Apple sebagai sebuah perusahaan teknologi besar tak bisa dipungkiri memiliki penggemar tersendiri di seluruh dunia. Perangkatnya juga dibekali dengan sistem operasi berbeda, salah satunya adalah MacOS. Anda pengguna komputer Macintosh, pilih aplikasi apa saja yang berguna dan penting di komputer Anda.

Memilih aplikasi apa saja yang akan diinstall di perangkat komputer pada dasarnya harus diterapkan pada semua komputer atau laptop. Tujuannya agar aplikasi yang terpasang hanya aplikasi-aplikasi penting dan berguna saja.

Jika komputer Anda terlalu banyak dipasang aplikasi yang tidak penting, akibatnya akan berdampak pada performa komputer. Performanya akan menjadi lebih lambat dan tidak optimal. Nah, sebagai referensi, ada beberapa aplikasi berguna yang bisa Anda pasang di perangkat komputer Apple Anda.

Aplikasi wajib instal di MacOS

Browser

Aplikasi browser sudah seharusnya ada di setiap gadget, tak terkecuali di dalam komputer Machintos. Browser ini berfungsi untuk melakukan pencarian di berbagai situs di internet. Setiap pengguna internet pasti membutuhkan aplikasi ini untuk aktivitas pencarian.

Jenis aplikasi browser yang bisa dipasang di komputer keluaran Apple ini pun tak kalah beragam dengan aplikasi yang digunakan pada sistem operasi lain. Anda bisa memilih salah satunya yang paling kompatible dengan fitur yang paling Anda butuhkan.

Karena fungsinya yang termasuk general, aplikasi browser ini pun bisa dipasang atau diinstal baik di laptop pelajar, mahasiswa ataupun karyawan. Semua orang yang butuh melakukan pencarian harus memiliki aplikasi ini.

Aplikasi Office

Untuk bekerja atau mengerjakan tugas, aplikasi Office ini sangat dibutuhkan. Beragamnya jenis Office yang disediakan, mulai dari Office pengolah kata, angka, presentasi dan lain sebagainya menjadi alasan lain mengapa aplikasi ini harus ada di komputer MacOS.

Setiap jenis dari aplikasi Office memiliki format yang berbeda dan pastinya dibutuhkan oleh setiap pengguna komputer untuk mengolah data. Tanpa ada aplikasi Office ini, Anda tidak akan bisa melakukan pengolahan data.

Aplikasi ini biasanya juga sudah langsung terpasang di laptop MacOS baru. Saat baru menginstal program dan aplikasi dasar di dalamnya, aplikasi ini akan termasuk yang pasti terpasang.

Antivirus

Aplikasi antivirus adalah aplikasi selanjutnya yang harus dipastikan terpasang di komputer bersistem operasi Mac Anda. Antivirus ini akan melindungi komputer Anda dari serangan virus yang berasal dari situs di internet, aplikasi yang diinstal, hingga perangkat lain yang terpasang ke komputer tersebut.

Tanpa adanya antivirus ini, komputer Mac Anda akan lebih mudah terinfeksi oleh serangan virus maupun malware. Jika sudah terinfeksi, dampaknya bisa sangat signifikan. Bisa membuat data-data di dalamnya hilang bahkan merusak sistem di dalam komputer.

Karena serangan virus ini, tak sedikit komputer yang harus diinstall ulang. Nah, jika sudah diinstall ulang antivirus ini menjadi aplikasi yang harus ada di laptop setelah install ulang, agar komputer Anda tetap terlindungi.

Aplikasi Pemutar Musik

Meski kebanyakan pengguna komputer, dengan sistem operasi apapun, menggunakan perangkatnya untuk bekerja, namun tidak ada salahnya menggunakannya juga sebagai hiburan. Salah satu aplikasi hiburan yang wajib ada di komputer Apple ini adalah aplikasi pemutar musik.

Anda bisa memilih apakah ingin menggunakan aplikasi pemutar musik online atau offline. Semua jenis aplikasi pemutar musik ini bisa Anda pasang di komputer MacOS Anda. Tentu masing-masing jenis aplikasi pemutar musik ini memiliki keunggulan dan fitur yang berbeda.

Bahkan ada pula aplikasi pemutar musik yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan editing audio secara langsung. Jadi, tinggal Anda pilih salah satu aplikasi pemutar musik ini yang sesuai dengan kebutuhan serta fitur yang Anda butuhkan.

Aplikasi Pemutar Video

Selain musik, video juga merupakan salah satu hiburan yang bisa Anda nikmati di perangkat komputer. Agar Anda bisa memutar video-video favorit, Anda harus memasang aplikasi pemutar video di dalam perangkat komputer.

Umumnya, setiap perangkat laptop dengan sistem operasi tertentu sudah menyediakan aplikasi pemutar video bawaan. Namun, jika Anda merasa aplikasi bawaan tersebut kurang memadai atau fiturnya kurang lengkap, Anda bisa menambahkan dengan aplikasi pemutar video tambahan.

Adanya aplikasi pemutar video ini bisa menjadi alternatif jika Anda jenuh bekerja. Anda bisa memutar film atau video-video yang sudah disimpan sebelumnya di memori penyimpanan.

Aplikasi Password Manager

Anda memiliki berbagai akun media sosial, atau akun apapun yang membutuhkan username dan password? Aplikasi password manager ini adalah aplikasi yang penting dan harus Anda miliki. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengelola beragam password akun yang Anda gunakan.

Mengapa aplikasi ini penting? Kebanyakan orang yang memiliki banyak akun dengan username dan password sering melupakan password yang digunakan. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengelolanya di lain sisi tetap menjamin keamanan password tersebut.

Aplikasi password manager ini biasanya dilengkapi dengan sistem verifikasi dua tahap. Dengan begitu keamanan password Anda tetap terjamin. Dengan adanya aplikasi ini, Anda tidak perlu mengingat semua password, cukup satu password dan Anda bisa mengakses semua akun.

Aplikasi Chat

Siapa bilang aplikasi chat hanya bisa dipasang di hp saja? Anda juga bisa memasang aplikasi chat di komputer MacOS untuk memudahkan komunikasi. Biasanya, orang yang menginstall aplikasi chat di lebih dari 1 perangkat, menggunakannya untuk bisnis.

Menginstal aplikasi chat di komputer tentu akan membuat pekerjaan Anda lebih efektif. Anda tidak perlu lagi membuka perangkat lain hanya untuk membalas pesan dari rekan bisnis atau dari konsumen. Cukup dari 1 perangkat, Anda sudah bisa menjalankan berbagai peran sekaligus.

Aplikasi Penyimpanan Awan

Cloud storage atau aplikasi penyimpanan awan merupakan aplikasi penyimpanan kekinian yang sedang banyak diminati pengguna teknologi. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur yang keren dan tidak akan Anda dapatkan di penyimpanan konvensional.

Anda yang sering menyimpan atau mengirim file berukuran besar, kapasitas penyimpanan konvensional mungkin tidak akan memadai. Anda pun tidak mungkin selalu membawa penyimpanan hard drive kemana-mana. Nah, jika memiliki aplikasi penyimpanan awan, semua jadi lebih praktis.

Anda bisa menyimpan data-data dari komputer MacOS ke penyimpanan awan. Selanjutnya, jika dibutuhkan Anda bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Lebih praktis dan cepat.

Aplikasi Catatan Digital

Anak sekolah atau mahasiswa butuh mencatat pelajaran atau materi untuk belajar. Umumnya, kegiatan mencatat ini dilakukan dengan menggunakan buku atau binder. Namun hal ini memiliki kekurangan, sebab Anda pasti membutuhkan banyak buku catatan untuk mencatat mata pelajaran berbeda.

Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan aplikasi catatan digital ini. Fungsinya pada dasarnya sama persis seperti ketika Anda membuat catatan konvensional. Fitur yang disediakan pun memungkinkan Anda membuat catatan seperti catatan konvensional.

Namun, karena dibuat dalam versi digital, tentu aplikasi ini lebih menguntungkan, lebih praktis digunakan dan penyimpanannya pun lebih aman. Jadi, untuk anak sekolah atau kuliah tak perlu lagi membawa banyak buku catatan.

Aplikasi Produktivitas

Jika berbicara tentang produktivitas, biasanya identik dengan pekerja. Namun untuk aplikasi produktivitas ini tidak hanya bisa digunakan dan harus ada di laptop pekerja saja. Bahkan mahasiswa pun harus memiliki aplikasi ini jika ingin tetap produktif dalam menjalani masa perkuliahan.

Ini karena aplikasi produktivitas sendiri terdiri atas berbagai jenis dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Ada aplikasi yang menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk menyusun daftat to do list. Daftar ini akan membantu Anda untuk membuat prioritas pekerjaan.

Ada pula jenis aplikasi produktivitas yang membantu Anda dalam menjalankan pekerjaan, seperti aplikasi yang memungkinkan Anda merekam ide-ide Anda dalam bentuk suara, lalu diubah menjadi bentuk teks.

Komputer Machintos keluaran Apple memang memiliki sistem operasi sendiri yang berbeda dengan sistem operasi komputer lainnya. Sistem operasi yang digunakan tersebut bernama MacOS. Meski begitu, kinerja dan fungsinya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sistem operasi lain.

Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana memilih aplikasi yang tepat untuk diinstall di komputer tersebut. Jangan sampai Anda menginstal aplikasi yang justru menurunkan performanya. Nah, daftar aplikasi di atas adalah beberapa jenis aplikasi yang harus ada dan dipasang di komputer MacOS Anda untuk semakin mengoptimalkan fungsinya.