Penyebab dan Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk

Grab adalah aplikasi yang mempunyai tingkat keamanan bagus karena terdapat beberapa fitur andalan yang dimiliki. Tidak hanya menyediakan fitur keamanan berupa password namun juga kode OTP sehingga segala macam bentuk transaksi online di Grab menjadi lebih aman.

OTP merupakan singkatan dari One Time Password yang berisikan 6 digit kode yang nantinya berfungsi sebagai verifikasi ataupun sandi pada saat proses login. Keamanannya terjamin karena kode tadi dikirimkan melalui pesan singkat ataupun email.

Untuk aplikasi Grab, kode tersebut akan dikirimkan dalam bentuk SMS ke nomor pengguna baik itu XL, Tri (3), Axis, Smartfren, Indosat, Telkomsel dan provider apapun yang didaftarkan pengguna. Jadi tidak ada ketentuan khusus soal itu.

Pemberian OTP tadi diberikan Batasan maksimal 3 kali saja. Jika kalian gagal memasukkan kode tadi maka akun Grab akan dibekukan. Maka saat akan login pastikan jika kode yang dikirimkan oleh pihak Grab tadi benar-benar masuk ke smartphone.

Supaya bisa menggunakan kode tersebut maka kalian diwajibkan menghubungkan nomor telepon dengan akun yang dimiliki. Sehingga keamanan akun lebih terjamin karena terhubung dengan perangkat pribadi yang kalian miliki.

Penyebab Kode OTP Grab tidak Muncul dan Tidak Masuk

Melihat penjelasan di atas tentu saja OTP sangatlah penting keberadaannya. Saat akan masuk ke akun Grab kalian akan dikirimkan kode tersebut ke nomor telepon terdaftar. Namun sayangnya terkadang terdapat beberapa kendala yang menyebabkan kode tadi tidak bisa kalian terima.

Untuk mengatasinya tentu saja kalian perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Untuk itu bisa simak informasinya berikut ini.

Server Untuk Mengirim OTP down

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk 2022

Pernah mendengar istilah server down? Itu merupakan suatu kondisi dimana aplikasi Grab mengalami gangguan yang disebabkan karena kegagalan server. Server tersebut mengalami kegagalan dan jadi tidak bisa masuk ke dalam aplikasi.

Jadi untuk penyebab yang satu ini memang murni dari pihak Grab. Jika mengalami kondisi server down maka mau tidak mau kalian harus menunggu hingga server kembali seperti semua hingga bisa diakses kembali.

Tidak stabilnya jaringan internet

Jaringan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap jalannya aplikasi secara maksimal. Jika jaringan yang digunakan buruk maka berakibat pada terbatasnya akses ke berbagai aplikasi termasuk Grab.

Untuk kondisi internet yang buruk ada dua caranya yaitu anti operator atau ganti menggunakan jaringan WIFI yang memiliki kualitas lebih baik. Jaringan buruk berimbas pada errornya aplikasi dan ini tentu akan sangat menghambat.

Operator Sedang Bermasalah

Gangguan diakibatkan server Grab down maupun operator yang digunakan mengalami masalah tidak bisa dilihat perbedaannya secara jelas. Salah satu mengetahui bahwa operator yang digunakan bermasalah maka pergunakan jaringan tersebut untuk membuka aplikasi lainnya.

Jika pembukaan aplikasi gagal maka masalah ada di operator. Ini murni merupakan hal yang tidak bisa kalian perbaiki, cukup tunggu hingga tenang sampai operator tadi kembali seperti semula.

Aplikasi Grab Galat

Galat merupakan suatu kondisi dimana aplikasi tidak dapat berjalan dengan semestinya. Dampaknya aplikasi tidak dapat diunduh jadi beberapa walaupun kalian berusaha mengunduh ataupun membuka aplikasi tersebut akan selalu mengalami kegagalan.

Kondisi semacam itu memang murni kesalah dari aplikasinya. Biasanya kalian hanya perlu menunggu beberapa saat hingga aplikasi bisa berjalan normal kembali.

Masalah Cookie dan Cache

Grab memiliki cookie yang terkadang tidak pas dengan sistem yang dimiliki sehingga aplikasi tidak mampu berjalan secara maksimal bagi beberapa perangkat. Tidak hanya itu saja setiap aplikasi mempunyai cache termasuk Grab dan ini sangat membuat ruang penyimpanan lebih penuh.

Saat ruang penyimpanan penuh maka salah satu dampaknya yaitu passcode Grab tidak masuk. Ini tentunya akan menyusahkan kalian terutama yang sedang mengirimkan permintaan untuk itu.

Nomor tidak aktif

Nomor yang terdaftar di aplikasi Grab tidak aktif maupun dalam masa tenggang mengakibatkan tidak bisa melakukan apapun termasuk menerima pesan apapun termasuk OTP tadi. Terlebih saat ini banyak orang sudah menggunakan WIFI sehingga masalah nomor jarang diperhatikan.

Nomor yang terdaftar ada di SIM 2

Ada beberapa smartphone yang memiliki fitur dual SIM. Hal sepele namun tidak banyak orang tahu yaitu usahakan untuk menempatkan nomor yang digunakan untuk mendaftar aplikasi apapun termasuk Grab di SIM 1 karena akan berpengaruh termasuk menjadi penyebab Passcode Grab tidak ada.

Aplikasi belum di update

Aplikasi yang disediakan oleh pengembang tentu akan terus mengalami pembaruan supaya kalian dapat menikmati berbagai macam fitur terbarunya. Saat kalian mencoba mengirimkan OTP untuk masuk ke aplikasi Grab dan gagal bisa jadi aplikasi yang digunakan masih versi lama.

Aplikasi yang belum diupdate menjadikannya tidak bisa beroperasi secara maksimal karena ada beberapa fitur di dalamnya yang hanya bisa beroperasi pada versi terbarunya.

Kesalahan Pada Pengaturan SMS

Pengaturan pesan masuk pada smartphone memang sangat beragam dan didesain untuk kenyamanan penggunanya. Salah satunya yaitu pengaturan untuk menolak atau memblokir pesan masuk dari nomor tidak terkenal.

Sehingga pesan yang masuk tadi akan otomatis masuk ke dalam pesan terblokir dan tidak akan ada notif apapun mengenai hal itu. Sehingga OTP yang dikirimkan ke nomor telepon tidak diketahui.

Kotak Pesan Penuh

Memori penyimpanan yang penuh mengakibatkan smartphone gagal dalam menerima semua file yang diunduh ataupun pesan yang masuk.

Walaupun terdengar sepele namun nyatanya pesan masuk ini jika dibiarkan terutama dalam jumlah yang banyak sangat memakan ruang penyimpanan. Ini akan berakibat pada sms verifikasi Grab tidak muncul.

Nomor pengirim dianggap SPAM

Terdapat pengaturan di smartphone perihal nomor yang tidak dikenal dan biasanya akan dianggap SPAM. Jika pengaturan tersebut diaktifkan maka semua aktivitas yang dilakukan nomor tersebut akan otomatis langsung masuk daftar SPAM, begitu pula juga mengirimkan pesan.

Jika sudah masuk ke dalam daftar SPAM tentu saja apapun pemberitahuan dari nomor di dalam daftar tersebut tidak bisa kalian ketahui.

Pulsa Tidak Memenuhi

Pengiriman OTP bisa dilakukan dengan banyak cara entah itu panggilan maupun pesan singkat. Pada saat memilih opsi kirim menggunakan pesan singkat dan kalian tidak kunjung menerima kode tersebut, Maka kendala bisa jadi dijumlah pulsa yang dimiliki untuk mengirimkan pesan tidak cukup.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk

Banyak sekali penyebab yang bisa menyebabkan aplikasi Grab ini tidak bisa dioperasikan dengan benar. Tentunya kalian bertanya-tanya bagaimana cara mudah membuka GRAB yang tidak bisa dibuka. Untuk kalian yang sedang mengalami kondisi diatas maka bisa mengikuti beberapa Langkah di bawah ini.

Mematikan fitur SPAM untuk nomor yang tidak dikenali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk 2022

Sebelum meminta OTP pastikan jika fitur SPAM terutama untuk nomor tidak dikenal kalian nonaktifkan terlebih dahulu. Setelah fitur ini dinonaktifkan kalian akan dapat menerima notifikasi apapun termasuk pesan OTP dari Grab.

Paksa Berhenti Aplikasi Grab

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk 2022

Saat mengalami kondisi pesan OTP tidak bisa masuk padahal pulsa penuh dan jaringan koneksi internet bagus maka paksa berhenti saja aplikasinya. Masuk saja ke menu pengaturan dan cari saja pilihan “paksa berhenti” dan aplikasi tersebut akan secara otomatis berhenti.

Tunggulah beberapa saat dan aktifkan kembali aplikasi dan coba kirimkan kembali OTPnya. Sehingga kode yang dulunya tidak berhasil masuk akan bisa terkirim kembali.

Restart HP dan kirim ulang kode

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk 2022

Solusi ini bisa kalian praktikkan entah itu pengguna iOS maupun Android. Caranya cukup mudah yaitu mulai ulang atau restart smartphone. Setelah proses tersebut jangan lupa untuk membuka aplikasi Grab kembali dan kirim permintaan OTP lagi dan Passcode Grab tidak muncul tidak akan terjadi lagi.

Update Aplikasi Grab

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk 2022

Saat terdapat pemberitahuan berupa update aplikasi terbaru tentu saja kalian akan mendapatkan notifikasinya termasuk aplikasi resmi semacam Grab. Ada beberapa orang yang membuat pengaturan update aplikasi secara otomatis.

Jika kalian tipe orang yang tidak melakukan pengaturan pembaruan otomatis, maka masuk saja ke Play Store untuk pengguna Android dan cek apakah ada pembaruan untuk aplikasi Grab atau tidak.

Dan berikut cara update aplikasi di google play store.

Ijinkan Fitur di aplikasi Grab

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk 2022

Pada saat kalian menginstall aplikasi Gram akan ada beberapa izin yang perlu untuk disetujui. Ketika kalian menemukan kendala maka ingat-ingat lagi apakah ada izin yang tidak kalian setuju, jika belum maka pastikan untuk segera mengizinkan seluruh fitur supaya berjalan dengan optimal.

Jika sudah maka kondisi Passcode Grab tidak muncul tidak akan terjadi. Dikarenakan seluruh aplikasinya berjalan sebagaimana mestinya.

Ubah Jaringan Internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk 2022

Ketika jaringan internet yang digunakan buruk tentu akan berpengaruh pada pengoperasiannya. Solusinya lekas ganti jaringan internet ke yang lebih baik. Jika kalian menggunakan dual SIM maka ubah jaringan ke SIM lainnya.

Akan lebih baik jika menggunakan WIFI di rumah sebaiknya segera beralih menggunakannya dikarenakan jaringan seluler kurang begitu stabil.

Hapus data Aplikasi GRAB

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk 2022

Saat membuka aplikasi dan Kode OTP Grab Tidak masuk maka salah satu penyebabnya bisa jadi terletak pada data aplikasi yang terlalu penuh.

Untuk mengatasinya sangat mudah yaitu cukup hapus datanya. Masuk ke pengaturan dan pilih aplikasi Grab dan pilih hapus data. Setelah dilakukan penghapusan maka aplikasi bisa berjalan dengan normal kembali.

Hapus cookie dan juga cache

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk 2022

Saat kalian berselancar di dunia maya ternyata itu akan meninggalkan cookie dan cache menumpuk dan membuat ruang penyimpanan penuh. Maka hapus saja, caranya masuk ke browser yang digunakan dan hapus data browser dan centang pilihan cookie serta cache.

Setelah cookie dan cache dihapus maka akan banyak ruang penyimpanan tersisa. Sehingga pesan masuk berupa OTP tadi bisa kalian dapatkan.

Hapus Pesan Yang tidak digunakan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk 2022

Walaupun pesan singkat atau SMS sudah jarang digunakan namun terkadang masih ada banyak pesan masuk dari operator ataupun pengirim lainnya. Terkadang kalian tidak membacanya dan membiarkannya saja.

Jika dibiarkan begitu lama kelamaan pesan akan menumpuk dan mengakibatkan sms verifikasi Grab tidak terkirim. Maka hapus semua pesan yang tidak penting sehingga memberikan ruang untuk pesan baru.

Pindahkan Nomor terdaftar ke SIM 1

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk 2022

Periksa kembali apakah nomor yang digunakan berada pada SIM 1 atau SIM 2. Jika nomor yang terdaftar berada di SIM 2 maka segera pindahkan ke SIM 1 untuk kemudahan layanan dan notifikasi yang akan didapatkan.

Ubah pengaturan pesan ke SIM 1

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk 2022

Pada smartphone ada pengaturan mengenai SIM yang digunakan. Pastikan pengaturan untuk SIM 1 untuk menerima pesan, sehingga begitu ada pesan OTP Grab bisa langsung kalian terima.

Jadi bila ada kondisi dimana Passcode Grab tidak masuk maka segera buka pengaturan SIM yang digunakan.

Isi Pulsa

Jika kalian memilih opsi pengiriman OTP menggunakan SMS maka pastikan nomor yang digunakan masih memiliki pulsa yang cukup. Usahakan minimal pulsa yang terisi pada nomor tersebut minimal 5 ribu – 10 ribu.

Saat pulsa sudah terisi maka saat meminta kembali OTPnya, masalah seperti sms verifikasi Grab tidak muncul tidak akan terjadi lagi.

Verifikasi melalui pilihan lain

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kode Verifikasi Grab Tidak Masuk 2022

Verifikasi aplikasi Grab bisa melalui banyak cara, jika melalui pesan singkat tidak berhasil maka pilih opsi lain salah satunya email. Nantinya pihak Grab akan memberikan OTP ke email yang terdaftar, jika kalian bisa masuk ke dalamnya maka masalah tidak bisa transfer bisa diatasi.

Tunggu beberapa jam, lalu minta ulang kembali kode OTP nya

Saat kalian sudah melakukan cara diatas namun kode belum bisa diterima. Maka ada hal lain yang bisa dilakukan yaitu meminta ulang kodenya. Nantinya kalian akan memperoleh kode baru yang tentunya berbeda dibandingkan kode awal.

Lapor ke layanan CS Grab

Ketika seluruh cara sudah dilakukan namun tidak juga membuahkan hasil dan kode tidak kunjung kalian terima maka langkah terakhir yaitu hubungi call center Grab. Nantinya pihak call center akan membantu mengatasi masalah tersebut.

Anda bisa melaporkannya melalui halaman masalah aplikasi grab tidak bisa.

Beberapa cara menangani diatas harus kalian coba satu per satu, itu bertujuan supaya kalian bisa mengetahui dimana sumber masalahnya berada. Cara diatas bisa digunakan pada merk hp Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Sony, LG, Nokia, HTC, Oneplus, ZTE, Mito, Advan dan merk hp lainnya

Semoga informasi diatas bisa membantu kalian menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan OTP Grab sehingga bisa berjalan lancar lagi.

Bagikan:

Tinggalkan komentar