Aplikasi Stok Barang Android Gratis Terbaik Untuk Management

Menjalankan bisnis atau organisasi di semua kelas membutuhkan pengelolaan, pelacakan dan pengendalian inventaris yang lebih efektif. Semua itu kini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi stock barang android yang bisa dioperasikan dengan mudah dan sederhana.

Saat ini sudah banyak aplikasi manajemen kontrol dan inventaris yang bisa digunakan melalui perangkat android. Setiap aplikasi tersebut dibuat dengan integrasi dan kemudahan yang akan sangat membantu dalam pengelolaan bisnis.

Aplikasi-aplikasi berikut ini beberapa diantaranya juga merupakan perpanjangan dari software khusus manajemen inventaris. Semua aplikasi ini juga bisa Anda dapatkan secara gratis. Meskipun begitu, ada pula beberapa fitur di dalamnya yang hanya tersedia berbayar atau berlangganan.

Berikut dag terbaik daftar aplikasi stok barang terbaik yang gratis dan mudah dipakai:

Stock and Inventory Simple

Stock and Inventory simple ini merupakan aplikasi manajemen stock dan persediaan yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Anda bisa menggunakannya untuk mengelola gudang, mengelola koleksi, persediaan rumah ataupun suplai makanan dengan mudah.

Untuk penggunaan bisnis, aplikasi ini akan membantu Anda mempermudah dalam pengontrolan persediaan, baik itu penjualan maupun pembelian. Caranya juga cukup mudah, yaitu tinggal tambah item yang tersedia ke dalam katalog baranf yang ada du dalam aplikasi.

Jika sudah memasukkan item-item tersebut, selanjutnya Anda tinggal mengatur item-item tersebut. Atur berdasarkan kategori lalu masukkan ke dalam folder-folder berbeda berdasarkan kategori tersebut. Cara ini akan semakin memudahkan dalam inventaris barang.

Aplikasi ini memuliki berbagai fitur menarik, misalnya folder yang bisa digunakan untuk menyimpan masing-masing item dengan kategori tertentu. Ditambah lagi folder hirarki dengan kapasitas yang terbatas.

Ada pula fitur kamera yang bisa Anda gunakan untuk mengambil foto dan melakukan scan barcode jika memang dibutuhkan. Di dalamnya juga terdapat fitur tab outgoing document yang berfungsi untuk mendaftar barang, baik ketika ada barang masuk maupun keluar.

Ada pula fitur Stock Taking Document yang berfungsi untuk memeriksa sekaligus menyesuaikan data yang dimasukkan ke dalam aplikasi. Setiap dokumen tersebut pun bisa diinput dari excel ataupun diekspor ke excel. Yang paling penting, dokumen tersebut pun bisa dibagikan melalui Goggle Drive, email maupun Dropbox.

Inventory Manajement

Berikutnya adalah aplikasi pengelolaan inventaris sederhana yang mudah digunakan, Inventory Manajement. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mencatat unformasi stok penyimpanan. Dengan aplikasi ini pasti akan semakin mempermudah dalam menjalankan bisnis.

Untuk memudahkan pengoperasian aplikasi dan pengelolaan data, di dalam aplikasi ini tersedia banyak fitur menarik. Berikut beberapa diantaranya.

  • Kelola Item: untuk menambahkan, menghapus, mengedit dan mencari barang du dalam daftar inventaris.
  • Kelola transaksi: tambah (untuk pembelian), hapus (untuk penjualan) serta mencari item di dalam daftar inventaris.
  • Melacak persediaan yang sudah out if stock atau sudah habis dengan memilih tombol yang sesuai.
  • Riwayat Ekspor dan Impor: fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat transaksi, bisa catatan barang ataupun persediaan item yang habis. Riwayat ini pun bisa dibuka dengan software Excel, baik melalui android maupun pc.
  • Fitur Pengaturan

Fitur ini bisa digunakan untuk menyesuaikan aplikasi sesuai kebutuhan Anda. Melalui fitur ini Anda juga bisa menonaktifkan ataupun menonaktifkan fitur lain. Seperti misalnya mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ‘Kelola Transaksi’ dan jumlah persediaan.

Anda juga bisa mengatur waktu saat transaksi, menambahkan deskripsi dan berbagai pengaturan lain. Semua bisa Anda atur melalui fitur pengaturan ini.

  • Preview dan Delete

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk melihat pratinjau atau preview yang letaknya berada di bagian bawah Ekspor Impor data. Ada pula fitur delete yang bisa digunakan untuk menghapus keseluruhan data transaksi.

  • Barcode

Fitur paling penting adalah dukungan barcode. Dengan fitur ini Anda bisa mencari barang dengan lebih mudah menggunakan barcode.

Smart Inventory System

Smart Inventory System membuat pelacakan dan invetaris produk dengan sistem pintar. Dengan adanya QR code dab barcode yang bisa dikaitkan pada item, tag ataupun grup, memungkinkan pengguna bisa mencari produk dengan mudah.

Fitur ini bahkan juga bisa memberikan detail produk hanya dengan memindai QR code atau barcode yang ada pada item. Anda juga bisa melakukan backup data ke dalam sistem cloud setelah mendaftar terlebih dahulu. Berbagai fitur lain yang disediakan, yaitu:

  • Buat tag, grup dan item secara manual, kemudian cetak QR code terkait yang sudah dibuat oleh sistem sebelumnya. Setelah itu Anda bisa menghubungkan item dengan tag, lalu hubungkan antara item dan tag pada grup.
  • Dengan mendaftarkan akun Cloud, Anda bisa membackup data yang tersimpan di dalam aplikasi ke dalam sistem Cloud. Dengan begitu data lebih terjamin keamanannya.
  • Fitur mengekspor dan mengimpor semua objek dengan lebih mudah. Anda juga bisa menambahkan detail dari barang atau item yang dimasukkan.
  • Fitur favorit bisa Anda manfaatkan untuk menemukan item dengan lebih mudah.

Easy Inventory management offline

Sedikit berbeda dengan aplikasi lain, Easy Inventory management offline ini dibuat untuk para pemilik usaha kecil yang masih mengurus inventarisnya sendiri. Aplikasi yang mudah digunakan ini bisa digunakan oleh siapapun.

Anda tidak perlu menjadi akuntan untuk bisa menjalankan aplikasi ini, karena pengelolaan dan pendataan inventaris busa dilakukan secara sederhana dengan hasil efektif. Baik itu laporan persediaan, riwayat penjualan dan pembelian bahkan hutang piutang pun akan terus diperbarui.

Ada berbagai fitur yang akan semakin memudahkan pengelolaan inventaris, diantaranya.

  • Terdaftar dengan nomor ponsel sehingga lebih mudah dikontrol.
  • Manajement Supplier
  • Catatan Harga Setiap Item

Selanjutnya, pada tab laporan yang akan Anda terima, setiap data laporan akan dilakukan proses generate otomatis. Data dan laporan tersebut meliputi:

  • Laporan rincian persediaan
  • Riwayat penjualan dan pembelian
  • Akun supplier dan pelangfan
  • Piutang dan profit

Mobile Inventory

Aplikasi ini merupakan aplikasi stock barang android yang sangat direkomendasikan, terutama untuk usaha kecil dan menengah. Tampilan aplikasi yang sederhana serta fitur yang cukup lengkap membuat pengelolaan inventaris Anda jadi lebih mudah dan efektif.

Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis, dengan fitur yang terdapat di dalamnya juga bisa digunakan secara gratis. Ada juga beberapa fitur yang hanya bisa didapatkan secara berbayar. Seperti beberapa fitur berikut yang bisa dinikmati secara gratis.

  • Manajemen Persediaan Item
  • Pengambilan Stock
  • Manajemen lokasi
  • Melakukan impor dalam batch ataupun menambahkan masing-masing item satu per satu.
  • Barcode dan QR Code Scanner. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dan mencari item yang dibutuhkan dengan lebih cepat.
  • Kelompokkan item berdasarkan tag, kategori, dan lokasi.
  • Terdapat fitur built-in calculator.

Sementara itu, untuk fitur premium yang disediakan di dalam aplikasi ini antara lain:

  • Mengekspor data ke dalam bentuk dokumen .xl dan .xls.
  • Dukungan fitur NFC. Fitur ini adalah fitur modern yang saat ini banyak digunakan dalam berbagai transaksi. Dengan adanya fitur ini, selain semakin memudahkan transaksi juga meminimalisir transaksi dalam bentuk cash. Tentu saja hal ini bisa memberikan keuntungan tersendiri.
  • Dukungan untuk bisa menggunakan aplikasi barcode scanner eksternal.
  • Proses backup dan restore data.

Inventory Keeper

Selanjutnya ada aplikasi bernama Inventory Keeper. Untuk Anda yang memiliki aset dalam jumlah banyak, aplikasi ini bisa menjadi pilihan untuk membantu Anda dalam melacak dan mengatur inventaris Anda.

Aplikasi ini didesain agar bisa digunakan oleh semua kalangan, termasuk oleh bisnis kecil. Di dalamnya terdapat berbagai fitur menarik dan pastinya fungsional untuk membantu dalam hal invetarisasi aset

Salah satu fitur yang ditawarkan misalnya input biaya atau nilai. Selain membantu untuk menginput nilai barang, fitur ini juga akan membantu untuk memberikan informasi penjualan. Yang perlu Anda lakukan hanya melihat produk mana yang memikii nilai tertinggi.

Anda bisa memanfaatkan fitur khusus yang memungkinkan untuk membuat daftar item berdasarkan kategorinya. Jika sudah, tambahkan ke database agar tingkat persediaan barang selalu up to date.

Semua rincian item akan ditampilkan di layar yang diurutkan berdasarkan nama atau tingkat ketersediaan. Jika ingin melihat rinciannya, tinggal tekan item. Setelah itu Anda bisa menghapus atau mengedit entri dengan cepat. Dengan cara ini inventaris Anda akan selalu update.

Selain beberapa fitur dan fungsi yang sudah dijelaskan tersebut, ada pula berbagai fitur lain, seperti:

  • Tutorial untuk penggunaan aplikasi
  • Fitur menambahkan item
  • Melihat semua item
  • Menyusun item berdasarkan kategori.
  • Bisa menggunakan mata uang lokal

Fitur-fitur yang disediakan ini sudah pasti akan semakin memudahkan dalam manajemen inventaris dan stock barang untuk bisnis Anda. Selain memudahkan, fitur-fitur tersebut juga akan menjaga update ketersediaan barang juga tetap terjaga.

Inventory

Berikutnya ini merupakan penggabung antara aplikasi atock barang dan barcode scanner. Dengan aplikasi ini akan sangat membantu dalam memanage inventaris yang pada bisnis yang Anda jalankan ataupun inventaris rumah.

Aplikasi ini memberikan banyak keunggulan, seperti:

  • Sinkronisasi otomatis untuk semua item
  • Bisa diakses dimanapun dan kapanpun baik dsri browser maupun dari perangkat berbasis mobile.
  • Selain itu, data yang dimasukkan pun lebih aman karena akan terus diupdate setiap hari.
  • Adanya penghitungan ekspor impor, permintaan serta juga didukung dengan fitur multi user.

Setelah mengetahui berbagai keunggulan yang ditawarkan seperti yang sudah disebutkan di atas, di dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur unggulan. Fitur-fitur tersebut antara lain:

  • Fitur untuk penggunaan website maupun mobile interface.
  • Fitur sinkronisasi scan
  • Fitur untuk menghitung transaksi
  • Didukung dengan format barcode internal
  • Multi user
  • Fitur untuk mengekspor data dalam bentuk xls, csv ataupun pdf.

Stock Count (Stock Take Opname) inventory Scanner

Aplikasi ini bisa menjadi jawaban untuk permasalahan penghitungan data stock yang kurang tepat atau bahkan membutuhkan waktu berhari-hari untuk penghitungannya. Baik itu pengecekan ataupun penghitungan stok dari mingguan hingga tahunan.

Aplikasi yang bisa didapat secara gratis ini bisa digunakan melalui perangkat android. Setelah itu, melalui kamera, Nada bisa mengakses barcode scanner yang bisa membantu dalam melakukan penghitungan secara akurat dan efisien.

Beberapa fitur unggulan ditawarkan untuk memudahkan pekerjaan Anda, seperti:

  • Fitur menyambungkan scanner baik melalui Bluetootha atau US ke perangkat android.
  • Barcode scanner untuk menghitung dan mengelola jumlah daftar stok dan inventaris yang Anda miliki.
  • Tersedia beberapa sesi penghitungan untuk hisa membandingkan hasil dengan lebih mudah.
  • Fitur data master upload. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan data file dalam bentuk csv atau format file lainnya.
  • Hasil penghitungan akan dikirimkan ke alamat email.
  • Secara offline, data yang sudah diinput akan disimpan di memori penyimpanan lokal. Dengan begitu, meskipun tidak ada koneksi internet, data tetap tersimpan dengan aman.
  • Tidak adanya batasan dalam data transaksi ataupun jumlah produk.

Inventory, Purchase, Sales Order

Aplikasi terakhir yang bisa Anda gunakan untuk membantu dalam manajemen dan pengelolaan inventaris, stock taking serta persediaan adalah aplikasi Unventory, Purchase Sales Order. Aplikasi ini akan membantu manajemen dan pengelolaan inventaris dengan cara paling sederhana.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga akan dimudahkan dalam pengelolaan pesanan, baik itu pesanan pembelian ataupun pesanan penjualan. Pesanan-pesanan itu kemudian bisa Anda kirimkan secara langsung kepada pelanggan ataupun pemasok tergantung jenis pesanannya.

Jika dalam pengelolaan bisnis Anda menerapkan sistem dimana penghasilan didasarkan pada manajemen persediaan dan manajemen biaya, maka aplikasi ini adalah pilihan yang tepat untuk memanagenya. Kemudahan dan keakuratan penghitungan akan membuat penghitungan dan manajemen penghasilan menjadi lebih efektif.

Aplikasi yang bisa diakses melalui ponsel ataupun perangkat pc ini juga akan semakin memudahkan manajemen inventaris karena bisa diakses kapanpun dan dimananpun. Kemudahan ini tentu membuat bisnis yang dijalankan pun lebih efektif.

Untuk mendukung fungsi dan tujuan penggunaannya, di dalam aplikasi ini tersedia berbagai fitur unggulan yang menarik dan memudahkan dalam penggunaannya. Seperti beberapa fitur berikut ini.

  • Fitur untuk manajemen persediaan yang akan membantu penghitungan persediaan lebih efektif.
  • Fitur purchase order atau sales order, yaitu fitur yang memudahkan dalam hal pemesanan baik itu pemesanan untuk pembelian ataupun pesanan untuk penjualan. Yang lebih menguntungkan lagi, fitur ini juga bisa dijalankan dengan menggunakan email ataupun sms perintah dari hp.
  • Fitur daftar pemasok dan pelanggan yang akan memudahkan Anda untuk mendaftar pelanggan dan pemasok dalam perputaran bisnis Anda.
  • Fitur yang memudahkan untuk mengekspor dan mengimpor data sekaligus melakukan back up data secara otomatis.
  • Laporan data yang disediakan bersifat luas.
  • Terakhir, ada fitur barcode yang merupakan fitur unggulan dalam memudahkan manajemen inventaris dan pengelolaan stock ini. Barcode ini pun sudah terintegrasi sehingga ketika ada data masuk atau keluar, maka data akan secara otomatis disinkronisasi.

Pengelolaan inventaris atau stock barang dalam menjalankan bisnis merupakan hal yang krusial. Hal ini karena manajemen pengelolaan barang yang efektif dan akurat tentu akan berdampak pada besarnya penghasilan yang didapatkan. Untuk membantu dalam manajemen inventaris pengelolaan stock barang lebih efektif dan akurat, Anda bisa menggunakan aplikasi stock barang android di atas.

Give a Comment