Penyebab dan Cara mengatasi Google Play Store Perlu Autentikasi

Pernahkah kamu ingin download aplikasi namun keluar tulisan “authentication is required”? Ini adalah permasalahan yang umumnya dialami oleh pengguna android.

Hal ini terjadi ketika kamu ingin masuk ke Play Store dan download aplikasi, tapi kamu tidak bisa mengaksesnya. Kadang hal ini membuat kita bingung karena kita merasa tidak melakukan apapun dengan akun Google kita.

Lalu sebenarnya apa itu autentikasi Google? Autentikasi merupakan sebuah proses verifikasi identitas seseorang sebagai pengguna perangkat tertentu ketika memasuki suatu sistem.

Proses verifikasi ini biasanya menggunakan username dan password Google yang menjadi informasi apakah orang yang mengakses adalah pemilik akun asli sah atau bukan.

Apalagi Google Play Store merupakan toko resmi milik Google yang menyediakan berbagai aplikasi gratis dan berbayar. Proses autentikasi berfungsi agar Google mengetahui apakah betul kita pemilik sah yang mengakses atau orang lain.

Penyebab Autentikasi Google Play Store

Banyak orang yang mengira bahwa autentikasi adalah notifikasi eror otomatis yang dikeluarkan oleh Google. Lalu kenapa Google Play Store ada tulisan diperlukan autentikasi?

Autentikasi adalah sebuah pertanda atau pesan peringatan dari sistem Google Play agar kita sebagai pengguna android yang memiliki akun Google untuk segera melakukan verifikasi.

Verifikasi yang dimaksud adalah password Google dan ada pertanyaan khusus yang diberikan sistem. Hal ini bertujuan untuk menghindari orang-orang tidak bertanggung jawab dalam mengakses akun kita.

Namun ada penyebab lainnya yang mengakibatkan Google Play Store membutuhkan autentikasi, berikut beberapa penyebabnya:

Jaringan Internet Tidak Stabil

Hal yang paling sering menyebabkan Google Play Store membutuhkan autentikasi adalah karena jaringan internetmu yang tidak stabil. Google bisa mendeteksi hal ini apalagi jika kamu ingin download atau membeli aplikasi.

Agar mengatasi hal ini, kamu bisa download aplikasi menggunakan kuota internet dibandingkan WIFI. Karena Google bisa mendeteksi adanya perilaku mencurigakan karena jaringan tidak stabil.

Sistem Operasi Tidak Support

Sistem operasi di handphone kamu yang belum diupdate ke versi terbaru bisa menyebabkan Google meminta autentikasi. Hal ini terjadi karena Google tidak mendukung sistem operasi android yang sedang kamu gunakan.

Cek kembali pengaturan handphone dan cari apakah ada pembaruan sistem. Jika ada segera lakukan agar kamu bisa kembali menggunakan Google Play Store.

Google Play Store Galat

Masalah lain yang menyebabkan Google memberikan notifikasi autentikasi adalah karena Google mendeteksi beberapa masalah. Biasanya adanya perbedaan waktu dan tanggal di ponsel kamu dan waktu di server Play Store.

Hal ini umum terjadi karena Google bisa salah menerima perintah. Google playstore yang galat juga disebabkan karena kamu mendownload terlalu banyak aplikasi secara bersamaan.

Layanan Google Play Store Belum Di Update

Google Play Store yang belum mendapatkan update sistem biasanya akan meminta autentikasi. Jika hal ini terjadi cobalah periksa layanan Google Play Store apakah ada update terbaru.

Jika ada segeralah update agar kamu bisa mengakses Google Play kembali.

Data Google Play Store Menumpuk

Pernahkah kamu uninstall aplikasi yang ada di ponsel kamu? Jika kamu sering melakukannya, cobalah periksa pada data Google Play Store.

Biasanya aplikasi yang kamu hapus masih tersimpan di server Google Play Store kamu. Hapuslah aplikasi yang sudah kamu uninstall karena ini menyebabkan Google membutuhkan autentikasi atau eror.

Cara Autentikasi Akun Google Play Store Untuk Semua Merk Handphone

Untuk mengatasi masalah Google Play Store yang membutuhkan autentikasi, kamu bisa melakukan beberapa cara. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti:

Paksa Berhenti Google Play Store dan Buka Kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Perlu Autentikasi 2022

Agar Google Play Store bisa berfungsi seperti semula, kamu bisa melakukan “paksa berhenti” pada aplikasi ini. Kamu bisa membuka menu setting dan mencari pengaturan berhenti paksa Google Play Store.

Jika kamu sudah melakukan henti paksa, maka cobalah buka kembali Google Play Store. Biasanya cara ini paling ampuh untuk mengatasi Google autentikasi.

Restart HP

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Perlu Autentikasi 2022

Salah satu cara yang paling sering kita lakukan jika salah satu aplikasi di android eror adalah dengan restart handphone. Hal ini juga berlaku jika Google Play meminta autentikasi.

Cobalah untuk restart handphone kamu karena mungkin handphone kamu membutuhkan waktu untuk beristirahat sejenak.

Ganti Jaringan Internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Perlu Autentikasi 2022

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa salah satu penyebab Google Play Store meminta autentikasi adalah karena jaringan internet yang tidak stabil.

Hal ini membuat Google mendeteksi perilaku tidak wajar saat kamu mengakses Google Play Store. Inilah yang membuat Google memunculkan notifikasi autentikasi.

Kamu bisa mengganti jaringan internet menjadi kuota internet. Karena menggunakan WIFI terkadang membuat handphone kita kesulitan untuk download karena loadingnya sangat lama.

Pastikan jaringan internet yang kamu gunakan stabil dan sinyalnya bagus agar proses download dan install aplikasi berjalan lancar dan Google tidak mendeteksi perilaku tidak wajar.

Menonaktifkan Autentikasi Pembelian

Anda perlu menonaktifkan autentikasi pembelian jika masalah ini masih terjadi lagi. Fitur autentikasi ini bisa jadi penyebabnya untuk itu perlu dinonaktifkan.

Untuk melakukannya maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Perlu Autentikasi 2022
  1. Pencet ikon profil google play store.
  2. Pencet menu setelan dan Buka menu Autentikasi.
  3. Pencet fitur perlu autentikasi untuk melakukan pembelian dan pilih tidak pernah.

Hapus Data Google Play Store dan Layanan Google Play

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Perlu Autentikasi 2022

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah autentikasi adalah dengan menghapus data Google Play Store. Kamu bisa menemukan data Google Play Store di pengaturan handphone kamu.

Jika cara “berhenti paksa” tidak bisa dilakukan, maka cara yang paling ampuh adalah dengan hapus data. Dengan menghapus data kamu bisa log-in kembali ke Google Play Store dan bisa menggunakannya dengan normal.

Tutorial untuk menghapus data:

Hapus Akun Google dan Kaitkan Lagi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Perlu Autentikasi 2022

Menghapus akun Google bisa jadi solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah autentikasi Google. Cara ini biasanya digunakan oleh pengguna yang menggunakan Android bekas karena masih banyak data-data pemilik sebelumnya di dalam handphone ini.

Kamu bisa menghapus akun Google dan log-in kembali menggunakan akun Google kamu. Hapus akun Google yang sebelumnya dan cobalah untuk membuatnya lagi.

Jika kamu tidak menghapus akun Google yang lama, maka masalah autentikasi akan terus ada.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Perlu Autentikasi 2022

Cobalah untuk cek apakah cookie dan cache di handphone kamu sangat banyak. Gunakan aplikasi untuk menghapus cache agar handphone kamu kembali ringan.

Cara ini mirip dengan restart handphone tapi dengan menghapus cache, kamu bisa kembali menggunakan Google Play.

Tutorial untuk menghapus cache:

Install Ulang Google Play Store

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Perlu Autentikasi 2022

Kamu bisa uninstall Google Play Store dan install kembali aplikasi ini. Biasanya ini terjadi karena ada masalah dengan sistem Google Play yang sebelumnya.

Berikut beberapa web tempat download google play store.

Gunakan VPN atau DNS Resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Perlu Autentikasi 2022

VPN juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi autentikasi Google. Hal ini bisa terjadi karena server Google Play di Indonesia sedang eror.

Kamu juga bisa menggunakan DNS resolver untuk mengatasi autentikasi Google.

vpn yang bisa dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang bisa DIcoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Gunakan Sistem Operasi Android Terbaru

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Perlu Autentikasi 2022

Cobalah cek pengaturan handphone kamu dan cari adakah update sistem operasi. Autentikasi Google bisa muncul jika handphone kamu belum memenuhi standar sistem operasi terbarunya.

Ganti Stock ROM Handphone Android

Cara berikutnya adalah dengan mengganti ROM atau custom ROM. Seperti yang kita ketahui bahwa ROM adalah sistem operasi yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah di handphone kita.

Reset Handphone

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Perlu Autentikasi 2022

Cara terakhir adalah dengan reset handphone atau kembali ke pengaturan pabrik. Cara ini akan menghapus semua data di handphone kamu dan memulai baru lagi untuk semua aplikasi di handphone kamu.

Masalah yang serupa:

Semua cara mengatasi autentikasi Google yang kamu dapatkan bisa diterapkan di semua merk hp Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Sony, LG, Nokia, HTC, Oneplus, ZTE, Mito, Advan dan merk hp lainnya.

Tinggalkan komentar

Link Twibbon Kemerdekaan Indonesia HUT RI 77