Aplikasi Cari Apartemen: Sewa, Booking, dan Beli Android

Mencari apartemen untuk disewa bukan persoalan yang mudah. Jika tidak memanfaatkan aplikasi cari apartemen, akan banyak waktu yang terbuang. Karena yang dilakukan tidak hanya sekedar menemui agent properti yang mengelola sebuah apartemen, tapi harus didahului dengan melakukan survei terhadap apartemen yang akan dijadikan tempat tinggal.

Survey wajib dilakukan untuk mengetahui jauh-tidaknya apartemen dengan tempat kerja, strategis atau tidak lokasinya, apa saja fasilitas yang disediakan, nyaman atau tidak untuk dijadikan hunian, apakah harga sewa sesuai dengan budget yang tersedia, dan berbagai pertimbangan lain sebelum membuat keputusan.

Jika survey tersebut dilakukan dengan datang langsung ke lokasi, bisa dibayangkan, berapa banyak waktu yang harus dihabiskan untuk berkunjung dari satu apartemen ke aparteman lain sebelum menemukan apartemen yang cocok.

Disinilah peran aplikasi cari apartemen sangat dibutuhkan. Dengan hanya membuka laptop atau memanfaatkan smartphone, calon penyewa sudah dapat melakukan survey secara online dengan cara melihat deskripsi lengkap dari apartemen-apartemen yang ada, lalu membandingkan satu dengan yang lain, baru kemudian mengambil keputusan.

Diantara sekian banyak aplikasi yang ada …

Berikut aplikasi cari apartemen di hp android untuk yang sedang mencari hunian:

Sewalaku

Platform online berbasis website dan mobile application ini dibangun oleh CV Mulya Perkasa yang beralamat di JL. Singo Joyo No.1 Malang, Jawa Timur yang dirilis pada 4 juli 2017. Tampilan website dan aplikasinya relatif sederhana namun memiliki fitur yang lengkap dan mudah dioperasikan.

Sewalaku sebenarnya bukan aplikasi cari apartermen yang spesifik atau dibuat khusus untuk memberikan informasi tentang penyewaan apartemen, melainkan sewa menyewa berbagai macam kebutuhan. Oleh sebab itu terdapat beberapa kategori yang bisa dipilih oleh pengguna.

Beberapa kategori tersebut diantaranya adalah kategori Properti, Mobil, Kendaraan Barang, Kendaraan lainnya, Alat Proyek, Alat Kantor, Alat Pesta, Jasa dan kategori Lain-lain.

Untuk mencari tempat penyewaan apartemen dapat dilakukan dengan mengklik Property dan selanjutnya pengguna akan dibawa ke 10 pilihan sub kategori, salah satu diantaranya adalah sewa apartemen.

Meski hanya merupakan sub kategori, tapi jangan khawatir karena informasi yang diberikan terbilang lengkap dan meliputi berbagai wilayah di Indonesia, seperti sewa apartemen Jakarta Barat, sewa apartemen Surabaya dan apartemen di daerah-daerah lainnya.

Rumah (rumah.com)

Didirikan pada bulan Desember 2015 oleh Yohanes Aristianto, rumah.com mengalami perkembangan yang sangat signifikan, sehingga dalam kurun waktu enam tahun sudah mampu menjaring 10.000 agen properti serta menghadirkan listing properti sebanyak 330.000 listing.

Hal inilah yang membuat PropertyGuru, sebuah perusahaan properti asal Singapura mengakuisisi rumah.com pada tahun 2011 dan menjadikannya sebagai portal properti terbesar di Indonesia.

Hadir dalam bentuk website dan aplikasi mobile, rumah.com bisa dijadikan alternatif oleh mereka yang ingin memanfaatkan aplikasi cari apartemen, karena informasi yang disuguhkan terbilang lengkap untuk urusan yang terkait dengan properti.

Bahkan, portal ini bisa dijadikan sebagai sumber belajar dan bahan rujukan bagi mereka yang ingin berinvestasi di sektor properti atau mereka yang hanya sekedar ingin menjual, membeli atau menyewa properti dengan harga sesuai pasar.

Karena rumah.com menghadirkan fitur tampilan kalkulator KPR, grafik trend properti, berita yang terkait dengan properti serta forum diskusi bagi pengguna yang ingin berbagi pengetahuan tentang properti.

99.co Indonesia

Manfaatkan situs 99.co sebagai aplikasi sewa apartemen bulanan atau tahunan karena listing apartemen yang dimiliki situs properti asal Singapura yang berdiri sejak tahun 2014 ini relatif lengkap dan menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

Meski berkantor pusat di Singapura, salah satu aplikasi untuk cari apartemen ini memiliki data yang lengkap perihal properti di Indonesia karena sejak tahun 2016 sudah menancapkan kakinya di Indonesia lewat 99.co Indonesia.

Bahkan sebelum membuka layanan di Indonesia, 99.co sejak tahun 2015 telah mengawalinya dengan serangkaian riset dan analisis mengingat pasar properti di Indonesia memiliki populasi yang sangat besar serta permintaan yang cukup tinggi terutama dari kalangan millennial.

Berbeda dari aplikasi cari apartemen yang lain, 99.co hadir dalam dua wajah, yaitu situs yang diperuntukkan bagi konsumen serta aplikasi Android yang digunakan khusus untuk agen properti.

Situs untuk para konsumen dihadirkan dengan tampilan dan fitur-fitur yang hampir sama dengan 99.co singapura, seperti fitur perbandingan produk sejenis, pencarian berdasarkan peta serta live chat dengan concierge officer.

Sedangkan untuk aplikasi Android, sebenarnya dapat diunduh oleh siapapun, namun terdapat pembatasasn fitur jika digunakan oleh konsumen atau mereka yang bukan agen. Sedang untuk agen terdapat tambahan fitur berupa broadcast message ke sejumlah platform, informasi mengenai komisi yang diperoleh, serta fitur live chat dengan concierge officer.

Rumah 123

Menghadirkan lebih dari 140.000 listing properti mulai dari tanah, rumah, ruko, villa dan juga apartemen, baik yang dijual maupun disewakan, menjadikan Rumah 123 layak dijadikan aplikasi untuk cari apartemen karena dipastikan dapat memenuhi apa yang dibutuhkan mereka yang sedang mencari hunian.

Situs yang didirikan pada bulan Maret 2007 ini diakuisisi oleh sebuah perusahaan property asal Malaysia, iProperty, pada tahun 2011 dan menjadi bagian dari REA Group yang tercatat di ASX REA (Bursa Efek Australia).

REA sendiri merupakan situs web terkemuka di Australia yang bergerak di bidang properti yang memiliki kepemilikan saham di China lewat myfun,com, di India lewat Prop tiger dan dai Amerika Serikat lewat Move,Inc.

Sehingga bisa dibilang Rumah 123 merupakan bagian dari jaringan properti raksasa yang merambah kebutuhan properti tidak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri.

Selain memiliki kantor pusat di Jakarta, aplikasi cari apartemen yang satu ini juga membuka kantor cabang di sejumlah kota besar di Indonesia, seperti Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Bali, Makassar dan Balikpapan.

Itu sebabnya informasi yang dihadirkan terkait properti tidak hanya lengkap tapi juga akurat. Pengguna juga disuguhi dengan beragam fitur yang menarik, seperti Berita Properti, Kalkulator KPR, News Allert serta Email Alert untuk membantu pencarian properti.

Selain dapat diakses melalui website, Rumah 123 juga menyiapkan aplikasi iOS dan Android bagi pengguna smartphone untuk mempermudah akses dimanapun dan kapanpun. Selain itu terdapat pula Direktori Agen Properti bagi konsumen yang membutuhkan bantuan profesional.

Travelio

Diantara sekian banyak aplikasi cari apartemen yang ada di Indonesia, Travelio bisa dibilang yang paling banyak dikunjungi oleh mereka yang sedang mencari apartemen, meski Travelio sendiri tidak khusus memberikan pelayanan sewa apartemen, tapi menyeluruh seputar properti, seperti rumah, hotel, villa serta yang lain.

Banyaknya pencari apartemen yang menjadikan Travelio sebagai rujukan disebabkan karena perusahaan yang didirikan Christina Suriadjaya pada tahun 2015 ini, melalui travelio apartemen menggandeng sejumlah perusahaan properti yang mengelola apartemen.

Sehingga ada kemudahan dan layanan khusus bagi pencari apartemen jika memanfaatkan Travelio. Salah satu dari kemudahan tersebut adalah penyewa dapat secara instan menyewa apartemen tanpa terlebih dahulu membuat perjanjian dengan pemilik apartemen jika melalui travelio apartemen.

Penyewa tidak perlu repot untuk melakukan survey apartemen secara langsung, karena portal ini menyediakan kamera 360, sehingga penyewa bisa langsung melihat kondisi unit apartemen secara menyeluruh meskipun berada di tempat yang berbeda. Selain itu transaksi bisa dilakukan secara online sehingga mempermudah dan mempercepat proses sewa apartemen.

Demikian 5 aplikasi cari apartemen yang bisa dipilih untuk mendapatkan hunian sebagaimana yang diharapkan. (*)

Give a Comment