Penyebab dan Cara Mengatasi Video di Telegram Tidak Bisa Dibuka

Telegram sudah menjadi salah satu alternatif media sosial karena dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan hiburan, salah satunya menonton video. Namun bagaimana jika video Telegram bermasalah, dan bagaimana membuka video Telegram yang tidak bisa dibuka tersebut?

Penyebab Kenapa Video Telegram Tidak Dapat Dibuka

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membuka video dari Telegram yang tidak dapat dibuka secara maksimal, ada baiknya jika kita mengetahui apa yang sekiranya menyebabkan kendala tersebut sampai terjadi. Secara umum, berikut diantaranya.

Server Telegram sedang down

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Server memang menjadi hal penting dalam sebuah aplikasi online saat ini. Tanpa adanya server yang bagus, maka aplikasi sebesar Telegram juga tidak akan dapat berjalan dengan baik, termasuk di antaranya membuat sejumlah kendala yang menyebabkan video di Telegram jadi tidak bisa dilihat dan disaksikan secara maksimal.

Cek apakah server telegram down atau tidak.

Koneksi internet yang tidak stabil

Telegram merupakan salah satu aplikasi chat online yang banyak digunakan selain WhatsApp, sehingga jika tidak dilengkapi dengan koneksi internet yang baik dan stabil, tentu aplikasi dan webnya tidak dapat diakses secara optimal. Anda perlu memperhatikan kembali apakah gawai sudah terkoneksi dengan lancar atau tidak, baik melalui data seluler hingga jaringan WiFi supaya tetap stabil saat digunakan.

Aplikasi Telegram yang error

Anda pernah mengalami aplikasi Telegram yang tiba-tiba memunculkan notifikasi berhenti? Bisa saja hal ini karena aplikasi tersebut sedang mengalami bugs atau kendala pada sistem internal yang tentunya akan dapat membuat aplikasi menjadi error dan tidak dapat diakses sementara waktu.

Browser mengalami kendala

Meskipun Telegram dikenal dengan aplikasi di Android atau iOS, untuk Anda yang sedang menonton video Telegram di browser bisa saja akan mendapatkan notifikasi masalah video seperti “Kami sedang memproses video ini periksa kembali nanti”.

Notifikasi ini bisa terjadi jika video Telegram memang sedang bermasalah, atau karena memang ada kendala di browser tempat Anda menonton video tersebut. Apabila terjadi masalah pada browser, Anda tidak perlu panik karena bisa diatasi terlebih dahulu dengan mengakses di aplikasi.

Aplikasi Telegram yang belum diupdate

Pengguna Telegram yang kesulitan memainkan video bisa jadi karena aplikasi yang belum ter-update dengan sempurna. Malahan tidak jarang, kita akan mengabaikan notifikasi untuk update aplikasi, padahal hal ini bisa saja berpengaruh cukup buruk jika dibiarkan terus menerus.

Apabila sudah meng-update aplikasi Telegram, maka bugs atau kendala internal akan bisa diperbaiki secara sistem. Dengan begitu, Anda bisa mengakses aplikasi dan video Telegram tersebut seperti biasa, terutama jika update aplikasi sudah selesai dengan baik dan sempurna.

Browser Telegram tidak diupdate

Selain aplikasi, tentu masalah Telegram juga dapat terjadi pada versi browser. Oleh karena itu, bagi yang membuka video Telegram di browser wajib untuk mengecek kembali apakah browser yang digunakan mengakses Telegram sudah update pada versi terbaru atau belum.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi kesulitan nonton kajian, nonton film, nonton anime, nonton drama, nonton kartun, maupun berbagai jenis video Telegram lain yang Anda ingin tonton.

Penuhnya memori internal

Menggunakan handphone untuk mengakses aplikasi Telegram tentunya akan memakan sedikit banyak memori internal ponsel. Semakin sering frekuensi penggunaan aplikasi, maka akan semakin banyak juga penggunaan penyimpanan internal sehingga akan semakin membuat handphone dan aplikasi melambat dan berpengaruh pada pemutaran video di aplikasi Telegram.

Menumpuknya data di browser

Kendala ini banyak dialami terutama bagi yang nonton video Telegram di browser. Sama halnya seperti jika banyak mengakses aplikasi Telegram di handphone, tentu jika semakin sering mengakses dan menonton video Telegram di browser akan membuat data internal browser menjadi penuh dan menumpuk.

Penumpukan data pada browser secara tidak langsung juga akan membuat browser menjadi lambat bekerja yang kemudian akan mengakibatkan video di Telegram jadi tidak bisa dilihat oleh para penggunanya. Anda pun perlu melakukan pembersihan secara berkala pada data browser ini.

Masalah cache dan cookies

Cache dan cookies sering kali juga menjadi masalah yang membuat video di Telegram menjadi terkendala. Keduanya merupakan file sampah yang dapat mengganggu performa aplikasi dan video pada Telegram, terlebih karena banyaknya data yang sebenarnya tidak diperlukan kembali.

Pemilik akun video di-banned

Salah satu kendala lain yang membuat video Telegram tidak dapat diputar dengan lancar yakni karena pemilik akun yang memiliki akses video ter-banned. Ada beberapa penyebab mengapa sebuah akun Telegram dapat di-banned, bisa karena akun illegal, melanggar aturan Telegram, dan sebagainya.

Dengan adanya kendala ini, sudah pasti para pemilik akun yang ingin nonton kajian, nonton film, nonton anime, nonton drama, nonton kartun, hingga menonton tayangan video lain dari salah satu pemilik akun video tersebut tidak akan bisa lagi menontonnya secara maksimal.

Channel Telegram di-banned

Selain akun perorangan, channel atau grup Telegram yang ter-banned juga menjadi salah satu penyebab yang membuat kita tidak dapat mengakses video yang kita inginkan. Sama halnya dengan akun perorangan pemilik akun video, sebuah channel Telegram bisa di-banned apabila ada masalah hak cipta, ketentuan yang dilanggar, hingga karena dilaporkan oleh banyak anggota channel tersebut.

Pelanggaran syarat dan ketentuan dari video

Sejumlah video Telegram tidak bisa dibuka padahal ada kuota bisa saja terjadi karena masalah dari video itu sendiri. Permasalahan ini karena adanya ketentuan dan syarat yang dilanggar oleh video tersebut, seperti hak cipta, hak kepemilikan, hingga terjadi pemblokiran karena video tersebut mengandung SARA.

Pelanggaran ini sudah pasti akan membuat video terblokir oleh sistem maupun oleh Telegram itu sendiri. Hal ini tentu saja akan membuat video tersebut tidak dapat diakses dan dinikmati oleh banyak pengguna.

Video sudah dihapus oleh pemilik

Selain dihapus langsung oleh Telegram, kendala video yang tidak dapat dibuka juga sering kali terjadi karena video yang bersangkutan sudah dihapus oleh pemiliknya sendiri. Entah karena video tersebut memang sudah terlalu lama dan memenuhi memori pemiliknya, atau karena video tersebut mendapat report negatif sehingga mau tidak mau harus dihapus segera.

Cara Mengatasi Video di Telegram Tidak Bisa Dibuka

Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kendala video pada Telegram yang tidak dapat dibuka. Memang kendala ini akan membuat Anda tidak dapat nonton kajian, nonton film, nonton anime, nonton drama, nonton kartun secara maksimal, namun cobalah beberapa cara berikut untuk mengatasinya.

Memastikan channel pemilik video tidak di-banned

Hal pertama yang perlu dipastikan kembali untuk membuat video Telegram bisa dibuka lagi adalah memastikan apakah channel atau akun pemilik video tersebut tidak di-banned oleh sistem Telegram. Caranya dengan mengecek ulang pada channel grup atau akun pemilik secara langsung, jika dapat dibuka dengan lancar, maka dapat dipastikan jika channel Telegram tersebut tidak ter-banned.

Me-refresh browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Buat Anda yang kesulitan menggunakan aplikasi ponsel, menggunakan browser bisa menjadi solusi. Akan tetapi, jika menggunakan browser namun masih tidak dapat tersambung dengan video Telegram yang diinginkan, maka Anda dapat melakukan refresh browser dengan menekan tombol F5 di keyboard atau tombol Refresh di panel menu.

Paksa berhenti aplikasi lalu buka kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Salah satu cara lain yang bisa dilakukan, terutama buat Anda yang menggunakan aplikasi Telegram di handphone, yakni dengan melakukan pemaksaan henti untuk aplikasi tersebut. Paksa henti aplikasi dapat dilakukan melalui pengaturan aplikasi atau langsung ketika ada box notification ketika sistem handphone mendeteksi aplikasi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Memaksa henti browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Hal yang tidak jauh berbeda bisa Anda lakukan jika mengalami video yang bermasalah hari ini, terutama bagi yang membuka video Telegram di browser. Memaksa henti browser dapat dilakukan melalui notifikasi yang muncul atau langsung meng-close laman browser yang sedang dibuka.

Hal ini memang akan membuat beberapa laman web yang Anda akses akan tertutup. Namun dengan membuka menu History atau Riwayat Pencarian, Anda bisa membuka web penting yang ingin Anda akses.

Restart handphone atau komputer yang dipakai

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Cara lain yang bisa dijalankan ketika video di Telegram tidak dapat dibuka adalah me-restart perangkat yang sedang digunakan, baik handphone maupun komputer. Dengan me-restart perangkat, biasanya akan membuat sistem menjadi lebih refresh. Anda dapat mematikan perangkat tersebut terlebih dahulu kemudian menghidupkannya kembali beberapa saat kemudian.

Meng-update browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Anda juga dapat melakukan update browser terlebih untuk yang membuka Telegram di browser. Hal ini terutama jika video yang akan ditonton gagal terus dan malah membuat browser yang Anda gunakan crash dan tidak dapat dibuka dengan lancar. Anda dapat mengecek versi browser yang sedang dibuka apakah sudah versi terbaru atau belum.

Update Telegram

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika video Telegram lagi gangguan, maka Anda bisa coba cek juga apakah versi aplikasi Telegram yang Anda pakai membutuhkan update atau belum. Caranya dengan mengecek pada Play Store atau App Store untuk mengetahui update yang harus dilakukan.

Satu hal yang menarik, semakin sering update aplikasi, tentu performa aplikasi akan semakin baik. Akan tetapi, pastikan kembali memori internal handphone masih memadai sehingga tidak akan memunculkan masalah baru yang lain seperti kehabisan penyimpanan.

Dan berikut cara update aplikasi telegram.

Perbarui ekstensi browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Jika yang membuka video Telegram di browser menggunakan Telegram versi website, coba cek kembali apakah ekstensi tersebut masih berlaku atau perlu diperbarui. Biasanya, akan ada notifikasi yang muncul jika versi web tersebut membutuhkan update sehingga Anda tidak boleh langsung mengabaikannya.

Mengganti koneksi internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan adalah melakukan penggantian jaringan internet yang digunakan. Sebagai contoh jika saat ini Anda menggunakan koneksi WiFi, maka Anda bisa menggantinya terlebih dahulu menggunakan data seluler, begitu pula sebaliknya.

Penggantian ini bisa dilakukan terutama jika tidak ada koneksi internet pada koneksi WiFi atau data seluler tersebut. Apabila tidak ada koneksi yang lancar, sudah dapat dipastikan video pada Telegram tidak akan mudah dibuka secara optimal.

Menghidupkan fitur izinkan aplikasi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Sebelum mengakses aplikasi dan media seperti video, ada baiknya jika Anda senantiasa memastikan apakah fitur izinkan akses aplikasi sudah aktif atau belum. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya notifikasi Izinkan Akses Aplikasi ketika Anda akan menginstal maupun membuka aplikasi atau media video yang ada di Telegram.

Hapus data aplikasi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Menghapus data aplikasi juga dapat menjadi salah satu cara untuk membuat Telegram menjadi lebih baik sehingga kendala video Telegram tidak bisa dibuka padahal ada kuota bisa tertangani dengan baik. Data aplikasi yang terhapus akan membuat ruang penyimpanan memori menjadi lebih lega sehingga aplikasi yang terkendala tersebut bisa diakses kembali.

Menghapus data pencarian browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Untuk yang nonton di video Telegram di browser, tentu berbagai kendala juga tidak dapat dihindari secara mudah. Selain dari koneksi internet, data pada browser ternyata juga berpengaruh terutama history pencarian. Dengan adanya data browser yang menumpuk, tentunya akan membuat aplikasi dan Telegram versi website menjadi lebih lambat sehingga Anda perlu menghapusnya secara berkala.

Mengganti laman browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Browser komputer atau laptop sering kali terkendala sehingga membuat video Telegram tidak bisa diakses secara maksimal. Penggantian browser dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Sebagai contoh, jika Anda terkendala akses video Telegram menggunakan browser Chrome, maka Anda dapat coba mengganti akses dengan Firefox.

Menghapus file yang jarang dipakai

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Anda sering men-download aplikasi atau file di handphone? Coba cek kembali apakah file tersebut memenuhi memori handphone atau tidak, terlebih untuk file dan aplikasi yang jarang digunakan. Semakin menumpuknya file atau aplikasi tersebut, tentu saja akan membuat handphone menjadi lambat yang kemudian akan berpengaruh pada berbagai aplikasi yang membutuhkan memori besar seperti Telegram.

Hapus cache dan cookies

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Selain menghapus data dan file yang tidak terpakai, yang Anda juga perlu lakukan pada saat mengalami video Telegram gangguan hari ini salah satunya adalah menghapus cache dan cookies file tersebut. Cache dan cookies bisa Anda hapus melalui pengaturan handphone. Tujuannya supaya tidak terjadi penumpukan data dan file sampah berupa aplikasi, riwayat pencarian, hingga file residu yang tidak terpakai.

Memanfaatkan VPN atau DNS Resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Dibuka 2022

Aplikasi Telegram yang tidak bisa digunakan untuk membuka video biasanya juga karena koneksi yang tidak stabil, namun bisa juga disebabkan adanya pemblokiran sistem. Untuk itu, install VPN atau DNS Resolver bisa menjadi salah satu solusi untuk mengakses aplikasi secara maksimal.

Ada baiknya menginstal VPN atau DNS Resolver yang terpercaya. Pastikan juga keamanan akun pada VPN atau DNS Resolver tersebut sehingga Anda masih bisa membuka aplikasi secara cepat dan lancar, sehingga dapat membuka video pada Telegram tersebut.

Daftar vpn untuk masalah video telegram yang perlu dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS untuk masalah Video telegram yang perlu Dicoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Install Ulang Aplikasi Telegram

Bisa dibilang, cara ini menjadi salah satu cara terakhir yang bisa dilakukan, terutama jika semua cara di atas sudah dilakukan namun masih belum berhasil. Bisa saja, sumber kendala adalah aplikasi yang tidak terprogram dengan baik sehingga Anda perlu menginstal kembali aplikasi Telegram yang ada di handphone Anda.

Itulah beberapa penyebab dan cara membuat video Telegram menjadi terbuka kembali. Semoga informasi di atas bermanfaat dan Anda dapat nonton kajian, nonton film, nonton anime, nonton drama, nonton kartun dan nonton video lainnya dengan nyaman di Telegram!

Bagikan:

Tinggalkan komentar