Aplikasi Pertanian Terbaik Untuk Jual Beli dan Lihat Harga

Para petani terdahulu hanya dapat memperoleh informasi yang sangat terbatas karena faktor pendidikan, jarak, minimnya penyuluhan dan lain sebagainya. Namun, dengan adanya berbagai aplikasi pertanian terbaik ini, maka para petani sekarang dapat bercocok tanam dengan lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, para petani dapat bertanya langsung kepada para pakar melalui aplikasi tersebut, sehingga petani cepat dalam menanggapi berbagai penyakit atau permasalahan lainnya. Bahkan, petani tersebut dapat memiliki penghasilan lebih besar karena mempelajari banyak hal melalui aplikasi tersebut.

Semua aplikasi pertanian ini dapat Anda download melalui Google PlayStore dan di install di smartphone masing-masing dengan mudah dan gratis. Jadi, dengan memakai aplikasi ini para petani akan memperoleh banyak keuntungan. Berikut merupakan 10 aplikasi pertanian yang dapat Anda pilih.

Berikut Aplikasi Pertanian Terbaik Untuk Jual Beli dan Lihat Harga di hp android 2020:

iGrow

Aplikasi berikut ini merupakan salah dari enam startup yang terpilih untuk mengikuti program dari Google berupa Akselerator Launchpad untuk gelombang ketiga. Hal ini dapat terjadi, karena aplikasi satu ini memungkinkan Anda untuk berinvestasi di sektor pertanian sekaligus memantau perkembangannya secara online.

Oleh karena itu, dalam aplikasi iGrow memiliki tiga pihak yang berperan penting yaitu petani, investor dan konsumen yang membeli komoditi pertanian tersebut. Tampilan dan fitur aplikasinya cukup sederhana sehingga memudahkan Anda untuk memakai aplikasi iGrow.

Kecipir

Aplikasi kecipir merupakan penyedia berbagai sayuran dan buah-buahan organik dan biasa kepada para konsumen. Aplikasi ini telah bekerjasama dengan lebih dari 40 petani organik dan 60 petani lainnya sehingga Anda dapat memperoleh berbagai buah dan sayuran segar dan berkualitas untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun, layanan aplikasi ini masih berada di sekitar Jabodetabek sehingga para pelanggan dari kota lainnya harus bersabar sampai aplikasi ini melakukan ekspansi ke kota-kota besar lainnya di Indonesia.

SayurBox

Aplikasi ini merupakan penyedia sayur mayor organik yang baru dipetik dan akan diantarkan langsung kepada para konsumen. Jadi, aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin beralih ke pola hidup yang lebih sehat.

Karena sayur organik ini terbebas dari bahan kimia sehingga tidak memiliki efek samping. Hanya saja, pelayanan aplikasi ini masih berada di sekitar Tangerang Selatan dan Jakarta sehingga konsumen dari kota lain belum bisa menikmati pelayanan dari aplikasi SayurBox.

Karsa

Karsa merupakan aplikasi yang berisikan berbagai informasi penting terkait dunia pertanian. Karena itu, aplikasi ini bagus digunakan oleh para petani yang ingin mengetahui cara bertani yang baik. Selain itu aplikasi satu ini juga baik digunakan oleh para konsumen serta pemerintah.

Jadi, kedua pihak ini dapat memonitor harga berbagai produk pertanian serta mengerti bagaimana perkembangan pertanian yang terjadi di lapangan sehingga pemerintah dapat siap siaga memberikan bantuan yang dibutuhkan para petani.

Aplikasi Simbah

Aplikasi pertanian terbaik berikut ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki usaha bisnis bidang pertanian. Karena dengan memanfaatkan aplikasi ini Anda dapat melakukan pemasaran ke seluruh Indonesia baik itu kepada konsumen langsung, restoran ataupun hotel.

Jadi, dengan memanfaatkan aplikasi simbah produktivitas pertanian dan toko Anda akan meningkat. Selain itu, Anda bisa bekerjasama dengan pengguna lainnya ataupun bertukar informasi yang saling menguntungkan.

TaniHub

Pemakaian teknologi yang canggih ternyata bisa menjadi solusi dari permasalahan sosial selama ini. Selama ini para petani yang berada di desa selalu dirugikan dengan keberadaan tengkulak yang membeli komoditas pertaniannya dengan harga yang sangat murah.

Para petani tersebut kebanyakan tidak memperoleh keuntungan malah mengalami kerugian. Hal ini kemudian membuat petani harus berhutang kepada tengkulak tersebut, inilah salah satu penyebab mengapa lingkaran setan kemiskinan pada petani desa tidak kunjung menghilang.

Namun, dengan memakai aplikasi TaniHub, para petani di berbagai daerah bahkan di desa sekalipun dapat menjual produk pertaniannya dengan lebih mudah sehingga lebih menguntungkan. Oleh karena itu, aplikasi TaniHub sangat cocok digunakan oleh petani di Indonesia.

Aplikasi Petani

Aplikasi satu ini memiliki peran yang penting untuk para petani. Karena dengan bantuan aplikasi petani, para petani dapat mengetahui berbagai informasi terkini akan dunia pertanian, bagaimana cara budidaya yang baik, serta berbagai cara menangani penyakit ataupun hama tanaman langsung dari ahlinya.

Petani yang memanfaatkan aplikasi ini dengan baik maka produktivitas pertaniannya akan meningkat pesat, sehingga petani akan memperoleh keuntungan yang melimpah. Hal ini dikarenakan terdapat berbagai informasi yang selalu up to date sehingga petani tidak ketinggalan informasi pertanian terbaru.

Aplikasi Pak Tani Digital

Aplikasi berikut ini memiliki berbagai fitur yang sangat lengkap. Karena Anda dapat melakukan pengecekan harga komoditi dari para petani langsung. Selain itu, Anda bisa melakukan pembelian komoditas tersebut melalui aplikasi ini.

Fitur yang ada tidak hanya mencakup pembelian namun juga pemilihan jasa pengiriman yang bisa digunakan. Terlebih Anda dapat memeriksa perubahan harga komoditas selama dua tahun terakhir sehingga akan mengerti bagaimana fluktuasi harga komoditas pertanian di Indonesia.

Aplikasi ini tidak hanya dapat dijalankan melalui smartphone namun juga melalui komputer dengan menggunakan versi web. Jadi, Anda dapat menggunakan fitur dari Pak Tani Digital dimanapun dan kapanpun.

Aplikasi Harga Pangan (PIHPS Nasional)

Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan harga terbaik dari komoditi yang Anda inginkan. Bahkan Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membeli dan menjual komoditas pertanian untuk wilayah di sekitar Anda.

Fitur yang menarik adalah terdapat basis harga di aplikasi ini, sehingga Anda bisa melakukan penawaran harga kepada pembeli ataupun penjual tanpa khawatir akan tertipu. Anda juga bisa melakukan beberapa penawaran sekaligus sesuai dengan keinginan masing-masing.

Aplikasi satu ini memiliki tiga fitur utama yaitu cek harga, kirim harga dan jual komoditas. Ketiganya dapat digunakan oleh Anda ataupun para petani yang ingin menjual komoditi pertaniannya langsung kepada para konsumen.

Aplikasi RegoPantes – Untuk Petani

Aplikasi berikut ini ternyata tidak hanya dapat digunakan pada android namun juga bisa melalui komputer dengan memakai versi web-nya. Keberadaan aplikasi regopantes ternyata sangat bermanfaat kepada para petani.

Karena petani tersebut dapat menjual produknya langsung kepada konsumen tanpa melalui perantara tengkulak sehingga petani memperoleh untung lebih banyak. Selain itu, jumlah tengkulak akan berkurang sehingga kesejahteraan petani dapat meningkat.

Namun, aplikasi ini baru bekerja di sekitar daerah Tangerang, Depok, Bekasi dan Jakarta sehingga aplikasi satu ini belum bisa digunakan di daerah lain.

Nah, itulah daftar 10 aplikasi pertanian terbaik khususnya di Indonesia yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan hasil pertanian dengan baik. Tentunya dengan bantuan aplikasi ini diharapkan para petani Indonesia akan semakin makmur sehingga jumlah masyarakat miskin di Indonesia berkurang drastis.

Give a Comment