Penyebab dan Cara Mengatasi File .apk Tidak Bisa Dibuka

Apa itu file APK? File APK adalah format file yang digunakan untuk aplikasi pada perangkat berbasis Android. File apk adalah singkatan dari “Application Package.” Ini adalah arsip yang berisi aplikasi dan file terkait.

Fungsi file APK merangkum seluruh aplikasi bersama dengan data dan pustaka terkait. File APK biasanya berisi definisi kelas, antarmuka, dan data. Dua bagian terpenting dari file APK adalah file manifes, yang memetakan sumber daya ke file.

Terkadang Ketika membuka file APK, baik hasil dari download ataupun diberi oleh orang lain file APK tidak bisa dibuka hingga membuat anda tidak bisa install aplikasi dari hasil file .apk.

Penyebab File APK Tidak Bisa Dibuka

Jika anda mendapati File .apk anda tidak bisa dibuka, ada beberapa penyebabnya saat ini yang bisa diketahui, berikut beberapa penyebab file APK tidak bisa dibuka:

File APK Rusak (Corrupt)

File APK adalah file aplikasi yang digunakan pada perangkat Android. File-file ini sangat besar, jadi jika rusak sistem Android tidak akan dapat membukanya. File APK yang rusak, atau kehilangan komponen yang diperlukan biasanya akan terlihat pesan kesalahan saat Anda mencoba membukanya.

Hp Tidak Support dengan Aplikasi-nya

Setiap Aplikasi memiliki spesifikasi minimal untuk bisa dijalankan. Jika anda menginstall aplikasi lewat download file .apk, anda perlu ketahui terlebih dahulu apakah aplikasi yang anda download lewat file .apk cocok atau tidak.

Dikarenakan jika hp yang anda pakai tidak cocok atau di bawah minimal spesifikasi dengan aplikasi-nya maka file .apk tidak akan bisa dibuka.

Menggunakan Operasi Sistem Lama

Menggunakan sistem operasi lama akan membua file .apk tidak bisa dibuka, dikarenakan beberapa aplikasi terbaru yang menggunakan file .apk tidak mendukung sistem operasi android versi lama.

Ruang Penyimpanan Internal Penuh

Saat anda mengalami File APK gangguan hari ini ada kemungkinan jika memori internal anda sedang penuh.

Jika Anda menggunakan ponsel Android, dan Anda mencoba membuka file APK yang lebih besar dari 2GB, ponsel akan memberi tahu Anda bahwa file tersebut sudah penuh dan Anda tidak akan dapat membukanya. Ini karena ponsel tidak dapat mengalokasikan lebih banyak ruang disk ke file APK.

Data aplikasi anda menumpuk

Setiap aplikasi memiliki data yang tersimpan di memori internal secara otomatis. Jika dibiarkan terus maka akan menyebabkan beberapa masalah, salah satunya aplikasi tidak bisa diakses.

Jadi ada kemungkinan aplikasi lagi gangguan terjadi karena data aplikasi pada Laptop-PC windows anda sedang menumpuk.

Cache dan Cookie Bermasalah

Jika Anda mengalami masalah dalam membuka file APK yang Anda mendapatkannya dari teman, mungkin ada masalah dengan cache di perangkat Anda. Cache yang bermasalah juga dapat menyebabkan file pada APK menjadi tidak bisa digunakan.

Terkena virus

Ada kemungkinan file APK anda terkena virus jika anda mendapatkannya dari internet. File yang terkena virus akan mengalami rusak hingga membuat file tersebu tidak bisa dibuka.

Google Play Service Rusak

Ketika anda menginstall aplikasi lewat APK, yang perlu anda ketahui adalah anda perlu Google Play Layanan (Google Play Service) di hp anda.

Beberapa aplikasi perlu Google Play Service agar aplikasi-nya bisa berjalan dengan baik.

File apk belum melakukan Sign .apk

Setiap APK perlu melakukan Sign .APK hal ini dikarenakan setiap APK memiliki sertifikasi untuk mengidentifikasi siapa penulis/pembuat aplikasi. Jadi perlu dilakukan sign .apk sebelum membukanya.

Telah menginstall Aplikasi Kecerahan Hp

Ternyata beberapa file .apk mengalami bug dengan aplikasi kecerahan hp. Jadi jika mendapati file .apk gagal terus dibuka maka bisa jadi karena ada aplikasi kecerahan hp di hp android anda.

Cara mengatasi File APK Tidak Bisa dibuka

Ketika anda mendapati file .APK tidak bisa digunakan anda tidak perlu kawatir. Hal itu karena ada beberapa cara mengatasi file apk tidak bisa dibuka, diantaranya:

Pastikan File APK Mendukung Perangkat Anda

Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa file APK telah mendukung perangkat anda, anda perlu cek di deksripsi pada aplikasi yang ingin anda install di hp android anda.

Pastikan File APK Mendukung Sistem Operasi Anda

Ada beberapa versi file .apk Ketika anda ingin mendownload aplikasi lewat file .APK. Anda harus pastikan bahwa anda mendownload file .apk dengan versi yang tepat dengan sistem operasi android anda.

Download Ulang FIle APK-nya

File APK Anda mungkin tidak dapat dibuka jika Anda telah mencoba membukanya sebelumnya dan gagal. Hal ini bisa jadi karena File APK-nya rusak. Untuk memperbaikinya, Anda harus mengunduh ulang file APK dan mencobanya lagi.

Aktifkan Fitur Sumber Tidak Dikenal (Unknown Source)

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Apk Tidak Bisa Dibuka 2022

Anda dapat mengatasi masalah file .apk yang tidak dapat dibuka dengan mengaktifkan “Unknown Sources” (Sumber Tidak Dikenal) dalam pengaturan keamanan hp android Anda. Ini adalah pengaturan tersembunyi yang digunakan untuk memungkinkan Anda menginstal perangkat aplikasi  yang biasanya tidak dapat Anda akses.

Restart Hp

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Apk Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika Anda mengalami kesulitan membuka file APK, Anda mungkin perlu memulai ulang ponsel Anda. Ini biasanya merupakan langkah pertama dalam menyelesaikan masalah terkait file apa pun. Setelah menghidupkan ulang ponsel Anda, coba buka file lagi.

Scan dengan Antivirus

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Apk Tidak Bisa Dibuka 2022

Mungkin saja file APK anda terkena virus hingga membuat file apk anda menjadi tidak bisa digunakan karena telah rusak oleh virus.

Anda perlu scan dengan antivirus yang bisa anda dapatkan di toko aplikasi favorit anda. Biasanya setelah scan selesai, file .apk anda bisa gunakan Kembali.

Hapus Cache Dan Cookie

Penyebab Dan Cara Mengatasi File .Apk Tidak Bisa Dibuka 2022

Ketika Anda mencoba membuka file yang baru saja Anda simpan, Anda mungkin menemukan bahwa file tersebut tidak terbuka. Masalah ini sering disebabkan oleh Cache pada hp Anda. Menghapus cache biasanya akan menyelesaikan masalah.

Anda bisa ikuti cara menghapus cache pada aplikasi hp android.

Hapus data pada Google Play Store dan Layanan Google Play

Jika file .apk masih tidak bisa digunakan hingga membuat aplikasi tidak bisa diinstall coba anda hapus data pada google play store dan layanan google play.

Beberapa aplikasi yang diinstall lewat file .apk terkadang membutuhkan layanan google play dan akun google play store. Jika ada masalah maka anda perlu menghapus data aplikasi google play store dan layanan google play.

Biasanya setelah terhapus file .apk bisa digunakan dan diinstall.

Kosongkan memori internal anda

Ada kemungkinan file .apk tidak bisa dibuka dikarenakan memori internal anda sedang penuh. Hal ini membuat aplikasi yang akan diinstall tidak muat untuk dimasukan ke dalam memori internal anda dikarenakan memori internal anda sedang penuh.

Anda perlu menghapus beberapa file yang jarang anda gunakan agar memori internal anda kosong.

Matikan Aplikasi Kecerahan Hp

Jika anda merasa menggunakan aplikasi untuk mengatur kecerahan hp anda, anda perlu menonaktifkan aplikasi tersebut hal ini untuk meminimalisir terjadi nya bug tidak bisa dibuka Ketika anda menginstall aplikasi lewat file .apk.

Gunakan Aplikasi Installer APK

Jika file apk anda masih tidak bisa diakses maka anda bisa menggunakaan aplikasi installer APK yang telah tersedia di toko aplikasi.

Fungsi dari aplikasi Installer apk ini adalah membuka file apk dan menjalankannya supaya dapat menginstall aplikasi dari file apk yang telah anda dapatkan.

Anda bisa mendapatkannya di aplikasi installer apk lewat google play store.

Seperti yang diketahui file .APk ini adalah cara alternatif untuk menginstall aplikasi. Sangat krusial jika file .apk yang sudah didapatkan tidak bisa digunakan.

Anda bisa menerapkan beberapa cara ini di merk merk hp Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Sony, Lg, Nokia, HTC, Oneplus, ZTE, Mito, Advan dan merk hp lainnya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar