Aplikasi Gempa di Hp Android

Gempa bumi merupakan bencana alam yang sangat mengerikan. Siapapun dari golongan apapun bisa hancur jika terjadi bencana yang satu ini.

Bangunan tinggi dan megah bisa sama-sama hancurnya dengan bangunan biasa. Dan memang, bencana gempa bumi bisa memakan korban yang sangat banyak.

Terlebih lagi di Indonesia yang memang cukup sering terjadi gempa bumi, tentu membuat banyak orang menjadi khawatir.

Jika Anda termasuk orang yang demikian, maka perlu sekali memiliki aplikasi untuk mengecek gempa bumi.

Ya, aplikasi jenis cukup banyak tersedia di portal aplikasi. Namun perlu diketahui sejak awal, hingga saat ini tidak ada aplikasi yang bisa memprediksi adanya gempa bumi.

Gempa bumi hanya bisa diketahui secara pasti besarannya jika sudah terjadi dan bisa diprediksi soal terjadinya tsunami atau tidak.

Namun jika ditanyakan apakah ada aplikasi yang bisa tahu kapan terjadinya gempa bumi, maka hal tersebut jelaslah tidak ada atau belum ada hingga saat ini.

Aplikasi yang tersedia di internet atau diportal aplikasi hanyalah aplikasi yang bisa membuat Anda mengecek adanya gempa bumi agar bisa tanggap cepat dan bisa melakukan apa yang harus dilakukan.

Selain itu, biasanya aplikasi cek gempa bumi ini juga berisi informasi cuaca dan iklim serta kualitas udara.

Jika Anda menemukan iklan adanya aplikasi yang bisa memprediksi adanya gempa bumi dimasa yang akan datang, maka bisa dipastikan hal tersebut adalah palsu.

Hingga saat ini yang tersedia hanyalah aplikasi untuk mengecek gempa bumi bukan aplikasi untuk memprediksi gempa bumi.

Ya, adanya aplikasi yang mengaku bisa memprediksi gempa bumi hanyalah tipuan belaka dan ingin meraup untung.

Namun jika Anda ingin memiliki aplikasi untuk mengecek gempa bumi, ada beberapa aplikasi yang bisa dipilih.

Beberapa aplikasi Gempa dan Tsunami di hp android yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

Info BMKG

Sebagai badan yang memang bertugas memperhatikan kondisi meteorologi dan geofisika tentu saja sangat bisa dipercaya.

Hingga saat ini sudah sangat banyak orang yang memiliki aplikasi resmi dari pemerintah ini. Aplikasi Info BMKG ini memiliki fitur notifikasi yang lengkap dan cepat untuk mengabarkan bahwa ada gempa bumi besar di Indonesia termasuk gempa bumi yang dekat dengan pengguna.

Aplikasi ini memang hanya menampilkan informasi dan notifikasi gempa yang besar yaitu di atas 5 SR.

Hal ini didasari lantaran Indonesia hampir setiap hari terjadi gempa namun memang hanya gempa kecil dan tidak membahayakan.

Sedangkan untuk gempa yang sudah di atas 5 SR perlu sekali diberitakan dengan cepat kepada masyarakat luas agar bisa segera melakukan hal yang tepat dan bisa melindungi diri sendiri dan orang terdekat jika terjadi bencana.

Terutama untuk potensi adanya tsunami yang mungkin saja terjadi jika ada gempa yang besar. Selain itu, aplikasi Info BMKG ini juga sangat bisa diandalkan untuk informasi cuaca, iklim dan keadaan udara setiap harinya.

Diseluruh kota dan kabupaten sudah bisa diketahui seperti apa cuara terbarunya sehingga sangat membantu selain bisa digunakan untuk cek gempa bumi.

Aplikasi QuakeFeed Earthquake Alerts

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang sangat tepat untuk para pemiliki ponsel pintar iOS.

Ya, aplikasi ini untuk para pengguna ipad atau iphone terutama yang berada di Amerika Serikat. Aplikasi ini akan mengabarkan secara cepat jika terjadi gempa yang terjadi di Amerika di atas 1 SR.

Untuk pengguna di luar Amerika pun juga bisa menggunakan aplikasi ini. Jika terjadi gempa di atas 4,5 SR di luar Amerika maka aplikasi ini akan memberikan notifikasi dan keterangan yang lengkap.

Disaster Alert

Aplikasi ini berasal dari Hawaii. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengecek gempa bumi dan mengecek berbagai macam bencana lainnya.

Menariknya, aplikasi ini pun berisi informasi tentang adnaya sebuah tempat yang sedang terkena wabah atau virus tertentu.

Informasi yang diberikan tadi aplikasi ini sangat lengkap dan dapat diandalkan. Untuk mendapatkan aplikasi ini pun sangat mudah karena hanya dengan masuk ke portal aplikasi dan carilah Disaster Alert lalu unduh dan isntall.

Aplikasi media sosial

Untuk para pengguna di Indonesia bisa juga memanfaatkan aplikasi media sosial. Ya, BMKG secara resmi memiliki akun-akun media sosial yang bisa dipantau secara resmi.

Kecepatan informasipun pun sama dengan yang ada di aplikasi. Jika Anda menggunakan media sosial terutama twitter, maka follow atau ikuti akun resmi dari Info BMKG.

Di sana akan dijelaskan informasi tentang adanya gempa dan bisa didapatkan pula keterangan yang lengkap dan terus diperbaharui.

Menggunakan aplikasi dan bermain media sosial wajib sekali melakukan follow atau mengikuti akun resmi dari BMKG karena bisa digunakan untuk mengecek gempa dan bisa mendapatkan informasi cuaca yang lengkap.

Jika sudah mengikuti akun BMKG, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi agar setiap pembaharuan dari BMKG bisa terpantau dengan cepat.

Itulah tadi ulasan tentang apa saja aplikasi untuk mengecek gempa bumi.

Sekali lagi perlu ditegaskan, hingga saat ini belum ada alat yang bisa digunakan untuk prediksi gempa bumi. Terlebih lagi untuk aplikasi ponsel pintar, tentu saja tidak ada aplikasi prediksi gempa bumi.

Deretan aplikasi yang ada saat ini adalah aplikasi untuk mengecek gempa bumi. Tujuannya adalah aplikasi bisa memberikan peringatan yang cepat kepada masyarakat luas agar bisa mengavakuasi diri atau bisa segera tanggap cepat jika terjadi bencana dan bisa memberikan informasi yang akurat dan cepat.

Give a Comment