Penyebab dan Cara Mengatasi Google Play Store Hilang

Pemilik smartphone Android tentu tahu bahwa Google Play Store merupakan salah satu aplikasi primer yang sudah tersedia. Namun apa jadinya bila Google Play Store tidak dapat ditemukan? Mari simak penjelasan singkat mengenai penyebab dan cara mengatasi Google Play Store hilang di sini.

Penyebab Google Play Store Hilang di HP

Smartphone Android dengan merk Hp Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Sony, LG, Nokia, HTC, Oneplus, Zte, Mito, Advan, memiliki aplikasi bawaan yaitu Google Play Store yang berfungsi untuk mengunduh game dan aplikasi lain.

Hilangnya Google Play Store dari perangkat Android dapat disebabkan oleh beberapa faktor, berikut beberapa penyebab tidak ditemukan Google Play Store pada smartphone Android:

HP Galat

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Hilang 2022

Salah satu faktor penyebab hilangnya aplikasi Google Play Store pada perangkat selular Anda yaitu karena handphone Anda mengalami eror atau dikenal juga dengan istilah galat. Eror pada HP dapat terjadi karena adanya kerusakan di dalam sistem handphone yang tidak Anda sadari.

Google Play Store Galat

Eror atau galat tidak hanya terjadi pada perangkat HP Anda, namun juga dapat terjadi pada aplikasi Google Play Store itu sendiri. Galat pada aplikasi dapat disebabkan oleh pembaruan sistem pada aplikasi dan berlangsung dalam beberapa waktu.

Terkena Virus

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Hilang 2022

Melakukan browser secara tidak aman dapat meningkatkan risiko terkena virus pada perangkat smartphone Anda. Virus dapat mengakibatkan beberapa data termasuk aplikasi di sebuah HP menjadi hilang sehingga Google Play Store tidak dapat ditemukan.

Bentrok dengan Aplikasi Lain

Smartphone saat ini telah dilengkapi dengan teknologi yang semakin canggih hingga mampu membuka dua aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Dalam keadaan tersebut, mungkin saja terjadi bentrok sehingga menyebabkan Google Play Store menghilang.

Stock ROM Hp tidak Support

Stock ROM pada perangkat smartphone dikenal juga sebagai sistem operasi original pada hp.. Setiap merk HP memiliki Stock ROM yang berbeda-beda, sehingga tidak semua merk HP memiliki Stock ROM yang support dengan aplikasi Google Play Store.

Bagi pemilik merk HP Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Sony, LG, Nokia, HTC, Oneplus, Zte, Mito, Advan tidak perlu khawatir, sebab merk HP tersebut memiliki Stock ROM yang support dengan Google Play Store.

Cara Mengembalikan Google Play Store Hilang di HP

Cara mengembalikan Google Play Store sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa cara untuk memunculkan Google Play Store yang telah hilang:

Restart HP

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Hilang 2022

Salah satu cara untuk mengatasi aplikasi Google Play Store yang mendadak hilang yaitu me-restart ulang HP Anda. Restart HP yaitu memuat atau memulai ulang sistem pada ponsel untuk membantu mengatasi kegagalan atau eror.

Cobalah untuk merestart HP Anda secara manual atau matikan perangkat selama 30 detik hingga 1 menit, kemudian nyalakan kembali.

Scan Antivirus

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Hilang 2022

Jika aplikasi Google Play Store Anda hilang karena terkena virus, salah satu cara untuk mengembalikan Google Play Store yaitu dengan mengecek antivirus. Biasanya ponsel canggih sudah dilengkapi dengan antivirus, Anda hanya perlu melakukan scan antivirus untuk mengetahui apakah terdapat virus atau tidak.

Jika benar terdapat virus pada ponsel Anda, maka segeralah lakukan proses pembersihan virus menggunakan aplikasi antivirus secara menyeluruh.

Gunakan Operasi Sistem HP Terbaru

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Hilang 2022

Operasi sistem pada HP seperti Android membutuhkan pembaruan setiap kali muncul operasi sistem terbaru. Jika HP Anda masih menggunakan operasi sistem yang lama, kemungkinan penyebab hilangnya aplikasi Google Play Store adalah karena Anda belum memperbarui operasi sistem.

Selain mengganti sistem operasi, cobalah untuk mengganti jaringan selular yang Anda gunakan. Gunakan provider resmi seperti XL, Tri (3), Axis, Smartfren, Indosat, Telkomsel yang memiliki jaringan internet tercepat.

Install Google Play Store kembali di pihak ketiga

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Hilang 2022

Anda bisa melakukan pengunduhan Google Play Store melalui pihak ketiga seperti website. Kunjungi website resmi Google dengan menggunakan menu browser pada perangkat smartphone Anda. Lakukan proses pengunduhan dengan menekan tombol link unduhan yang tersedia.

Google Play Store dapat diunduh secara gratis di website resmi, namun Anda tidak hanya bisa mengunduh melalui website resmi, beberapa website lain juga menyediakan link pengunduhan untuk mengunduh Google Play Store tanpa dikenakan biaya.

Beberapa situs yang bisa dicoba: Web untuk Download google play store.

Ganti Stock ROM HP

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Hilang 2022

Cara mengembalikan Google Play Store selanjutnya adalah dengan mengganti Stock ROM HP dengan custom ROM hp.

Anda dapat mengunjungi ke forum atau grup komunitas yang sesuai dengan merek ponsel yang Anda gunakan untuk mengganti ROM daripada yang Anda miliki saat ini.

Reset HP

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Hilang 2022

Reset HP atau disebut juga factory reset adalah sebuah proses untuk kembali ke pengaturan awal atau pengaturan dari pabrik asli. Dengan melakukan reset pada ponsel, maka ponsel Anda akan kembali seperti saat Anda membeli HP baru, sehingga dapat memunculkan Google Play Store kembali.

Perlu Anda ketahui jika melakukan reset HP maka semua data-data Anda akan hilang. Namun data pada provider XL, Tri (3), Axis, Smartfren, Indosat, Telkomsel, akan tetap utuh jika Anda mengeluarkan kartu SIM sebelum melakukan reset HP.

Jika saat install aplikasi google play store mengalami autentikasi maka ikuti cara mengatasi google play store autentikasi.

Demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi Google Play Store hilang yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi kami dapat membantu Anda mengatasi masalah kehilangan pada akun Google Play Store.

Tinggalkan komentar