18 Aplikasi Astronomi Android Terbaik Untuk Melihat Langit

Astronomi merupakan salah satu bidang yang memiliki banyak peminat. Dulu, untuk mempelajari ilmu Astronomi dibutuhkan alat-alat khusus dengan harga yang tidak murah. Namun dengan berkembangnya teknologi saat ini, Anda bisa mempelajarinya dengan mudah melalui aplikasi Astronomi.

Setidaknya ada beberapa aplikasi yang bisa diunduh dan diinstall untuk selanjutnya Anda gunakan dalam mempelajari langit dan isinya. Beberapa aplikasi bahkan bisa Anda dapatkan dengan gratis dan tersedia secara bebas.

Langsung saja, berikut beberapa aplikasi astronomi untuk pecinta langit:

Planet Position

Planet Position merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda untuk menghitung posisi planet berdasarkan lokasi di Bumi. Aplikasi ini paling cocok untuk Anda yang hobi berhitung sekaligus tertarik dengan dunia Astronomi.

Sky Map

Sky Map merupakan aplikasi selanjutnya yang bisa Anda install jika ingin belajar tentang Astronomi. Sesuai namanya, aplikasi ini akan memberikan informasi kepada Anda mengenai bagian langit yang sedang dilihat.

Aplikasi ini dapat membantu Anda mengidentifikasi objek langit dengan cepat. Anda yang memiliki rasa penasaran tinggi terhadap objek-objek langit wajib menginstall aplikasi Sky Map.

Astronomy Picture of the Day (APOD)

Mereka yang menggemari Astronomi dan ruang angkasa biasanya hobi mengoleksi gambar-gambar indahnya. Jika Anda merupakan salah satu dari penggemar gambar-gambar ruang angkasa, maka aplikasi Astronomy Picture of the Day wajib dimiliki.

Melalui aplikasi APOD Anda bisa mendapatkan gambar ruang angkasa terbaru yang dirilis oleh NASA setiap harinya. Gambar-gambar yang telah Anda download bisa dijadikan koleksi, dicetak, atau dijadikan wallpaper gadget.

SkEye

SkEye menjadi salah satu aplikasi terbaik yang bisa Anda jajal ketika ingin belajar Astronomi. Aplikasi ini merupakan planetarium virtual yang dapat Anda pakai sebagai panduan Pushto untuk alat seperti teleskop.

Anda bisa merasa akrab dengan ilmu Astronomi jika menggunakannya karena ada berbagai hal menarik yang bisa dilakukan. SkEye memungkinkan Anda untuk dapat mengidentifikasi rasi bintang, bintang, serta benda langit lainnya dari katalog Messier dan NGC.

Star Chart

Untuk Anda yang hobi mengunjungi planetarium, aplikasi ini mungkin bisa dijadikan aplikasi favorit. Dengan Star Chart, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu, tenaga, dan uang untuk mengunjungi planetarium.

Anda bisa melihat benda langit dengan mudah dari rumah saja. Aplikasi ini merupakan aplikasi Android sehingga bisa dilihat kapan saja disaat Anda ingin menikmati ruang angkasa dengan lebih praktis.

ISS Detector

Sedikit berbeda dari aplikasi lainnya, ISS Detector ini juga menjadi aplikasi wajib bagi pencinta Astronomi. Aplikasi ini dapat membantu Anda menemukan waktu dan lokasi untuk mencari Flare Iridium dan International Space Station secara tepat.

Anda akan mendapatkan pemberitahuan beberapa saat sebelum ISS mendekat. Aplikasi ini mampu membaca serta memeriksa kondisi cuaca yang ada sehingga dapat menentukan titik ISS dengan lebih akurat.

Stellarium Mobile Sky

Stellarium Mobile Sky merupakan aplikasi planetarium virtual yang menghadirkan beragam fitur menarik. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melihat peta realistis malam dalam bentuk 3D seperti ketika menggunakan alat teropong, teleskop, atau mata telanjang.

Stellarium Mobile memiliki fitur yang cukup menarik yaitu kontrol sensor. Fitur tersebut membuat Anda dapat mengidentifikasi berbagai objek langit hanya dalam waktu beberapa detik saja. Anda yang suka Astronomi pasti akan sangat terbantu dengan adanya Stellarium Mobile ini.

Heavens-Above

Heavens-Above berguna untuk memberikan berbagai informasi mengenai antariksa. Anda dapat melihat berbagai objek langit melalui aplikasi ini seperti planet, bintang, satelit, rasi bintang, dan benda langit lainnya.

Menjadi salah satu aplikasi Astronomi terbaik, Space Junk Pro memiliki beberapa mode yang bisa Anda gunakan. Mode tersebut diantaranya yaitu Modus EarthView, Skyview Modus, dan beberapa mode lainnya.

Real telescope pro

real telescope pro merupakan aplikasi Android yang dapat dengan mudah Anda install di smartphone. Dengan aplikasi ini, Anda akan memiliki pengalaman yang berbeda dalam menjelajah ilmu Astronomi sehingga semakin menarik untuk diketahui.

Cara menggunakan real telescope pro yaitu dengan mengarahkan smartphone yang sudah terinstall aplikasi ke arah langit. Berbagai benda langit seperti bintang, rasi bintang, dan planet dapat dilihat dengan jelas.

Celestron SkyPortal

Celestron SkyPortal merupakan aplikasi peta langit yang dibuat dan dikembangkan oleh Celestron. Setidaknya ada lebih dari 200 gugus bintang, 120.000 bintang, galaksi, nebula, komet, asteroid, satelit buatan, hingga ISS yang bisa Anda temukan di aplikasi ini.

Segala hal yang Anda butuhkan untuk menikmati objek langit di malam hari dapat Anda temukan di aplikasi Celestron SkyPortal. Yang lebih istimewa, aplikasi ini dapat terhubung dengan teleskop WiFi Celestron asalkan kompatible.

Skysafari Pro

Skysafari Pro dapat menggantikan software Astronomi yang ada pada desktop Anda dengan baik. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menjelajah antariksa melalui Bumi ataupun tempat lainnya di galaksi Bima Sakti. Jika Anda menyukai Astronomi, aplikasi Skysafari Pro wajib dimiliki.

SkyView Lite

Meskipun menggunakan nama Lite namun perangkat lunak Astronomi ini memiliki fitur yang cukup menarik. Night Sky Lite memiliki fitur yang berbeda dengan aplikasi lainnya sehingga membuatnya wajib untuk Anda miliki.

Salah satu fitur terbaiknya yaitu Night Sky Condition yang dapat membantu mengetahui kondisi cuaca malam di tempat Anda saat ini. Selain itu, terdapat fitur Earth View 3D untuk menjelajah Bumi dengan tampilan tiga dimensi serta melihat posisi satelit.

Star Walk 2

Stalk Walk 2 merupakan aplikasi yang mudah dan cukup sederhana sehingga bisa digunakan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Aplikasi peta planet dan peta bintang ini biasa digunakan professional maupun pemula untuk belajar ilmu Astronomi.

Guru yang sedang mengajarkan sains juga bisa menggunakan Star Walk 2 sebagai alat bantu pengajaran. Aplikasi ini memiliki grafis yang baik namun dengan memori yang tidak terlalu besar sehingga layak menjadi aplikasi terbaik.

NASA App

Bagi Anda yang menyukai Astronomi pasti tidak asing lagi dengan organisasi NASA. Tidak mau kalah dengan developer lain, NASA juga mengeluarkan software Astronomi yang bisa Anda install melalui smartphone Android. Aplikasi tersebut diberi nama NASA App.

Dengan menginstall NASA App, Anda dapat mengetahui berita terbaru seputar NASA mulai dari misi yang dilakukan hingga update gambar terbaru. Selain itu, Anda juga bisa streaming NASA TV dan melihat orbit satelit tracker dari Bumi dan ISS.

Satellite AR

Satellite AR menjadi aplikasi yang harus Anda miliki selanjutnya jika ingin mengetahui dan belajar mengenai antariksa. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang suka melakukan observasi dan ingin mengetahui jalur satelit beserta objek yang ada di sekitarnya.

Dengan menggunakan Satellite AR Anda bisa tahu dimana letak satelit yang mengorbit ke Bumi beserta dengan jalur yang dilalui. Pengetahuan tersebut cukup menarik untuk Anda yang menyukai Astronomi.

SkyORB

Dengan aplikasi SkyORB, Anda bisa melihat tampilan planet dan bintang dalam bentuk tiga dimensi. Tampilan tersebut memberikan pengalaman yang lebih baik ketika Anda menjelajah planet-planet dalam tata surya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat tampilan langit tiga dimensi secara realtime menggunakan gyroscope dan kompas. Selain planet dan langit, benda langit lain yang dapat Anda lihat secara 3D diantaranya adalah cuaca, satelit, komet, dan benda langit lainnya.

Planetarium

Planetarium merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai informasi mengenai tata surya mulai dari planet, matahari, dan bulan. Berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini bisa menampilkan jarak antara bumi dengan bulan dan matahari dengan planet-planet.

Pocket Planets

Pocket Planets merupakan aplikasi yang bisa menyediakan tampilan 3D selain aplikasi SkyORB. Segala hal dalam tata surya dapat Anda lihat dalam bentuk tiga dimensi sehingga menampilkan kesan yang lebih nyata.

Berbagai benda dan objek langit bisa Anda lihat dalam bentuk 3D melalui aplikasi ini. Contoh benda langit tersebut seperti matahari, planet, dan 200 objek lainnya.

Itulah beberapa aplikasi Astronomi yang dapat membantu Anda untuk mempelajari langit dan bintang-bintang lainnya. Dengan aplikasi tersebut Anda tidak perlu lagi mencari informasi seputar Astronomi dengan biaya yang mahal. Semoga informasi tersebut membantu Anda untuk lebih mudah dalam belajar Astronomi.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *