Download dan Cara Instal Aplikasi Dapodik Data Dikdasmen

Ingin tahu langkah instal aplikasi dapodik versi 2020 data.dikdasmen.kemdikbud.go.id yang sangatlah mudah? Artikel ini akan memberikan informasi lebih detailnya untuk Anda.

Sekarang ini dapodikdasmen dimanapun tentunya sedang merilis aplikasi versi 2020 semester 1 tahun ajaran 2019/2020.

Biasanya ketika aplikasi tersebut baru muncul maka akan menimbulkan permasalahan yaitu para operator dapodikdasmen akan kesulitan dalam mendownload aplikasi tersebut.

Bagi Anda yang merasa kesulitan maka ketahui langkah instal aplikasi dapodik versi 2020 dalam penjelasan di bawah ini.

Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik 2020

Sebelum menginstall aplikasi dapodik maka Anda memang harus melakukan berbagai persiapan terlebih dahulu pastinya, hal tersebut dilakukan agar proses download dapat berhasil 100%. Ini dia beberapa persiapan yang harus Anda lakukan.

Simpan Email, kode registrasi, dan password.

Sebelum menginstall aplikasi dapodik maka Anda memang harus memastikan bahwa sudah menyimpan email, kode registrasi, dan passwordnya.

Oleh karena itu, suser id dapodik sudah tersipan dengan rapi yang dapat digunakan ketika registrasi online untuk mendownload profil dapodikdasmen.

Lakukan update browser

Anda menggunakan browser untuk menginstall aplikasi dapodik 2010? Sebelum menginstal aplikasi tersebut maka sangat disarankan untuk mengupdate terlebih dahulu browser crome, mozila, opera mini atau browser lainnya yang akan memudahkan dalam membuat proses instalasi aplikasi tersebut berhasil dodownload.

Update Antivirus

Langkah instal aplikasi dapodik versi 2020, Anda juga harus mengupdate antivirus agar tidak terjadi kegagalan saat proses instalasi aplikasi dapodikdasmen. Ketahuilah bahwa ada beberapa file instaler dapodikdasmen yang dianggap sebagai virus sehingga membutuhkan adanya aplikasi antivirus.

Lakukan uninstal aplikasi dapodikdasmen versi lama

Sebelum mengisntall dapodikdasmen terbaru tahun ajaran 2020 maka Anda disarankan untuk mendownload aplikasi sebelumnya yaitu dapodikdasmen semester 1 tahun pelajaran 2019/2020.

Nah, Anda dapat mendownloadnya langsung pada alamat link dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan kemudian pilihlah versi yang terakhir. Setelah itu, Anda bisa langsung melakukan download data yang terdapat pada prefill: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan#collapse01

Langkah-langkah Instal Dapodikdasmen Versi 2020

Apabila beberapa persiapan dalam paragraf di atas sudah selesai dilakukan maka selanjutnya Anda bisa langsung melanjukan langkah instal aplikasi dapodik versi 2020 dapodikdasmen versi 2020 yang hanya bisa dilakukan dalam waktu sekitar 15 menit saja.

Anda bisa menyiapkan file instaler yang sudah diunduh atau bisa klik disini untuk download installer aplikasi dapodik versi 2020.

Klik Ganda File Installer

langkah instal aplikasi dapodik versi 2020 yang harus Anda lakukan untuk mendownload aplikasi dapodik versi 2020 yaitu bisa langsung klik ganda file installer atau klik kanan kemudian pilih tombol run administrator.

Setelah itu, akan muncul security warning kemudian bisa langsung tekan yes.

Apabila Anda masih menggunakan komputer dengan sistem operasi windows maka bisa melanjutkannya dengan klik runaway maka akan tampil jendela aplikasi kemudian klik lanjutkan.

Klik Setuju

Setelah itu, akan muncul jendela perjanjian dan persetujuan maka Anda bisa langsung klik setuju dan lanjut.

Pilih Lokasi

Langkah instal aplikasi dapodik versi 2020 dilanjutkan dengan memilih jendela, lalu pilih lokasi tujuan dan pilih secara default maka akan otomatis mengarahkan untuk menunjukan lokasi intalasi dapodik.

Contonya yaitu langsung menuju ke folder  C:\Program File(x86)\Dapodik. Setelah itu, Anda bisa langsung pilih lanjut

Pilih Start Menu

Kemudian Anda bisa melanjutkannya tahap dengan memilih folder star menu sehingga secara default sistem akan mengisi data secara otomatis. Anda bisa melanjutkannya dengan klik lanjut.

Setelah itu akan muncul tampilan persiapan untuk memasang aplikasi dapodik kemudian Anda bisa langsung klik pasang untuk menginstall Aplikasi.

Pada gambar di atas proses intalasi sedang berjalan, Anda bisa menunggunya sampai selesai.


Nah, untuk mengakhiri proses installnya maka Anda bisa langsung klik selesai

Setelah selasai maka akan ditandai dengan munculnya ikon aplikasi dapodikdasmen di desktop.

Demikianlah seputar penjelasan mengenai langkah instal aplikasi dapodik versi 2020 yang sangatlah mudah.

Give a Comment