Penyebab dan Cara Mengatasi Video di Telegram Tidak Bisa Diputar

Aplikasi dan versi website Telegram saat ini memang tengah menjadi tren di banyak kalangan karena kemudahan akses yang ditawarkannya. Sayangnya, tidak sedikit pengguna kesulitan membuka video Telegram yang tidak bisa diputar. Lantas, apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut?

Penyebab Kenapa Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengatasi kendala video Telegram yang sulit dijalankan, ada baiknya jika kita mengetahui beberapa penyebab yang membuat permasalahan tersebut terjadi. Berikut beberapa di antaranya.

Server sedang down

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Server menjadi bagian penting dari sebuah aplikasi online saat ini, termasuk Telegram. Sebagai salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak, Telegram tentu membutuhkan server yang mumpuni. Jika tidak, maka video di Telegram jadi tidak bisa diputar secara maksimal.

Kondisi server aplikasi yang baik sudah pasti akan menjadikan aplikasi tersebut lancar diakses. Namun jika tidak, maka server bisa saja down dan kemudian menyebabkan aplikasi menjadi lambat diakses hingga berbagai fitur dan media menjadi tidak mudah dijalankan lagi.

Cek apakah server telegram down atau tidak.

Tidak stabilnya koneksi internet

Sewaktu mengakses aplikasi online apapun, koneksi internet yang stabil menjadi hal yang sangat penting. Hal ini supaya aplikasi tersebut dapat diakses secara maksimal dan menampilkan berbagai fitur yang disediakan. Apabila tidak mendapatkan koneksi yang baik, maka akses aplikasi tersebut akan terkendala.

Kita dapat mengakses aplikasi Telegram atau versi web-nya melalui jaringan internet WiFi atau data seluler. Kendati demikian, selalu pastikan koneksi internet yang digunakan dalam keadaan stabil di mana akses berbagai aplikasi dan web dapat dijalankan secara lancar.

Aplikasi Telegram yang error

Aplikasi yang mengalami galat atau error sudah pasti akan memberikan banyak masalah baru, salah satunya kendala video Telegram yang gagal terus saat akan diakses. Kendala semacam ini tentu tidak hanya terjadi karena perangkat Anda yang bermasalah atau server yang down. Bisa saja karena masalah internal seperti bugs atau kesalahan sistem ketika update aplikasi.

Error pada browser

Untuk Anda yang menonton video Telegram di browser, pastikan juga apakah browser tersebut sedang ada error atau tidak. Permasalahan pada browser sering kali juga memicu terjadinya kesalahan pemutaran video Telegram sehingga kita tidak dapat menyaksikan video yang menarik di Telegram web.

Aplikasi Telegram yang belum diupdate

Salah satu hal lain yang juga dapat menyebabkan terjadinya kendala pada pemutaran video Telegram adalah aplikasi yang ternyata belum dilakukan update. Hal ini terlihat sederhana, namun efeknya video Telegram tidak bisa diputar padahal ada kuota yang mengakibatkan kita tidak dapat menyaksikan media video yang didapatkan melalui Telegram.

Browser belum diupdate

Selain pada aplikasi, bagi yang membuka video Telegram di browser juga harus senantiasa mengecek apakah browser yang digunakan untuk mengakses Telegram juga sudah pada versi update yang terbaru atau belum. Penggunaan browser yang belum di-update secara tidak langsung juga akan membuat sistem yang digunakan masih merupakan sistem lama yang belum tentu akan sekuat atau semudah sistem browser terbaru.

Memori internal hp yang penuh

Dalam mengakses sebuah aplikasi, terutama dari handphone, tentunya akan membuat memori internal menjadi terserap. Lama-kelamaan, memori internal bisa penuh dan beberapa media atau aplikasi menjadi terhambat. Banyaknya aplikasi yang ada di handphone juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat memori internal hp cepat penuh dan pada akhirnya berpengaruh pada aplikasi Telegram yang bermasalah.

Data di browser yang menumpuk

Kendala lain yang sering kali juga membuat kita tidak dapat menonton anime, drama, film, dan video lainnya secara maksimal, terutama bagi yang nonton video Telegram di browser, yakni data pada browser yang semakin banyak dan menumpuk.

Sama halnya seperti memori hp, tanpa kita sadari penggunaan tab browser yang banyak hingga riwayat pencarian situs web juga bisa menjadi pengaruh lambatnya akses video di Telegram. Hal ini membuat memori internal seperti RAM dan ROM akan terbebani dan berpengaruh pada aplikasi.

Masalah cache dan cookies

Cache dan cookies sering kali menjadi salah satu permasalahan yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna aplikasi online. Keduanya merupakan file sampah yang bisa sangat mengganggu performa aplikasi, dan terbentuk dari berbagai file dan data yang tidak terpakai. Banyaknya file sampah ini bisa membuat kinerja aplikasi dan media yang ada di dalamnya menjadi terhambat.

Pemilik akun video dibanned

Salah satu kendala lain yang menyebabkan video Telegram tidak dapat diputar dan dibuka adalah pemilik video yang di banned. Akun pemilik video bisa diblokir karena beberapa sebab, salah satunya terkait dengan hak cipta. Video yang tidak berizin juga akan rentan terkena pemblokiran sistem, terlebih jika dilaporkan (di-report) oleh banyak pengguna Telegram.

Tentunya, hal ini dapat membuat kita tidak bisa nonton video di telegram secara maksimal. Malahan, video yang sebelumnya sudah bisa dibuka, ternyata tidak dapat diputar bahkan sebelum kita bisa men-download video tersebut.

Channel Telegram diblokir

Pemblokiran atau banned tidak hanya dapat dilakukan oleh pemilik akun perseorangan, namun juga channel atau grup dari akun Telegram tersebut. Channel yang diblokir tentunya akan menjadi permasalahan tersendiri karena semua konten di dalamnya bisa saja terhapus sistem dan tidak bisa diapa-apakan lagi.

Video melanggar Syarat dan Ketentuan

Dalam sebuah akses aplikasi, syarat dan ketentuan menjadi hal yang wajib ditaati termasuk di dalamnya konten dari video yang akan dan sedang diakses. Apabila video Telegram tersebut melanggar ketentuan yang sudah disyaratkan oleh pihak Telegram, maka sudah pasti akan mendapat peringatan hingga pemblokiran. Tentu ini akan berpengaruh pada akses media termasuk berbagai video di dalamnya.

Video telah dihapus oleh pengirimnya

Satu lagi kendala yang membuat kita tidak dapat menonton anime, drama, film, dan video lainnya dengan lancar, yakni penghapusan video yang dilakukan oleh pemilik video itu sendiri. Biasanya hal ini terjadi pada channel Telegram di mana pengirim video biasanya sudah menghapus terlebih dahulu video tersebut dari handphone atau akun Telegramnya.

Akibat penghapusan ini, sudah pasti akan membuat video yang akan diakses menjadi terkendala dan tidak dapat dibuka secara maksimal. Bahkan, Anda juga akan kesulitan mencari video yang ingin diputar tersebut.

Cara Mengatasi Video di Telegram Tidak Bisa Diputar

Setelah mengetahui lebih jauh mengenai penyebab apa yang membuat suatu video di Telegram menjadi tidak dapat diputar secara maksimal, maka ada baiknya jika kemudian kita memahami bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Ada beberapa cara yang sebenarnya mudah dilakukan, di antaranya:

Memastikan Channel atau pemilik video tidak dibanned

Kendala video Telegram yang sedang bermasalah hari ini memang bisa terjadi jika pemilik akun atau video tersebut diblokir alias dibanned. Untuk itu, sebelum mencari dan mengakses video yang diinginkan, maka ada baiknya jika memastikan kembali kalau channel atau akun pemilik tidak sedang mengalami pemblokiran. Salah satunya dengan mengetes apakah channel dan akun tersebut aktif atau online.

Me-refresh Browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Langkah kedua ini bisa dilakukan terutama jika menggunakan browser untuk mengakses Telegram versi web. Refresh browser secara berkala bisa dilakukan untuk membuat sistem browser kembali aktif. Biasanya, hal ini sangat ampuh untuk memperbaiki browser yang terkendala.

Adapun caranya bisa dengan menekan tombol ikon refresh di bagian pojok atas, atau bisa juga langsung menekan tombol F5 pada keyboard laptop maupun komputer Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menyegarkan kembali laman web browser tersebut terutama pada tab yang sedang membuka Telegram versi web.

Paksa henti aplikasi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Telegram yang bermasalah bisa saja terjadi karena sistem aplikasi yang terkendala. Akibatnya kita tidak bisa nonton video di telegram dengan lancar sehingga salah satu solusinya adalah dengan melakukan paksa henti aplikasi, lalu membuka kembali setelah beberapa saat.

Paksa henti aplikasi dapat dilakukan melalui pengaturan handphone, kemudian masuk pada pengaturan aplikasi. Di tiap aplikasi, biasanya sudah ada tombol untuk memaksa aplikasi tersebut berhenti sejenak. Selanjutnya, coba buka kembali aplikasi Telegram di handphone dan cek ulang video yang ingin ditonton.

Memaksa henti browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Hal yang serupa juga dapat dilakukan terutama bagi yang membuka video Telegram di browser. Hanya saja biasanya, paksa henti browser ini didahului dengan push notification tertentu untuk menghentikan browser secara langsung.

Meski demikian, tidak jarang kita bisa menghentikan akses browser sementara dengan langsung mengklik tombol Close di bagian pojok kanan atas. Tutup browser tersebut secara paksa dan coba buka kembali web Telegram tersebut setelah beberapa saat.

Me-restart perangkat

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Selain menutup paksa aplikasi dan browser, Anda juga dapat melakukan restart perangkat yang sedang digunakan untuk mengakses aplikasi dan web Telegram. Caranya pun sederhana, yakni dengan mematikan perangkat tersebut terlebih dahulu, kemudian menghidupkannya kembali setelah beberapa saat.

Di handphone, biasanya Anda hanya perlu menekan tombol Power selama beberapa saat, begitu pula dengan laptop atau komputer di mana Anda bisa merestart perangkat menggunakan tombol Power tersebut. Atau, bisa juga dengan menggunakan menu restart yang ada di setiap laptop atau handphone.

Meng-update Browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Anda yang ingin menonton video di telegram, tentu perlu memastikan juga apakah browser tersebut sudah dalam versi yang terbaru. Apabila aplikasi tersebut masih dalam versi yang lama, segera perbarui sehingga sistem aplikasi semakin baik dan lancar.

Meng-update aplikasi Telegram

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Selain meng-update browser, aplikasi Telegram di handphone juga harus senantiasa diupdate secara berkala. Apalagi dengan adanya risiko bugs yang mungkin saja terjadi sehingga dengan adanya update aplikasi, maka sistem yang terkendala tersebut bisa diperbaiki secara otomatis.

Dan berikut cara update aplikasi telegram.

Memperbarui ekstensi browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Kendala akses Telegram sangat mungkin terjadi terutama jika yang membuka video Telegram di browser menggunakan versi ekstensi yang lama. Coba cek kembali apakah ekstensi browser tersebut masih berlaku atau malah membutuhkan pembaruan segera. Biasanya, ada notifikasi jika browser tidak bisa digunakan sementara karena memerlukan update.

Izinkan akses di Telegram

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Sebelum memulai akses aplikasi dan media video Telegram, ada baiknya jika Anda senantiasa memastikan kembali apakah fitur perizinan pada aplikasi tersebut sudah terpasang dengan baik. Umumnya hal ini dapat dicek langsung pada pengaturan izin di Setting handphone., baik itu akses kamera, galeri, hingga kontak.

Ganti koneksi internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Beberapa pengguna sering kali mengeluhkan video Telegram tidak bisa diputar padahal ada kuota. Apabila Anda mengalami hal serupa, cobalah untuk mengganti jaringan internet dari satu sumber ke sumber lainnya. Sebagai contoh, dari data seluler ke WiFi dan sebaliknya.

Apabila berhasil akses, maka ada kemungkinan kendala terjadi pada jaringan internet yang sebelumnya, termasuk ketidakstabilan akses. Namun jika masih gagal, Anda dapat mengaplikasikan cara-cara lain yang juga cukup mudah untuk memperbaiki masalah video Telegram yang mengalami kegagalan akses.

Hapus data aplikasi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Menghapus riwayat data pada aplikasi juga bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat memori penyimpanan menjadi lebih lega. Hal ini tentunya akan membuat aplikasi yang terkendala menjadi lebih mudah diakses kembali. Menghapus data aplikasi dari media atau file yang tidak terpakai dapat dilakukan langsung lewat pengaturan masing-masing aplikasi

Menghapus data browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Untuk yang nonton di video Telegram di browser, coba pastikan kembali apakah ada banyak riwayat pencairan browser yang menumpuk. Penumpukan ini tentu akan membuat browser bekerja lebih ekstra sehingga perlu dihapus. Dengan begitu, Telegram versi web juga akan lebih cepat diakses seperti sediakala.

Mengganti akses browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Buat Anda yang masih tidak bisa nonton video di telegram di browser, cobalah terlebih dahulu untuk mengganti browser yang sedang digunakan. Sebagai contoh jika saat ini menggunakan browser Firefox, cobalah menggunakan Chrome, Ms. Edge, dan sebagainya. Jika browser tersebut bermasalah, tentu penggantian browser bisa menjadi salah satu solusi.

Menghapus file yang jarang dipakai

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Anda juga perlu menghapus file yang memang jarang digunakan, baik yang berupa media, file, hingga foto-foto. Selain memberi efek lega pada memori, cara ini juga dapat membuat beberapa fitur pada aplikasi yang terkendala menjadi lancar diakses lagi.

Bersihkan cache dan cookies

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Fitur cookie dan cache memang dapat menampung file dan data yang tidak terpakai. Namun, hal ini bisa membuatnya menjadi penuh sehingga akses ke aplikasi menjadi lambat. Video yang ada pada Telegram menjadi tidak dapat diputar secara maksimal sehingga cache dan cookies ini perlu dibersihkan secara berkala.

Pakai VPN atau DNS Resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Video Di Telegram Tidak Bisa Diputar 2022

Pemblokiran akun sering kali terjadi pada akun telegram yang bermasalah. Padahal, akun tersebut mempunyai banyak anime, drama, film, dan video lainnya yang menarik untuk ditonton. Jika mendapati salah satu channel yang bermasalah, Anda juga dapat menggunakan VPN atau DNS Resolver ini untuk membuka channel tersebut kemudian melakukan back-up video yang diinginkan.

Daftar vpn untuk masalah video telegram yang perlu dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS untuk masalah Video telegram yang perlu Dicoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Install ulang aplikasi

Satu lagi cara yang bisa dibilang sebagai cara terakhir untuk mengatasi kendala video telegram yang tidak dapat diputar, yakni menginstal ulang aplikasi tersebut. Dengan install ulang, semua data biasanya akan hilang, namun setidaknya Telegram Anda bisa normal kembali dan Anda juga bisa akses video lain sesuai keinginan.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi video di Telegram jadi tidak bisa diputar karena berbagai penyebab. Nah, semoga informasi ini bermanfaat, selamat mencoba!

Bagikan:

Tinggalkan komentar