Para pengguna teknologi pasti sudah tidak asing dengan produk-produk keluaran Apple. Produk keluaran Apple memiliki OS sendiri, yaitu iOS. Untuk soal aplikasi, sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan, kecuali tempat mendapatkan aplikasinya, yang mana untuk iOS disebut Appstore.

Produk-produk keluaran Apple saat ini menjadi primadona bagi para pecinta gadget. Kesan eksklusif dan mewah yang ditawarkan produk tersebut membuat semakin banyak orang yang ingin memiliki salah satunya, seperti iPhone.

Pada dasarnya, setiap pengguna hp pasti akan memilih dan memilah aplikasi apa saja yang diinstall. Begitu pula dengan para pengguna iPhone atau produk Apple lainnya. Hal ini bertujuan agar kinerja hp Anda tidak berat dan bisa tetap optimal. Sebagai referensi berikut adalah aplikasi yang harus dimiliki pengguna iPhone.

Aplikasi IOS wajib diinstall

Browser

Apapun perangkat yang digunakan, browser sudah pasti menjadi aplikasi yang harus ada, termasuk di hp keluaran Apple. Sesuai namanya, aplikasi browser ini memiliki fungsi utama untuk browsing, yaitu berselancar di situs-situs penyedia berbagai informasi.

Aplikasi browser yang tersedia untuk perangkat iOS pun tidak jauh berbeda dengan browser untuk os lain. Anda bisa memilih satu dari sekian banyak aplikasi browser yang ada di appstore.

Ada aplikasi browser dengan user interface sederhana, ada pula aplikasi browser dengan fitur-fitur lengkap yang membuat Anda semakin nyaman saat melakukan pencarian. Pilih salah satu aplikasi browser ini sesuai kebutuhan dan fitur yang ditawarkan.

Aplikasi Peta

Aplikasi peta ini adalah aplikasi kedua yang penting dan harus diinstal di iPhone ayau yang perangkat iOS lain yang Anda miliki. Aplikasi peta ini akan membantu terutama saat Anda sedang melakukan perjalanan.

Selain menunjukkan arah jalan, dari aplikasi ini Anda juga bisa mencari tempat-tempat penting terdekat dari lokasi Anda. Seperti hotel, pom bensin, restaurant, masjid dan lain sebagainya. Tinggal ketikkan tempat apa yang ingin Anda cari, maka aplikasi akan menemukannya untuk Anda.

Aplikasi peta ini ada yang bawaan dari hp ada pula aplikasi pihak ketiga. Namun, kebanyakan pengguna biasanya menggunakan aplikasi bawaan seperti Google Maps.

Aplikasi Office

Bagi pelajar atau mahasiswa aplikasi Office menjadi aplikasi selanjutnya yang harus diinstall di hp iOSnya. Aplikasi ini berfungsi seperti Microsoft Office yang ada pada perangkat PC namun dengan versi mobile.

Aplikasi ini wajib ada di hp pelajar, mahasiswa bahkan karyawan karena akan membantu melanjutkan pekerjaan kapan saja dan dimana saja. Jadi, jika di hp iOS Anda ada aplikasi office ini, untuk mengedit atau membuat dokumen tidak perlu membuka laptop atau komputer lagi.

Antivirus

Kalau aplikasi ini fungsinya adalah untuk melindungi perangkat iPhone Anda secara keseluruhan dari serangan virus. Serangan virus ini adalah yang paling ditakuti oleh pemilik barang-barang teknologi karena bisa merusak bahkan menghilangkan data yang tersimpan di dalamnya.

Ada baiknya jika aplikasi ini sudah dipasang bahkan sejak perangkat iOS Anda baru beli. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan perlindungan sejak awal. Jenis-jenis aplikasi antivirus ini juga ada beberapa macam. Anda bisa memilih berdasarkan fitur unggulan yang ditawarkan.

Aplikasi Pemutar Musik

Selanjutnya ada aplikasi pemutar musik yang juga wajib ada di hp keluaran Apple Anda. Untuk perangkat-perangkat keluaran Apple, biasanya sudah ada aplikasi pemutar musik sendiri. Aplikasi ini bahkan sudah terpasang langsung di hp Apple baru.

Bedanya aplikasi pemutar musik di hp Apple ini adalah aplikasinya berbayar. Jadi setiap Anda ingin mendengarkan atau mengunduh salah satu lagu, Anda akan diminta untuk membayar sesuai harga lagu yang disediakan.

Meski begitu, ada pula banyak aplikasi pemutar musik untuk hp Apple yang tersedia gratis. Anda tinggal cari saja di AppStore dan nikmati mendengarkan musik favorit Anda sambil beraktivitas dengan menggunakan hp Apple.

Aplikasi Pemutar Video

Sering bosan saat tidak ada aktivitas? Aplikasi pemutar video ini menjadi rekomendasi aplikasi yang sangat disarankan untuk dipasang di perangkat hp Apple Anda. Sesuai dengan namanya, fungsi dari aplikasi ini yaitu untuk memutar video.

Sama halnya dengan aplikasi pemutar musik, Apple umumnya juga sudah menyediakan aplikasi pemutar video tersendiri. Namun, jika Anda ingin menginstall pemutar video lain dengan fitur yang lebih menarik pun tidak ada salahnya.

Aplikasi Pasaword Manager

Aplikasi password manager ini adalah aplikasi yang berguna dan harus Anda pasang di hp Apple. Password manager ini adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengatur username dan password yang Anda gunakan.

Jadi, jika Anda memiliki banyak akun sosial media atau akun-akun apapun yang membutuhkan adanya username dan password, Anda tidak perlu takut lupa password. Dengan aplikasi inilah Anda bisa mengelolanya.

Menariknya lagi, aplikasi ini menyediakan fitur unlimited password manager, yang mana artinya Anda bisa mengelola username dan password dengan jumlah tidak terbatas. Aplikasi ini bisa berperan sangat penting untuk mengelola akun dan password Anda.

Aplikasi Chat

Nah, aplikasi chat ini adalah aplikasi yang wajib dimiliki oleh setiap pengguna smartphone dengan sistem operasi apapun. Aplikasi chat ini berfungsi sebagai media komunikasi Anda dengan pengguna lainnya melalui pesan instan.

Kenapa aplikasi ini harus ada di hp Apple Anda? Karena aplikasi ini menawarkan fitur lengkap untuk komunikasi. Tidak hanya fitur bertukar pesan instan. Melalui aplikasi ini Anda bisa mengirim gambar, video, suara, bahkan melakukan panggilan suara dan video.

Dengan adanya aplikasi chat ini, kegiatan komunikasi Anda pun jadi lebih mudah dan murah. Murah karena Anda tidak perlu memperhitungkan penggunaan pulsa meski bertukar pesan atau melakukan panggilan video berbeda operator.

Aplikasi Media Sosial

Selain aplikasi chat, aplikasi selanjutnya yang juga wajib dan harus ada di pengguna hp Apple adalah aplikasi media sosial. Media sosial sendiri ada banyak jenisnya. Fungsinya hampir sama, yaitu untuk berbagi momen atau berbagi informasi dengan sesama penggunanya.

Alasan lain selain memungkinkan penggunanya untuk bisa berinteraksi dan berbagi momen dengan pengguna lain, media sosial harus ada di hp Apple adalah karena aplikasi ini bisa juga untuk bisnis. Perkembangan bisnis berbasis online membuat media sosial menjadi wadah berbisnis yang cukup menjanjikan.

Memanfaatkan media sosial untuk berbisnis akan membuka peluang pasar yang lebih luas. Belum lagi, Anda bisa melakukan pemasaran lebih mudah dengan menggunakan media sosial. Inilah mengapa aplikasi ini harus ada di hp Apple Anda.

Aplikasi Penyimpan Awan

Mungkin masih banyak yang asing dengan layanan penyimpanan awan ini. Layanan penyimpanan awan ini adalah layanan penyimpanan di dalam internet dengan menggunakan akun virtual. Jadi, Anda tidak membutuhkan penyimpanan fisik.

Aplikasi ini adalah aplikasi penyimpanan yang keren dan sangat bermanfaat. Melalui aplikasi ini, Anda bisa menyimpan lebih banyak data. Keamanan datanya pun lebih terjamin. Dan yang lebih menarik adalah Anda bisa mengakses datanya kapapun dan dimanapun asalkan Anda punya aplikasinya.

Aplikasi Catatan Digital

Anak sekolah pasti membutuhkan catatan untuk mencatat materi yang disampaikan oleh gurunya. Hal serupa juga pasti dilakukan oleh para mahasiswa. Namun akan sangat merepotkan jika Anda memiliki banyak buku catatan untuk setiap mata pelajaran yang berbeda.

Nah, aplikasi catatan digital ini adalah solusi tepat untuk anak sekolah atau mahasiswa yang ingin membuat catatan lebih efektif, ringkas dan menarik. Dengan memiliki aplikasi ini di perangkat keluaran Apple milik Anda, sekarang tidak perlu lagi membawa catatan berbeda untuk mata pelajaran berbeda.

Cukup bawa satu perangkat iPhone Anda yang sudah terpasang aplikasi catatan digital di dalamnya. Anda sudah bisa membuat berbagai catatan di dalamnya. Bisa membuatnya lebih menarik juga dengan adanya fitur highlight dan fitur paint di dalamnya.

Aplikasi Video Conference

Di tengah kondisi seperti saat ini yang tidak memungkinkan untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung, aplikasi video conference adalah solusi terbaik. Aplikasi ini dapat membuat penggunanya tetap bisa melakukan diskusi tanpa harus bertemu langsung.

Aplikasi ini biasanya digunakan oleh para karyawan untuk bekerja, melakukan pertemuan secara online dengan rekan bisnis atau sekedar melakukan diskusi dengan rekan kerja lainnya. Manfaat serupa juga didapatkan oleh mahasiswa dan murid.

Adanya aplikasi video conference ini bisa menjadi solusi bagi guru atau dosen untuk tetap bisa menyampaikan materi pelajaran tanpa harus bertemu langsung. Karena alasan inilah mengapa aplikasi video conference menjadi aplikasi wajib ada di hp Apple Anda.

Aplikasi Produktivitas

Aplikasi produktivitas ini pada dasarnya adalah aplikasi yang membantu penggunanya untuk lebih produktif. Aplikasi ini setidaknya harus ada di hp pekerja karena akan sangat membantu dalam memanage tugas dan tanggung jawab pekerjaan dengan lebih terstruktur.

Sebenarnya, aplikasi ini ada banyak jenisnya. Anda bisa memilih ingin produktif dalam hal apa. Jika ingin produktif dalam hal pekerjaan, pilih aplikasi yang memberikan fitur to-do list atau fitur prioritas pekerjaan. Begitu pula jika ingin produktif dalam hal belajar.

Bahkan ada pula jenis aplikasi yang akan membantu Anda produktif dalam gaya hidup sehat. Jadi, aplikasi tersebut akan membantu dalam mengatur jadwal olahraga, memberitahu daftar asupan makanan sehat dan sebagainya. Bagaimana menarik bukan?

Aplikasi Video Online

Semua orang pasti sudah tahu dengan aplikasi video online ini. Aplikasi ini harus ada di hp Apple Anda karena melalui aplikasi ini Anda bisa menemukan berbagai video dengan konten yang beragam lebih mudah.

Tidak hanya untuk hiburan, video-video yang ditemukan di dalam platform ini juga bisa menjadi sumber untuk belajar. Inilah alasan kenapa aplikasi ini harus ada di hp Apple Anda.

Aplikasi Nonton Film

Nah, untuk Anda yang hobi nonton film, aplikasi ini juga wajib ada di hp Apple Anda. Aplikasi nonton film ini membuat Anda bisa menonton film favorit tanpa harus pergi ke bioskop.

Meskipun hanya bisa dimanfaatkan dengan sistem berlangganan, namun Anda tidak akan menyesal memiliki aplikasi ini. Anda bisa menemukan berbagai judul film hanya dari satu aplikasi saja.

Itu tadi adalah review aplikasi apa saja yang harus ada di hp iPhone atau produk Apple lainnya. Jika hp iOS Anda baru saja diformat untuk meningkatkan performanya, nah daftar aplikasi di atas adalah aplikasi yang harus ada di hp ios setelah diformat yang bisa Anda miliki.