Apa itu aplikasi web?

Aplikasi web merupakan sebuah program yang disimpan di Server dan dikirim melalui internet dan diakses melalui antarmuka browser (Rouse, 2011).

Jika disimpulkan, aplikasi ini berada di server, anda bisa mengaksesnya jika anda memiliki jaringan internet dan browser yang kompitabel.

Cara kerjanya

Secara sederharna, cara kerja aplikasi web yakni, anda menghubungkan jaringan internet → buka browser sebagai perantara untuk masuk ke aplikasi web → dan buka alamat rumahh aplikasi web nya.

Contohnya

Contoh terkenal dari aplikasi web yaitu, Dapodik, internet banking dan Google form.

Berikut adalah seputar aplikasi web yang harus anda baca:

Keuntungan dan kekurangannya

Keuntungannya:

  • Dapat digunakan di operasi sistem manapun. Windows, Linux, MacOS, Ios, Android, dst.
  • Dapat digunakan di perangkat apapun. Hp, Tablet, Komputer, Laptop, dst.
  • Tidak memerlukan perangkat dengan spesifikasi tinggi untuk menjalakannya. Hal ini karena aplikasi web ini berada di server, tidak menginstall-nya di perangkat anda.
  • Meminimalisir pembajakan. Karena berada di server, aplikasi web ini sulit untuk dibajak karena tidak diinstall di perangkat yang dapat dibongkar oleh orang tidak bertanggung jawab.
  • Menghemat bujet untuk bisnis. Aplikasi web lebih sedikit dalam hal maintenance karena jika ada masalah dan perlu pembaruan maka hanya server saja yang memerlukannya tidak di perangkat masing-masing.

Kekurangannya:

  • Memerlukan internet stabil untuk mengaksesnya. Jika tidak stabil anda akan stuck dan bahkan tidak bisa mengaksesnya.
  • Memerlukan browser kompatibel untuk mengaksesnya.

Aplikasi web ini cocok untuk efisiensi karena menghemat waktu dan bujet.

Secara signifikan perbedaan dalam aplikasi bebasis web dan aplikasi website adalah aplikasi berbasis web tidak perlu diinstall sedangkan aplikasi dekstop perlu diiinstal.