Penyebab dan Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka

Salah satu layanan untuk penyimpanan populer milik Google yaitu Google Drive bahkan kepopulerannya sampai saat ini. Memiliki dukungan kapasitas penyimpanan secara gratis hingga 15 GB tentu saja bisa memberikan kebutuhan akan berbagai macam penyimpanan.

Banyak jenis penyimpanan yang bisa dimanfaatkan mulai dari dokumen, audio, video, foto, dan lainnya. Layanan ini terintegrasi dengan Google sehingga bisa membuat pengguna menjadi lebih mudah dalam mengakses file yang berasal dari berbagai perangkat seperti browser hingga aplikasi.

Walaupun begitu terkadang beberapa pengguna mengalami masalah pada saat akan mengakses file yang dikirimkan dari Google Drive. File yang dikirimkan tadi bisa datang dari rekan, sahabat, dan lainnya.

Walaupun layanan ini sangat memudahkan dalam hal berbagai file namun juga terdapat berbagai kendala yang sering dihadapi ketika akan mengakses filenya.

Permasalahan mengenai error seperti link Google Drive tidak bisa diakses tentu banyak penyebabnya entah ketika diakses di komputer maupun smartphone. Untuk informasi lebih jelasnya maka simak informasi berikut ini.

Penyebab Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka

Saat menerima link Google Drive dan ternyata tidak dapat dibuka tentu kalian bertanya-tanya apa penyebabnya. Penyebabnya bukan karena satu faktor saja melainkan banyak dan untuk lebih jelasnya simak informasinya berikut ini.

Server Google Drive Down

Penyebab Dan Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka 2022

Saat menerima link Google Drive dan kalian mengekliknya maka setelah beberapa lama keluar tulisan berupa server down. Permasalahan tadi bisa terjadi dimana Google Drive tengah mengalami link Google Drive gangguan hari ini diakibatkan pada kegagalan servernya.

Server yang mengalami kegagalan tadi tentu saja membuat kalian tidak bisa mengakses aplikasinya sehingga tidak mengetahui apa file yang dikirimkan.

Cek server google drive down atau tidak.

Jaringan Internet Kurang Stabil

Tahukah kalian jika jaringan internet yang digunakan sangat memiliki pengaruh pada kelancaran ketika membuka link dari Google Drive tadi. Saat jaringan tidak stabil maka akses menuju aplikasi akan terbatas bahkan link Google Drive tidak bisa dibuka.

Jaringan yang kurang stabil terdapat dua cara untuk mengatasinya yaitu mengganti operator maupun mengganti jaringan memakai wifi demi kualitas internet lebih baik.

Membuka Link Tidak Menggunakan Browser

Penyebab lainnya yaitu pada saat membuka link kalian langsung terhubung ke aplikasi Google Drive. Memang itu akan lebih praktis namun tautan akan lebih optimal jika kalian membukanya langsung memakai browser.

Terlebih lagi jika file yang dikirimkan ukurannya besar dan cukup kompleks tentu saja penggunaan browser lebih optimal.

Browser Mengalami Galat

Penyebab selanjutnya yaitu browser yang digunakan untuk membuka Google Drive mengalami galat jadi tidak bisa berjalan secara benar. Dampaknya tentu saja link Google Drive tidak bisa dibuka dan berapa kali sekalipun mencoba membukanya maka akan terus mengalami kegagalan.

Browser Belum Diupdate

Setiap browser tentu saja akan terus mengalami pembaruan guna menyesuaikan web ataupun situs yang terus mengalami pembaruan sehingga akan lebih mudah digunakan untuk membuka serta menikmati berbagai layanan terbarunya.

Saat kalian mengklik link memakai browser dan tidak bisa terbuka maka itu merupakan tanda jika kalian masih menggunakan browser versi lama. Maka ketika mendapatkan pemberitahuan mengenai pembaruan browser segera lakukan.

Penyimpanan Internal Penuh

Banyak yang beranggapan jika penyebab penyimpanan internal penuh karena banyaknya file seperti foto, video, gambar, dan lainnya. Namun ternyata berbagai macam aplikasi terutama di smartphone ternyata juga memberikan kontribusi pada penuhnya penyimpanan internal.

Maka jika kalian merasa banyak menyimpan file dan aplikasi di smartphone maka coba periksa apakah penyimpanan internalnya penuh atau tidak.

Data Browser Menumpuk

Saat kalian berselancar di dunia maya menggunakan browser ternyata kunjungan kalian ke berbagai macam situs tadi meninggalkan data yang tidak berguna. Banyak yang mengabaikan hal ini, jika dibiarkan akan menyebabkan penumpukan pada data browser.

Tentu saja salah satu akibat dari penumpukan data tadi menyebabkan browser tidak bisa membuka link dari Google Drive yang diberikan.

Cache Dan Cookie Mengalami Masalah

Cache memiliki fungsi menyimpan berbagai data situs yang pernah dikunjungi. Sedangkan cookies akan menyimpan data berupa password dan username saat log in pada situs.

Sebenarnya kedua hal tersebut akan mempermudah ketika mengunjungi situs yang sudah pernah diakses sebelumnya menjadi lebih cepat. Namun disisi lainnya bisa mengakibatkan kalian sulit mengakses situs lainnya.

Pemilik Link Google Drive Privat

Google Drive memiliki fitur untuk membagikan filenya dalam bentuk public ataupun privat. Tentunya jika link diatur secara privat maka semua orang tidak bisa membuka link di Google Drive yang ada.

Jadi memang orang tertentu yang dikehendaki oleh pemilih file saja yang bisa membukanya. Bisa jadi link yang kalian terima diatur untuk privat dan kalian tidak memiliki hak membukanya.

Pemilik Link Google Drive Memiliki Batasan Limit

Masing-masing file yang ada di Google Drive memiliki limitnya sendiri dan itu tergantung dari sang pemilik link.

Bisa jadi ketika link Google Drive tidak bisa dibuka padahal ada kuota maka permasalahannya bukan pada itu. Namun adanya jumlah limit penyimpanan filenya sudah mencapai batas sehingga tidak dapat diakses lagi.

Pemilik Link Google Drive Memberikan Batasan Waktu

Terdapat pengaturan yang memungkinkan file yang dibagikan memiliki waktu akses tertentu. Semisal file hanya bisa diakses selama 1 jam dan ketika kalian klik link melebihi batasan waktu tadi maka link tidak bisa dibuka.

Jadi permasalahan tidak terbatas pada link Google Drive tidak bisa dibuka padahal ada kuota namun juga pada pengaturan file yang dibagikan oleh pengirim.

Link Melanggar Syarat Dan Ketentuan

Masing-masing platform mempunyai syarat dan ketentuannya masing-masing begitupun dengan Google Drive yang harus dipatuhi penggunanya.

Link yang dibagikan ternyata dilaporkan karena melanggar peraturan yang ada sehingga berdampak pada tidak bisa membuka link di Google Drive. Dampak link tidak bisa dibuka bukan hanya oleh publik melainkan juga bagi sang pemilik file itu sendiri.

Link Google Drive Dihapus Pemilik

Pemilik link melakukan penghapusan file di Google Drive dan itu bisa berakibat pada link yang telah dibagikan tidak akan bisa dibuka walaupun linknya masih tersedia. Biasanya ketika kalian mengklik link akan muncul status “dihapus”.

Cara Membuka Link Google Drive Yang Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa link Google Drive tidak dapat dibuka maka informasi selanjutnya mengenai bagaimana cara membuka link Google Drive yang tidak bisa dibuka.

Tentunya mengetahui akar permasalahan tanpa menemukan solusinya merupakan hal yang kurang tepat. Terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan sebagai berikut.

Login Ke Akun Google

Salah satu syarat untuk mengakses file di Google Drive yaitu kalian harus memiliki akun Google dan login ke dalamnya.

Sebelum mengakses link yang diberikan pastikan apakah kalian sudah login ke akun Google yang benar atau belum, jika belum maka segera lakukan login. Jika belum melakukannya maka kondisi linked dari Google Drive jadi tidak bisa dilihat akan terus berlanjut.

Pastikan Link Google Drive Bersifat Publik

Penyebab Dan Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka 2022

Cara membuka link Google Drive yang tidak dapat dibuka yaitu pastikan terlebih dahulu jika pemilik link Google Drive awal memberikan izin orang lain untuk mengakses filenya atau file tadi bersifat publik. Biasanya pemilik link Google Drive akan menambahkan akun kalian supaya dapat melihat isi dari file tersebut.

Umumnya penambahan akun karena link Google Drive bersifat privat berisikan data atau file yang dilindungi jadi tidak semua orang bisa mengaksesnya.

Pastikan Link Google Drive Tidak Memiliki Limit

Pastikan juga link Google Drive yang akan kalian kunjungi tidak memiliki limit. Jika memiliki limit maka kalian bisa menghubungi pemilik lini Google Drive pertama untuk menghilangkan limit tersebut supaya lebih mudah untuk diakses.

Sehingga kondisi link dari Google Drive jadi tidak bisa dilihat bisa teratasi dengan lebih cepat tentunya karena langsung diatasi oleh pemilih link pertama. Maka sebaiknya ketahui siapa pengirim pertamanya.

Pastikan Link Tidak Mempunyai Batasan Waktu

Tentunya saat file memiliki Batasan waktu kalian tidak akan bisa mengaksesnya diluar batas waktu yang sudah ditentukan. Maka jika kalian mengalami masalah ini bisa meminta pemilik link untuk menghilangkan Batasan waktu tadi.

Pastikan Link Tidak Dihapus

Bila melihat penjelasan sebelum-sebelumnya tentu kalian menyadari jika pemilik link Google Drive pertama mempunyai kontrol yang penuh pada filenya salah satunya yaitu bisa menghapus isi link yang telah dibagikan.

Jika kalian menemukan kasus seperti ini maka tidak ada cara lain kecuali menghubungi pemilik link Google Drive untuk menanyakan langsung perihal isinya.

Hidupkan Javascript

Penyebab Dan Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka 2022

JavaScript merupakan Bahasa pemrograman yang bisa membuat suatu fitur tertentu di halaman web dapat berfungsi dengan baik terutama ketika membuka link Google Drive. Jika JavaScript mati maka fungsi dari halaman web akan dibatasi maupun tidak tersedia.

Maka sebelum mengklik link pastikan apakah JavaScript kalian sudah diaktifkan atau belum, jika belum maka segera diaktifkan.

Segarkan Browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka 2022

Tidak jarang saat membuka link tersebut kalian mengalami masalah yang mana web berjalan lambat atau bahkan tidak terbuka. Dampaknya kalian tidak akan bisa mendapatkan informasi apapun dari link tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa menyegarkan halaman atau refresh browser. Walaupun tidak sepenuhnya berhasil namun cara yang satu ini cukup membantu.

Paksa Berhenti Browser Kemudian Buka Lagi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka 2022

Aplikasi yang tengah berjalan mengalami kendala maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu “Paksa Berhenti”. Nantinya aplikasi menjadi tertutup dan tidak akan dapat berjalan di background lagi.

Cara melakukannya tinggal masuk ke pengaturan cari aplikasi dan pilih paksa berhenti/forced apps. Setelah itu tunggu beberapa saat dan aktifkan kembali aplikasi Google Drive.

Anda bisa mengikuti panduan cara berhentikan paksa aplikasi Google Drive.

Lakukan Restart Perangkat

Penyebab Dan Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka 2022

Restart perangkat memiliki banyak manfaat positif seperti sistem di perangkat bisa diatur ulang tanpa harus kehilangan data, menghentikan aplikasi berat yang mengganggu kinerja laptop, dan lainnya.

Jadi pada saat membuka link dan perangkat tidak merespons dengan baik maka lakukan saja restart dengan menekan tombol power dan pilih restart (untuk smartphone).

Lakukan Update Browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka 2022

Link yang tidak dapat dibuka ternyata dapat disebabkan oleh aplikasi Google Drive masih menggunakan versi lama alias belum diperbarui. Kalian dapat melakukan pembaruan lewat PlayStore maupun toko aplikasi lain.

Memang permasalahan jika belum update tidak akan kearah aplikasi tidak bisa digunakan namun akan berpengaruh kepada performanya.

Ubah Jaringan Internet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka 2022

Saat mengakses link dan tidak bisa dibuka dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak dapat tersambung maka coba periksa koneksi internet kalian. Jika menggunakan data seluler maka ubahlah ke operator lain yang lebih bagus sinyalnya ataupun ubah menggunakan jaringan Wifi.

Hapus Data Pada Browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka 2022

Saat kalian aktif berselancar di dunia maya menggunakan browser tentu saja hal tersebut akan membuat banyak data yang terkumpul akibat aktivitas tadi.

Maka jangan lupa untuk menghapus data browser setelah selesai menggunakannya supaya saat digunakan membuka link Google Drive tidak mengalami masalah.

Ubah Browser

Penyebab Dan Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka 2022

Saat ini sudah banyak tersedia layanan browser. Jika kalian mengalami kendala dalam membuka link seperti gagal terus dan permasalahan pada browser maka ubahlah browser yang digunakan supaya masalah tersebut bisa teratasi.

Kosongkan Memori Internal Hp Anda

Penyebab Dan Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka 2022

Terkadang entah karena apa kalian sangat senang mengunduh file dan aplikasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan

Walaupun tidak digunakan namun aplikasi tersebut akan terus berjalan dan menumpuk data bersamaan dengan file yang ada di memori internal hp anda.

Maka sebaiknya periksa kembali apakah ada aplikasi yang tidak digunakan lalu hapus. Jika dibiarkan bisa menyebabkan kinerja perangkat menjadi lemot dan tidak bisa membuka link Google Drive.

Hapus Data Cookie Dan Cache

Penyebab Dan Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka 2022

Saat berselancar mengunjungi berbagai situs kalian akan diminta untuk menerima cookie yang ada. Nyatanya hal tersebut bisa berdampak pada penumpukan data cookie dan cache.

Hal tersebut akan berdampak pada kinerja browser yang kurang maksimal. Jangan lupa untuk menghapus data cookie dan cache setiap selesai melakukan browsing.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara menghapus cache di hp.

Gunakan DNS resolver atau VPN

Penyebab Dan Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka 2022

Salah satu faktor lain yang mengakibatkan kalian tidak bisa masuk ke link yang dibagikan yaitu kalian tidak mempunyai akses kesana. Maka salah satu solusi yang dapat dipergunakan yaitu menggunakan DNS resolver atau VPN.

VPN DNS resolver atau tadi bisa membantu dalam memberikan akses dikarenakan seluruh data terenkripsi jadi penjelajahan menjadi lebih aman dan mudah ketika Google Drive sedang bermasalah hari ini.

Daftar vpn yang perlu dicoba: vpn terbaik di hp android.

Pengubah DNS yang perlu DIcoba: aplikasi pengubah dns terbaik di hp android.

Itulah beberapa penyebab serta cara mengatasi permasalahan mengapa link Google Drive tidak bisa untuk kalian akses.

Jika video nya tidak bisa dibuka maka ikuti panduan: cara membuka video google drive yang tidak bisa dibuka.

Tentu saja untuk mengetahui penyebabnya ada yang bisa diketahui secara langsung seperti link yang sudah dihapus dengan muncul notifikasi “Dihapus” namun ada beberapa yang tidak diketahui.

Untuk itu maka kalian perlu untuk melakukan pengecekan satu per satu berdasarkan informasi diatas. Nanti setelah mengetahui penyebabnya apakah link Google Drive lagi gangguan maupun permasalahan lainnya seperti tidak ada koneksi internet.

Masalah yang serupa:

Tentunya kalian tidak akan dapat memberikan sebuah solusi yang benar-benar tepat jika tidak mengetahui penyebabnya secara pasti. Walaupun terdengar merepotkan karena harus melakukan pengecekan satu per satu namun percayalah ini akan sangat membantu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar