Penyebab dan Cara Mengatasi Kode OTP BNI Mobile Tidak Masuk

BNI Mobile merupakan aplikasi perbankan yang banyak digunakan, khususnya oleh nasabah BNI. Aplikasi ini dikenal sebagai aplikasi perbankan yang menggunakan interface interaktif dan juga cara penggunaan yang mudah.

Akan tetapi yang namanya aplikasi, pasti tetap ada kekurangan, salah satu kekurangan yang sering terjadi adalah passcode BNI Mobile tidak masuk saat aplikasi digunakan. Tentu masalah ini juga disebabkan oleh beberapa hal, dimana sebelum bisa mengatasi masalah yang muncul harus lebih dulu mengetahui penyebabnya.

Masalah OTP BNI Mobile yang tidak masuk cukup menjadi masalah yang menjengkelkan. Sebab Anda tentu sudah melakukan instruksi yang benar, tetapi tetap mendapatkan masalah tersebut.

Penyebab Kode OTP BNI Mobile Ini Tidak Muncul dan Tidak Masuk

Sebelum mengetahui cara mengatasi masalah tersebut, ada baiknya kenali terlebih dahulu penyebab dari masalahnya. Dengan begitu nanti akan lebih memudahkan dalam mencari solusinya. Berikut simak beberapa penyebab kenapa kode OTP BNI Mobile tidak masuk pada pembahasan kali ini.

Server Pengirim OTP Down

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Otp Bni Mobile Tidak Masuk 2022

Adanya gangguan yang terjadi pada server pengiriman bisa menjadi salah satu penyebab kode OTP tidak masuk ke nomor tujuan.

Selain itu, kode tidak masuk juga bisa karena Anda melakukan block untuk semua jenis SMS yang dikirim oleh sistem komputer. Hal ini sering dilakukan untuk bisa menghindari spam atau hal lainnya.

Hasilnya segala bentuk SMS OTP tidak memiliki akses saat mengirim kode ke nomor telepon Anda. Akan tetapi jika permasalahan yang terjadi disebabkan karena server down, maka tidak ada solusi lain selain menunggu perbaikan server.

Jaringan Internet Tidak Stabil

Penyebab lain yang membuat kode OTP tidak masuk ke nomor telepon Anda bisa jadi karena jaringan internet yang tidak stabil. Untuk itu Anda bisa cek kembali apakah kuota internet Anda masih atau sudah habis. Selain itu Anda juga bisa cek jaringan internet.

Apabila penyebabnya karena jaringan internet yang tidak stabil, cara mengatasinya Anda bisa pindah dan mencari tempat lain yang memiliki jaringan lebih stabil. Atau bisa juga menggunakan jaringan WIFI supaya sinyal internet lebih baik.

Operator Nomor Anda Sedang Bermasalah

Selain masalah jaringan, penyebab SMS verifikasi BNI Mobile tidak muncul bisa disebabkan karena adanya gangguan jaringan provider. Jika terjadi gangguan jaringan provider, tentunya segala SMS termasuk SMS kode dari BNI Mobile tidak akan masuk.

Apabila hal ini dialami tentu masalahnya karena pusat providernya. Bermasalahnya jaringan atau gangguan provider bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari kabel jaringan yang rusak atau hal lainnya.

Aplikasi BNI Mobile Galat

Galat yang terjadi pada aplikasi BNI Mobile bisa disebabkan karena terdapat bug yang tidak disadari sehingga membuat proses verifikasi ulang tidak berjalan dengan lancar.

Agar Anda lebih yakin apa benar masalah ini terjadi, bisa periksa aplikasi BNI Mobile apakah sudah terinstal dengan benar di handphone Anda. Caranya dengan cek pada menu About dan lihat versi aplikasi yang digunakan.

Apabila versi aplikasi yang digunakan masih menggunakan versi lama, maka sebaiknya uninstall aplikasi dan restart handphone Anda. Setelah itu install kembali aplikasinya melalui Play Store dan ulangi kembali proses verifikasi.

Untuk kasus ini, selalu pastikan Anda melakukan update aplikasi secara rutin dan menggunakan aplikasi versi terbaru. Dengan begitu kemungkinan masalah passcode BNI Mobile tidak masuk sudah teratasi.

Masalah Cache dan Cookie

Untuk penyebab SMS verifikasi BNI Mobile tidak muncul pada pesan masuk, Anda bisa coba menghapus cache dan cookie pada aplikasi BNI Mobile. Tujuannya supaya bisa memberi ruang kosong dan bisa digunakan untuk menyimpan kembali data cache dan juga histori.

Nomor Sudah Tidak Aktif

Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah nomor yang terdaftar pada BNI Mobile masih menggunakan nomor lama. Tetapi seiring berjalannya waktu nomor sudah tidak digunakan kembali dan akhirnya tidak aktif kembali.

Apabila permasalahan ini terjadi mala dapat dipastikan SMS Verifikasi BNI Mobile tidak terkirim ke nomor tersebut. Untuk itu solusinya Anda harus menghubungi pihak BNI untuk melakukan pengalihan nomor telepon.

Nomor yang Terdaftar di BNI Mobile Berada di SIM 2

Permasalahan ini memang terdengar sederhana tetapi bisa mengakibatkan Kode OTP BNI Mobile Tidak masuk ke nomor telepon Anda.

Coba untuk menempatkan SIM card nomor yang terdaftar di BNI Mobile pada slot SIM 1. Setelah itu nomor lain yang sebelumnya berada di slot SIM 1, pindah ke slot SIM 2. Selalu utamakan nomor yang digunakan untuk akses aplikasi BNI Mobile.

Aplikasi BNI Mobile Belum Diupdate

Pastikan untuk selalu cek secara berkala apakah aplikasi BNI Mobile sudah terupdate di Play Store atau belum.

Apabila masih menggunakan versi lama, akibatnya kode jadi tidak bisa masuk pada kotak masuk pesan.

Kesalahan Pengaturan SMS

Mungkin Anda kadang kala merasa kurang nyaman dengan SMS yang masuk dari nomor SPAM atau yang tidak di kenal. Sehingga Anda membatasi pesan yang masuk ke dalam kotak masuk handphone Anda.

Dari sini, cobalah Anda cek kembali pada pengaturan SMS, jika pengaturan untuk membatasi SMS aktif, maka solusinya coba Anda matikan pengaturan tersebut supaya SMS kode bisa masuk.

SMS Penuh

Banyaknya SMS baik dari kontak kerabat maupun SMS spam bisa membuat kotak masuk pesan menjadi penuh. Maka dari itu coba untuk selalu menyediakan ruang kosong pada kotak masuk pesan agar tidak penuh.

Nomor Pengirim Kode OTP Dianggap SPAM

SMS kode terkadang dianggap sebagai SPAM pada beberapa pengaturan handphone. Maka dari itu solusinya adalah mematikan pengaturan filter SMS supaya kode bisa masuk ke dalam kotak masuk.

Pulsa Tidak Cukup

Pastikan selalu terdapat pulsa pada nomor telepon yang kamu daftarkan pada aplikasi. Setidaknya sisakan seribu pulsa agar masalah bisa teratasi.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi BNI Mobile Tidak Masuk

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab kenapa pengiriman kode pada kotak masuk pesan. Maka bisa menarik kesimpulan pula mengenai bagaimana cara mengatasinya. Yuk langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Matikan Fitur Spam Nomor yang Tidak Dikenal

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Otp Bni Mobile Tidak Masuk 2022

Menerima SMS maupun panggilan SPAM memang cukup mengganggu aktivitas terutama pada saat menggunakan handphone. Akan tetapi hal ini bisa berdampak pada pengiriman kode jika kamu melakukan filter SMS.

Coba untuk menonaktifkan pengaturan filter pesan supaya bisa mengatasi pengiriman kode tidak masuk tersebut. Tidak jadi masalah mematikan pengaturan tersebut sementara hanya untuk menerima kode.

Paksa Berhenti Aplikasi BNI Mobile Lalu Ulangi Kirim Kode OTP Kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Otp Bni Mobile Tidak Masuk 2022

Apabila saat membuka aplikasi BNI Mobile tidak bisa masuk, maka solusinya coba paksa berhenti aplikasinya.

Nantinya secara otomatis aplikasi akan restart proses saat kembali membuka aplikasinya. Setelah itu baru ulangi mengirim kode ke nomor telepon Anda agar masalah Passcode BNI Mobile tidak muncul dapat teratasi.

Anda bisa melakukannya dengan mengikuti cara paksa berhenti aplikasi di hp android.

Restart HP Lalu Ulangi Kirim Kode OTP Kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Otp Bni Mobile Tidak Masuk 2022

Cara selanjutnya cobalah untuk Restart ulang handphone Anda apabila terjadi masalah kode tidak masuk ke nomor telepon. Cara ini bisa dilakukan untuk mengulang kembali proses sistem handphone dan seluruh aplikasi yang ada di handphone. Setelah itu, Anda bisa coba kirim ulang kode kembali.

Update Aplikasi BNI Mobile

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Otp Bni Mobile Tidak Masuk 2022

Coba untuk cek aplikasi Play Store dan masuk ke bagian kelola Aplikasi. Apabila aplikasi BNI Mobile meminta update, segera update aplikasinya.

Apabila masih menggunakan aplikasi versi lama bukan hanya masalah pengiriman kode saja, tetapi fitur lain yang ada pada aplikasi BNI Mobile seperti tidak bisa transfer maupun fitur lainnya bisa bermasalah.

Untuk aplikasi BNI Mobile sendiri tidak terlalu sering melakukan pembaruan. Namun tidak ada salahnya untuk selalu cek pembaruan lewat aplikasi Play Store.

Dan berikut langkah-langkah update aplikasi BNI Mobile.

Ijinkan Fitur yang Ada Di Aplikasi BNI Mobile

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Otp Bni Mobile Tidak Masuk 2022

Mungkin saja pada saat Anda mengunduh dan install aplikasi, terdapat perijinan yang terlewatkan. Maka dari itu Anda bisa cek perijinan pada pengaturan ponsel. Izinkan aplikasi untuk akses SMS dan Panggilan supaya pengiriman kode bisa masuk ke kotak masuk.

Anda bisa mengikuti cara ijinkan fitur yang ada di BNI mobile.

Ganti Jaringan Internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Otp Bni Mobile Tidak Masuk 2022

Jaringan internet yang buruk memang menjadi salah satu penyebab kenapa pengiriman passcode BNI Mobile tidak ada di kotak masuk pesan. Dan juga jaringan yang buruk juga bisa mempengaruhi fitur lain seperti pembayaran digital, transfer, dan lainnya.

Tanda jaringan yang buruk bisa dilihat dari indikator sinyal yang ada pada pojok kanan/kiri layar handphone. Jika bar sinyal tidak penuh atau tidak stabil, bisa jadi jaringan internet Anda buruk.

Coba untuk pindah posisi ke area terbuka yang mudah mengakses sinyal jaringan. Atau bisa juga dengan menggunakan jaringan WIFI yang lebih stabil dan cepat jaringannya.

Hapus Data Aplikasi BNI Mobile

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Otp Bni Mobile Tidak Masuk 2022

Data suatu aplikasi dihasilkan pada saat Anda menggunakan aplikasi tersebut, termasuk juga saat menggunakan BNI Mobile. Saat Anda melakukan transfer, pembayaran digital, pembayaran digital, dan lainnya, semuanya menghasilkan data aplikasi.

Menghapus data aplikasi bisa dibilang sama dengan menginstall ulang aplikasi tersebut. Cara ini dapat Anda lakukan untuk mengatasi error Passcode BNI Mobile tidak muncul pada aplikasi BNI Mobile.

Anda perlu mengikuti cara hapus data aplikasi BNI mobile.

Hapus Cookie dan Cache

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Otp Bni Mobile Tidak Masuk 2022

Cache adalah data yang bersifat sementara yang bersumber dari penggunaan aplikasi. Cache ini berguna untuk mempercepat loading aplikasi pada saat akan menggunakan aplikasi kembali.

Jika cache terlalu penuh bisa menyebabkan error pada suatu aplikasi. Oleh karena itu perlu dibersihkan secara rutin agar terhindar masalah error.

Menghapus cache tidak akan mempengaruhi data pada aplikasi yang sudah tersimpan. Jika mempengaruhi, efeknya tidak terlalu besar dan tidak akan menjadi masalah.

Dan berikut panduan untuk menghapus cache dan cookie BNI Mobile.

Hapus SMS yang Tidak Terpakai Agar Tidak Penuh Memori Hp

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Otp Bni Mobile Tidak Masuk 2022

Saat ini komunikasi dengan sarana SMS sudah tidak lagi diminati oleh banyak orang. Terkadang isi kotak masuk pesan hanya berasal dari SMS provider maupun SPAM.

Tetapi SMS spam ini terkadang dilupakan dan tidak segera dihapus, sehingga membuat memori penyimpanan SMS penuh.

Hapus secara rutin, karena jika SMS penuh maka tidak bisa menerima pesan masuk lagi.

Pindahkan Nomor yang Telah Didaftarkan BNI Mobile ke SIM 1

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Otp Bni Mobile Tidak Masuk 2022

Salah satu masalah yang menyebabkan SMS kode dari BNI Mobile tidak masuk karena nomor diletakan pada slot SIM 2. Pindahkan nomor yang Anda daftarkan pada aplikasi ke slot SIM 1 agar kode yang dikirim masuk ke nomor telepon Anda.

Aturlah SMS Hanya Untuk SIM 1 Saja Dengan Nomor yang Telah Didaftarkan BNI Mobile

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Otp Bni Mobile Tidak Masuk 2022

Lakukan pengaturan pada kotak masuk supaya pesan yang masuk hanya berasal dari nomor yang berada di slot SIM 1, atau nomor yang Anda daftarkan pada aplikasi BNI Mobile.

Isi Pulsa Minimal 5000

Pengiriman Kode yang dikirim dari BNI Mobile memang membutuhkan pulsa agar kode dapat masuk. Oleh karena itu pastikan untuk mengisi pulsa pada nomor yang terdaftar minimal 5000.

Pada dasarnya nomor XL, Tri (3), Axis, Smartfren, Indosat, Telkomsel cukup sisakan 1000 pulsa saja. Akan tetapi setiap provider punya kebijakan yang berbeda-beda, jadi agar lebih aman lebih baik sisakan minimal 5000 pulsa.

Verifikasi Melalui Opsi Lain

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Otp Bni Mobile Tidak Masuk 2022

Apabila segala solusi sudah dicoba dan tidak berhasil, Anda bisa coba mengganti verifikasi ke opsi yang lain. Salah satunya dengan menggunakan email yang terdaftar pada aplikasi BNI Mobile.

Tunggu Beberapa Jam, Lalu Minta Ulang Kembali Kode OTP nya

Apabila sudah banyak cara dilakukan tetap tidak bisa mengatasi masalah Anda, bisa jadi masalah sebenarnya disebabkan karena adanya maintenance pada server.

Solusi yang terbaik adalah coba untuk menunggu beberapa saat, setelah itu ulangi lagi pengiriman kode secara berkala.

Lapor ke Layanan CS BNI Mobile

Jika seluruh solusi sudah dilakukan namun tidak bisa menyelesaikan permasalahan yang Anda alami. Maka jalan terbaik yang harus Anda lakukan adalah menghubungi customer service BNI.

Apalagi bila nomor telepon yang Anda gunakan dan sudah terdaftar di aplikasi BNI Mobile tidak aktif atau sudah hangus. Jalan satu-satunya adalah dengan mengganti atau mengalihkan ke nomor yang baru.

Anda bisa melaporkannya melalui: https://twitter.com/BNICustomerCare

Anda dapat mendatangi kantor BNI terdekat atau menghubungi hotline BNI 1 500 046. Pihak BNI melalui Customer Service akan membantu mengatasi permasalahan yang Anda alami, ikuti saja seluruh instruksi yang diperlukan agar masalah terselesaikan.

Permasalahan BNI Mobile tersebut umumnya terjadi pada beberapa handphone merk hp Xiaomi, Oppo, VIVO, Samsung, Sony, Lg, Nokia, HTC, Oneplus, ZTE, Mito, Advan dan merk hp lainnya termasuk iPhone.

Penyebab dan juga solusi penyelesaiannya pun kurang lebih sama, terlepas dari apa pun merk handphone yang digunakan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar