16 Aplikasi Membuat Infografis Dengan Template Menarik

Aplikasi untuk membuat infografis saat ini semakin dibutuhkan karena penggunaannya semakin meluas dan merambah di berbagai bidang, seperti pendidikan, bisnis, media, marketing serta bidang-bidang yang lain.

Kebutuhan akan infografis semakin meningkat seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi yang membuat segala sesuatu dituntut serba cepat dan praktis, ditambah kemudahan mengakses informasi yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui perangkat smartphone.

Tuntutan itulah yang dapat dijawab oleh infografis untuk dapat menyampaikan pesan dengan lebih cepat dan lebih mudah dipahami, karena merupakan fakta bahwa manusia lebih cepat dalam memproses konten visual dibandingkan konten tertulis.

Bahkan, menurut sebuah penelitian, kemampuan otak manusia dalam memproses data visual lebih cepat 60.000 kali dibandingkan memproses data dalam bentuk teks. Kenyataan itulah yang membuat infografis kini semakin dibutuhkan.

Menariknya, untuk dapat membuat infografis saat ini tidak harus memiliki kemampuan desain grafis yang mumpuni seperti kemampuan dalam mengoperasikan photoshop dan coreldraw.

Sebab aplikasi untuk membuat infografis sudah tersedia dan tinggal digunakan, baik aplikasi pembuat infografis online maupun offline, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Baca juga untuk aplikasi desain yang lain: aplikasi membuat browsur dan aplikasi membuat poster.

Berikut beberapa aplikasi pembuat infografis yang dapat dipilih dan digunakan sesuai dengan keperluan:

Canva

Membuat ilustrasi online mulai dari brosur hingga presentasi dengan menggunakan Canva Infographic Maker tidak hanya mudah tapi juga dengan hasil yang memuaskan karena aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang lengkap.

Tersedia berbagai macam template yang bisa dipilih sehingga pengguna tidak perlu bingung lagi dalam menentukan ukuran grafis. Pilihan yang beragam juga tersedia untuk berbagai elemen desain, images, fonts dan icons yang semakin mempermudah penggunaannya.

Aplikasi gratis untuk membuat infografis ini dapat digunakan baik melalui browser atau dengan mendownload aplikasinya untuk mobile device. Sehingga Canva merupakan salah satu aplikasi untuk membuat infografis di hp.

Namun versi gratis Canva sudah barang tentu memiliki keterbatasan fitur. Bagi yang ingin mendapatkan fitur yang lengkap harus menjadi pro-member.

Vizualize

Aplikasi untuk membuat infografis berbasis web ini merupakan salah satu contoh infografis tentang diri sendiri karena memiliki keunggulan dalam pembuatan CV dan membangun personal brand.

Selain menghadirkan infographic dengan tipe berbeda, Vizualize juga dapat dihubungkan dengan akun LinkeIn sehingga informasi yang dibutuhkan dapat dimasukkan secara otomatis. Berbagai kemudahan dan keunggulan tersebut dapat dinikmati dengan gratis oleh pengguna.

situsnya: vizualise.me

Piktochart

Aplikasi ini merupakan solusi bagi mereka yang mencari cara membuat infografis di laptop dengan mudah. Piktochart memberi kebebasan kepada pengguna: apakah membuat infographics secara manual atau menggunakan template yang telah mereka sediakan.

Kebebasan tersebut juga diberikan saat hendak memasukkan teks dan elemen grafis, sehingga mengasah kreatifitas pengguna. Bahkan aplikasi pembuat infografis online memperbolehkan pengguna memasukkan image milik sendiri disamping menyediakan berbagai image yang menarik.

Easel.ly

Bagi pengguna yang baru belajar membuat ilustrasi online atau poster infografis, Easel.ly merupakan pilihan yang tepat. Karena aplikasi gratis untuk membuat infografis ini sangat mudah dioperasikan serta menawarkan puluhan template yang bisa dipilih. Selain itu juga memungkinkan bagi penggunanya untuk memperoleh saran dan masukan dari pengguna lain.

Meskipun gratis, infografis yang Anda hasilkan dijamin tidak mengecewakan, karena banyaknya pilihan template, fonts, icons, warna, gaya serta ukuran teks yang bisa dipilih dan dipadupadankan satu dengan yang lain.

Visual.ly

Aplikasi pembuat infografis online yang satu ini tidak ada kaitannya dengan cara membuat infografis di laptop atau cara membuat infografis di hp, karena fungsinya hanya untuk menganalisa tipe infografis yang dibutuhkan pengguna.

Setelah dilakukan analisa, Visual.ly selanjutnya akan meneruskan permintaan pengguna kepada desainer profesional dan desainer yang ditunjuk itulah yang mengerjakan proyek permintaan pengguna, sehingga hasilnya dipastikan akan memuaskan.

Namun harganya, cukup menguras kantong yaitu $3.000 USD untuk setiap infografis. Sehingga aplikasi ini bukan termasuk aplikasi gratis untuk membuat infografis.

Infogram

Membuat infografis dengan menggunakan Infogr.am bisa diibaratkan semudah membalik telapak tangan. Betapa tidak, pengguna nyaris tidak melakukan apa-apa untuk dapat membuat infografis yang luar biasa.

Satu-satunya langkah yang dilakukan adalah mengupload data mentah ke website Infogr.am. Setelah itu tunggu selama beberapa menit dan Infogr.am akan mengembalikan data mentah dalam bentuk infografis yang memanjakan mata. Menariknya, Infogr.am merupakan aplikasi gratis untuk membuat infografis.

Venngage

Membuat ilustrasi online menjadi sangat mudah dengan menggunakan aplikasi ini karena banyaknya pilihan template untuk berbagai macam kegunaan seperti membuat poster, laporan, promosi serta infografis. Ditambah lagi dengan banyaknya pilihan icons, fonts, warna, gaya dan ukuran teks.

Pengguna juga diberi kebebasan untuk memasukkan gambar dan menambahkan widgets seperti charts dan peta sehingga infografis yang dihasilkan sebagaimana yang diharapkan.

Google Developers

Banyak kelebihan yang dimiliki aplikasi pembuat infografis online yang satu ini. Selain gratis, memiliki tools yang powerful, mudah digunakan, juga dapat dihubungkan secara real time dengan data yang ada di komputer atau laptop.

Cara membuat infografis di laptop yang ditawarkan aplikasi ini menjadi sangat menarik karena pengguna diberi kebebasan untuk memilih gaya dan format sendiri sehingga infografis yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan selera.

Timeline JS

Membuat visualisasi timelini atau lini masa menjadi begitu mudah dengan memanfaatkan Timeline JS, karena pengguna dapat menarik data dari berbagai sumber untuk membuat timeline seperti Google Maps, Twitter, Youtube, Flickr Wikipedia, Dailymotion dan berbagai sumber yang lain.

Aplikasi gratis untuk membuat infografis ini telah digunakan oleh beberapa situs terkenal seperti Radiolab dan Times, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan.

Contoh hasilnya: world.time.com/2013/12/05/nelson-mandelas-extraordinary-life-an-interactive-timeline/

InFoto Free

Cara membuat infografis di hp dapat dilakukan dengan memanfaatkan InFoto Free bagi pengguna smartphone utamanya yang berbasis Android. Aplikasi untuk membuat infografis ini dapat diunduh secara gratis di Playstore dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun berada.

Tools pada InFoto Free memiliki sejumlah fungsi seperti menganalisa foto, memberi rekomendasi waktu yang tepat untuk mengambil foto, serta fungsi yang lain termasuk menggunakan koleksi foto pada galeri untuk membuat infografis.

Get AboutMe Microsoft

Aplikasi dalam bentuk software ini merupakan salah satu solusi bagi mereka yang ingin tahu cara membuat infografis di laptop. Karena dalam bentuk software maka harus terlebih dahulu diinstal pada perangkat CPU atau laptop sebelum digunakan dan hanya dapat ditanamkan pada windows 8 ke atas.

Aplikasi gratis untuk membuat infografis ini diluncurkan oleh Bridtek pada 29 November 2012 dengan ukuran file yang sangat ringan yaitu 1,76 MB. Meski begitu kemampuannya dalam membuat infografis dapat diandalkan.

Untuk aplikasinya bisa diinstal di: www.microsoft.com/id-id/p/getaboutme/9wzdncrdm9zp?activetab=pivot%3Aoverviewtab

ChartsBin

Aplikasi untuk membuat infografis berbasis web ini memudahkan siapapun dalam membuat visualisasi interaktif dengan cepat termasuk membuat grafik dan statistik. Visualisasi interaktif yang dihasilkan juga bisa ditanam di media sosial seperti Twitter dan Facebook, blog atau situs web.

Keunggulan dari ChartsBin adalah tidak perlu dilakukannya instalasi karena berbasis web. Selain itu juga tidak dibutuhkan pengkodean dan cukup hanya dengan copy-paste kode HTML dari website ChartsBin ke medsos, blog atau situs web untuk mengekspor infografis.

Tableu Public

Dengan menggunakan aplikasi pembuat infografis online yang satu ini, tidak diperlukan lagi kemampuan tentang cara membuat infografis dengan coreldraw. Karena Tableu Public memiliki segalanya untuk membuat infografis yang luar biasa, mulai dari penyajian grafik yang sempurna, menu yang lengkap serta kemudahan dalam mengeksplorasi data.

Aplikasi ini dalam bentuk software, sehingga harus diinstal terlebih dahulu pada komputer atau laptop yang menggunakan MS Windows minimal Windows 7 atau yang lebih baru.

Contoh nya bisa dilihat di sini: public.tableau.com/s/gallery/?tab=viz-of-the-day&type=viz-of-the-day

Creately

Aplikasi yang dikembangkan oleh Cinergix dari Australia ini memiliki keunggulan dalam pembuatan diagram, baik dalam bentuk wireframes, flowcharts, UML, mindmaps, serta diagram lainnya, karena memiliki fitur khusus untuk mempercantik diagram.

Kelebihan lainnya yang dimiliki Creately dibanding aplikasi pembuat infografis online yang lain adalah adanya fasilitas yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berinteraksi dan bekerjasama.

Gliffy

Untuk membuat ilustrasi online, poster infografis, diagram, gambar teknis, denah, flowchart, topologi jaringan serta yang lain, dapat dilakukan dengan sangat mudah menggunakan Gliffy, bahkan dengan hasil berkualitas profesional.

Aplikasi untuk membuat infografis ini merupakan eksistensi dari Chrome dengan antar muka yang intuitif dan dapat digunakan meskipun tidak terkoneksi dengan internet. Hanya saja, kekurangan dari Gliffy adalah tidak memiliki format output berbasis vektor serta tidak dapat dicetak secara langsung. Sehingga untuk mencetak hasil infografis harus terlebih dahulu dikonversi ke dalam format lain.

Tagxedo

Fungsi dari aplikasi pembuat infografis online yang satu ini memang hanya sebatas membuat word cloud. Namun kata cloud yang dihasilkan dari aplikasi ini hasilnya secara visual benar-benar luar biasa.

Tagxedo memungkinkan pembuatan word cloud secara real time dengan melakukan penyesuaian terhadap tema, orientasi, font, warna bahkan menggunakan gambar berukuran mini, sehingga tampilan word cloud lain daripada yang lain.

Untuk aplikasi edit foto yang direkomendasikan bisa dilihat di artikel: aplikasi edit foto terbaik.

Demikian tujuh belas aplikasi untuk membuat infografis yang dapat dipilih dan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi pembuat infografis online ini sangat cocok bagi mereka yang ingin membuat infografis dengan mudah namun tidak memiliki kemampuan desain grafis yang mumpuni seperti kemampuan dalam mengoperasikan photoshop atau coreldraw. (*)

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *