Penyebab dan Cara Mengatasi Google Play Store Error Gangguan

Sebagai pengguna android pasti sudah tidak asing lagi dengan Google Play Store. Google Play Store adalah toko resmi Google yang bisa diakses di semua ponsel android.

Google Play Store memiliki banyak aplikasi yang gratis ataupun berbayar. Sebagai pengguna android, kamu tidak perlu khawatir lagi jika download aplikasi di Google Play Store karena sudah dipastikan aman dari virus atau malware.

Sayangnya ada beberapa masalah yang sering terjadi seperti Google Play Store tidak bisa diakses. Kadang hal ini membuat kita bertanya-tanya apakah Google Play Store gangguan hari ini atau memang handphone kita yang eror.

Ulasan kali ini akan membantu kamu mengatasi masalah Google Play Store yang bermasalah dan mencari penyebabnya agar masalah ini tidak terulang kembali.

Penyebab Google Play Store Eror Padahal Ada Kuota

Ada beberapa penyebab mengapa Google Play Store tidak bisa dipakai. Kadang muncul kode kesalahan Google Play Store atau kamu sama sekali tidak bisa membukanya.

Berikut beberapa penyebab Google Play Store eror:

Jaringan Internet Tidak Stabil

Selain karena masalah Google Play Store gangguan hari ini, cobalah cek jaringan internet kamu. Biasanya penyebab yang paling sering membuat Google Play Store error karena jaringan internet yang bermasalah.

Jika kamu menggunakan WIFI, cobalah ganti ke kuota utama. Namun jika kamu menggunakan kuota dan kuota internetmu hampir habis, cobalah cari akses WIFI tercepat.

Google Play Store bisa mendeteksi jika jaringan internet tidak stabil dan membuatnya otomatis menutup sendiri atau tidak bisa digunakan sama sekali.

Google Play Store Galat

Hal berikutnya yang paling sering membuat Google Play Store error adalah karena adanya eror dari sistem Google. Hal ini biasanya terjadi jika ada kerusakan pada sistem di satu negara atau beberapa negara.

Google Play Store juga bisa salah menerima informasi. Terutama saat kamu download beberapa aplikasi dalam satu waktu. Hal ini bisa menimbulkan Google eror dan muncul notifikasi lainnya.

Google Play Store Belum Di Update

Google Play Store yang belum diupdate menyebabkan download yang gagal terus. Hal ini karena handphone kita sudah menggunakan sistem operasi terbaru tapi Google Play Store belum di update.

Google Play Store yang belum diupdate menyebabkan kita tidak bisa download aplikasi. Kamu bisa cek pembaruan Google Play Store di pengaturan handphone kamu.

Data Google Play Store dan Google Play Layanan Menumpuk

Penyebab lain yang membuat Google Play Store tidak bisa untuk download adalah karena adanya data yang menumpuk. Data ini bisa berupa sampah atau aplikasi yang pernah kamu uninstall.

Aplikasi yang kamu hapus dari handphone kamu masih tersimpan di data Google Play Store. Kamu bisa menghapusnya terlebih dahulu dengan membuka aplikasi Play Store dan cari data aplikasi yang di uninstall.

Memori Internal Penuh

Masalah lainnya yang paling sering dialami pengguna android adalah karena memori internal yang penuh. Memori internal yang penuh tidak bisa memuat aplikasi baru atau update aplikasi.

Biasanya Google otomatis memberitahu jika memori internal tidak cukup dan mengharuskan kamu menghapus beberapa aplikasi agar memori internal tersedia.

Terkena Virus

Pernahkah kamu klik link sembarangan? Bisa jadi link tersebut membawa virus ke handphone kamu dan menyebabkan tidak bisa mengakses Google Play Store.

Untuk mendeteksi virus, pastikan kamu menghapus aplikasi yang mencurigakan dan mendownload aplikasi anti virus untuk mendeteksi malware.

Cara Mengatasi Aplikasi Google Play Store Error Gangguan Hari Ini 2022

Jika Google Play Store sedang bermasalah hari ini maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa menggunakannya kembali.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Google Play Store yang error:

Paksa Berhenti Google Play Store dan Google Play Layanan, Lalu Buka Kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Error Gangguan 2022

Untuk mengatasi Google Play Store tidak bisa masuk, kamu bisa paksa berhenti terlebih dahulu. Kamu perlu melakukan cara ini agar Play Store kamu bisa digunakan kembali.

Kamu bisa mencarinya di pengaturan handphone dan paksa berhenti layanan Google Play Store. Jika sudah, kamu bisa membuka kembali Google Play Store.

Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi Google Play Store yang eror dan tidak bisa diakses untuk download aplikasi.

Restart Handphone

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Error Gangguan 2022

Cara selanjutnya adalah dengan restart handphone. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah Google Play Store.

Biasanya handphone yang sudah terlalu panas dan mengakses banyak aplikasi akan membutuhkan waktu istirahat. Cobalah restart handphone kamu dan tunggu beberapa menit sebelum membuka Google Play Store lagi.

Atur Waktu di Handphone dengan Waktu Sekarang

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Error Gangguan 2022

Salah satu penyebab Google Play Store memberikan notifikasi Eror Retrieving Information From Server [RH-01] adalah karena pengaturan waktu yang tidak sesuai.

Play Store tidak akan bisa digunakan jika kamu menggunakan settingan waktu dan tanggal secara manual. Coba ganti pengaturan waktu menjadi otomatis agar mengikuti sistem Google Play.

Ganti Jaringan Internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Error Gangguan 2022

Jaringan internet yang tidak stabil juga menyebabkan Google Play Store error dan dibuat download. Biasanya kamu akan otomatis keluar dari aplikasi ini jika jaringan internet kamu buruk.

Sebelum download pastikan jaringan internet kamu stabil dan ganti ke WIFI yang paling cepat.

Hapus Data Google Play Store dan Google Play Layanan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Error Gangguan 2022

Kamu bisa menghapus data Google Play Store di menu setting. Carilah pengaturan hapus data dan cobalah untuk membuka kembali aplikasi ini.

Menghapus data Google Play Store sama saja kamu membuang cache yang ada. Ini akan mempermudah kamu nantinya untuk download aplikasi di Google Play Store.

Tutorial untuk menghapus data:

Hapus Data Handphone

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Error Gangguan 2022

Cara ini cukup ampuh untuk membuat Google Play Store berfungsi kembali. Karena data handphone yang terlalu banyak juga bisa mengakibatkan Google Play Store tidak terbuka.

Biasanya Google Play Store akan memberi notifikasi “kesalahan saat mengambil informasi dari server df-dferh-01” jika tidak bisa digunakan untuk download atau mencari aplikasi.

Install Ulang Google Play Store dan Google Play Layanan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Error Gangguan 2022

Kamu bisa uninstall Google Play Store di pengaturan handphone kamu. Setelah itu install kembali dan kamu bisa menggunakan Play Store seperti sedia kala.

Cara ini mirip dengan cara hapus data Google Play Store. Namun bedanya kamu perlu uninstall terlebih dahulu.

Berikut beberapa web tempat download google play store.

Hapus Akun Google dan Kaitkan Kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Error Gangguan 2022

Jika kamu menggunakan handphone bekas, cobalah hapus akun Google yang sebelumnya ada di handphone kamu. Ataupun jika kamu menggunakan akun kamu, cobalah untuk menghapusnya.

Kamu bisa membuat akun baru atau sinkronkan akun yang baru saja kamu hapus.

Gunakan VPN atau DNS Resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Error Gangguan 2022

Jika Google Play Store lagi gangguan, kamu bisa menggunakan VPN agar bisa mengakses menggunakan IP di negara lain.

Kamu bisa memilih negara USA atau Eropa, karena biasanya jika salah satu negara di Asia sedang eror kemungkinan negara yang berdekatan juga terkena dampaknya.

vpn yang bisa dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang bisa DIcoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Reset Handphone

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Error Gangguan 2022

Play Store yang terus menerus mengeluarkan notifikasi kode kesalahan Google Play Store 18, 20, 103, 194, 492, 495, 505, 506, 509, 905 membutuhkan reset handphone.

Reset atau kembali ke pengaturan pabrik bisa membantu Google Play Store bisa digunakan kembali.

Baca juga:

Google Play Store paling sering eror karena tidak ada koneksi internet atau beberapa penyebab lainnya. Cobalah atasi dengan beberapa cara diatas agar kamu bisa menggunakannya kembali.

Bagikan:

Tinggalkan komentar