Pembuat Diagram DFD Online Terbaik

Tools untuk membuat dfd online akhir-akhir ini sangat populer. Hal ini tidak lepas dari semakin meluasnya sistem informasi di berbagai negara.

Membicarakan Data Flow Diagram (DFD) memang tidak bisa lepas dari sistem tersebut. DFD pertama kali ditemukan pada tahun 1970-an oleh dua ilmuwan terkemuka yaitu Larry Constantine dan Ed Yourdon.

Lalu apa itu perbedaan itu erd dan dfd?

Perbedaannya tentu terdapat pada fungsinya. ERD berfungsi menjelaskan tentang kuantitas data dan hubungan-hubungan yang terjalin di dalamnya. Adapun DFD berkaitan dengan sirkulasi data dalam sistem informasi.

Selain fungsi, ruang lingkup keduanya juga berbeda. ERD digunakan dalam dunia bisnis, sedang DFD berada dalam lingkup sistem komunikasi. 

Aplikasi untuk Membuat Diagram DFD Online Berbasis Web di 2021

Fungsi diagram DFD tentu berbeda dengan fungsi diagram data flow. Selain itu, secara tampilan, DFD juga tampak lebih rumit dan kompleks.

Hal ini bisa kita maklumi. Diagram DFD merangkum sistem komunikasi yang bersifat abstrak dan tidak terbatas.

Jika kamu membayangkan bagaimana proses membuat diagram DFD, mungkin akan terbayang sangat rumit. Namun tidak akan sesulit itu jika menggunakan beberapa aplikasi web di bawah ini:

Creately

Fiturnya:

  • Fitur membuat diagram dfd kolaborasi tim lebih mudah;
  • Terintegrasi dengan tools-tools yang kamu gunakan sehari-hari, misalnya Google Drive, Google, Microsoft, dll;
  • Ratusan template data flow dfd dengan kualitas terbaik.

Ada berbagai jenis template diagram yang bisa kamu temukan di sini. Seperti tema IT, edukasi, software, HR, dan marketing.

aplikasi ini menyediakan akses bisa di HP dan bisa laptop, komputer, notebook. Dengan bermodalkan kuota internet saja, pengguna bisa menghasilkan sebuah diagram dengan tampilan fantastis.

Website: https://creately.com/lp/data-flow-diagram-software-online/

Miro

Tools untuk membuat dfd online akhir-akhir ini sangat populer. Hal ini tidak lepas dari semakin meluasnya sistem informasi di berbagai negara.

Fiturnya:

  • Fitur tambahan berupa analisis data;
  • Tersedia sample diagram dfd dalam beberapa level, mulai 0 hingga level 2;
  • Saran template sesuai dengan algoritma pencarian pengguna.

Aplikasi untuk membuat diagram dfd kedua adalah Miro. Web ini menyediakan prosedur yang sangat mudah bagi kamu yang ingin menggunakan template nya.

Adapun hasil diagram dfd yang sudah jadi, bisa kita unduh secara online dalam berbagai format. Miro menyediakan format HTML, SWF, PNG, PDF, dan SVG.

Website:https://miro.com/templates/data-flow-diagram/

ConceptDraw

Fiturnya:

  • Atribut dan simbol lengkap untuk kebutuhan desain diagram;
  • Metode desain dan analisis struktur sistem yang baik;
  • Contoh-contoh diagram DFD.

Web pembuat dfd otomatis selanjutnya adalah ConceptDraw. Meskipun proses desain berbasis web, situs ini memiliki sistem keamanan yang tinggi.

Keamanan data ini menjadi salah satu faktor mengapa ConceptDraw tepat untuk membuat diagram dfd kolaborasi tim. Secara online, aplikasi dapat terintegrasi dengan baik di beberapa perangkat sekaligus.

Selain daftar fitur di atas, situs ini masih memiliki banyak sekali fasilitas lain yang gratis. Misalnya, contoh diagram berkualitas tinggi, struktur data dalam bentuk diagram, flowchart online, dan lain-lain.

Website: https://conceptdraw.com/examples/draw-data-flow-diagram-online-free

Smartdraw

Fiturnya:

  • Bisa di HP dan bisa laptop, komputer, notebook;
  • Tersedia fitur berlangganan dengan harga relatif murah:
  • Tampilan yang user friendly.

Aplikasi pembuat diagram terakhir ialah Smartdraw. Dengan kesan simpel dan efektif, situs ini menyusun format data yang kamu input secara otomatis.

Jadi, pengguna tidak perlu repot-repot menata data ke dalam kolom DFD. Selain itu, situs ini juga menyediakan free support.

Layanan ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin bertanya, komplain, atau mengajukan masukan ke pihak developer secara langsung.

Website: https://www.smartdraw.com/data-flow-diagram/data-flow-diagram-software.htm

Demikian ulasan mengenai 4 situs aplikasi pembuat diagram DFD. Buktikan sendiri bahwa kamu bisa mendapatkan hasil maksimal melalui layanan desain berbasis web.

Give a Comment