Pembuat Diagram Erd Online Terbaik

ERD merupakan singkatan dari Entity Relationship Diagram. Adapun fungsi diagram erd adalah menggambarkan hubungan-hubungan dari entitas tertentu.

Diagram erd biasanya umum dipakai oleh para presentator bisnis untuk menjelaskan database atau strategi pengembangan sistem. Karena tampilan dan isi diagram ini cukup rumit, orang umumnya menggunakan tools untuk membuat erd online,

Kemudian timbul pertanyaan, apa perbedaan erd dan dfd?

Perbedaan keduanya sangat mendasar, yaitu fungsinya. Erd bertugas menjelaskan hubungan antar kuantitas seperti penyimpanan. Sedangkan dfd berfungsi memaparkan sirkulasi data dalam sebuah sistem informasi.

Aplikasi untuk Membuat Diagram Erd Online Berbasis Web di 2021

Tidak terbayangkan jika tidak ada web pembuat erd otomatis di dunia ini. Manusia mungkin akan sangat kesulitan menciptakan desain diagram dengan rapi dan komprehensif.

Salah satu ciri layanan desain diagram yang baik adalah fleksibilitas penggunaanya. Misalnya, bisa di HP dan bisa laptop, komputer, notebook.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas aplikasi terbaik dengan kualifikasi tersebut;

Lucidchart

Fiturnya:

  • Tampilan sangat user friendly;
  • Fitur khusus membuat diagram erd kolaborasi tim;
  • Sistem ringan sehingga tidak lemot.

Tools diagram erd berbasis web yang pertama adalah Lucidchart. Terkait branding, kamu tidak perlu meragukan perusahaan satu ini.

Lucidchart telah menggandeng berbagai situs dunia untuk bekerja sama, seperti Microsoft, Google, Amazon, NBC, merk hp, dan lain sebagainya. Fakta ini menunjukkan bahwa kualitas Lucidchart tidak main-main.

Website: https://www.lucidchart.com/pages/landing/erdtool

Visual Paradigm Online: Online ERD Tool

ERD merupakan singkatan dari Entity Relationship Diagram. Adapun fungsi diagram erd adalah menggambarkan hubungan-hubungan dari entitas tertentu.

Fiturnya:

  • Layanan desain ERD berbasis web dengan ragam instrumen lengkap, berupa simbol maupun kebutuhan elemen-elemen lain;
  • Bisa di HP dan juga bisa laptop, komputer, notebook , penggunaan tetap sama-sama mudah;
  • tersedia beberapa contoh ERD untuk membantu kamu mendapatkan inspirasi.

Visual Paradigm Online terkenal sebagai web pembuat diagram dengan fitur gratis. Namun begitu, situs ini juga menyediakan fasilitas premium dengan tarif yang relatif murah.

Dalam menjabarkan contoh, situs ini menyesuaikan dengan fungsi masing-masing ERD. Misalnya, contoh diagram untuk foto album online, data survei perusahaan, sistem penjualan, dan masih banyak lagi.

Kamu dapat menyimak masing-masing contoh ini di beranda website Visual Paradigm Online.

Website: https://online.visual-paradigm.com/diagrams/features/erd-tool/

Creately

Fiturnya:

  • Tersedia ribuan template diagram erd;
  • Pemrograman tampilan diagram erd untuk upaya penyesuaian data yang lebih mudah;
  • Fitur video konferensi.

Creately telah bekerja sama dengan berbagai platform terkemuka untuk mendukung tampilannya. Beberapa media tersebut antara lain Intel, Netflix, Citi, dan Nasa.

Melalui situs ini, kamu bisa menciptakan diagram erd secara online dalam waktu singkat. Creately juga menyediakan komunitas khusus bagi para penggunanya.

Ribuan template yang tersedia diklasifikasi dengan rapi sesuai fungsinya. Misalnya, marketing, engineering, product, HR and Operations, strategy, dan lain sebagainya.

Website: https://creately.com/lp/er-diagram-tool-online/

Erdplus.com

ERD merupakan singkatan dari Entity Relationship Diagram. Adapun fungsi diagram erd adalah menggambarkan hubungan-hubungan dari entitas tertentu.

Fiturnya:

  • Kemudahan dalam membuat diagram erd kolaborasi tim;
  • Tersedia banyak fungsi, seperti ERD, Relational Schemas, Star Schemas, dll.

Aplikasi diagram online yang terakhir ialah Erdplus.com. Tampilan web ini mungkin agak berbeda dengan beberapa situs sebelumnya.

Tampilan yang cenderung lebih eksplisit menampilkan diagram dalam bentuk besar ini mungkin mengesankan rumit. Tampaknya, Erdplus, com memang lebih ramah untuk mereka yang sudah terbiasa dengan visual diagram profesional.

Website: https://erdplus.com/

Demikian ulasan mendasar mengenai 4 rekomendasi situs pembuat diagram ERD. Setiap situs tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kini, kamu bisa menyesuaikan, situs mana yang terasa paling tepat. Fasilitas membuat diagram ERD secara online ini juga cukup recommended bagi kamu yang ingin mulai belajar.

Give a Comment