11 Aplikasi Launcher Terbaik Tanpa Iklan dan Ringan Dipakai

Bagi kalian pengguna Android akan dengan mudah dalam memodifikasi smartphone kalian. Modifikasi ini salah satunya mengenai tampilan launcher.

Setiap merk handphone memiliki tampilan peluncur yang berbeda-beda, sehingga kadang ada pengguna yang suka ataupun sebaliknya.

Bagi pengguna yang tidak suka, dapat mengganti peluncur bawaan tersebut sesuai dengan keinginan kalian dengan aplikasi launcher.

Menggunakan aplikasi launcher memang menyenangkan, ada tampilan yang berwarna-warni ataupun tampilan yang elegan.

Tetapi kalian harus memerhatikan beberapa faktor dalam menginstall aplikasi launcher.

Karena pada beberapa aplikasi justru membebani kinerja RAM yang kemudian mempengaruhi kinerja hp yang justru menjadi lemot.

RAM yang menumpuk tersebut bisa juga menjadikan baterai kamu lebih boros.

Lebih parah lagi, ada juga aplikasi launcher yang membawa iklan yang malah menambah jelek tampilan hp kamu bahkan bisa menyedot kuota kamu lho.

Untuk itu, kami akan ulas aplikasi launcher terbaik dan ringan tanpa iklan tentunya yang dapat kalian coba, dan recommended tentunya.

Berikut aplikasi launcher tanpa iklan, ringan dan terbaik di hp android yang bisa dipakai:

Nova Launcher

Aplikasi launcher terbaik pertama yaitu Nova Launcher. Nova yang sudah ada cukup lama ini memang menyediakan tampilan yang menarik bagi para penggunanya.

Kustomisasi yang diberikan tidak hanya pada tampilan, tetapi ada ikon, navigasi bar, widget, dan lainnya.

Lawnchair Launcher

Buat kamu penggemar tampilan stock android, maka aplikasi launcher ringan tanpa iklan ini cocok buat kamu.

Tampilan yang diberikan merupakan persis dari smartphone buatan yaitu Google Pixel, dimana memiliki kesan simpel namun tetap elegan.

Ikon-ikon yang diberikan pun hampir sama dengan yang ada pada Google Pixel. Satu lagi mengapa launcher ini mirip dengan yang ada pada Google Pixel adalah memiliki fitur yang terintegrasi dengan Google Now.

Sayangnya launcher ini masih dalam tahap pengembangan alias beta. Untungnya launcher ini tidak akan dijumpai iklan karena masih dalam tahap beta tersebut.

Lean Launcher

Lean Launcher dirilis pada awal tahun lalu atau dapat dibilang masih cukup baru. Lean menwarkan tampilan yang sederhana namun terkesan menarik.

Tak banyak yang ditawarkan Lean dari sisi tampilan, namun cukup kaya dalam fitur.

Seperti fitur menyembunyikan aplikasi dari tampilan menu atau homescreen, dan ada juga fitur double tap to lock and unlock atau hanya perlu mengetuk dua kali untuk menyalakan layar.

Smart Launcher 5

Smart Launcher merupakan aplikasi launcher terbaik yang sering mendapat update untuk memperbaiki bug-bug yang ada.

Tampilannya lebih fresh dan beda dibanding dengan launcher lainnya. Pilihan ikon dan temanya cukup banyak, meski begitu keduanya masih dalam konteks yang selaras, sehingga menampilkan kombinasi yang menarik. =

Fitur lainnya dapat ditemukan yaitu kolom pencarian aplikasi, pengaturan home screen, dan menyediakan wallpaper yang terbaik.

EverythingMe Launcher

Launcher ini sempat beredar di Play Store cukup lama, namun sekitar tahun 2015 pihak developer menarik aplikasi ini.

Barulah pada tahun 2017 mereka kembali dengan banyak sekali perubahan. Satu yang paling ditawarkan launcher ini pilihan wallpaeper yang cukup banyak, seperti Live Wallpaper dan 3D Wallpaper.

Microsoft Launcher

Meski sudah cukup lama dirilis, namun Microsoft launcher termasuk salah satu aplikasi launcher tanpa iklan yang sering mendapat update.

Dengan Microsoft launcher, kamu dapat mengkustomisasi tampilan hp kamu mulai dari wallpaepr, tema, ikon, gestur, dan masih banyak lagi.

