Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Menjadi Lemot

Hampir sebagian besar masyarakat tanah air menggunakan WA untuk komunikasi. Pengguna aplikasi media sosial ini beberapa kali dihadapkan dengan gangguan seperti WA loading terus dan chat yang bergambar jam. Aplikasi yang lemot ini tentunya dapat mengganggu aktivitas pengguna.

Penyebab WhatsApp Lemot

Akses WhatsApp yang lemot dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari server, jaringan internet, aplikasi, dan lain sebagainya. Berikut beberapa penyebab paling umum mengapa WA lemot dan cara mengatasinya.

Server WhatsApp down

Penyebab Dan Cara Mengatasi Whatsapp Menjadi Lemot 2022

Server down dapat terjadi saat dilakukan maintenance atau perbaikan jaringan. Pada saat server pusat down, maka aplikasi WA tidak bisa diakses. Pengguna pun tidak bisa membuka WA dan chat WA jadi tidak bisa dilihat untuk sementara waktu.

Gangguan pada jaringan pusat WA ini bahkan pernah beberapa kali menjadi trending topik. Biasanya gangguan untuk membuka WhatsApp akan dialami oleh semua pengguna.

Cek server whatsapp down atau tidak.

Jaringan internet lambat dan tidak stabil

Aplikasi chatting ini sebenarnya cukup ringan dan tidak membutuhkan banyak data internet untuk membukanya. Namun jaringan internet yang lambat dan tidak stabil dapat membuat akses ke aplikasi WhatsApp menjadi tidak lancar.

Kecepatan saat mengakses WhatsApp akan terasa lebih lama dari biasanya. Apalagi untuk membuka file media seperti chat foto dan video yang akan semakin berat.

Aplikasi WhatsApp galat

Jika bukan karena server dan jaringan internet, maka penyebab akses WA yang lambat bisa berasal dari aplikasi yang digunakan. Mungkin pengguna mengakses WA melalui aplikasi galat sehingga banyak error atau masalah.

Aplikasi galat menjadi penyebab WhatsApp jadi lemot atau bahkan tidak bisa berjalan dengan baik. Masalah error ini membuat pengguna kesulitan untuk sekadar membuka pesan teks biasa.

Aplikasi WhatsApp belum diupdate

Salah satu faktor WA lemot adalah aplikasi yang digunakan sudah lawas. Pihak developer tentunya akan melakukan pembaruan WhatsApp untuk memberikan pengalaman terbaik untuk para penggunanya.

Update biasanya berisi pembaruan fungsi atau perbaikan dari masalah yang ada di versi pendahulunya. Menggunakan versi yang usang mungkin dapat menyebabkan gangguan untuk pengguna membuka WhatsApp.

Data WhatsApp banyak menumpuk

Aplikasi yang berjalan akan menambah penyimpanan data semakin banyak. Data WhatsApp yang menumpuk dapat menjadi salah satu faktor penyebab aplikasi ini lemot. Akses untuk membuka aplikasi dan chat akan lebih lama dari biasanya.

Data WhatsApp ini akan tersimpan di RAM dan penyimpanan internal. Semakin banyak penyimpanannya, kinerja perangkat akan semakin berat sehingga untuk membuka aplikasi menjadi lebih lambat.

Banyak aplikasi yang dibuka

Smartphone yang digunakan untuk membuka banyak aplikasi akan bekerja lebih keras. Selain membuat perangkat cepat panas, hal ini juga dapat menyebabkan aplikasi tidak berjalan lancar.

Jika dicek WhatsApp pending tapi internet lancar, maka kemungkinan perangkat yang bekerja terlalu berat dengan banyaknya aplikasi yang dibuka atau multitasking. Apalagi jika aplikasi yang dibuka adalah aplikasi-aplikasi online yang menggunakan internet.

File yang jarang dipakai menumpuk

Masalah loading WA yang lambat juga bisa disebabkan karena banyaknya file yang jarang dipakai. Kebanyakan pengguna memang tidak terlalu memperdulikan dan hanya membiarkan file tersebut tetap ada di penyimpanan internal.

Padahal jika data menumpuk dan penyimpanan internal hampir penuh, beberapa aplikasi mungkin tidak bisa berjalan dengan lancar. Ruang penyimpanan yang terlalu penuh juga dapat membuat fungsi atau kinerja perangkat terganggu.

Download aplikasi WhatsApp yang tidak resmi

Pada aplikasi resmi saja masih bisa ditemukan masalah atau error, apalagi untuk aplikasi WhatsApp yang tidak resmi. Penyebab WhatsApp connection terus yang bukan disebabkan server atau koneksi internet, kemungkinan karena aplikasi yang digunakan bukan dari developer resmi.

Pengguna memang dapat mendownload aplikasi dari berbagai sumber. Namun download aplikasi yang tidak resmi memiliki risiko seperti aplikasi error dan tidak bisa dibuka.

Dikirim virus WhatsApp

Jika pengguna tidak bisa membuka WhatsApp padahal tidak terlihat ada masalah, bisa dicurigai ada virus di aplikasi atau perangkat yang membuat aplikasi-aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Virus WhatsApp dapat diperoleh dari link mencurigakan yang diklik atau download aplikasi yang berisi malware. Selain mengganggu akses WhatsApp, virus juga menjadi ancaman yang dapat mematikan kinerja perangkat.

Adapun virtex WA yang merupakan Virus whatsapp yang membuat korban tidak bisa membuka chat.

Cara Mengatasi WhatsApp Lemot

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, berikut cara mengatasinya;

Tutup aplikasi yang sedang berjalan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Whatsapp Menjadi Lemot 2022

Aplikasi yang tidak berjalan lancar dapat membuat pengguna kesulitan karena chat WA jadi tidak bisa dilihat atau butuh loading yang lama. Cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menutup aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan.

Aplikasi yang terus berjalan di belakang layar dapat menggunakan jaringan internet tanpa henti. Tutup semua aplikasi tersebut sehingga hanya membuka WhatsApp tanpa harus berbagi jaringan internet.

Paksa berhenti WhatsApp lalu buka kembali

Penyebab Dan Cara Mengatasi Whatsapp Menjadi Lemot 2022

Siapa yang tidak kesal saat ingin berbalas pesan atau telephone melalui WhatsApp, tetapi WA hang dan tidak bisa diklik sama sekali. Salah satu cara mengatasi error tersebut adalah dengan menutup paksa aplikasi.

Keluar langsung ke halaman depan dan menutup aplikasi WhatsApp untuk kemudian dibuka kembali setelah beberapa saat. Biasanya cara ini cukup manjur untuk membuat aplikasi kembali normal dan lancar.

Restart HP

Penyebab Dan Cara Mengatasi Whatsapp Menjadi Lemot 2022

Jurus ampuh untuk mengatasi berbagai masalah termasuk WhatsApp pending tapi internet lancar adalah dengan restart HP. Restart akan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan di perangkat dan mengembalikan WA yang lemot menjadi normal.

Restart HP tidak hanya untuk mengatasi WA yang lambat tetapi juga masalah-masalah ringan lainnya pada smartphone. Kinerja smartphone dapat kembali lancar termasuk untuk mengakses WhatsApp.

Update aplikasi WhatsApp

Penyebab Dan Cara Mengatasi Whatsapp Menjadi Lemot 2022

Coba cek aplikasi yang digunakan apabila mendapati kendala membuka WhatsApp lemot. Pengguna dapat melihat apakah sudah ada versi pembaruan atau belum. Update aplikasi bisa menjadi solusi untuk WhatsApp yang lambat atau lemot.

Update aplikasi akan memberikan pengguna akses menu dan fitur-fitur terbaru. Pengguna juga bisa mengatur update otomatis sehingga aplikasi WhatsApp akan langsung diupdate apabila sudah ada versi terbarunya.

Dan berikut cara update aplikasi di google play store.

Ganti jaringan internet yang lancar

Penyebab Dan Cara Mengatasi Whatsapp Menjadi Lemot 2022

Jika menemukan kondisi WhatsApp connection terus, ada kemungkinan jaringan internet yang digunakan tidak stabil. Solusinya adalah mengganti jaringan internet yang lebih lancar dan stabil sehingga akses WA tidak lambat.

Apabila menggunakan data seluler terlalu lambat, pengguna bisa beralih ke jaringan wifi yang biasanya lebih stabil. Jaringan internet yang lebih baik akan mengembalikan kecepatan akses WA menjadi lancar.

Hapus data di aplikasi WhatsApp

Penyebab Dan Cara Mengatasi Whatsapp Menjadi Lemot 2022

Jika kendalanya ada di penyimpanan, maka solusinya adalah menghapus data yang ada di aplikasi WA sehingga tidak menumpuk. Pengguna dapat menghapus cache yang lebih aman tanpa harus logout atau keluar dari akun WA.

Namun jika masih lambat, semua data di aplikasi WA sebaiknya dihapus dengan backup data terlebih dahulu. Aplikasi akan kembali bersih dan lancar tetapi harus dengan login ulang.

Tutorial untuk menghapus data:

Hapus file yang jarang dipakai

Penyebab Dan Cara Mengatasi Whatsapp Menjadi Lemot 2022

Masalah WA hang karena penyimpanan yang penuh sering dialami oleh banyak pengguna. Menghapus beberapa file yang jarang dipakai dapat memberikan sedikit ruang penyimpanan sehingga aplikasi dapat berjalan lancar.

Kurangi beban pada penyimpanan internal dengan menghapus gambar, video, audio, atau dokumen yang tidak penting dan jarang dipakai. Pilih file untuk dihapus sehingga ruang penyimpanan tidak terlalu penuh dan WA kembali lancar.

Hapus aplikasi yang tidak diperlukan

Dari pada menumpuk dan membuat aplikasi berjalan lambat, sebaiknya aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan segera dihapus. Uninstall aplikasi yang ada di smartphone yang tidak pernah digunakan.

Ruang penyimpan pun akan lebih banyak tersisa dengan mengurangi file aplikasi sampah. Kinerja perangkat akan kembali lancar dan kecepatan untuk mengakses WhatsApp tidak lagi lambat. Pengguna bisa kembali berkirim pesan dengan normal.

Gunakan VPN atau DNS resolver

Penyebab Dan Cara Mengatasi Whatsapp Menjadi Lemot 2022

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi WA error seperti chat WA jadi tidak bisa dilihat atau aplikasi lambat saat dibuka adalah melalui VPN atau DNS resolver. Gunakan yang terpercaya untuk membuka WA.

VPN ini sudah sering digunakan untuk mengakses situs yang lebih aman dan private. Kecepatan akses yang lebih tinggi juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah WA.

Dan berikut vpn terbaik di hp android dan pengubah dns terbaik di hp.

Update OS Handphone ke yang Terbaru

Penyebab Dan Cara Mengatasi Whatsapp Menjadi Lemot 2022

Terkadang, berbagai permasalahan yang terjadi pada hp termasuk pada aplikasi-aplikasi yang tidak berfungsi dengan normal adalah karena sistem operasi hp yang sudah usang. Alangkah baiknya segera update ke sistem operasi yang paling terbaru untuk perbaikan sistem keamanan dan juga bug.

Update OS juga dapat mengatasi virus text Whatsapp atau biasa disebut juga Virtex WA.

Lapor ke layanan CS

Jika sudah dilakukan semua cara-cara diatas dan masih error, maka solusi terakhir adalah dengan menghubungi pihak customer service. Hubungi layanan CS untuk mendapatkan solusi terbaik mengatasi WA yang lambat dan sulit diakses.

Petugas CS biasanya akan membantu untuk menemukan penyebab dari kegagalan mengakses aplikasi. Setelah itu, bisa dilakukan tahap selanjutnya untuk mengatasi error tersebut sesuai yang diperlukan.

Untuk melaporkan masalah ini bisa melalui: https://www.whatsapp.com/contact/?subject=messenger

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi aplikasi WA yang loading lambat alias lemot. Pilih cara yang diperlukan untuk membuka WhatsApp yang lemot sesuai dengan penyebabnya. Pengguna bisa mencoba satu-satu cara di atas untuk mengembalikan aplikasi agar berjalan lancar.

Tinggalkan komentar