Penyebab dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer

Livin Mandiri adalah sebuah layanan mobile banking yang dimiliki oleh bank Mandiri yang sebelumnya memiliki nama Mandiri Online.

Adapun jenis transaksi yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan Livin Mandiri diantaranya adalah transfer antar sesama bank Mandiri maupun bank lain, melakukan top up dompet digital, pembayaran tagihan bulan, tarik tunai dan lain sebagainya. Dalam artikel berikut akan dibahas tentang kendala Livin Mandiri tidak bisa transfer.

Penyebab Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer

Melihat berbagai kemudahan yang bisa diberikan oleh layanan Livin Mandiri, tak heran jika jumlah penggunanya terus bertambah banyak.

Meski begitu, di tengah banyak kemudahan yang ditawarkan oleh Livin Mandiri ternyata ada kendala yang dikeluhkan ketika nasabah mengakses layanan tersebut. Seperti misalnya ketika layanan Livin Mandiri tidak bisa transfer sesuai keinginan nasabah.

Apa penyebabnya dan bagaimana solusi terbaik untuk mengatasinya? Berikut ulasan lengkapnya hanya untuk Anda. Bahwa kendala Livin Mandiri tak bisa melakukan transfer rupanya sudah menjadi kendala yang biasa terjadi karena hampir semua nasabah bank Mandiri sudah pernah mengalami hal tersebut.

Meski bukanlah hal yang serius, namun kendala tersebut cukup membuat banyak nasabah mengalami masalah karena tertundanya proses pengiriman uang yang mereka butuhkan.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab dari terjadinya kendala transfer gagal oleh layanan Livin Mandiri.

Adanya Gangguan pada Sistem pada Bank Anda atau bank yang Anda tuju

Penyebab yang pertama adalah karena terjadinya gangguan pada sistem yang digunakan oleh bank Mandiri atau bank tujuan transfer. Biasanya kendala ini akan memiliki tanda khusus dengan adanya notifikasi yang muncul ketika transfer gagal dilakukan yang berbunyi “Bank tujuanmu sedang dalam pemeliharaan sistem dan tidak bisa melakukan transaksi untuk sementara. Silahkan coba lagi. ” Maka ketika itu terjadi, pihak bank Mandiri sendiri menghimbau untuk melakukan transaksi transfer kembali beberapa saat kemudian.

Server pada Mandiri atau bank yang Anda tuju down

Penyebab Dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer 2022

Bank Mandiri juga menyarankan pada setiap nasabahnya untuk sementara tidak melakukan akses apapun jika terjadi kendala atau eror pada layanan Livin Mandiri. Biasanya eror atau kendala bisa terjadi ketika sedang dilakukan pemeliharaan atau perbaikan sistem yang kemudian berakibat tidak berfungsinya layanan untuk melakukan transaksi jenis apapun. Kondisi tersebut akan semakin parah jika nasabah melakukan akses layanan secara bersamaan yang kemudian berakibat pada sistem semakin lambat loadingnya sehingga memperparah kualitas jaringan dan berujung pada kerusakan sistem kembali.

Anda memasuki Jam Offline Mandiri atau bank yang Anda tuju

Transfer gagal juga bisa terjadi ketika Anda melakukan transfer di waktu jam offline bank Mandiri atau bank tujuan transfer. Penting untuk diketahui bahwa bank Mandiri memberlakukan jadwal offline untuk seluruh pelayanan yang dimilikinya, maka pada jadwal offline tersebut semua transaksi yang dilakukan ketika jadwal offline berlangsung secara otomatis akan mengalami penundaan yang akan dilakukan segera setelah jadwal online berlangsung.

Ketika jadwal offline berlangsung, seluruh nasabah bank Mandiri tak akan memungkinkan untuk melakukan transaksi di mesin ATM maupun mbanking atau internet banking. Jadwal offline dari bank Mandiri berlangsung dari mulai pukul 23.00-04.00 untuk hari Senin hingga Jumat, dan mulai pukul 21.00-05.00 untuk hari Sabtu hingga Minggu. Catat jadwalnya dengan baik.

Jaringan Internet tidak stabil

Mobile banking Mandiri tidak bisa transfer juga bisa disebabkan karena jaringan internet yang digunakan nasabah sedang tidak stabil atau buruk. Hal itu bisa terjadi karena beberapa hal seperti misalnya kuota internet yang hampir habis, cuaca buruk hingga nasabah mengakses layanan di area yang jaringan internetnya buruk.

Akun Livin Mandiri tidak verifikasi

Anda juga bisa mengalami gagal transfer ketika akun Livin Mandiri belum berhasil diverifikasi. Penyebab tak berhasil verifikasi juga ada beragam seperti misalnya kualitas jaringan yang buruk atau ketika sistem ponsel mendeteksi nomor pengirim kode verifikasi sebagai spam sehingga SMS yang berisi kode verifikasi pun tak kunjung diterima.

Aplikasi Livin Mandiri Galat

Ketika Mobile banking Mandiri tidak bisa transfer karena mengalami galat atau eror, maka hal itu juga bisa menyebabkan nasabah gagal melakukan pengiriman uang. Umumnya hal tersebut bisa terjadi ketika ada meningkatnya jumlah transaksi pada layanan Livin Mandiri. Dan kondisi tersebut akan jauh lebih serius pada beberapa waktu tertentu seperti misalnya awal bulan atau jam istirahat karyawan.

Aplikasi Livin Mandiri belum diupdate

Penyebab yang berikutnya adalah karena layanan Livin Mandiri sedang dilakukan pemeliharaan sistem atau maintenance yang berdampak pada eror yang terjadi di layanan Livin Mandiri. Adapun tujuan dari pemeliharaan tersebut adalah untuk melakukan peningkatan performa layanan atau memperbaiki beberapa fitur dan layanan yang mengalami penurunan kualitas seperti misalnya Tidak Bisa Transfer Ke Dana, OVO, Jago, GoPay.

Data aplikasi Livin Mandiri menumpuk

Layanan transfer Livin Mandiri juga bisa gagal melakukan tugasnya ketika data yang tersimpan dalam aplikasi tersebut menumpuk tanpa pernah dibersihkan berkala. Setiap aplikasi akan secara otomatis menyimpan data aktivitas pengguna yang akan bertambah setiap harinya. Hal itu akan menyebabkan kualitas layanan aplikasi menurun karena penuhnya media penyimpanan pada aplikasi. Namun ini menjadi masalah yang sering diabaikan dan baru akan diketahui ketika masalah gagal top up, gagal transfer terjadi.

Cache dan Cookie bermasalah

Tahukah Anda bahwa jika aplikasi yang terinstal di ponsel android tak bisa diakses atau mengalami error maka itu bisa terjadi karena media penyimpanan data cache penuh. Kondisi tersebut bisa dialami jika Anda jarang atau tak pernah membersihkan data cache yang tersimpan di ponsel android.

Saldo Livin Mandiri tidak mencukupi

Gagal top up, gagal transfer bisa terjadi ketika saldo tabungan Livin Mandiri ternyata tak mencukupi untuk melakukan transfer uang. Untuk itu setiap nasabah perlu mengetahui bahwa setiap jenis tabungan yang ada di bank Mandiri memiliki ketentuan saldo minimal masing-masing. Seperti misalnya untuk saldo minimal bank tabungan Mandiri saldo minimalnya adalah sebesar Rp. 100.000,- dan bank Mandiri Tabunganku memiliki saldo minimal Rp. 20.000,-.

Telah Melampaui Batas Transaksi Harian

Nasabah juga tak akan bisa melakukan transfer dengan menggunakan layanan Livin Mandiri jika sudah melampaui batas transaksi harian. Adalah batas atau limit transfer yang bisa dilakukan antar sesama bank Mandiri atau bank lainnya dengan ketentuan untuk sesama bank Mandiri adalah sebesar 300 juta rupiah per hari atau 200 juta rupiah per transaksi. Sedangkan batas transfer yang berlaku antar bank adalah 250 juta rupiah per hari atau 50 juta rupiah per transaksi.

Salah Memasukkan Nomor Rekening yang ingin Ditransfer

Layanan Livin Mandiri juga akan menolak akses transfer jika pengguna keliru memasukkan nomor rekening tujuan transfer. Hal ini bisa terjadi ketika untuk melakukan transfer ke bank lain yang membutuhkan kode khusus sesuai dengan kode yang digunakan oleh bank tujuan transfer. Secara otomatis transfer akan gagal dilakukan karena kesalahan memasukkan nomor di opsi rekening tujuan.

Akun Livin Mandiri Anda Diblokir

Anda juga tidak bisa transfer ke Mandiri lain ketika akun Livin Mandiri yang digunakan ternyata diblokir oleh pihak Mandiri karena beberapa alasan. Penyebab paling sering dari terblokirnya akun aplikasi adalah karena nasabah keliru memasukkan kode password yang hanya terbatas sejumlah 3 kali saja. Jika akun Livin Mandiri Anda terblokir, untuk membukanya sebenarnya cukup mudah yaitu dengan menghubungi Call Center bank Mandiri di 14000 atau datang langsung ke kantor cabang bank Mandiri terdekat.

Bank yang dituju Diblokir

Jika sudah dilakukan antisipasi beberapa penyebab namun tetap tidak bisa transfer ke Mandiri lain, maka faktor penyebab lainnya adalah bisa jadi karena bank tujuan transfer mengalami pemblokiran. Jika yang terblokir adalah rekening maka akan tidak memungkinkan untuk dilakukan transfer dalam bentuk apapun. Berbeda jika yang diblokir adalah ATM maka transfer tetap akan bisa dilakukan seperti biasa.

Cara Mengatasi Livin by Mandiri Tidak Bisa Transfer ke Bank Lain

Setelah mengetahui apa saja penyebab Livin Mandiri tidak bisa transfer ke bank lain, maka informasi yang berikutnya adalah untuk mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut dengan baik dan benar.

Pastikan Nomor Rekening Tujuan Transfer sudah benar

Untuk melakukan transfer via layanan Livin Mandiri, nasabah harus menyiapkan terlebih dahulu beberapa data seperti misalnya nomor rekening tujuan transfer, nama pemilik rekening dan kode bank tujuan transfer. Diketahui kode bank tujuan transfer berbeda-beda, dari mulai Bank Mandiri, Mandiri, Mandiri, BNI, BRI. Selain itu nasabah juga harus mengetahui nama bank yang dimiliki oleh pemilik nomor rekening dengan benar.

Usahakan untuk Lakukan Transfer di Jadwal Online Layanan Bank Mandiri

Setelah tahu informasi jadwal offline layanan bank Mandiri, maka agar supaya bisa melakukan transaksi keuangan via layanan Livin Mandiri dengan lancar harus diupayakan untuk dilakukan hanya di jadwal online layanan bank Mandiri. Jika ternyata waktu yang dimiliki pun terbatas, maka sebaiknya lakukan di dikemudian hari hingga memungkinkan untuk transfer agar menghindari Uang jadi pending di jadwal online layanan Bank Mandiri.

Usahakan Saldo Livin Mandiri lebih dari batas jumlah minimal transaksi

Untuk hal ini, setiap nasabah harus tahu bahwa setiap tabungan memiliki ketentuan saldo minimal tersendiri. Bahwa untuk saldo yang ditahan adalah sebesar 50 ribu rupiah, saldo minimum akhir bulan adalah sekitar 1 juta rupiah dan biaya untuk administrasi bank setiap bulannya adalah 4 ribu rupiah. Maka penting untuk mengetahui jumlah saldo uang tidak masuk ketika melakukan transfer.

Lakukan Paksa Berhenti pada Pengaturan Aplikasi Livin Mandiri baru kemudian Buka Aplikasi Lagi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer 2022

Jika Anda mengalami Livin Mandiri tidak bisa digunakan padahal saldo cukup maka cara mengatasi kendala gagal transfer adalah dengan melakukan paksa berhenti di pengaturan aplikasi Livin Mandiri. Untuk sesaat aplikasi akan berhenti bekerja, namun kemudian unduh dan install kembali aplikasi di ponsel android Anda serta buka aplikasi seperti biasanya.

Lakukan Prosedur Menyalakan Ulang Ponsel Android

Penyebab Dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer 2022

Banyak orang yang melakukan restart atau proses menyalakan ulang ponsel untuk mengatasi berbagai kendala dan permasalahan yang dialami oleh HP android. Dan hal tersebut juga berlaku untuk kendala gagal transfer Livin Mandiri tidak bisa digunakan padahal saldo cukup yang mungkin saja bisa terjadi karena aplikasi mengalami eror.

Lakukan Pembaruan Aplikasi Livin Mandiri

Penyebab Dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer 2022

Kemungkinan untuk tak bisa melakukan transfer dengan Livin Mandiri juga bisa terjadi ketika aplikasi yang terinstal di ponsel android Anda ternyata merupakan versi lama. Untuk mengatasinya Anda harus melakukan update atau pembaruan aplikasi sehingga terinstal aplikasi versi terbaru dengan fitur yang sudah dimaksimalkan.

Berikut panduan cara update aplikasi di google play store.

Aktifkan opsi Ijinkan Fitur di aplikasi Livin Mandiri

Penyebab Dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer 2022

Ubah pengaturan aplikasi untuk mengaktifkan Ijinkan Fitur yang ada di dalam aplikasi Livin Mandiri. Umumnya pengguna atau nasabah menon-aktifkan fitur ini demi keamanan penggunaan aplikasi. Namun pada beberapa keadaan, menon-aktifkan fitur tersebut juga bisa berdampak pada kurang maksimalnya layanan yang dimiliki Livin Mandiri.

Lakukan pengubahan jaringan Internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer 2022

Tidak bisanya transfer dengan Livin Mandiri juga bisa terjadi karena jaringan internet yang digunakan dalam kondisi tidak stabil atau buruk. Anda bisa mengatasinya dengan mengubah jenis jaringan yang dimiliki seperti mengubah kualitas jaringan dari 3G menjadi 4G atau mengubah provider telekomunikasi yang digunakan dengan yang sesuai di area tersebut.

Bersihkan data Aplikasi Livin Mandiri

Penyebab Dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer 2022

Aplikasi Livin Mandiri secara otomatis akan menyimpan data milik nasabah atau penggunanya. Data tersebut bisa mengganggu jalannya layanan aplikasi jika sudah menumpuk terlalu banyak. Solusinya lakukan pengaturan pada sistem HP untuk melakukan pembersihan data aplikasi Livin Mandiri secara berkala.

Bersihkan data cookie dan cache

Penyebab Dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer 2022

Jika Anda sering menggunakan browser maka pastinya akan ada banyak cache dan cookie yang menumpuk di penyimpanan ponsel. Untuk membuat aplikasi selalu berjalan dengan baik sesuai keinginan, pastikan untuk membersihkan data cache dan cookie secara berkala sehingga semua aplikasi yang dibutuhkan bisa berjalan sebagaimana mestinya dan kebutuhan transfer uang pun tidak gagal terus.

Pakai DNS Resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer 2022

Layanan DNS Resolver memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dimana untuk performa memang jauh berkualitas dengan menggunakan DNS. Namun untuk keamanan, menggunakan DNS adalah yang terbaik. Semua itu tentunya juga akan sangat membantu mengatasi kendala tak bisa transfer dengan Livin Mandiri terkait layanan yang dimilikinya.

Dan berikut DNS untuk masalah livin mandiri tidak bisa transfer: pengubah dns terbaik.

Unduh dan Install Ulang Aplikasi Livin Mandiri

Apa yang bisa dilakukan jika ternyata untuk transfer gagal terus karena nasabah menggunakan aplikasi yang belum diupdate? Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus aplikasi Livin Mandiri yang lama untuk kemudian mengunduh kemudian menginstal kembali aplikasi Livin Mandiri di ponsel android Anda.

Berikan Laporan Ke layanan CS bank Mandiri

Bank Mandiri menyediakan customer service yang siap sedia untuk dihubungi selama 24 jam penuh terkait keluhan atau kendala penggunaan Livin Mandiri yang bermasalah terus dialami oleh seluruh nasabah bank Mandiri.

Anda bisa melaporkannya secara gratis melalui halaman https://twitter.com/mandiricare

Masalah mandiri livin lainnya: livin mandiri tidak bisa login.

Untuk saat ini Bank Mandiri memiliki Call Center resmi di akun WhatsApp bernomor +6281 184 14000. Layanan tersebut bisa diakses dari mana saja dan dengan menggunakan alat komunikasi apa saja tanpa memerlukan kode wilayah secara khusus. Dan setiap panggilan akan dikenakan biaya atau tarif tersendiri sesuai ketentuan yang berlaku.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi kendala tak bisa melakukan transfer dengan menggunakan layanan Livin Mandiri. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar