Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka

Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting di hp android yang sekarang semakin banyak penggunanya. Fiturnya yang terlindungi Enkripsi menjadikan aplikasi ini banyak digunakan dengan alasan keamanan. Namun, ada kalanya Telegram tidak bisa digunakan karena ada masalah.

Seperti aplikasi lain, Anda juga bisa menemukan masalah saat menggunakan telegram, seperti terlalu banyak data, cache yang menumpuk, hingga terdapat bug di dalamnya. Jika terdapat masalah, jangan dulu khawatir. Anda bisa saja mengatasi masalahnya sendiri menggunakan berbagai cara yang akan dijelaskan nanti.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah Telegram tidak bisa dibuka. Apalagi jika Anda tahu penyebab dari masalahnya. Misal seperti server down, hp tidak support, hingga penyebab lainnya. Setelah tahu penyebabnya, Anda bisa mencari solusi atau cara dalam mengatasi penyebabnya itu.

Langsung saja simak penyebab dan cara mengatasi aplikasi Telegram tidak bisa dibuka di hp android.

Penyebab Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka di HP

Berikut ini beberapa penyebab yang bisa membuat aplikasi Telegram tidak bisa dibuka.

HP tidak support

Penyebab yang pertama bisa dikarenakan hp Anda yang sudah tidak support dengan aplikasi Telegram. Sistem operasi Android sekarang ini sudah masuk versi 12. Sedangkan untuk menjalankan Telegram, hp harus menggunakan sistem operasi minimal versi 4.0.

Jika Anda masih menggunakan hp dengan sistem operasi android lama, sudah saatnya Anda mengganti hp tersebut agar bisa menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan sistem operasi android terbaru.

Server mengalami down

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika aplikasi Telegram tidak bisa diakses, mungkin saja hal tersebut dikarenakan server yang mengalami down. Bisa saja hal tersebut dikarenakan ada jadwal pemeliharaan jaringan server pusat Telegram, sehingga aplikasi jadi tidak bisa dibuka.

Jika penyebabnya seperti ini maka Anda hanya perlu menunggu sampai server benar-benar pulih kembali. Jadi Telegram bisa digunakan seperti sediakala.

Cek server telegram down atau tidak.

Jaringan internet tidak stabil

Penyebab lainnya bisa saja karena jaringan internet tidak stabil. Jadi aplikasi telegram tidak bisa dibuka padahal ada kuota.

Jaringan internet memang sudah menjadi salah satu hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga untuk chatting. Jika jaringan internet tidak stabil, aplikasi akan terganggu dan tidak bisa dibuka. Meskipun bisa dibuka, aplikasi akan sulit untuk digunakan.

Aplikasi Telegram error

Aplikasi Telegram yang tidak bisa dibuka di hp android bisa saja karena aplikasi tersebut sedang error. Aplikasi yang eror bisa karena beberapa sebab dan mungkin aplikasi tersebut harus Anda install ulang agar masalahnya teratasi.

Menggunakan Telegram MOD

Di internet ada banyak aplikasi MOD yang bisa Anda download. Begitu juga dengan Telegram yang juga ada versi MOD. Meski versi tersebut memiliki fitur yang menarik, terkadang versi MOD tidak sempurna.

Jika Anda menggunakan versi MOD dan Telegram tidak bisa dibuka, bisa saja Anda mendownload versi yang lama atau memang ada masalah dengan versi MOD yang Anda gunakan.

Aplikasi Telegram belum update

Aplikasi apapun pasti akan selalu diupdate oleh developer untuk memperbaiki masalah atau menambahkan fitur tertentu. Begitu juga dengan aplikasi Telegram.

Jika Anda menggunakan Telegram versi lama dan bermasalah hari ini, bisa jadi Anda menggunakan versi yang sudah sangat lama. Jadi segera Anda lakukan pembaruan agar aplikasi Telegram kembali bisa dibuka.

Data aplikasi Telegram menumpuk

Penyebab aplikasi Telegram tidak bisa dibuka juga bisa dikarenakan data aplikasi tersebut sudah banyak dan menumpuk. Data yang menumpuk tersebut bisa berupa chat, gambar hingga video yang dikirimkan oleh pengguna lain.

Data Telegram yang menumpuk juga bisa membuat memori penuh. Telegram membutuhkan ruang dalam memori agar bisa dibuka. Jika memori penuh maka Telegram tidak kebagian ruang sehingga tidak bisa dibuka.

File yang jarang dipakai menumpuk

Seperti penyebab sebelumnya, memori sudah penuh dengan data atau file. Jika sebelumnya karena data yang langsung dari Telegram, penyebab satu ini bisa dikarenakan file dari aplikasi lain atau file pribadi Anda sendiri seperti foto dan video.

Jika memori penuh, aplikasi Telegram tidak bisa masuk karena tidak memiliki ruang untuk menjalankannya. Pastikan Anda memiliki ruang untuk menjalankan aplikasi yang ada di hp Anda.

Download aplikasi Telegram yang tidak resmi

Seperti menggunakan MOD, aplikasi Telegram yang tidak resmi juga bisa menjadi penyebab kenapa Telegram tidak bisa dibuka. Aplikasi yang tidak resmi bisa saja membuat video di Telegram jadi tidak bisa dilihat. Bahkan bisa saja tidak bisa dibuka sama sekali.

Hal tersebut dikarenakan aplikasi yang tidak resmi biasanya sudah diubah. Bisa mendapatkan tambahan fitur lain atau malah ada masalah di dalam aplikasinya. Jadi aplikasi tersebut jadi bermasalah dan membuatnya tidak bisa dibuka.

Aplikasi Telegram diblokir pemerintah

Telegram memang terlindungi secara enkripsi. Hal inilah yang membuat chat di Telegram jadi sangat aman dan banyak yang menyalahgunakannya. Karena itu, pemerintah sempat memblokir Telegram dan membuatnya tidak bisa dibuka.

Jika Anda mengalami masalah Telegram tidak bisa dibuka, mungkin saja pemerintah kembali memblokirnya. Tapi rasanya hal tersebut sudah lama berlalu.

Aplikasi Telegram diblokir oleh penyedia WiFi

Jika sebelumnya aplikasi Telegram tidak ada masalah, tapi tiba-tiba video di Telegram jadi tidak bisa dilihat setelah menggunakan WiFi, maka masalahnya ada pada jaringan WiFi. Bisa saja penyedia WiFi memblokir layanan Telegram sehingga tidak bisa digunakan.

Hal ini memang biasa terjadi karena penyedia WiFi biasanya memberikan batasan tidak bisa membuka aplikasi tertentu atau mengakses situs tertentu.

Terkena virus

Jika aplikasi Telegram tidak bisa dibuka padahal ada kuota, mungkin saja aplikasinya terkena virus. Adanya virus bisa karena Anda download aplikasi yang tidak resmi atau melalui situs yang tidak dikenal.

Selain bisa membuat aplikasi Telegram tidak bisa dibuka, virus juga sangat berbahaya bagi perangkat hp Anda. Jadi harus lebih hati-hati jika download aplikasi tidak resmi.

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka di HP

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, kali ini Anda harus tahu cara membuka Telegram yang tidak bisa dibuka. Apa saja caranya? Mari simak di bawah ini.

Paksa berhenti aplikasi Telegram lalu buka kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Cara yang pertama adalah memaksanya berhenti terlebih dulu, baru kemudian buka kembali aplikasinya. Cara ini bisa efektif jika penyebabnya hanya karena aplikasi mengalami sedikit gangguan jaringan.

Dengan menghentikannya secara paksa dan membukanya kembali, hal tersebut bisa merefresh aplikasi sehingga bisa berjalan normal kembali.

Restart hp

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Cara selanjutnya dalam mengatasi Telegram tidak bisa dibuka di hp android adalah dengan merestart hp. Seperti halnya menghentikan aplikasi secara paksa, merestart hp juga bisa membuat hp melakukan refresh.

Bisa saja banyak aplikasi yang sudah dijalankan sehingga performanya jadi melambat. Dengan merestart hp, maka hp akan lebih lega dan bisa dengan lancar membuka aplikasi Telegram lagi.

Scan antivirus

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Penyebab Telegram tidak bisa dibuka karena virus memang sangat fatal karena bisa menjangkit hp. Tidak hanya membuat video di Telegram jadi tidak bisa dilihat, tapi bisa juga merusak hp Anda.

Demi mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan scan antivirus untuk menemukan dan menghancurkan virus tersebut. Jangan sampai hp Anda mengalami kerusakan karena virus.

Update aplikasi Telegram

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika Anda menggunakan Telegram versi lama, kemungkinan ada bug atau permasalahan lain. Bahkan versi lama biasanya sudah tidak didukung oleh server sehingga Telegram jadi tidak bisa dibuka. Karena itu, Anda harus mengupdate aplikasi yang Anda gunakan.

Mengupdate aplikasi harus Anda lakukan sesering mungkin jika ada versi terbaru keluar. Developer biasanya menambahkan fitur terbaru atau memperbaiki bug yang ada pada versi terbaru.

Dan berikut cara update aplikasi di google play store.

Ijinkan fitur yang ada di aplikasi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Jangan lupa untuk mengizinkan fitur dari aplikasi Telegram. Jika tidak dilakukan, maka Telegram bisa gagal terus saat dibuka. Perijinan fitur biasanya secara otomatis akan ditanyakan saat pertama kali menginstall aplikasi Telegram. Jadi Anda tidak boleh lupa untuk mengizinkannya agar tidak terjadi masalah nantinya.

Ganti jaringan internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika memang masalahnya adalah pada jaringan internet, Anda harus mengganti jaringan yang Anda gunakan. Apalagi jika Anda memiliki hp dengan dua jaringan sekaligus. Bisa saja jaringan yang sedang Anda gunakan mengalami gangguan. Dengan mengganti jaringan maka masalah tersebut bisa terselesaikan.

Hapus data aplikasi Telegram

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Telegram biasanya menyimpan file hasil kiriman pengguna lain. File data tersebut jika terus dibiarkan menumpuk tentu bisa menghambat performa aplikasi. Jadi Anda harus menghapusnya agar bisa kembali membukanya. Hapus semua data yang tidak dibutuhkan di Telegram.

Tutorial untuk menghapus data:

Hapus data file yang jarang dipakai

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Selain menghapus data aplikasi, Anda juga harus menghapus data file yang jarang terpakai. Biarkan memori penyimpanan memiliki ruang khusus untuk menjalankan aplikasi. Jika memori penyimpanan penuh, beberapa aplikasi jadi tidak bisa dibuka. Begitu juga dengan Telegram.

Hapus data cache dan cookie

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika aplikasi Telegram tidak dapat tersambung, mungkin saja karena cache dan cookie yang bermasalah. Anda bisa menghapusnya sehingga aplikasi akan mencari cache dan cookie terbaru.

Cache merupakan data yang tersimpan setelah Anda membuka aplikasi. Sedangkan cookie adalah data akun yang tersimpan dari aplikasi. Jika keduanya mengalami masalah maka bisa mengakibatkan aplikasi tidak berjalan seperti seharusnya.

Tutorial untuk menghapus cache:

Install ulang aplikasi Telegram

Mungkin saja Telegram tidak bisa dibuka karena aplikasi yang Anda install bermasalah. Solusinya adalah menghapus aplikasi tersebut dan install ulang aplikasinya. Dengan begitu, Anda mungkin bisa mendapatkan aplikasi yang lebih stabil.

Gunakan VPN atau DNS Resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Solusi jika tidak ada koneksi internet adalah dengan menggunakan VPN atau DNS Resolver. Dengan menggunakan cara ini, koneksi Anda akan dialihkan sehingga bisa mendapatkan koneksi yang lebih stabil dan bisa digunakan untuk membuka aplikasi Telegram.

Daftar vpn yang perlu dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang perlu DIcoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Gunakan sistem operasi android terbaru

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika permasalahannya karena sistem operasi android yang Anda gunakan masih versi lama, Anda harus memperbaruinya. Jika hp Anda tidak support versi terbaru, maka Anda terpaksa harus mengganti hp Anda sehingga bisa menggunakan sistem operasi android terbaru dan bisa kembali menggunakan aplikasi Telegram.

Lapor ke layanan CS

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Mungkin saja aplikasi Telegram lagi gangguan sehingga tidak bisa dibuka. Anda bisa melaporkannya ke layanan CS Telegram jika memang terjadi gangguan dari aplikasinya. CS akan segera memberikan solusi terbaik dan akan memperbaiki sistemnya agar Telegram kembali bisa digunakan para penggunanya.

Dan berikut link laporan layanan telegram.

Reset hp

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk memperbaiki Telegram yang tidak bisa dibuka adalah dengan mereset hp. Anda bisa melakukan reset factory untuk menghapus semua data yang ada di hp sehingga hp Anda akan kembali ke settingan pabrik.

Dengan cara ini, pengaturan yang Anda lakukan sebelumnya akan hilang. Jika Anda melakukan kesalahan pengaturan yang membuat aplikasi Telegram tidak bisa dibuka, maka pengaturan tersebut akan kembali ke awal dan Anda kembali bisa membuka Telegram.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika aplikasi Telegram tidak bisa dibuka. Sebelum Anda menggunakan cara seperti di atas, ada baiknya untuk memastikan apakah aplikasi Telegram gangguan hari ini atau tidak. Jika memang terjadi gangguan dari servernya, maka Anda hanya perlu menunggu sampai Telegram kembali bisa dibuka.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa membantu Anda yang tengah kebingungan karena aplikasi Telegram tidak bisa Anda buka. Sekian dan terima kasih.

Bagikan:

Tinggalkan komentar