15 Aplikasi Edit Suara Terbaik di PC Komputer/Laptop

Sebuah perekaman suara atau audio biasanya memerlukan sebuah edit dalam berbagai kustomisasi sebelum akhirnya dipublish dalam sebuah cd atau internet.

Edit tersebut dapat berupa memperbaiki kualitas audio, memotong atau menjeda beberapa waktu, mengedit durasi, atau menambahkan background suara.

Disinilah aplikasi edit suara ini bekerja untuk memenuhi beberapa kustomisasi tersebut.

Ada berbagai cara yang dapat kamu gunakan untuk mengedit audio kamu. Di internet pun banyak aplikasi gratis yang dapat kamu gunakan.

Meski banyak aplikasi populer seperti Adobe Audition atau SoundForge misalnya, namun kedua aplikasi tersebut memiliki lisensi yang berbayar, sehingga bila kamu sudah membayar dan kemudian tidak cocok, maka kamu sendiri yang akab rugi.

Berikut yang bisa dicoba aplikasi edit suara rekaman audio di komputer PC/ laptop dengan gratis:

Audacity

Yang pertama ada AudaCity, sebuah software open source yang dapat kamu unduh secara gratis.

AudaCity mendukung banyak format audio seperti MP3, WAV, hingga Ogg. Edit manual seperti memotong, menjeda, mencampur, hingga mengatur volume dapat dengan mudah dilakukan.

Terdapat pula pilihan untuk mengeraskan suara khusus pada salah satu telinga earphone saja, misal ingin suara pada telinga kiri lebih keras, maka ada pilihan L alias Left untuk dikeraskan.

Backsound bawaannya cukup banyak sehingga bisa menjadi pilihan tambahan audio mu.

Power Sound Editor

Selanjutnya ada Power Sound Editor yang merupakan aplikasi edit suara yang dapat kamu coba. Aplikasi ini sudah mendukung pemasangan hingga pada Windows terbaru yakni Windows 10.

Meski berfungsi sebagai edit audio, kamu juga bisa menggunakannya sebagai alat perekam suara untuk tinggi rendahnya volume audio yang kamu rekam.

Penggunaannya pun mudah dan cukup lengkap dalam penambahan editan suara seperti Echo, Chorus, dan lainnya. Power Sound Editor juga memiliki opsi untuk menyimpannya dalam bentuk CD.

Mp3DirectCut

Mp3DirectCut cocok untuk menjadi editor audio bagi kamu yang masih pemula dalam urusan mengedit.

Aplikasinya ringan dan mudah digunakan. Tidak terdapat fitur tambahan, namun untuk memotong, menambah audio, hingga mengatur volume dapat dilakukan.

Dukungan audionya pun cukup beragam, jadi kalian tidak perlu untuk mengubahnya pada jenis file tertentu.

Music Editor Free

MEF alias Music Editor Free dapat kamu gunakan untuk mengedit suara dan audiomu.

Secara navigasi MEF memiliki kemudahan karena seluruh opsinya ditampilkan dalam sebuah toolball, jadi tidak ada yang menggunakan kombinasi keyboard.

Durasi waktu audiomu juga akan terdapat tepat dibawah. Satu hal yang menarik dari.

MEF adalah pilihan efeknya sangat banyak, cocok buat kamu yang ingin memilih-memilih terlebih dahulu. Efeknya dapat berupa suara bergema, bising, hingga suara dobel.

Untuk mendapatknya di sini: music-editor-free.en.uptodown.com/windows

Wavosaur

Wavosaur menjadi aplikasi edit audio gratis dengan fitur yang sangat lengkap. Wavosaur merupakan aplikasi yang didesain khusus bagi kamu yang paham akan audio ataupun musik.

Pengolahan esensial seperti memotong, menyalin, menjeda, dan lainnya sudah pasti ada disini.

Kamu juga bisa menganalisa dua audio sekaligus untuk membuat suara loop. Volume Paper-nya pun terbagi menjadi tiga bagian.

Buat kamu yang mengedit dalam ukuran besar, jangan khawatir terhadap waktu konversi yang lama, karena Wavosaur telah mendukung VST Plugin dan ASIO Driver yang mampu mempercepat proses konversinya.

Traverso DAW

Traverso DAW adalah aplikasi yang sesuai bagi kamu yang senang dengan musik. Tampilannya pun sangat inovatif dengan klip volumenya yang berwarna hijau. Pengguna profesional musik akan senang menggunakan Traverso karena memiliki banyak plugin yang dapat menambah kualitas audionya. Aplikasi ini termasuk open source, dimana kalian dapat mengedit atau mengkustomisasinya dengan mudah.

Ardour

Anda senang bereksperimen dengan musik? Kini kalian dapat melakukannya dengan mudah melalui aplikasi Ardour. Ardour sangat memperhatikan detail-detail kecil yang ada pada musik.

Anda bisa memiliki CD rekaman sendiri dengan kualitas yang sangat baik jika di edit menggunakan Ardour ini.

Fitur yang dimiliki Ardour antara lain pencampuran audio multichannel, edit pada mixer, timecode, serta kontrol yang penuh ada pada penggunanya.

Jadi Anda bisa saja menggabungkan antara dua genre musik yang berbeda, kemudian ditambah dengan suara dari Anda, maka terciptalah sebuah soundtrack yang keren.

Jika kamu paham dengan fitur seperti ProTools, Pyramix, dan Nuendo maka kamu dapat temukan di aplikasi Ardour ini.

Rosegarden

Rosegarden merupakan aplikasi edit suara khusu bagi kamu pengguna Linux. Aplikasi ini mencakup banyak pilihan dalam mengedit keperluan musik.

Bagi kamu yang baru belajar menggunakannya pun tidak akan menemui kesulitan, karena aplikasi ini masih mudah bagi pemula. Tampilan layernya suaranyapun dibedakan dalam beberapa warna, sehingga dapat mengetahui suara mana yang akan kita edit.

Hidrogen

Hidrogen menjadi aplikasi canggih untuk mengedit suara dalan alat drum. Aplikasi khusus Linux ini memiliki tampilan yang sederhana, namun tetap nyaman digunakan. Layernya ditampilkan dalam bentuk kotak-kotak dengan warna biru dan abu-abu.

Untuk web resminya: hydrogen-music.org

WavePad Sound Editor

Wavepad Sound Editor adalah aplikasi edit suara yang cukup populer sejak beberapa tahun yang lalu.

Wavepad dapat mengedit audio dan musik kamu mulai dari memotong, menyisipkan bagian tertentu, mute, dan menambah efek-efek tertentu.

Pilihan efeknyapun tersedia cukup banyak, seperti contohnya gema, mixer, fade in, dan fade out. Ada juga fitur Noise Reduction dimana akan berfungsi untuk mengurangi suara kebisingan dalam audiomu.

WavePad menyediakan cukup banyak format audio seperti flac, mp3, dan ogg.

Bisa dikunjungi di: www.nch.com.au/wavepad/index.html

Sound Engine

SoundEngine merupakan alat edit audio yang saat ini sudah support untuk bahasa Inggris.

Aplikasinya sederhana namun fitur yang disediakan cukup lengkap. Dengan dashboard suara layaknya gelombang, kalian dapat mengetahui dengan mudah tinggi rendahnya volume audio kalian tersebut.

Bisa didapatkan di: https://download.cnet.com/SoundEngine/3000-2170_4-10788276.html

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *