Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi BTN Mobile Tidak Bisa Login di HP

Memiliki aplikasi mobile banking BTN memang sangat memudahkan. Kamu bisa melakukan transaksi keuangan apapun secara aktual melalui smartphone. Syaratnya hanya satu, yaitu keberadaan jaringan internet.

Namun begitu, kemudahan ini juga memiliki kekurangan. Sebagaimana sebuah sistem pada umumnya, aplikasi BTN Mobile bisa saja bermasalah sehingga menghalangi akses pengguna untuk bertransaksi.

Mengenali Penyebab BTN Mobile Tidak Bisa Masuk

Mengapa aplikasi internet banking bisa bermasalah? Jawabannya ada banyak faktor, berikut beberapa penyebab kemungkinan terjadinya masalah pada aplikasi;

1. Server Utama Tengah Down

Faktor ini sebenarnya sangat jarang terjadi pada aplikasi bank BTN. Server down mungkin terjadi ketika server pusat memiliki masalah mekanis. Selain itu, pada momen-momen tertentu terkadang transaksi banyak terjadi secara bersamaan sehingga memicu server mengalami masalah.

2. Aplikasi Belum Terupdate di Android

Dunia teknologi keuangan digital terus berkembang. Selaras dengan itu, Bank BTN berkomitmen menyajikan layanan M-Banking dengan kualitas dan fasilitas terbaik melalui update aplikasi.

3. Data Aplikasi yang Menumpuk

Faktor ketiga ini sangat mungkin terjadi ketika kamu sudah berlangganan aplikasi BTN Mobile dalam waktu lama. Seluruh aktivitas kamu selama itu terekam dalam bentuk data di penyimpanan.

4. Diblokir oleh Pihak BTN

Demi alasan keamanan nasabah, pihak bank berhak untuk melakukan pemblokiran secara sepihak jika terdeteksi hal-hal mencurigakan. Misalnya, ada transaksi aneh di rekening kamu atau upaya pencurian data.

5. Salah Memasukkan ID dan Password Lebih dari 3 Kali

Faktor terakhir adalah kesalahan memasukkan username atau password secara berturut-turut. Sistem kerja otomatis untuk mengunci aplikasi ketika pengguna salah menginput data login lebih dari 3 kali. Jadi berhati-hatilah dalam login supaya tidak terjadi hal demikian.

Cara Mengatasi Aplikasi BTN Mobile Tidak Bisa Login

Tidak bisa buka BTN Mobile tentu cukup merepotkan, apalagi dalam kondisi mendesak. Jika kamu kebetulan sedang mengalaminya, berikut tindakan yang perlu kamu coba;

1. Restart HP

Kita perlu restart hp terlebih dahulu agar aplikasi BTN mobile tidak galat. Bisa saja masalah ini terjadi karena galat, dimana aplikasi BTN mobile sedang tidak sengaja bentrok dengan sistem operasi.

2. Memeriksa Koneksi Jaringan

Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, aplikasi BTN Mobile terhubung secara online. Jadi jika aplikasi BTN Mobile koneksi terputus, otomatis layanan akan terputus.

Selain sebab sinyal internet sedang tidak stabil, mungkin juga server pusat aplikasi sedang tidak ada jaringan. Jika demikian, kamu perlu menunggu beberapa saat atau menemukan akses internet lebih baik.

3. Melakukan Update Aplikasi di HP

Jika tindakan pertama tidak berhasil, cobalah cara kedua yaitu meng-update aplikasi. Cara ini juga berlaku ketika aplikasi kamu terasa semakin lambat atau tersendat-sendat.

4. Menghapus Data Aplikasi

Kamu bisa melakukan tindakan ini di pengaturan telepon. Caranya,

  1. Buka layanan pengaturan pada HP;
  2. Pilih menu ‘aplikasi terinstall;
  3. Cari aplikasi BTN Mobile;
  4. Kemudian pilih opsi hapus data aplikasi. Kini aplikasi BTN Mobile sudah prima kembali.

5. Mengijinkan fitur aplikasi BTN Mobile

Tidak mengijinkan fitur-fitur aplikasi BTN mobile juga menjadi salah satu penyebab masalah ini.

Maka dari itu, kita perlu mengijinkan fitur-fitur yang ada di aplikasi BTN.

Setiap hp memiliki pengaturan yang berbeda-beda, untuk hp redmi dan xiaomi berikut caranya:

  1. Ketuk lama di ikon aplikasi BCA Mobile;
  2. Kemudian tekan menu ‘info apl’;
  3. Selanjutnya kita akan masuk ke pengaturan. pilihlah pengaturan ‘perizinan apl’.
  1. Di sini kita perlu menyalakan semua fitur-fitur seperti kamera, penyimpanan, dll. dengan tekan allow.

6. Datang ke Layanan CS Bank BTN Terdekat

Jika cara-cara mengatasi aplikasi BTN Mobile error tadi belum berhasil, jalan terakhirnya adalah datang langsung ke layanan CS Bank BTN.

Langkah ini adalah satu-satunya solusi jika ternyata aplikasimu terblokir, entah karena adanya aktivitas mencurigakan maupun salah memasukkan password dan PIN.

Jadi, jika ada masalah pada aplikasi BTN Mobile, kamu tidak perlu segera bergegas datang ke bank. Lakukan beberapa langkah pengecekan lebih dahulu untuk mengetahui faktor error pada aplikasi. Jika tetap BTN Mobile tidak bisa masuk, baru konsultasi ke CS.

Give a Comment