Aplikasi Scanner dengan Kualitas Terbaik di Hp Android

Aktivitas scanning atau pemindaian saat ini menjadi kebutuhan transfer data yang utama. Scanning berbagai dokumen penting untuk beragam keperluan seringkali dibutuhkan dalam keseharian. Oleh karena itu, Anda perlu aplikasi scanner terbaik untuk memudahkan kegiatan scanning.

Dengan kecanggihan teknologi yang ada, Anda tidak hanya bisa memindai dokumen dengan scanner konvensional saja. Pada perangkat Android pun saat ini telah disediakan banyak aplikasi yang dikhususkan untuk keperluan scanning.

Hasil scanning pun saat ini sudah bisa diatur dalam berbagai format dengan kualitas unggul, sehingga bisa dikostumisasi sesuai kebutuhan Anda.

Berikut beberapa aplikasi scanner dokumen yang bisa digunakan untuk keperluan kerja dan tugas di hp Android:

Tiny Scanner

Tiny Scanner merupakan sebuah aplikasi scanner pada perangkat Android yang telah banyak digunakan. Setidaknya ada lebih dari 10 juta pengguna di seluruh dunia telah mencoba aplikasi besutan pengembang Appxy ini.

Secara umum fungsi dari Tiny Scanner sama dengan aplikasi scanner pada umumnya. Anda bisa mengambil scan dokumen dengan cara memotret melalui kamera ponsel. Setelah itu Anda bisa memilih akan menyimpan hasil scan dengan format apa.

Pada aplikasi ini juga terdapat beragam fitur menarik untuk semakin memudahkan urusan pemindaian data. Selain itu, ada juga pilihan ukuran dokumen yang telah discan, seperti letter, A4, legal, dan lain-lain.

Untuk pengoperasiannya pun cukup mudah. Pertama Anda harus mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu, selanjutnya ikuti petunjuk yang ada. Scanning akan dilakukan dengan menggunakan perantara kamera ponsel.

CamScanner

Aplikasi scanner ini telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Ukurannya pun tidak terlalu besar, yaitu sekitar 37 MB sehingga sangat mudah jika Anda ingin mengunduhnya di Play Store.

CamScanner dirancang dan dikembangkan oleh perusahaan INTSIG Information CO. Tujuan pembuatannya tidak lain adalah untuk memberikan kemudahan dalam hal pemindaian dokumen, kemudian bisa disimpan dengan format JPG atau PDF.

Salah satu keunggulan CamScan yang menjadikannya banyak digemari yakni hasil scanning yang tajam dan menyerupai bentuk asli. Meskipun bisa disimpan dalam format JPG namun hasilnya tetap detail.

Simple Scan

Tidak jauh berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, SimpleScan pun sangat mudah dioperasikan. Anda perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi ini dari Play Store. Ukurannya tidak terlalu besar, yaitu hanya sekitar 24 MB.

Aplikasi scanner yang dikembangkan oleh Easy Inc ini bisa Anda jadikan opsi jika sewaktu-waktu butuh untuk memindai dokumen penting. Anda bisa scanning dalam bentuk PDF atau gambar dengan kualitas baik.

Selain untuk keperluan scanning, SimpleScan juga bisa digunakan untuk combine atau menggabungkan PDF menjadi satu file. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada di dalam aplikasi.

Adobe Scan: PDF Scan, OCR

Sebagaimana namanya, aplikasi scanner satu ini diusung oleh pengembang kenamaan yaitu perusahaan Adobe, yang telah menghasilkan berbagai jenis software unggulan seperti Adobe Photoshop, Adobe Acrobat Reader, dan lain-lain.

Adobe juga menciptakan aplikasi pemindai dokumen khusus untuk perangkat android yang diberi nama Adobe Scan: PDF Scan, OCR. Dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan scanning berbagai jenis dokumen dengan menggunakan kamera ponsel.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Play Store secara gratis. Ukuran filenya pun tidak terlalu besar, yaitu sekitar 24 MB. Aplikasi ini mudah dioperasikan dan tidak ada hambatan yang berarti dalam penggunaannya untuk perangkat Android.

Camera Scanner Image Scanner

Aplikasi Scanner ini berukuran sangat ringan, hanya sekitar 9.8 MB saja. Meskipun demikian, fitur yang dibawanya cukup lengkap dan sudah bisa mumpuni jika digunakan untuk keperluan scanning dokumen atau gambar.

Anda perlu mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu di Play Store sebelum menggunakannya. Gratis, alias tidak berbayar dari segi apapun. Camera Scanner bisa memindai dokumen secara cepat dan tepat dengan hasil tangkapan yang tajam.

Anda juga bisa menyimpan hasil scanning dalam format JPG atau PDF, menyesuaikan kebutuhan. Selain scanning, aplikasi ini juga memberikan fitur untuk combine atau menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Praktis sekali bukan?

TurboScan

TurboScan memiliki ukuran yang lebih ringan daripada Camera Scanner Image Scanner, yaitu hanya 6.0 MB. Aplikasi scanner ini dikembangkan oleh Picksoft Inc khusus untuk perangkat smartphone Android, dan telah diunduh oleh lebih dari setengah juta pengguna.

Aplikasi TurboScan mempunyai kemampuan untuk mendeteksi dokumen atau gambar saat proses scanning dilakukan, sehingga hasil gambar yang ditangkap menjadi lebih tajam dan lebih rapi.

Anda juga bisa mengatur ukuran dokumen yang telah discan dengan cara menggeser garis-garis yang ada pada objek. Anda juga bisa menyesuaikan hasil tangkapan scan dengan bagian yang diperlukan, serta menghapus bagian yang lainnya.

Scanbot, PDF Document Scanner

Dengan membawa tagline “High Quality Scan” aplikasi yang dibesut oleh Doo GmBH ini memberikan Anda kemudahan untuk scanning berbagai macam dokumen tanpa perlu ribet. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Play Store secara gratis.

Telah ada jutaan pengguna di seluruh dunia yang menggunakan aplikasi ini guna keperluan scanning dokumen. Anda bisa memilih hasil scanning disimpan dalam format file apa, bisa PDF atau JPG.

Selain itu, Scanbot juga memberikan fitur berupa kemudahan untuk mengedit tulisan secara langsung pada hasil scanning. Jadi Anda tidak perlu menginstal aplikasi yang lain lagi untuk mengedit.

Scanbot juga bisa digunakan untuk melakukan scanning barcode dan QR code. Anda bisa mendapatkan semua kemudahan tersebut dalam satu aplikasi berukuran 24 MB ini.

Easy Camera

Sesuai dengan namanya, Easy Camera relatif mudah untuk dioperasikan pada perangkat Android. Aplikasi yang dikembangkan oleh Easy4u ini telah digunakan oleh lebih dari 500 ribu pengguna di seluruh dunia.

Easy Camera memberikan Anda kemudahan untuk scanning dokumen serta disimpan dalam format PDF atau JPG. Hasil scanningnya pun sudah sangat jelas sehingga bisa memindai jenis dokumen yang sedikit buram sekalipun.

Aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan berupa pemindaian melalui suara. Hal ini bermanfaat agar ketika proses pemindaian terjadi, dokumen atau gambar yang discan tidak goyang-goyang karena harus menekan tombol shoot.

PhotoScan

Tidak mau kalah dari yang lain, Google pun telah merilis aplikasi scanner yang diperuntukkan khusus pengguna Andorid. Aplikasi PhotoSCan telah diundur oleh lebih dari 5 juta pengguna di seluruh dunia.

Fitur yang terdapat pada aplikasi ini secara umum sama dengan aplikasi scanner yang lainnya. Untuk bisa melakukan proses scanning, Anda menggunakan perantara kamera ponsel. Setelah itu Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk memindai dokumen atau gambar menjadi format PDF dengan hasil yang jelas dan menyerupai aslinya. Ukuran aplikasinya pun tidak terlalu besar, sekitar 28 MB belum termasuk data-data dan chache.

Clear Scanner

Clear Scanner merupakan salah satu aplikasi scanner terbaik pada perangkat Andoid. Anda bisa mengunduhnya secara langsung melalui Play Store. Ukurannya pun cukup kecil hanya sekitar 10 MB saja.

Meskipun berukuran kecil tetapi fitur yang ditawarkan lumayan lengkap. Anda akan dimudahkan dalam hal scanning dokumen maupun gambar, dengan hasil yang berkualitas. Jika Anda menyimpan dalam bentuk JPG, gambar yang dihasilkan cukup detail dan tajam.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Clear Scanner adalah Anda bisa mengatur ukuran file PDF hasil scanning ke dalam beberapa jenis, seperti Legal, A4, Letter, dan ukuran lain yang telah disediakan.

Fast Scanner

Aplikasi scanner yang dibesut oleh CoolMobileSolution ini bisa Anda jadikan opsi untuk memindai dokumen penting. Fast Scanner: Free PDF Scan bisa Anda dapatkan dengan cara unduh secara gratis melalui Play Store.

Aplikasi ini berukuran 14 MB dan kaya akan fitur yang siap memudahkan Anda dalam berbagai keperluan. Anda bisa melakukan scanning gambar ataupun dokumen secara mudah dan cepat tanpa perlu ribet.

Selain itu, tersedia juga fitur yang bisa membantu Anda untuk scanning semua jenis dokumen kemudian mengekspornya menjadi bentuk PDF. Jadi Anda tidak perlu scanning satu per satu yang membutuhkan waktu lebih lama.

Anda juga diberikan kemudahan untuk langsung mengedit hasil scanning serta mencetaknya dengan perantara cloud print atau yang lainnya.

Notebloc: Scan, Save, Share

Mungkin masih belum banyak yang familiar dengan aplikasi scanner satu ini. Meskipun belum setenar Cam Scanner atau Adobe Scan, Notebloc yang dikembangkan oleh perusahaan Notebloc ini worth it untuk dicoba kinerjanya.

Sebagaimana aplikasi scanner yang lain, Notebloc ini bisa melakukan scanning berbagai jenis dokumen, kemudian mengubahnya menjadi format PDF atau file gambar. Anda juga bisa mengatur ukuran file serta latar belakang dokumen yang telah discan.

Aplikasi ini berukuran 12 MB dan dilengkapi fitur yang lumayan lengkap untuk digunakan dalam aktivitas pemindaian dokumen-dokumen penting. Sesuai namanya, Anda juga bisa membagikan hasil scan melalui email, kontak, media sosial, dan lain-lain.

Genius Scan, PDF Scanner

Aplikasi scanner yang dikembangkan oleh perusahaan software The Grizzy Labs ini telah digunakan oleh lebih dari satu juta pengguna di seluruh dunia. Jika Anda ingin turut mencobanya, bisa mengunduh secara gratis di Play Store.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi scanner yang lainnya, Genius Scan dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk memindai data menjadi bentuk format foto digital atau PDF documents yang memiliki ketajaman hasil dan detail.

Praktisnya lagi, aplikasi ini juga terhubung dengan layanan penyimpanan cloud, seperti dropbox dan lain-lain. Hal ini memudahkan Anda untuk menyimpan hasil scan secara langsung ke dalam penyimpanna cloud pribadi.

Super Scanner: Fast Camera Scanner App

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Blue Group ini bisa digunakan untuk melakukan aktivitas scanning gambar atau dokumen secara cepat. Meskipun cepat, hasilnya tetap optimal dan beresolusi tinggi menyesuaikan kamera Andoid Anda.

Aplikasi ini tergolong ringan, karena berukuran sekitar 9.2 MB saja sehingga tidak banyak memakan ruang penyimpanan. Sebelum menggunakan, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu di Play Store.

Microsoft Office Lens

Microsoft Office tidak ingin ketinggalan dalam menciptakan inovasi baru, termasuk dalam hal aplikasi scanning. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memindai berbagai jenis dokumen serta mengeditnya secara langsung jika memang perlu diedit.

Fitur yang ditawarkannya tidak terlalu banyak, namun semuanya memiliki fungsi yang penting baik untuk proses scanning maupun proses editing. Anda bisa memotong gambar, melakukan penyesuaian, dan kostumisasi lain jika memang diperlukan.

Evernote

Evernote digagas dengan tujuan untuk bisa memudahkan Anda dalam hal pemindaian cerdas melalui perangkat Android. Evernote memiliki fitur scan and tweak yang bisa memindai gambar serta memberikan filter sesuai yang diinginkan.

Selain itu, terdapat juga fitur yang bisa memberikan keterangan scan atau note tambahan dengan menggunakan Evernote Skitch.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Play Store meskipun di dalamnya terdapat purchase tambahan bagi Anda yang menginginkan fitur premium.

Google Lens

Aplikasi ini digagas oleh Google untuk memberikan kemudahan dalam hal scanning pada Android. Google Lens bisa mengubah gambar yang berisi kata menjadi teks kemudian dapat diedit secara langsung oleh pengguna,

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Google Teks untuk mengubah suara menjadi teks yang bisa diedit.

OCR Txt Scanner

Aplikasi ini menawarkan keakuratan scanning gambar menjadi teks. Yang lebih mengagumkan, aplikasi ini bisa membaca handwriting pengguna dan mampu mengenali aneka huruf dari berbagai bahasa.

Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis di Play Store dan nikmati kecanggihan fitur yang ditawarkan di dalamnya.

Itulah rekomendasi aplikasi scanner terbaik untuk android. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih mana aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Give a Comment