Aplikasi Pengolah Kata Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Saat ini hampir semua profesi membutuhkan aplikasi pengolah kata untuk mendukung aktivitas kerjanya. Aplikasi ini digunakan untuk membuat laporan, anggaran, tugas, dan pekerjaan penting lainnya. Karena hal tersebut keberadaan aplikasi ini menjadi hal yang wajib bagi setiap perangkat gadget.

Pengertian aplikasi atau software pengolah kata sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengolahan pada kata atau dokumen sehingga erat kaitannya dengan tulisan atau teks.

Ada cukup banyak software pengolah kata terbaik yang bisa Anda pilih diantaranya yaitu:

Lotus Word Pro

Lotus Word Pro merupakan software pengolah kata yang dikembangkan oleh perusahaan IBM. Aplikasi ini memiliki fitur yang sederhana dengan 6 pilihan menu yang bisa Anda gunakan. Menu yang tersedia diantaranya yaitu File, Edit, View, dan menu lainnya.

Ada beberapa kelebihan yang menjadikan Lotus Word Pro layak digunakan. Salah satunya yaitu dapat membuka beberapa jenis file pengolah kata termasuk dengan file Microsoft Word.

Microsoft Word

Microsoft Word merupakan aplikasi yang paling populer dan paling banyak digunakan. Bahkan sebagian besar pengguna software pengolah kata pasti menggunakan aplikasi ini untuk membantu pekerjaan mereka.

Aplikasi Microsoft Word dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan raksasa dunia Microsoft Corporation sehingga performanya tidak perlu diragukan lagi. Microsoft Corporation menyediakan beberapa aplikasi sekaligus dalam satu paket yang dinamakan Microsoft Office.

Selain pengolahan kata, Microsoft Word memiliki banyak sekali fitur menarik salah satunya yaitu WordArt. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk dapat membuat sebuah huruf, kata, atau kalimat terlihat lebih keren dan menarik.

Tidak hanya itu saja, Anda masih bisa melakukan berbagai hal menarik melalui fitur yang disediakan pada Microsoft Word. Aplikasi ini setidaknya memiliki 6 menu yang dapat membantu Anda melakukan pengolahan data atau dokumen.

Ez Word

https://www.cs.cmu.edu/~AUIS/ljdocs/ez-wp/welcome.html

Ez Word merupakan salah satu jenis software pengolahan kata yang dikhususkan untuk pengolahan kata berbentuk grafis. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada sistem operasi Linux dan kemudian berkembang hingga bisa digunakan pada sistem operasi lainnya.

Pada awalnya aplikasi ini merupakan bagian dari Andrew User Interface System yang merupakan proyek penelitian antarmuka oleh Carnegie Mellon University dan IBM. Anda bisa mencoba Ez Word jika membutuhkannya untuk pengolahan kata grafis.

Corel Word Perfect

Corel Word Perfect bisa menjadi alternatif lain jika Anda menginginkan pengalaman menggunakan software pengolah kata yang baru. Aplikasi ini bisa berjalan dengan baik pada sistem operasi Windows sehingga Anda tidak perlu kesulitan untuk mencobanya.

Corel Word Perfect mampu menciptakan berbagai jenis dokumen mulai dari surat menyurat, tabel, bagan, laporan, brosur, daftar riwayat hidup, newsletter, dan dokumen lainnya. Namun sayangnya aplikasi ini membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk bisa dijalankan dengan lancar.

Notepad

Notepad merupakan aplikasi pengolah kata yang sudah ada sejak Anda menginstall Windows pertama kali. Jadi secara tidak langsung aplikasi ini adalah aplikasi bawaan dari sistem operasi Windows.

Berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini terbilang sangat sederhana dan memiliki fitur yang terbatas. Namun karena sederhana, Notepad dapat berjalan pada spesifikasi hardware yang rendah dan tidak terasa berat saat digunakan.

Pengguna Notepad tidak menggunakannya untuk membuat laporan atau tugas. Fungsinya lebih ke pembuatan kode program atau editing teks HTML.

Open Office Writer

https://wiki.openoffice.org/wiki/Sidebar

Open Office Writer memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan software pengolah kata lainnya seperti Microsoft Word. Perbedaannya ada pada lisensi dimana aplikasi ini memiliki lisensi GPL atau General Public Lisensi.

Keberadaan linsensi tersebut memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi Open Office Writer secara gratis. Anda bisa langsung mengunduhnya melalui website resmi di alamat www.openoffice.org.

Selain dapat mengolah angka, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengolah data karena aplikasi ini dilengkapi dengan tabel. Anda bisa menggunakan Open Office Writer pada semua jenis sistem operasi baik Windows, Mac, Solaris, maupun Linux.

AbiWord

AbiWord merupakan software pengolah kata yang mampu mendukung pengolahan dasar seperti identitas, daftar, serta format karakter. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur menarik lainnya seperti gaya, tabel, template, dan lain sebagainya.

AbiWord yang bersifat open source dan memiliki lisensi GPL ini dapat Anda unduh secara gratis melalui www.abiword.org. Ukuran filenya terbilang kecil yaitu sekitar 5 MB sehingga ringan saat dipakai.

Star Office Writer

Star Office Writer merupakan software yang terlihat sangat mirip dengan Microsoft Word sehingga bisa Anda jadikan alternatif. Sama halnya seperti Microsoft Office yang terdiri dari beberapa aplikasi dalam satu paket, aplikasi ini pun juga begitu.

Perbedaannya terletak pada ekstensi file hasil pengolahannya saja dimana Microsoft Word memiliki ekstensi .doc atau .docx, sedangkan Star Office Writer memiliki ekstensi .odt. Meskipun begitu Anda bisa mengganti ekstensi tersebut seperti pada Microsoft Word.

Star Office Word dapat digunakan pada berbagai sistem operasi sehingga Anda sebagai pengguna Linux atau Mac bisa memakainya. Harga Star Office Word terbilang cukup terjangkau mengingat fitur dan keunggulan yang dimiliki sudah seperti Microsoft Word.

Lyx

Lyx cocok untuk Anda yang sering menggunakan aplikasi grafis pengolahan kata. Fitur yang tersedia cukup lengkap serta mendukung berbagai jenis pekerjaan. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kemudahan saat menggunakan grafis interface.

WPS Writer

WPS Writer terbilang cukup populer hingga bisa menjadi saingan dari Microsoft Word. Anda dapat menjalankan berbagai macam perintah yang biasa ditemukan pada aplikasi Microsoft Word.

Dari segi jumlah menu, WPS Writer menyediakan menu yang lebih banyak dibandingkan dengan Microsoft Word yang hanya memiliki 6 menu. Menu pada aplikasi WPS Writer diantaranya yaitu Page Layout, Home, Insert, View, Review, References, Sections, Special Features, dan Developer.

Fitur unggulan lainnya yaitu Online Templates yang memungkinkan Anda untuk melihat berbagai contoh dokumen dari WPS Writer. Tidak hanya versi PC saja, aplikasi ini juga tersedia dalam versi mobile.

Kword

Kword bisa dibilang sebagai software pengolah kata yang cukup unik. Pasalnya aplikasi ini memiliki skema teks layout yang didasarkan pada sebuah frame sehingga sekilas mirip dengan aplikasi Framemaker dari Adobe.

Frame yang ada dapat memudahkan Anda saat membuat tata letak grafis yang kompleks. Anda bisa meletakkan frame tersebut di mana saja. Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan teks, grafik, serta beberapa objek.

Atlantis Word Processor

https://www.atlantiswordprocessor.com/en/screenshot04.png

Sama halnya dengan aplikasi lainnya, Atlantis Word Processor juga memiliki fitur dan perintah layaknya Microsoft Word. Aplikasi ini mendukung beberapa jenis dokumen seperti Encrypted document (.cod), document (.docx), text standar (.txt), serta rich text format (.rtf).

Demikianlah informasi mengenai berbagai aplikasi pengolah kata yang bisa Anda coba. Setiap aplikasi tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk efektifitas dan efisiensi kerja, Anda bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kerja.

Give a Comment