Selain itu pada update terakhirnya, microsoft launcher membawa fitur dimana dapat terintegrasi dengan akun microsoft kamu, sehingga kamu dapat mengakses kalender, dokumen, ataupun aktivitas terakhir di hp mu.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Windows PC sehingga dapat meningkatkan produktivitas mu.

AIO Launcher

Apakah kalian termasuk pengguna yang hobi melihat statistik pemakaian handphone?

Jika iya, maka AIO Launcher ini cocok bagi kamu. AIO Launcher akan menampilkan statistik informasi penggunaan hp kalian, mulai dari baterai, SMS, daftar panggilan, hingga penyimpanan internal dan RAM.

Launcher ini bisa kamu download dengan gratis, namun jika kalian membayar lebih maka kamu akan mendapat fitur tambahan seperti harga bitcoin, informasi cuaca, dan juga nilai tukar mata uang. Menarik bukan aplikasi launcher tanpa iklan ini?

Evie Launcher

Evie Launcher pernah menyabet sebagai aplikasi launcher terbaik pada tahun 2016 lalu, dan hingga saat ini masih eksis di Play Store.

Evie Launcher memiliki keunggulan dalam ukrannya yang kecil sehingga membuat kinerjanya cukup ringan.

Secara tampilan, gaya Evie ini mengadopsi gaya dari Google Pixel. Wallpaper, ikon, widget semuanya disesuaikan hingga membuat hp Anda mirip dengan Google Pixel.

Saat ini sudah tersedia tampilan dengan Android P alias Pie. Namun bagi kalian yang suka dengan versi sebelumnya, pilihannya tersedia dan dapat kalian gunakan. Semua fitur tersebut dapat kalian unduh secara gratis dan tanpa iklan.

Google now launcher

Google Now launcher adalah peluncur yang didesain khusus untuk terintegrasi dengan tampilan Google. Tidak hanya pada tampilannya, melainkan juga pada fitur-fitur yang dibawanya.

Seperti pada fitur Google Now yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri suatu informasi tanpa membuka aplikasi Google secara langsung. Google Now menggunakan penelusuran dengan suara, sehingga kita hanya perlu mengucapkan Ok Google atau Hey Google, kemudian mengucapkan sesuatu yang ingin kita temukan.

Meski umumnya sudah ada pada launcher bawaan hp, namun kerap kali ketika kita menggunakan aplikasi launcher pihak ketiga, maka fitur tersebut akan hilang. Oleh karena itu fitur ini menjadi spesial bagi Google Now Launcher.

Dalam spesifikasi minimumnya, aplikasi ini minimal berjalan pada OS android Jelly Bean. Artinya OS diatasnya seperti Kitkat, Lollipop, hingga Pie, dapat menjalankannya dengan baik.

POCO Launcher

Selanjutnya ada POCO Launcher, dimana merupakan salah satu diantara 15 aplikasi launcher terbaik yang dirilis tahun 2018 lalu, menurut Play Store.

POCO sendiri membawa desain mirip seperti smartphonenya, yaitu Pocophone yang masih dalam satu pabrikan dengan Xiaomi. Kalian bisa menampilkan hp kalian layaknya smartphone POCO tersebut.

Banyak personalisasi yang bisa kamu atur sesuai keinginan mu disini. Mulai dari tema yang gelap atau terang, pilihan wallpaper, animasi, dan beberapa icon menarik. Salah satu hal yang ditawarkan POCO Launcher ini adalah keamanan privasi, dimana kalian dapat menyembunyikan aplikasi yang tidak ingin kalian tampilkan atau bisa kalian menguncinya saja.

ZenUI Launcher

ZenUI Launcher merupakan aplikasi launcher bikinan Asus, dimana banyak kustomisasi yang dapat dilakukan penggunanya. Meski begitu, jika kamu bukan pengguna hp Asus, maka kamu tetap dapat mendownloadnya.

Hal ini sangat cocok bagi kamu yang pindah dari merk Asus ke merk yang lain, namun tetap ingin membawa launcher yang lama yaitu ZenUi.

Satu yang menarik yaitu ketersediaan untuk mengganti font dalam hp kita, yang mana itu sangat jarang dilakukan oleh aplikasi launcher lainnya.

Itu dia daftar aplikasi launcher terbaik yang dapat kalian coba, tentunya ringan tanpa iklan. Oh iya, aplikasi diatas ada yang gratis, dan ada pula yang berbayar. Jadi sesuaikan dengan keinginan kamu, ya.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *