Cara Mengatasi Aplikasi Sering Keluar Sendiri di Hp Android

Sedang mencari tahu penyebab aplikasi keluar sendiri? Sebelum menjelaskannya perlu Anda ketahui jika internet bisa membuat komunikasi antar manusia jadi lebih mudah.

Atas dasar itulah banyak muncul produk aplikasi untuk berkomunikasi. Produk-produk tersebut dibuat supaya pengguna smartphone bisa lebih mudah melakukan komunikasi dengan kerabat terdekat kendati jaraknya sangat jauh.

Akan tetapi saat mengoperasikannya terkadang ada sejumlah permasalahan yang muncul dari aplikasi tersebut.

Sejumlah pengguna biasanya akan mengalami kendala seperti misalnya aplikasi yang keluar sendiri maupun error.

Coba saja lihat: Whatsapp keluar sendiri, dan game PUBG keluar sendiri.

Biasanya akan ada pemberitahuan terkait masalah itu. Pemberitahuan yang muncul di layar adalah “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” atau jika menggunakan bahasa inggris maka “Unfortunately, Application Has Been Stopped”.

Masalah tersebut kerap terjadi di sejumlah perangkat android. Penyebab utama dari kendala tersebut adalah karena menumpuknya sampah yang ada di internal memory serta external memory.

Karena sampah tersebut maka kinerja aplikasi bisa berkurang yang menjadikan ponsel lemot.

Karena itulah maka aplikasi akan menutup dengan sendirinya agar hp tersebut tidak terbebani.

Selain itu ada banyak faktor lain yang berperan dalam kinerja smartphone. Berikut penjelasannya.

Penyebab Lain Aplikasi Bisa Keluar Sendiri

  • Aplikasi dan data belum lengkap. Dengan begitu maka aplikasi bisa tidak berjalan normal dan perlu diperbarui.
  • Aplikasi yang dipakai versinya adalah beta. Jadi akan ada sejumlah kekurangan di luar dugaan yang bisa membuat penggunanya tidak nyaman saat mengoperasikannya.
  • RAMnya tidak sesuai dengan aplikasi yang tengah berjalan. Walaupun aplikasi yang berjalan terbilang tidak berat, bisa saja di hp itu ada sejumlah aplikasi lain yang membuat aplikasi di balik layar yang berjalan ada banyak.
  • Terdapat kesalahan konfigurasi yang membuat file cache menumpuk.
  • Aplikasinya tidak kompatibel di versi android maupun iOS. Jadi aplikasi bisa berjalan dengan tidak normal.
  • Terdapat hardware yang tidak kompatibel yang bisa menimbulkan masalah.
  • Jaringan internet terputus secara tiba-tiba. Jadi aplikasi yang memerlukan internet untuk berjalan bisa otomatis keluar sendiri.
  • Terdapat kesalahan saat menjalankan program di sistem kernelnya.
  • Terdapat kesalahan konfigurasi yang membuat file cache menumpuk.

Apabila permasalahan seperti itu muncul maka Anda harus melakukan upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Berikut ini akan dijelaskan cara mengatasi aplikasi keluar sendiri:

Hapus Cache File

Langkah pertama yang bisa dicoba adalah dengan menghapus cache file dari aplikasi yang ada. Cache file biasanya akan muncul setiap sebuah aplikasi berjalan. Ia adalah sampah yang perlu dibersihkan karena tidak bisa hilang dengan sendirinya.

Anda harus membersihkan cache file dengan ruitn. Apabila tidak cepat dihapus maka file itu bisa menjadi beban bagi smartphone, apalagi untuk aplikasi yang sedang berjalan.

Cache file tersebut bukan hanya dihasilkan, tapi sejumlah aplikasi seperti misalnya aplikasi messenger bisa menerima gambar, video, file ataupun audio.

Adapun cara untuk menghapus cache antara lain:

  1. Masuklah ke menu. Carilah menu pengaturan dan masuk ke dalamnya.
  2. Dari sejumlah pilihan yang ada di sana, pilih saja Aplikasi. Jika sudah maka masuk ke tab unduhan, lalu carilah aplikasi yang bermasalah. Di sana akan ada sejumlah informasi penyimpanan yang sedang dipakai di aplikasi yang keluar sendiri tadi.
  3. Untuk menghapusnya, klik hapus cache. Tunggulah sampai proses penghapusan cache file itu selesai.

Hapus Seluruh Cache

File sampah bukan hanya berasal dari satu aplikasi saja, melainkan semua aplikasi.

Setiap aplikasi pasti menghasilkan cache file. Walaupun jika diperiksa maka cache filenya hanya sedikit, namun jika jumlahnya ada banyak dan menumpuk maka bisa membuat aplikasi di android error dan keluar sendiri.

Cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke pengaturan (settings).
  2. Kemudian masuk ke aplikasi.
  3. Pilihlah hapus data.
  4. Dan terakhir pilih bersihkan cache. Jika Anda memilih opsi tersebut maka seluruh cache di ponsel akan dihapus semuanya.

Sebagai catatan, cara di atas menggunakan hp xiaomi jika menggunakan hp yang lain silahkan diimprovisasi.

Hapus Data Aplikasinya

Selain cache file, faktor penyebab aplikasi keluar sendiri yang lain adalah karena besarnya data aplikasi. Maka cara mengatasinya adalah dengan menghapus data aplikasi tersebut.

Saat Anda menghapus data itu, maka aplikasi di smartphone akan terlihat seperti baru terinstall. Semua data seperti file, chat, history, serta cache akan hilang. Ada juga akun-akun yang akan log out setelah data aplikasi dihapus.

Jika Anda mau melakukannya tapi tidak mau data hilang, maka lakukan saja back up untuk menyimpan datanya. Akan tetapi kekurangannya jika dilakukan back up maka data aplikasi bisa saja sama seperti sebelum dilakukan penghapusan data aplikasi.

Cara untuk menghapus data aplikasi antara lain:

  1. Masuklah ke pengaturan (settings).
  2. Pilihlah pilihan aplikasi.
  3. Kemudian cari aplikasi yang keluar sendiri dan pilihlah hapus data.
  4. Terakhir silahkan pilih hapus semua data.
  5. Jika sudah ketemu maka klik paksa berhenti, lalu hapus data.

Sebagai catatan, cara di atas menggunakah hp xiaomi, jika menggunakan hp yang lain silahkan dicari-cari untuk penghapusan data-nya.

Mengupdate Aplikasi

Cara lainnya adalah dengan mengupdate aplikasinya. Pembaharuan itu dilakukan agar bug dan error bisa hilang. Untuk mengupdatenya Anda bisa membukanya di Google Play Store, lalu cari aplikasi mana yang perlu diupdate.

Menginstall Ulang Aplikasi

Langkah selanjutnya yang bisa dicoba adlah dengan menginstall ulang aplikasi bermasalah itu. Hapus terlebih dahulu lalu install lagi aplikasinya lewat Google Play Store. Dengan begitu maka aplikasi bisa lebih lancara daripada didiamkan tanpa tindakan.

Reboot Ponsel

Reboot ponsel bisa menjadi alternatif lain jika langkah-langkah di atas belum berhasil. Meskipun cara yang satu ini kadang bisa berhasil dan kadang gagal pula tapi tidak ada salahnya mencoba.

Matikan saja ponsel tersebut lalu cabutlah seluruh komponen yang ada seperti baterai, SD Card, maupun SIM Card. Jika sudah maka pasang lagi dan nyalakanlah ponselnya.

Jika di beberapa ponsel baterai yang ada adalah baterai model tanam yang susah untuk dilepaskan, biasanya SD Card dan juga SIM Card juga akan sulit dilepas.

Untuk yang satu ini maka Anda cukup melakukan restart saja. Paling tidak lakukan restart sehari sekali jika ponsel itu dipakai seharian.

Saat hp dipakai seharian, biasanya aplikasi di balik layarnya akan ada banyak jumlahnya. Dengan begitu maka RAM bisa berkurang pula. Dengan melakukan restart maka beban ponsel bisa berkurang.

RAM Bermasalah

Di suatu ponsel ada RAM yang bisa membantu menjalankan sebuah aplikasi. Dengan RAM yang tidak sesuai maupun memori yang penuh, maka aplikasi bisa terganggu pula.

Anda dapat mengecek dulu RAM di smartphone tersebut. Periksa apa saja aplikasi yang memakan RAM paling banyak. Jika RAM penuh maka hapus saja aplikasi yang sekiranya tidak penting.

Faktor Kompatibilitas Android Maupun iOS

Kompatibilitas android maupun iOS memang bisa berpengaruh dalam aplikasi. Untuk mengatasinya maka update saja android ataupun iOS ke versi yang paling baru. Dengan memperbaruinya maka bug diaplikasi bisa berkurang.

Selain itu, dengan melakukan update sistem maka aplikasi bisa jadi lebih stabil. Dengan aplikasi yang stabil maka bisa mengurangi kemungkinan crash ataupun aplikasi yang menutup sendiri.

Pastikan Jaringan Internetnya

Yang terakhir adalah dari segi jaringan internet yang bisa berpengaruh di aplikasi. Anda bisa mengecek koneksi internetnya dari nilai transfer data maupun signal bar yang terdapat di sisi atas layar.

Jika aplikasi menutup sendiri dan koneksi internet sedang buruk, maka bisa jadi inilah penyebab utamanya.

Demikian penjelasan mengenai penyebab aplikasi keluar sendiri beserta cara mengatasinya. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda.

Give a Comment