20 Aplikasi Untuk Membuat Aplikasi Android: Pemula dan Expert

Menciptakan sebuah aplikasi dibutuhkan kemampuan dalam menuliskan kode-kode program alias coding dan untuk menguasai coding bukan hal yang mudah.

Namun, persoalan tersebut kini dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi untuk membuat aplikasi android yang banyak beredar.

Aplikasi ini memungkinkan mereka yang belum menguasai coding dapat dengan mudah membuat sebuah aplikasi, sehingga pemula pun tidak akan kesulitan untuk berkreasi menciptakan aplikasi. Bahkan, aplikasinya juga bis

Inilah aplikasi untuk membuat aplikasi android yang bisa dijadikan senjata bagi para pemula untuk membuat aplikasi:

Andromo

Kemampuannya dalam melakukan generate program Java serta melakukan compile kode lewat cloud dengan memakai Android SDK, menjadikan Andromo sebagai salah satu software pembuat aplikasi Android  online terbaik saat ini.

Selain mudah pengoperasiannya, aplikasi Android yang dibuat dengan menggunakan Andromo terlihat profesional karena memiliki fitur yang mumpuni seperti feed, galeri, sosial media serta berbagai fitur yang lain. Bahkan aplikasi yang dibuat dapat diterjemahkan ke dalam 24 bahasa berbeda.

TheAppBuilder

Cara membuat aplikasi Android untuk pemula lainnya adalah dengan menggunakan  TheAppBuilder.

Namun TheAppBuilder lebih pas jika digunakan untuk membuat aplikasi bagi kepentingan korporasi atau perusahaan, seperti aplikasi HR, aplikasi promo dan jadwal event perusahaan, aplikasi manajemen operasional perusahaan atau aplikasi komunikasi internal.

Selain mudah penggunaannya, aplikasi yang dibuat menggunakan TheAppBuilder akan dienkripsi end to end untuk menjaga keamanannya dan disimpan di cloud hosting yang berbasis di Amerika Serikat dan di Inggris.

AppMachine

Software untuk membuat aplikasi Android dan iOS ini bisa untuk mendevelope aplikasi dengan User Interface profesional seolah dibuat oleh mereka yang sudah ahli. Karena itu AppMachine bisa jadi solusi untuk membuat aplikasi android berbasis web.

Pemula tidak akan kesulitan saat mengoperasikannya, karena sejumlah fitur yang tersedia tinggal di drag and drop untuk dikombinasikan satu dengan yang lain atau ditambah dengan foto, video dan informasi yang dikehendaki dengan memanfaatkan building block.

Aplikasi ini cocok banget untuk yang ingin membuat aplikasi Android dengan tampilan professional dengan waktu yang singkat.

Mobile Roadie

Aplikasi untuk membuat aplikasi android yang satu ini sangat pas untuk digunakan membuat aplikasi Media. Namun demikian dapat juga dipakai untuk membuat aplikasi edukasi, aplikasi retail dan aplikasi perhotelan.

Dengan menggunakan Mobile Roadie aplikasi yang tercipta akan terlihat profesional karena dilengkapi dengan sejumlah fitur yang mumpuni seperti layout grid, slideshow, upload foto, impor audio, URL video, pemutaran video fullscreen, impor dari channel Youtube, RSS Feed, dan berbagai fitur yang lain.

Selain fiturnya yang lengkap, aplikasi ini juga mudah digunakan sehingga tidak sulit dikuasai oleh para pemula.

Good Barber

Software untuk membuat aplikasi Android dan iOS ini tidak gratis, karena pengguna harus berlangganan dengan biaya paling murah $32 perbulan dan paling mahal $200  perbulan. Namun demikian soal kemampuan tidak perlu diragukan.

Selain dapat membuat aplikasi Android, iPhone dan aplikasi web untuk mobile dengan hasil layaknya dibuat oleh seorang profesional, cara membuatnyapun sangat mudah berkat fitur-fitur yang disediakan. Pengguna dapat bebas memilih 350 tema desain dan 600 font Google sehingga tampilan aplikasi terlihat menawan.

AppsGeyser

Tidak berbeda halnya dengan aplikasi untuk membuat aplikasi android yang lain, AppsGeyser memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi Android dengan sangat mudah tanpa butuh kemampuan tentang coding.

Selain membuat aplikasi, AppsGeyser juga dapat dipakai untuk membuat game Android sekaligus mempublikasikannya langsung ke Google Play Store serta store lainnya. Tentunya apabila pengguna memiliki akun di store yang bersangkutan dan menghubungkannya dengan AppsGeyser.

Cocok banget nih buat kamu yang suka develope game sekaligus ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari gem android yang kamu buat lewat Google Play Store.

App.Yet

Software pembuat aplikasi Android tanpa coding berikutnya adalah App.Yet yang dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis aplikasi seperti HTML5, RSS, Youtube, Podcast, Twitter, TapaTalk, serta yang lain.

Cara mengoperasikannya sangat mudah, tinggal membuat nama aplikasi dan nama package serta menambahkan modules tersedia yang terkait dengan jenis dari aplikasi yang ingin dibuat.

Shoutem

Shoutem merupakan Software untuk membuat aplikasi Android dan iOS dengan cara yang sangat mudah tanpa harus memahami bahasa pemrograman, karena pengguna tinggal merancang fitur-fitur apa saja yang ingin dibuat, setelah itu akan dieksekusi oleh Shoutem untuk dimasukkan ke dalam aplikasi yang dibuat pengguna.

Menariknya, Shoutem juga bisa menjadi perantara untuk mempublikasikan aplikasi yang telah dibuat ke Play Store atau App Store dengan terlebih dahulu mensikronkan akun dikedua store tersebut dengan Shoutem.

App Inventor

Proyek dari MIT (Massachuset Institute of Technology) ini merupakan aplikasi untuk membuat aplikasi android yang sengaja dibuat khusus untuk pemula dengan sistem block-based programming tool. Penggunaannya cukup dengan mengatur pallete pada fitur propertis lalu melakukan drag and drop serta menambahkan data dan informasi.

Meski software pembuat aplikasi android online ini memiliki tampilan sederhana, namun memiliki fitur yang kaya dan nyaman digunakan. Aplikasi yang dihasilkannyapun lebih dari memuaskan.

 Conduit Mobile

Conduit Mobile merupakan salah satu cara membuat aplikasi Android tanpa coding dan dapat dilakukan dengan sangat mudah karena sudah disiapkan sejumlah tool yang dapat dioperasikan cukup dengan drag and drop.

Software untuk membuat aplikasi Android dan iOS ini memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi hanya dalam hitungan menit karena yang diperlukan hanya mengatur desain. Wah…pas banget nih buat kamu yang ingin sekali punya aplikasi Andorid tapi tidak mau ribet dengan bahasa pemograman atau coding.

 Eclipse

Meski merupakan embrio dari Android Studio, namun aplikasi untuk membuat aplikasi android ini masih banyak dipakai oleh para Android developer karena support terhadap beberapa bahasa pemrograman seperti Java, Phyton, C, C++, Php, Perl serta bahasa pemrograman yang lain. Selain itu Eclipse juga sangat mudah dioperasikan karena dilengkapi dengan sejumlah plugin.

 Appy Pie

Selain merupakan software untuk membuat aplikasi Android dan iOS, Appy Pie juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi pada platform Windows, Blackberry dan Kindle. Bahkan kemampuannya tidak hanya membuat aplikasi tapi juga bisa digunakan untuk membuat game.

Lebih menarik lagi karena untuk dapat membuat aplikasi dan game, Appy Pie menyiapkan beragam fitur pada websitenya dan pengguna tinggal mengoperasikannya dengan hanya melakukan drag and drop, sehingga tidak perlu menguasai bahasa pemrograman, tidak heran jika aplikasi Appy Pie banyak yang pakai.

 Appclay

Cara membuat aplikasi untuk pemula berikutnya adalah Appclay yang dapat digunakan untuk membuat mobile learning dengan sangat menarik serta dapat dipublish dalam format aplikasi Android dan format web aplikasi.

Itu sebabnya web learning yang dibuat dengan menggunakan Appclay bisa dijalankan dengan menggunakan berbagai device, seperti smartphone, tablet serta PC. Bukan itu saja, pengguna Appclay ini juga dapat mempelajari seluk beluk pembuatan aplikasi dengan mudah.

 Xamarin

Situs untuk membuat aplikasi Android berbasis web ini mulai diluncurkan sejak Mei 2011. Namun demikian hingga kini masih banyak digunakan karena selalu memperbarui fitur-fiturnya dan selalu update API-API terbaru dari Android dan iOS.

Siapapun bisa dengan mudah membuat aplikasi untuk platform Android dan iOS dengan menggunakan Xamarin, karena selain fitur-fiturnya mudah digunakan juga telah disediakan tutorial, guide dan dokumentasi.

Disamping itu, user juga akan memperoleh support dari pihak developer guna mengembangkan aplikasinya. Jadi, kamu tidak perlu takut jika sewaktu-waktu mengalami kendala pada saat pembuatan dan pengembangan aplikasi.

Apache Cordova

Apache Cordova merupakan aplikasi untuk membuat aplikasi android yang juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi iOS, Blackberry serta Windows Phone.

Dengan menggunakan HTML, CSS dan Javascript, website builder ini sangat mudah digunakan karena tersedia berbagai API plug-in yang dapat dimanfaatkan developer untuk merancang dan membangun aplikasi.

 Ionic Framework

Situs untuk membuat aplikasi Android berbasis web ini sangat mudah digunakan karena sistem kerjanya sama dengan pemrograman web sehingga tidak butuh skill coding untuk dapat membuat aplikasi yang menarik.

Website builder ini dibangun oleh Ben Sperry, Max Lynch dan Adam Bradley yang diluncurkan pada tahun 2013. Karena sifatnya open source maka siapapun dapat memanfaatkannya dengan gratis.

 React Native

Website builder ini hampir sama dengan Ionic framework yang merupakan framework javascript. Hanya saja jika Ionic Framework merupakan web App sementara React Native adalah real native.

Meski real native, namun aplikasi yang dihasilkannya  sulit untuk dibedakan dengan aplikasi native karena React Native terintegrasi dengan aplikasi native. Cara membuat aplikasi Android berbasis web dengan React Native juga sangat mudah sebab tersedia banyak pluggin yang bisa dimanfaatkan oleh developer sebagaimana layaknya mengoperasikan web.

 Android Studio

Aplikasi untuk membuat aplikasi android yang diluncurkan Google pada tahun 2013 ini merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh dan digunakan, karena merupakan IDE (Integrated Development Enviirontment) resmi Android sehingga keamanannya tidak diragukan.

Kelebihan yang dimiliki Android Studio tidak hanya dari sisi kemudahan dalam membuat berbagai macam aplikasi, tapi juga adanya tools yang memungkinkan bagi developer untuk menguji aplikasi buatannya dengan cara men-debug aplikasi menggunakan Device Manager.

 Android NDK

Diluncurkan oleh Google dengan tujuan untuk mendongkrak jumlah aplikasi Android, menjadikan Android NDK menjadi salah satu aplikasi untuk membuat aplikasi android yang banyak digunakan, terutama oleh mereka yang ingin membuat aplikasi namun tidak menguasai Javascript.

Sudah barang tentu penggunaannya sangat friendly dengan hasil yang memuaskan karena fitur-fitur yang disuguhkan memungkinkan siapapun untuk berkreasi dan berinovasi.

Qt for Android

Aplikasi untuk membuat aplikasi android yang diluncurkan perusahaan berlabel Qt ini dapat diunduh dan diinstal di perangkat yang telah menggunakan Android 4.1 (Jellybean) atau di atasnya.

Tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman, pengguna bisa dengan mudah membuat aplikasi melalui Qt for Android termasuk menangani konten media.

Demikian beberapa aplikasi untuk membuat aplikasi android yang dapat dipakai untuk membuat aplikasi tanpa perlu menguasai coding alias bahasa pemrograman. (*)

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *