Aplikasi Paspor Online dan Cara Menggunakannya di Hp Android

Hendak pergi ke luar negeri harus terlebih dahulu memiliki paspor. Inilah syarat mutlak yang harus dipenuh oleh siapapun yang ingin bepergian ke luar negeri.

Paspor merupakan dokumen identitas diri yang harus dimiliki saat akan tiba diluar negeri dan kembali dari luar negeri.

Di dalam paspor akan diisi identitas diri yang sangat lengkap dan tentunya memuat informasi negara asal pemilik paspor.

Bagi orang yang sudah memiliki paspor, maka tentunya bisa langsung pergi ke luar negeri. Namun jika belum memiliki paspor, maka harus mengurusnya terlebih dahulu.

Dulu, antrian pembuatan paspor sangatlah panjang. Jika tidak datang dari pagi hari bahkan sebelum kantor dibuka maka tidak akan mendapatkan nomor antrian.

Namun saat ini, pemerintah terutama dari kementerian yang menangani bidang imigrasi telah berbenah dengan mengeluarkan aplikasi paspor online.

Aplikasi ini bernama Antrian Paspor yang secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah. Aplikasi ini merupakan langkah awal yang harus dijalani oleh siapa saja yang memiliki paspor kecuali lansia di atas 60 tahun, orang yang sakit kritis dan harus dirujuk ke luar negeri, atau penyandang difabilitas.

Selain yang disebutkan tadi harus mengambil antrian dari aplikasi online yang bernama Antrian Paspor.

Bagaimanakah cara yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan antrian pembuatan paspor?

Adanya aplikasi paspor online dari pemerintah ini pada intinya menghadirkan kemudahan dan juga menghasilkan kenyamanan bagi para pembuat paspor.

Cara menggunakan aplikasi paspor online di hp android:

  1. Pertama, unduh terlebih dahulu: aplikasi Antrian Paspor. Cari di app store untuk para pengguna ponsel iOS.
  2. Setelah menemukannya, unduh dan install aplikasi tersebut.
  3. Langkah kedua, buka aplikasinya dan ikuti semua perintah yang akan muncul. Isian yang harus dilewati dengan serius yaitu diawali dengan melakukan registrasi. Anda akan diminta untuk mengisi username, password akun, NIK, nomor telepon dan beberapa informasi data diri lainnya.
  4. Setelah itu, Anda harus melakukan verifikasi akun untuk data registrasi yang telah Anda isikan tadi melalui email.
  5. Jika sudah, lakukan login atau masuk ke dalam aplikasi.
  6. Jika sudah masuk menggunakan akun Anda, maka Anda bisa langsung memiliki kantor imigrasi yang Anda inginkan. Perlu diketahui, pembuatan paspor tidak harus sesuai dengan alamat KTP atau kampung halaman. Anda yang merantau di kota lain juga bisa membuat paspor di kantor imigrasi terdekat.
  7. Dan kemudian, pilih slot antrian yang sekiranya bisa Anda sempatkan untuk datang ke kantor imigrasi. Walaupun secara online antriannya, tetap saja Anda harus datang ke kantor imigrasi untuk verifikasi data dan untuk pengambilan sidik jari serta foto.
  8. Pada slot antrian ini, tersedia dua pilihan yang bisa dipilih yaitu slot antrian pagi dan siang. Sebelum memilih jenis waktu, pastikan terlebih dahulu memilih tanggal yang paling tepat. Lalu, isikan data pengantri yang akan membuat paspor.
  9. Dan terakhir, konfirmasi data antrian lalu kemudian Anda sudah akan mendapatkan jadwal antrian untuk membuat paspor.

Aplikasi antrian paspor ini bukan hanya untuk orang yang akan membuat paspor saja. Untuk perpanjangan paspor pun juga harus mengambil antrian melalui aplikasi paspor online resmi dari pemerintah bernama Antrian Paspor ini.

Setelah mendapatkan jadwal antriannya, jangan lupa untuk membawa semua berkas syarat pembuatan paspor agar proses pembuatan tidak tertunda dan paspor Anda bisa cepat Anda miliki.

Give a Comment