTE.

Jaringan 4G LTE saat ini merupakan jaringan internet yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 3G. Anda bisa mengganti jaringan pada kartu selular Anda secara gratis dengan mengunjungi gerai provider.

Restart Modem

Jika Anda menggunakan modem untuk terhubung ke jaringan internet, cobalah untuk merestart ulang modem Anda. Setelah restart modem dilakukan, modem akan secara otomatis mengulang pengaturan dan memperbaiki masalah dengan sendirinya sehingga jaringan internet akan kembali stabil.

Jika Anda sudah melakukan restart modem namun tidak terjadi perubahan, cobalah untuk merestart ulang perangkat ponsel Anda. Proses restart akan mengatur kembali handphone Anda secara otomatis sehingga permasalahan Anda dapat terselesaikan.

Gunakan Fitur Pengubah Jaringan Saat Download

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Lama Di Google Play Store 2022

Google play store menyediakan fitur untuk mengubah jaringan dari data kuota menjadi Wifi ataupun sebaliknya.

Jika anda sedang berada di jangkauan Wifi alangkah lebih baik untuk menggantinya ke dalam jaringan Wifi.

Untuk memakai fitur ini maka anda bisa mengikuti langkah-langkah cara mengubah pengaturan download google play store.

Gunakan VPN atau DNS resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Download Lama Di Google Play Store 2022

VPN digunakan untuk mengakses jaringan internet menggunakan jalur khusus sehingga bukan dengan jaringan utama. Anda bisa mengganti koneksi jaringan Anda menggunakan VPN agar download di Google Play Store menjadi lebih cepat.

Tidak sedikit pengguna internet yang jadi tidak bisa update aplikasi dan game karena kecepatan jaringan yang buruk. Anda juga bisa menambah kecepatan jaringan internet menggunakan DNS resolver.

Vpn yang bisa dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang bisa dicoba: Pengubah dns terbaik di hp android.

Coba baca juga untuk masalah yang serupa:

Demikianlah informasi seputar penyebab dan cara mengatasi download jadi lambat di Google Play Store. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu mengatasi masalah pengunduhan Anda.

Bagikan:

Tinggalkan komentar